Apa itu Hedera Hashgraph (HBAR), Jaringan Blockchain Proof of Stake

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Buat kamu yang tertarik untuk berinvestasi aset crypto bernama Hedera Hashgraph (HBAR), ada baiknya pahami terlebih dahulu mengenai aset crypto ini.

Sekedar informasi, Hedera adalah jaringan terdesentralisasi yang dibangun menggunakan jenis distributed ledger yang unik dan berbeda, yaitu Hashgraph. Lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Hedera Hashgraph (HBAR)

Hedera Hashgraph adalah jaringan terdistribusi terdesentralisasi (decentralized distributed network) yang secara struktural memiliki diferensiasi dari blockchain Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH), tetapi melakukan fungsi yang setara.

Itu berlandaskan pada algoritma keamanan dan validasi yang jauh lebih efisien daripada yang saat ini digunakan pada jaringan blockchain.

Hedera Hashgraph mengoperasikan buku besar terbuka terdistribusi (distributed open ledger) pada teknologi hashgraph daripada blockchain. Detail algoritme canggih mengintai di bawah tudung, beberapa di antaranya cukup menantang untuk dilihat oleh seorang bergelar Ph.D.

Pada intinya, jaringan berbasis hashgraph memberikan alternatif praktis untuk blockchain untuk membangun buku besar terbuka dan mendukung kripto.

Teknologi hashgraph menawarkan beberapa manfaat atau keunggulan utama dibandingkan dengan blockchain. Tidak ada penambangan atau mining Ini mengindikasikan bahwa dampak lingkungan dari penerapan teknologi akan berkurang signifikan.

Biaya transaksi juga berpotensi lebih rendah. Hashgraph dapat menerapkan buku besar terbuka (open ledger dengan manfaat keamanan dan anonimitas yang setara dengan buku besar berbasis blockchain, namun dengan manfaat tambahan seperti kinerja yang lebih tinggi dan kapasitas yang lebih besar.

Sedangkan HBAR adalah mata uang kripto untuk tujuan umum dan token utilitas jaringan Hedera. HBAR dapat digunakan untuk membayar biaya transaksi di jaringan. Token HBAR juga dapat dipertaruhkan (staked) ke node jaringan.

Hal ini bertujuan untuk menyediakan sistem pemungutan suara tertimbang untuk memvalidasi transaksi. Mekanisme Proof of Stake (POS) ini sama sekali berbeda dengan sistem PoS yang diterapkan oleh Ethereum dan blockchain lainnya, meskipun memiliki peran yang hampir sama.

Mengenal Hedera Hashgraph (HBAR)

Pendiri Hedera Hashgraph (HBAR)

Hedera Hashgraph memiliki dua pendiri: Dr. Leemon Baird dan Mance Harmon. Dr. Leemon Baird sebagai investor dari algoritma konsensus terdistribusi hashgraph dan saat ini bekerja sebagai kepala ilmuwan Hedera.

Sebelum mendirikan Hedera Hashgraph, Baird mengumpulkan lebih dari satu dekade pengalaman dalam berbagai ilmu komputer dan peran keamanan dan sebelumnya bekerja sebagai ilmuwan peneliti senior di Academy Center oleh Cyberspace Research.

Dia juga memegang posisi salah satu pendiri dan CTO di Swirlds Inc., sebuah platform untuk membangun DApps. Di sisi lain, Mance Harmon adalah CEO Hedera dan eksekutif teknologi berpengalaman serta pengusaha berpengalaman.

Harmon memiliki sekitar dua dekade pengalaman memegang peran eksekutif di perusahaan terkemuka, banyak di antaranya berada di industri keamanan TI. Seperti Dr. Leemon Baird, Mance Harmon juga memegang posisi kedua di Swirlds Inc., sebagai salah satu pendiri dan CEO.

Selain para pendiri, tim kepemimpinan Hedera juga terdiri lebih dari selusin individu, banyak di antaranya memiliki karir yang cemerlang.

Cara Kerja Hedera Hashgraph

Jaringan Hedera Hashgraph lahir dari konsep teori graph yang disebut directed acyclic graphs Grafik ini memungkinkan penciptaan struktur dan aliran data yang tidak pernah move back ke keadaan sebelumnya.

Ketika digunakan sebagai landasan untuk buku besar terbuka terdistribusi, acyclic graphs memastikan bahwa setiap transaksi tidak dapat diubah setelah masuk ke jaringan.

Hedera memanfaatkan grafik dan negosiasi antar node ini dagar dapat mengimplementasikan algoritme konsesur asynchronous byzantine fault-tolerant (ABFT). Algoritme ini adalah sebuah alternatif dari mekanisme berbasis kriptografi yang lamban, rumit, yang digunakan oleh buku besar (ledger) berbasis blockchain.

Hedera menjelaskan bahwa konsensus ABFT jauh lebih efisien, adil, dan aman daripada proses atau metode verifikasi transaksi konvensional. Transaksi akan ditambahkan ke jaringan dengan hemat konsumsi energi dan biaya lebih rendah. Teknologi ABFT inilah yang membuat jaringan Hedera Hashgraph tetap aman

Keunikan Token HBAR

Tidak seperti kebanyakan platform cryptocurrency lainnya, Hedera Hashgraph tidak dibangun di atas blockchain konvensional. Sebagai gantinya, ia memperkenalkan jenis teknologi buku besar terdistribusi yang benar-benar baru yang dikenal sebagai Hashgraph.

Teknologi ini memungkinkannya untuk meningkatkan banyak alternatif berbasis blockchain di beberapa area utama, termasuk kecepatan, biaya, dan skalabilitas. Transaksi Hedera memiliki biaya transaksi rata-rata hanya $0,0001 USD dan biasanya mencapai final dalam waktu kurang dari lima detik.

Secara keseluruhan, Hedera Hashgraph mengklaim dapat menangani lebih dari 10.000 transaksi per detik (TPS), dibandingkan dengan sekitar 5-20 untuk sebagian besar blockchain berbasis proof-of-work (PoW). Platform ini menawarkan beberapa layanan jaringan utama. Ini termasuk:

  • Layanan token yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengonfigurasi dan mencetak token yang dapat dipertukarkan dan tidak dapat dipertukarkan (NFT) di Hedera hanya dengan beberapa baris kode.
  • Layanan konsensus yang bertindak sebagai lapisan kepercayaan untuk aplikasi atau jaringan apa pun yang memerlukan log peristiwa yang aman dan dapat diverifikasi.
  • Alat kontrak pintar yang memungkinkan pengembang membangun aplikasi terdesentralisasi yang kuat dan efisien.
  • Layanan penyimpanan file terdesentralisasi dengan fitur termasuk bukti penghapusan, mutabilitas terkontrol, dan kedaluwarsa file berbasis waktu.

Kesimpulan

Hedera Hashgraph adalah jaringan publik yang memungkinkan individu dan bisnis untuk membuat aplikasi terdesentralisasi yang kuat (DApps). Sedangkan HBAR adalah mata uang kripto untuk tujuan umum dan token utilitas jaringan Hedera. HBAR dapat digunakan untuk membayar biaya transaksi di jaringan.

Hedera Hashgraph tidak dibangun di atas blockchain konvensional. Namun, ia memperkenalkan jenis teknologi buku besar terdistribusi yang benar-benar baru yang dikenal sebagai Hashgraph.

Related Articles

Back to top button