Apa itu Token REN? Aset Crypto yang Didukung Jaringan DarkNodes

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Tahukah kamu apa itu token REN (REN) dalam cryptocurrency? Buat kamu investor pemula, yuk kenali lebih dalam tentang aset crypto yang satu ini.

REN bermaksud untuk menghubungkan aset populer seperti bitcoin dan Zcash (ZEC) ke blockchain termasuk ethereum, sehingga aset ini berpartisipasi dalam lingkungan keuangan multi-rantai yang terdesentralisasi.

Lantas, apa itu token REN? Untuk lebih jelasnya lagi, yuk simak penjelasan dari Teknatekno berikut ini.

Mengenal Apa itu Token REN

REN adalah protokol publik yang memungkinkan transfer cryptocurrency antar blockchain. Protokol REN, sebelumnya dikenal sebagai Protokol Republik, bertujuan untuk memberikan interoperabilitas kepada semua penggunanya dan pihak lain yang terlibat dalam sistem.

Dengan cara ini, penggunanya dapat mentransfer cryptocurrency di beberapa blockchain. Jadi pengguna REN dapat menyimpan aset Bitcoin mereka di REN dan kemudian mengeluarkan token ERC-20 dari aset tersebut.

Nantinya token ini akan menjadi RenBTC dengan rasio 1:1 terhadap Ethereum. Token ERC-20 yang baru dicetak memiliki kapasitas untuk digunakan dalam keuangan terdesentralisasi (DeFi) dengan banyak fitur, seperti perdagangan, manajemen portofolio, pinjaman, dan lainnya.

Mengenal Apa itu Token REN

Cara Kerja Token REN

Hal utama yang perlu diingat adalah aset asli akan tetap terkunci di REN dan dapat dibuka dengan membayar sejumlah biaya. Untuk melakukannya, protokol REN bergantung pada Mesin Virtual REN, atau RenVM yang didukung oleh jaringan mesin terdesentralisasi yang disebut darknodes

DarkNodes menyumbangkan daya komputasi dan ruang penyimpanan ke RenVM dengan imbalan biaya. Selain itu, DarkNodes juga akan memindahkan cryptocurrency antar blockchain.

Mesin-mesin ini menyumbangkan daya komputasi dan ruang penyimpanan mereka ke mesin Virtual dengan imbalan biaya, yang memungkinkan pergerakan cryptocurrency di seluruh blockchain. RenVM menggunakan beberapa teknologi yang cukup canggih, diantaranya:

1. Shamir Secret Sharing

Shamir Secret Sharing adalah prinsip kriptografi yang membagi data rahasia menjadi bagian-bagian yang dipegang oleh peserta yang berbeda. REN menggunakan proses ini untuk menjaga kunci pribadi yang digunakan dalam jaringan RenVM tersembunyi, bahkan dari Darknodes itu sendiri.

2. Secure Multiparty Computation (sMPC)

Algoritma yang memungkinkan kode pengembang dijalankan tanpa mengungkap Input dan Output.

3. Byzantine Fault Tolerance (BFT)

Algoritma ini berarti bahwa jaringan REN akan tetap berfungsi secara efektif, bahkan jika beberapa node mati.

4. Hyperdrive

Mekanisme konsensus RenVM yang dirancang untuk menyelesaikan transaksi dengan kecepatan super cepat.

Siapa Pendiri Token REN?

Awalnya bernama Republic Protocol, REN didirikan pada tahun 2017 oleh pengembang perangkat luna Taiyang Zhang dan Loong Wan, Sebelum protokol republik, Taiyang Zhang juga ikut mendirikan perusahaan perdagangan kuantitatif kripto Virgil Capital dan start up pengembang perangkat lunak Neucode.

Pada tahun 2019 Zhang melanjutkan ke salah satu pendiri mining pool KeeperDao. Penjualan Pribadi token REN dilakukan pada januari 2018, Diikuti oleh penjualan publik token REN pada berikutnya, Kemudian pada 2019, protocol republic berganti nama menjadi REN.

Apa yang Membuat Token REN Unik?

REN menggunakan kriptografi dan algoritme canggih untuk memungkinkan pegerakan aset kripto tertentu di antara blockchain yang berada, tanpa perlu laangkah tengah yang rumit seperti menggunakan versi token yang “dibungkus”.

Selain bitcoin, REN mendukung pergerakan BCH, ZEC dan DOGE ke jaringan Ethereum dan Binance Smart Chain, REN memiliki rencana untuk mendukung lebih banyak koin dan blockchain di masa depan untuk menghubungkan seluruh ruang crpyto.

Apa yang Membuat Token REN Berharga?

Awalnya, ketika REN dipahami sebagai pertukaran desentralisasi Dark pool, Nilai token REN adalah sebagai sarana untuk membayar biaya transaksi dan komputasi dalam protokol REN.

Mengikuti rebranding REN sebagai protokol interoperabilitas DeFi, koin REN sekarang berfungsi semata-mata sebagai ikatan untuk mengoprasikan Darknode.

100.000 token REN diperlukan untuk mendaftarkan dan menjalankan darknode untuk mencegah aktor jahat memalsukan sejumlah besar identitas dan menjalankan banyak node berbeda.

Operator darknode menerima biaya yaang dihasilkan dari memfasilitasi pertukaran, yang dibayarkan dalam token yang dikonversi dalam koin REN.

