Ini Dia Sederet Fitur iOS 16 Baru yang Kompatible di iPhone 8 Keatas

Teknatekno.com – Worldwide Developers Conference atau WWDC 2022 menjadi ajang bagi Apple untuk meluncurkan fitur iOS 16. Acara ini digelar mulai tanggal 6 sampai 10 Juni 2022 mendatang.

Akan ada banyak pengumuman baru di WWDC 2022, termasuk rilis fitur iOS 16 dan chipset baru untuk MacBook Air 2022. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, perangkat lunak kali ini membawa tampilan baru serta sistem notifikasi lebih efisien.

Sayangnya, beberapa fitur baru yang akan hadir di iOS 16 membuat Apple harus “memangkas” dua model iPhone sebelumnya.

Konsumen harus menunggu hingga setidaknya Juli bulan depan untuk mengakses versi Beta Publik, yang telah hadir untuk pengembang sejak awal versi.

Fitur Baru iOS 16 Pada iPhone

Berikut ini beberapa fitur baru iOS 16 yang akan bawa perubahan pada ponsel iPhone:

Fitur Baru iOS 16 Pada iPhone

1. Perubahan Lock Screen

Lock Screen atau layar kunci iPhone cukup sederhana, yakni hanya menampilkan waktu dan tanggal serta pemberitahuan. Kamu bisa mengubah wallpaper untuk layar kunci iPhone.

Caranya, pilih di antara opsi yang tersedia atau satu foto diri. Namun, di iOS 16 hal itu bakal berubah. Layar kunci punya wallpaper baru berkemampuan seperti widget.

Dua tahun lalu, Apple menambahkan kemampuan untuk menempatkan widget di layar beranda iPhone berupa info sekilas seperti kondisi cuaca dan kontrol pemutaran musik.

Agaknya, widget layar kunci di iOS 16 akan menawarkan fungsi serupa sehingga membuat pengguna tidak perlu membuka kunci iPhone untuk mengakses info-info yang relevan.

Perubahan layar kunci pun akan menambahkan dukungan untuk kemampuan tampilan selalu aktif, seperti halnya yang ada di perangkat-perangkat bersistem operasi Android.

2. Fitur Notifikasi di iOS 16 Ditingkatkan

Penyesuaian notifikasi tampaknya menjadi tradisi tahunan setiap pembaruan iOS. Notifikasi di iOS 16 kemungkinan berupa hapus email, tandai hal-hal telah dibaca, dan sejenisnya.

Apple juga akan meningkatkan cara mengelompokkan notifikasi dan cara kamu menghapusnya. Masih banyak lagi peningkatan notifikasi di versi baru perangkat lunak iPhone.

3. Kemampuan Pelacakan Kesehatan

Mark Gurman dari Bloomberg memperkirakan, sejumlah fitur baru iOS 16 termasuk aplikasi kesehatan yang kemungkinan berintegrasi dengan kemampuan di Apple Watch.

Selain iOS 16, Apple kemungkinan akan menghadirkan pratinjau watchOS 9 di WWDC 2022. Artinya, sejumlah perangkat Apple bakal bisa saling melacak statistik kesehatan dan olahraga.

4. Pembaruan iMessages

Masih menurut Gurman, ada isyarat bahwa iMessages di iPhone akan menambahkan kemampuan seputar pesan audio, mencerminkan fitur yang ada di aplikasi jejaring sosial.

Kamu sudah bisa merekam pesan audio iMessages dan mengirimkannya ke penerima di versi iOS saat ini. Fitur itu mungkin akan memperoleh peningkatan kemampuan di iOS 16.

5. Fitur AR/VR

Apple mengembangkan headset AR/VR Apple bersamaan realityOS untuk berjalan di perangkat. Apple berencana untuk menghadirkan aplikasi ramah AR, termasuk di iOS 16.

6. Aplikasi Baru

Gurman menyebut, aplikasi baru Apple kemungkinan akan datang ke versi final iOS 16. Satu di antaranya aplikasi khusus untuk mengelola langganan serta pengatur resep.

Tanggal Rilis Fitur iOS 16

Apple biasanya mengumumkan sistem operasi terbaru dari iOS pada ajang konferensi pengembang tahunannya, bersamaan dengan rilis publik beta untuk sejumlah pengguna dan pengembang. Mereka nantinya yang akan diminta respons dan umpan balik untuk perbaikan sebelum rilis utuh.

Perlu diketahui bahwa waktu pengumuman dan perilisan adalah dua hal yang berbeda. Jadwal peluncuran sistem operasinya diprediksi terjadi sekitar September mendatang.

Hal ini berdasarkan pada formasi tahun lalu di mana iOS 15 pertama kali tersedia untuk publik sekitar seminggu setelah acara peluncuran iPhone 13 pada September. Jadi, kemungkinan besar iOS 16 juga akan meluncurkan pada rentang waktu serupa setelah perilisan iPhone 14 di bulan yang sama.

Penutup

Demikianlah informasi yang bisa Teknatekno rangkumkan untuk kamu mengenai beberapa fitur terbaru di iOS 16 yang akan segera di rilis oleh pihak Apple dalam waktu dekat ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

Related Articles

Back to top button