Pengertian Internet Computer (ICP), Blockchain Pemicu Evolusi Internet

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Tahukah kamu apa itu Internet Computer (ICP) dalam cryptocurrency? Saat dirilis pada 10 Mei 2022, ICP berhasil memasuki peringkat ke-10 cryptocurrency teratas berdasarkan kapitalisasi pasar.

Selain sebagai proyek berbasis jaringan, Internet Computer juga merupakan instrumen investasi dengan prospek cerah dan dapat menjadi buruan bagi para dan investor. Lantas apa Internet Computer (ICP) itu? Simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Internet Computer (ICP)?

Internet Computer (ICP) adalah sebuah blockchain pertama di dunia yang berjalan dengan kecepatan web dan kapasitas yang tidak terbatas. Ini juga turut mewakili inovasi blockchain utama ketiga setelah Bitcoin dan Ethereum sebagai komputer blockchain yang mengukur komputasi dan data smart-contract.

ICP bisa menjalankannya dengan kecepatan web, memproses serta menyimpan data secara efisien dan menyediakan kerangka kerja perangkat lunak yang kuat untuk para pengembang.

Sejarah Internet Computer (ICP)

Proyek kripto Internet Computer (ICP) diluncurkan pada tahun 2016 oleh DFINITY Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Swiss.

DFINITY mengumpulkan total $121 juta dari kontributor seperti Andreessen Horowitz, Polychain Capital, SV Angel, Aspect Ventures, Electric Capital, ZeroEx, Scalar Capital, dan Multicoin Capital, dan beberapa pendukung Ethereum awal yang terkenal.

Pada tahun 2018, lebih dari 50.000 peserta register menerima token utilitas ICP dalam airdrop. Pada 18 Desember 2020, DFINITY meluncurkan alpha mainnet dari Komputer Internet. Dalam langkah terakhir menuju desentralisasi, pada 10 Mei 2021, DFINITY meluncurkan Komputer Internet ke domain publik.

Tonggak utama ini berarti bahwa internet sekarang berfungsi sebagai komputer global yang terdesentralisasi, yaitu ditandai dengan pelepasan semua kode sumber Komputer Internet ke dalam domain publik, serta token utilitas ICP yang memungkinkan puluhan ribu anggota komunitas untuk mengatur Komputer Internet jaringan.

Apa itu Internet Computer (ICP)

Pendiri Internet Computer (ICP)

Dominic Williams adalah Pendiri dan Kepala Ilmuwan DFINITY. Dia adalah seorang ahli teori crypto, yang bertanggung jawab untuk menciptakan Threshold Relay, Probabilistic Slot Consensus, dan teknik crypto baru lainnya, pengusaha serial, dan anggota awal komunitas teknis Bitcoin dan Ethereum.

Sebelumnya, dia adalah Presiden dan CTO String Labs, inkubator untuk proyek kripto yang didukung ventura, pelopor awal DeFi di Mirror Labs, dan Pendiri dan CEO Fight My Monster, game MMO untuk anak-anak yang berskala hingga jutaan pengguna.

Ia juga mendirikan beberapa startup seperti System7, Airdocs dan Smartdrivez. Lulus King’s College London 1 di Kelas Ilmu Komputer.

Cara Kerja Internet Computer (ICP)

Dari sisi fungsionalitas, Internet Computer adalah jaringan paling kompleks di crypto market. Tim pembuat ICB memiliki visi untuk mengganti infrastruktur internet yang saat ini berjalan secara pribadi. Tujaun ICP adalah untuk mengubah sistem internet terpusat yang mana sedang kita gunakan saat ini.

ICP memiliki sebuah teknologi yang disebut Chain Key Technology. Teknologi ini terdiri dari beberapa sistem lainnya, seperti konsesus Treshold Relay, Internet Identity (IID), Network Nervouse System (NNS), dan sebagainya.

Tercatat, Internet Compoter adalah teknologi dengan jaringan yang terdiri dari 48 pusat data di dunia. Setiap pusat data, ada ribuan node berjalan untuk mengamankan jaringan.