Meskipun ini berarti REN tidak memiliki kasus penggunaan selain untuk kasus penggunaan selain untuk mengoperasikan node, itu juga berarti lebih banyak orang didorong untuk menjalankan Darknode karena mereka dapat memperoleh biaya dalam cryptocurrency yang lebih populer seperti BTC dan ETH.

Ini meningkatkan jumlah peserta dalan ekosistem REN, sehingga membuat RenVM lebih aman dan terukut. jadi semakin banyak operator Darknode, REN menjadi lebih berharga, sehingga memengaruhi harga REN dan kapitalisasi pasar.

Mengenal Token REN

Jumlah Coin REN yang Beredar?

REN adalah token standar ERC-20. REN memiliki batas suplai tetap sebesar 1 miliar (1.000.000.000) token, REN melakukan penjualan token presale dan publik pada tahun 2018, di mana total 60,2% dari suplainya dijual ke investor.

REN memiliki dana cadangan yang awalnya dialokasikan 19,9% dari total suplai, sementara 9,9% lainnya dialokasikan secara internal untuk penasihat, tim dan pendirinya.

Token milik tim berlaku dengan periode terkunci dua tahun, dengan penguncian enam bulan untuk alokasi ke penasihat. 10% lainnya dari supplay REN secara khusus ditujukan untuk kegiatan seperti kemitraan dan pengembangan.

Data Teknis Token REN Lainnya

Token REN mencapai level tertinggi sepanjang masa sebesar $1,84 pada 20 febuari 2021, pada saat itu juga mencapai kapitalisasi pasar tertingginya lebih dari $1,7 miliar dan volume perdagangan 24 jam hampir $1 miliar.

Cryptocurrency senilai $750 juta yang dicetak melalui RenVM saat ini terkunci di ethereum dan $42.500 di Binance Smart Chain.

Biaya untuk mencetak mata uang kripto di ethereum adalah 0,25% dan 0,1% untuk pembakaran, sementara di binance smart chain di kenakan 0,1% untuk mencetak dan membakar, biaya ini dipilih oleh komunitas berdasarkan volume jaringan terbaru dan nilai total yang dikunci.

Bagaimana Token REN Digunakan?

satu-satunya kasus penggunaan untuk Cryptocurrency REN adalah sebagai ikatan untuk mengoperasikan Darknode, meskipun orang juga membeli coin REN untuk investasi spekulatif, Darknode dapat diatur dengan digital ocean, Amazon Web Service, dan google Cloud.

Banyak investor DeFi telah memanfaatkan RenVM untuk memindahkan cryptocurrency mereka ke dalam aplikasi DeFi seperti MyEtherWallet, KeeperDao, dan Curve Finance di mana mereka dapat memperoleh penghasilan dari crypto yang seharusnya tidak digunakan.

Proyek DeFi mengintegrasikan RenVM untuk mendapatkan keuntungan dari likuiditas lintas rantai, transfer cepat, dan perdagangan OTC lintas-rantai.

Cara Memilih REN Wallet

REN adalah token ERC-20 sehingga dompet yang mendukung ethereum dapat digunakan untuk menyimpan REN. jenis yang kamu pilih kemungkinan akan tergantung pada jumlah koin REN yang kamu miliki dan apa yang ingin kamu lakukan dengannya.

Dompet perangkat keras seperti ledger atau trezor menawarkan opsi paling aman dengan menyimpan dan cadangan offline. namun mereka cenderung lebih mahal dan sulit dipahami sehingga mungkin lebih cocok untuk mereka yang memiliki pengalaman dan token REN dalam jumlah besar untuk disimpan.

Opsi yang lebih sederhana, dan biasanya gratis adalah dompet perangkat lunak, ini dapat diunduh ke ponsel cerdas atau komputer kamu dan mungkin bersifat kustodian atau non-penahanan.

Dengan dompet kustodian, kunci pribadi dikelola dan dicadangkan atas nama kamu oleh penyedia layanan. Dompet non-penahanan menggunakan elemen aman di perangkan kamu untuk menyimpan kunci pribadi.

Dompet perangkat lunak lebih nyaman untuk melakukan transaksi tetapi kurang aman daripada perangkat keras, yang berarti dompet ini lebih cocok untuk pengguna yang tidak berpengalaman dengan jumlah token REN yang lebih kecil.

Tempat Membeli Token REN

REN adalah token yang dapat di perdagangkan secara bebas dan hadir di berbagai bursa, diantaranya Binance dan Huobi Global.

Kesimpulan

Protokol REN, sebelumnya dikenal sebagai Protokol Republik, bertujuan untuk memberikan interoperabilitas kepada semua penggunanya dan pihak lain yang terlibat dalam sistem. Pengguna dapat menyimpan aset Bitcoin mereka di REN dan kemudian mengeluarkan token ERC-20 dari aset tersebut.

Token ini memiliki kapasitas untuk digunakan dalam keuangan terdesentralisasi dengan banyak fitur, seperti perdagangan, manajemen portofolio, pinjaman, dan lainnya.

Token REN awalnya dipahami sebagai sarana untuk membayar biaya transaksi dan komputasi dalam protokol REN, mengikuti rebranding REN sebagai protokol interoperabilitas DeFi.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button