Apa itu Polygon (MATIC)? Aset Crypto yang Banyak Diincar Investor

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernahkah kamu mendengar aset crypto bernama Polygon (MATIC)? Investor Cryptocurrency sekarang banyak yang menyukai koin MATIC.

Tidak main-main, volume transaksi Poligon (MATIC) bahkan terbesar kedua, melampaui Dogecoin. Sekarang cryptocurrency paling berharga ke-14 dalam hal kapitalisasi pasar.

Lantas, apa itu Polygon (MATIC)? Untuk memahami lebih jelas mengenai aset crypto yang satu ini, yuk simak penjelasan dari Teknatekno dibawah ini,.

Mengenal Polygon (MATIC)

Polygon (MATIC) adalah platform pertama untuk penskalaan Ethereum dan pengembangan infrastruktur yang terorganisir dan mudah digunakan. Menggunakan Polygon, seseorang dapat merancang rantai rollup optimis, rantai rollup ZK, rantai berdiri sendiri atau bentuk infra lain yang diminta oleh pengembang.

Platform perdagangan cryptocurrency terkemuka Bittrex dan Poloniex mendukung Polygon. Proyek ini bermaksud untuk memfasilitasi adopsi cryptocurrency secara luas dengan mengatasi kesulitan skalabilitas di berbagai blockchain. MATIC, token asli, Polygon adalah token ERC-20 yang beroperasi di jaringan Ethereum.

Diluncurkan pada Oktober 2017, Polygon dibentuk oleh Jaynti Kanani, Sandeep Nailwal dan Anurag Arjun, dua pengembang blockchain berpengalaman dan seorang konsultan bisnis.

Mengenal Polygon (MATIC)

Sejarah Polygon (MATIC)

Polygon dibuat di India pada tahun 2017 dan awalnya bernama Matic Network. Matic sendiri dibuat oleh banyak developer Ethereum, terutama Jaynti Kanani, Sandeep Nailwal, Anurag Arjun, dan Mihailo Bjelic.

Ketika kepadatan jaringan Ethereum meningkat, maka terciptalah harga gas terkait dan waktu pemrosesan transaksi, yang mengarah pada kelahiran Matic sebagai skalabilitas. Matic dibuat sebagai solusi lapisan 2 untuk masalah ini.

Selama penawaran pertamanya pada April 2019, tim Polygon mengumpulkan US$5,6 juta di ETH melalui penjualan 1,9 miliar token MATIC selama periode 20 hari. Kemudian, Matic Network dimulai pada tahun 2020 dan Matic berubah nama menjadi Polygon Network pada Februari 2021.

Perubahan nama ini berkorelasi dengan pergeseran pendekatan Polygon dari hanya menawarkan solusi lapisan 2 untuk jaringan Ethereum ke infrastruktur komprehensif yang dapat digunakan oleh pengembang untuk membangun aplikasi atau dApps yang terdesentralisasi.

Fungsi Koin MATIC

Fungsi menggunakan koin matic adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Investasi

Nilai koin Matic, seperti mata uang kripto lainnya, dapat naik atau turun secara dramatis dalam jangka pendek atau menengah, menjadikannya sarana investasi yang menarik. Hal ini memungkinkan kita untuk mendapatkan pendapatan yang luar biasa.

Pekerjaan lebih lanjut sedang dilakukan pada fondasi skalabilitas dan arsitektur jaringan secara keseluruhan. Namun, kamu juga perlu mencermati para pesaingnya terutama Avalanche dan Polkadot yang memiliki nilai kapitalisasi pasar lebih besar.

2. Untuk Staking

Menggunakan koin matic untuk mempertaruhkan validator tepercaya dalam mendukung investasi kripto dan mendapatkan penghasilan pasif yang lebih besar adalah penggunaan lain untuk mata uang tersebut. Validator ini akan mengamankan jaringan.

Cara Kerja Polygon (MATIC)

Instrumen ini mampu memfasilitasi kebutuhan developer dengan mengutamakan keamanan, kinerja, dan juga user experience (UX). Adapun cara kerja matic coin adalah sebagai berikut.

  • Memiliki 2 layer, dimana layer 1 (L1) merupakan mainnet dan menjadi jaringan blockchain utama. Sedangkan layer 2 (L2) menjadi blockchain yang akan berjalan di atas layer 1. Dengan demikian, L2 akan mengatasi kerugian dan hambatan-hambatan akibat padatnya jaringan Ethereum.
  • Dalam layer 2 terdapat commit chains dan side chains, kedua komponen ini memiliki perbedaan, yakni commit chains lebih berfokus untuk melakukan integrasi keamanan jaringan.
  • Ketika kedua layer tersebut bersinergi, maka transaksinya akan lebih cepat dengan biaya gas jauh lebih murah. Demikian pula skalabilitasnya yang aman bagi pengguna.

Jumlah Polygon (Matic) yang Beredar

Jumlah peredaran (circulating supply) token matic berhasil mencapai angka yang sangat fantastis, yakni sekitar 6,3 miliar koin dari total persediaan tetap 10 miliar token.

Kesimpulan

Polygon (MATIC) adalah platform pertama untuk penskalaan Ethereum dan pengembangan infrastruktur yang terorganisir dan mudah digunakan.

MATIC, token asli, Polygon adalah token ERC-20 yang beroperasi di jaringan Ethereum. Menggunakan Polygon, seseorang dapat merancang rantai rollup optimis atau bentuk infra lain yang diminta oleh pengembang.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button