Pengertian CryptoPunks NFT, Cara Kerja dan Harganya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Tahukah kamu bahwa CryptoPunks adalah salah satu karya NFT yang banyak dicari-cari oleh masyarakat. Apa itu CryptoPunks? Mengapa aset crypto bernama CryptoPunks menjadi terkenal? Berikut penjelasan singkatnya.

Mengenal Apa itu CryptoPunks NFT

CryptoPunk NFT merupakan kumpulan 10.000 gambar piksel, yang masing-masing gambarnya menampilkan kepribadian, kombinasi, dan ciri khas unik yang dihasilkan secara acak. Dari 10.000 rangkaian gambar piksel, ada 6.039 karakter Punk laki-laki dan 3.840 karakter Punk perempuan.

Beberapa di antaranya memakai lipstik berwarna merah, memakai kacamata 3D, berpipi merah, menggunakan ikat rambut, terdapat gigi buck, dan ada yang memakai beanie. Selain itu, terdapat jenis punk tanpa ciri khas atau atribut khusus yang disebut sebagai “Genesis Punk”.

Selain dikenal sebagai proyek NFT pertama di blockahin Ethereum, CryptoPunk juga dinobatkan sebagai NFT populer dengan penjualan fantastis. Menurut laporan situs Decrypt, per 1 September 2021 CryptoPunk berrhasil mencapai total volume perdagangan lebih dari 1,18 miliar dolar AS atau setara Rp16,7 triliun.

Mengenal Apa itu CryptoPunks NFT

Pendiri CryptoPunks

CryptoPunks adalah gagasan Larva Labs yang berbasis di New York, didirikan oleh Matt Hall dan John Watkinson. Proyek ini dimulai pada tahun 2017 sebagai eksperimen nilai NFT dan seni, membantu mempopulerkan apa yang sekarang kita kenal sebagai seni kriptografi.

Mereka adalah jenis cryptocurrency, tetapi sangat berbeda dari Bitcoin atau BNB. Semua 10.000 punk adalah NFT eksklusif di blockchain Ethereum. 3.840 adalah perempuan, 6.039 adalah laki-laki. Kami juga memiliki beberapa monyet, alien dan zombie dalam campuran.

Kombinasi atribut yang berbeda digabungkan bersama memastikan bahwa masing-masing dari 10.000 benar-benar unik. Punk awalnya tersedia dan didistribusikan secara bebas. Yang harus kamu lakukan untuk mendapatkannya adalah membayar biaya transaksi yang terkait dengan Ethereum.

Popularitas karya seni ini telah meroket, bersama dengan NFT pada umumnya. Rumah lelang Christie bahkan melelang koleksi dengan perkiraan mencapai jutaan. Alien punk yang tampak pucat dengan ikat kepala ini saat ini memegang rekor CryptoPunk terlaris di 4200 ETH, sekitar $7,58 juta pada saat penjualan pada Maret 2021.

Sedangkan urutan kedua adalah CryptoPunk #7804, yang dijual dengan jumlah yang sama dengan ETH (sekitar $7,57 juta pada saat penjualan). Perbedaan ini disebabkan oleh kenaikan harga ETH. Dalam hal NFT secara umum, keduanya adalah yang kedua dan ketiga token non-fungibles paling mahal yang pernah dijual.

Cara Kerja CryptoPunks

Pada saat peluncuran proyek, protokol token ERC-721 yang sekarang digunakan untuk NFT bahkan belum ada. Larva Labs harus bekerja dengan apa yang mereka miliki: ERC-20 .

Dengan cara yang punk, tim akhirnya memodifikasi kode ERC-20 hanya untuk menghasilkan item yang tidak dapat dipertukarkan, menjadi inspirasi untuk pengembangan ERC-721 segera setelahnya.

Jika kita melihat token di Etherscan, kita bisa melihat total supply maksimum 10.000. Meskipun punk muncul sebagai ERC-20, mereka bukanlah token yang identik. Kamu bisa menentukan keaslian setiap CryptoPunk dengan hashing gambar referensi dan membandingkannya dengan hash gambar tertentu dalam kontrak token.

Karena gambar terlalu besar untuk disimpan di blockchain, Larva Labs membuat gambar komposit yang berisi 10.000 punk. Hash ini ada dalam kontrak token CryptoPunks.

Setiap token punk berisi metadata yang mengacu pada posisinya dalam gambar komposit. Misalnya, CryptoPunk #7804 adalah punk ke-7804 dalam citra komposit besar.

Harga CryptoPunks NFT

Harga CryptoPunk yang diperdagangkan sangat beragam. Harga termurah atau biaya minimum untuk membeli CryptoPunk NFT dari pasar sekunder berada di nilai di bawah 80 ETH. Menurut laporan Lava Labs, sebuah karya CryptoPunk 1417, dijual dengan harga 79,99 ETH atau setara hampir Rp3,78 miliar.

Padahal, sebelum dijual seharga Rp3,78 miliar, pemilik karya 1417 ini sempat menjualnya dengan 0,9ETH atau setara Rp2,2 juta pada awak tahun 2020 lalu. Nilai tersebut menjadi salah satu dari harga termurah untuk dapat membeli CryptoPunk.

Di sisi lain, sudah banyak penjualan CryptoPunk NFT termahal yang sudah terjual. Contohnya, pada 12 September, Zombie “CryptoPunk 8857” berhasil menerima tawaran sebesar 2.000 ETH senilai Rp94 miliar. Adapula pula karya “CryptoPunk 5169” berhidung badut terjual seharga 205 ETH atau sekitar Rp10 miliar.

Tempat Membeli CryptoPunks

Selain merancang CryptoPunks mereka sendiri, Larva Labs juga telah membuat pasar mereka sendiri di situs web CryptoPunks. Di sinilah pengguna menawar, membeli, dan menjual CryptoPunks. Kamu bisa berinteraksi dengan pasar dengan menginstal dan menghubungkan MetaMask kamu.

CryptoPunks juga telah tiba di OpenSea, pasar NFT terkemuka di Ethereum. Punk piksel ini sedikit berbeda. Mereka telah digabungkan ke dalam token ERC-721 sehingga dapat diperdagangkan di pasar NFT.

CryptoPunk ERC-721 dapat dengan mudah diubah kembali ke bentuk ERC-20 aslinya. Proses membungkus dan membuka bungkus berlangsung di Wrapped PUNKS dan dapat dilakukan dengan dompet MetaMask yang berisi CryptoPunk.

Kesimpulan

CryptoPunks NFT adalah proyek seni yang dipelopori dan dikembangkan oleh Larva Labs. Dalam proyek tersebut, pengembang perangkat lunak ini menciptakan 10.000 karakter unik berukuran 24×24 piksel. Setiap karakter dapat dikoleksi dengan bukti kepemilikan yang tersimpan di blockchain Ethereum.

Related Articles

Back to top button