Pengertian Harmony (ONE), Aset Crypto Berbasis Jaringan Blockchain

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Buat kamu yag tertarik untuk membeli aset crypto bernama Harmony (ONE), ada baiknya pelajari terlebih dahulu pengertian aset cryptocurrency yang satu ini.

Harmony (ONE) adalah jaringan blockchain terbaru yang menjanjikan skalabilitas, keamanan, dan desentralisasi maksimum. Untuk lebih jelas lagi, yuk simak penjelasan dari Teknatekno berikut ini mengenai aset crypto Harmony (ONE).

Memahami Pengertian Harmony (ONE)

Pengertian Harmony (ONE) adalah platform blockchain yang dirancang digunakan pada decentralized applications (dApps). Platform ini dibuat dengan kombinasi penelitian bleeding edge dan engineering yang andal untuk membantu mengatasi masalah pada blockchain.

Platform ini menawarkan alat dan fungsionalitas untuk menciptakan, meng-hosting, mengelola, dan menggunakan dApps dengan tingkat skalabilitas dan interoperabilitas maksimal. Harmony di-hosting di Ethereum, sehingga proyek ini menawarkan solusi untuk mengatasi keterbatasan jaringan Ethereum.

Perlu diketahui, tujuan utama dari proyek blockchain ini yaitu menciptakan lingkungan mandiri yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan pasar untuk fungible token dan non-fungible token (NFT).

Dengan menggunakan alat yang tersedia. Ini juga memperoleh manfaat dari interoperabilitas dan skalabilitas melalui sharding

Dengan pembaruan yang akan ditayangkan pada akhir tahun 2021, Harmony ingin menjadi salah satu kontributor utama dalam ruang decentralized finance (DeFi).

Selain itu, Harmony juga menawarkan waktu pembuatan blok yang cepat, estimasi tidak lebih dari satu detik. Ini memfasilitasi transasi secara instan dengan kemampuan proses throughput transisi yang lebih tinggi daripada Ethereum atau jaringan setara

Sementara itu, ONE adalah aset kripto asli dari jaringan Harmony, dan juga menjadi token multiguna. Penggunaan ONE bisa untuk membayar berbagai jenis layanan dan operasi di jaringan, termasuk membayar penyimpanan.

Setiap pemegang token ONE dapat berpartisipasi dalam proses tata kelola jaringan dengan memberikan hak suara mereka. ONE juga menjadi mata uang kripto yang cukup populer dan diperdagangkan di berbagai crypto exchanges.

Memahami Pengertian Harmony (ONE)

Pendiri Harmony (ONE)

CEO Harmony adalah Stephen Tse. Tse memiliki pengalaman sebagai seorang peneliti di Microsoft Research dan infrastructure engineer senior di Google.

Selain Tse, terdapat empat co-founder tambahan, yang sebagian besarnya adalah seorang pakar kecerdasan buatan. Tim ini terdiri dari lebih dari 30 anggota dengan latar belakang yang beragam, mulai dari teknik, akademisi, hingga kewirausahaan.

Cara Kerja Harmony (ONE)

Dalam menyediakan keamanan, skalabilitas, dan desentralisasi, Harmony bekerja dalam sebuah sistem yang disebut sebagai sharding. Nantinya, sharding Harmony akan membagi jaringan ke dalam 4 bagian utama yang berfungsi secara paralel.

Pengguna dipersilakan untuk memilih shard yang diinginkan, yang mana mampu mendistribusikan beban kerja secara rata di tiap jaringan, mulai dari proses validasi, transaksi, pembuatan blok, hingga staking. Proses sharding sangat menguntungkan bagi jaringan Harmony, diantaranya yaitu:

  • Validator tidak perlu menyimpan salinan penuh yang berasal dari seluruh riwayat transaksi blockchain di masa lampau.
  • Validator ditunjuk ke shard secara acak, tujuannya untuk mencegah adanya pengambilalihan shard yang tidak agresif. Setelah setiap Epoch, validator cenderung akan beralih ke shard baru dan para pemimpinnya dirotasi.

Saat ini, jaringan Harmony memiliki maksimal 250 slot validator per shard yang terkadang disebut sebagai BLS Key. Ini biasanya dapat dilakukan dengan meningkatkan jumlah pecahan dan validator di jaringan.

Kerumitan jaringan ini sangat diperlukan untuk membuka jalan keluar masuknya transaksi digital, salah satunya melalui Binance atau cryptocurrency lainnya.

Keunikan Harmony (ONE)

Harmony adalah proyek unik di pasar cryptocurrency, sektor Defi, dan dApps. Hal ini karena Harmony memberikan waktu validasi yang relatif cepat dan memastikan bahwa blok bisa dibuat dalam hitungan detik, dengan finalitas instan untuk transaksi di buku besar (ledger).

Harmony mampu mengurangi waktu yang dibutuhkan secara signifikan dalam validasi transaksi dengan memperkenalkan sharding. Proyek ini juga menyelenggarakan Harmony Grants, sebuah program untuk menarik lebih banyak pengembang dApps ke jaringan dan mendukung inovasi dan pembuatan dApps.

Selain unik karena memanfaatkan FBET dan teori permainan, Harmony juga unik karena menggunakan Venfiable Random Function untuk tujuan keamanan dan sharding.

Pengertian Token ONE

Seperti halnya jaringan lain, Harmony juga memiliki token resmi yang digunakan dalam blockchainnya secara menyeluruh, yaitu ONE.

Token ONE merupakan koin kripto asli protokol Harmony yang biasa digunakan untuk beberapa hal, mulai dari membayar biaya transaksi jaringan, melakukan staking, hingga berpartisipasi dalam mekanisme tata kelola jaringan.

Menariknya, blockchain Harmony memberikan reward bagi validator sebesar 441 juta ONE setiap tahun. Tujuannya adalah menciptakan keadaan nol bersih dari transaksi masuk burning, sehingga menyeimbangkan ONE yang diberikan untuk reward blok.

Harga Token ONE

Harga koin crypto ONE di sejumlah bursa atau crypto exchange hari ini (7/6/2022) bergerak di level $0,39 per keping dengan market cap lebih dari $4 miliar.

Kesimpulan

Harmony (ONE) adalah platform blockchain yang dirancang digunakan pada decentralized applications (dApps). Tujuan utama dari proyek blockchain ini yaitu menciptakan lingkungan mandiri yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan pasar untuk fungible token dan non-fungible token (NFT).

Sedangkan ONE adalah aset kripto asli dari jaringan Harmony, dan juga menjadi token multiguna. Penggunaan ONE bisa untuk membayar berbagai jenis layanan dan operasi di jaringan, termasuk membayar penyimpanan.

Pencarian Populer

Harmony One Coinmarketcap - Harmony One Explorer - Harmony One Indodax - Harmony One Metamask- Harmony One Price - Harmony One To Idr - Harmony One Wallet - Talk Harmony One -

Related Articles

Back to top button