Kemudian, node membentuk subnet ketika mereka dikelompokkan. Subnet sering dianggap sebagai blockchain untuk dirinya sendiri dan mengadopsi mekanisme Proof of Stake (PoS).

Dengan kata lain, tidak ada istilah menambang atau mining Internet Computer (ICP), melainkan staking ICP. Setiap token dapat dipertaruhkan (staked), semakin banyak jumlah token yang dipertaruhkan, semakin tinggi penghargaan untuk pemilik token.

Node subnet yang terpilih untuk melakukan validasi transaksi akan diberikan rewards berupa token terpilih, tergantung pada token yang di-staking. Ini menjadi teknologi pertama dari jenisnya, dikenal sebagai Threshold Relay. Pelajari tentang staking dalam dunia crypto.

Apa itu Token ICP?

ICP adalah token asli jaringan yang berfungsi sebagai token utilitas dan berperan dalam berbagai cara. Total pasokan ICP adalah sekitar 470 juta ICP. Jumlah pasokan Internet Computer yang beredar adalah sekitar 190 juta token ICP.

Prediksi harga Token ICP lainnya akan direncanakan untuk diberikan pada tahun-tahun mendatang. Ada tiga kasus utama penggunaan token ICP di jaringan yaitu sebagai berikut.

  1. Tata Kelola (Governance) : Ini memungkinkan pengguna untuk mengunci token ICP mereka dan menggunakannya untuk membuat Neuron – digunakan untuk memilih tata kelola jaringan.
  2. Biaya tabung (Canister Fees) : Ini memungkinkan pengguna untuk mengonversi token ICP mereka menjadi Siklus. Berbeda dari token ICP, siklus memiliki harga jangka panjang yang relatif stabil, dan dapat digunakan untuk membayar biaya tabung di jaringan. Nilai 1 ICP = 1 triliun siklus. Siklus yang digunakan lalu dibakar untuk menjaga nilai terhadap inflasi.
  3. Penghargaan (Reward) : Ini memungkinkan pengguna yang mengunci ICP mereka untuk dapat memilih. Periode penguncian bisa bervariasi dari enam bulan sampai delapan tahun. Jaringan akan memberikan reward kepada pemilih atas partisipasi mereka yang mengacu pada jumlah token yang dikunci. Selain itu, pusat data memperoleh hadiah untuk mengamankan jaringan.

Untuk menjadi node di jaringan ICP, pengguna terlebih dahulu harus mengajukan Data Center ID (DCID) di Network Nervous System (NNS). Pengguna juga harus menguasai mesin, menginstal protokol, dan menautkan node dengan jaringan.

Keunikan Internet Computer (ICP)

Tujuan dari Internet Computer (ICP) adalah untuk memperluas internet publik, sehingga dapat juga menjadi platform komputasi dunia. Saat ini, internet adalah jaringan yang menghubungkan semua orang dan segalanya. Tetapi sistem dan layanan saat ini dijalankan dari infrastruktur pribadi.

Terobosan ilmiah di balik Internet Computer adalah Chain Key Technology, yang mencakup puluhan teknologi canggih seperti Consensus baru, Non-Interactive Distributed Key Generation (NI-DKG), Network Nervous System (NNS), Internet Identity, dll.

Chain Key Technology adalah mesin yang menggerakkan Komputer Internet dan memungkinkan pengoperasiannya. Chain Key Technology terdiri dari satu set protokol kriptografi yang mengatur node yang membentuk Komputer Internet.

Ini adalah keuntungan besar karena memungkinkan perangkat apa pun, termasuk jam tangan pintar dan ponsel untuk memverifikasi keaslian artefak dari Komputer Internet. Sebaliknya, ini tidak mungkin untuk blockchain tradisional. Karena kunci publik tunggal hanyalah puncak gunung es.

Kesimpulan

Internet Computer (ICP) memungkinkan penggambaran ulang perangkat lunak secara lengkap serta menyediakan cara baru yang revolusioner untuk membangun layanan internet tokenized, platform pan-industri, sistem keuangan terdesentralisasi dan bahkan sistem serta situs web perusahaan tradisional.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button