Oppo Pad Air Resmi Meluncur, Tablet Canggih Harga 2 Jutaan

Teknatekno.com – Oppo kembali memperkenalkan tablet baru bernama Oppo Pad Air untuk pasar China. Ini jadi tablet kedua perusahaan usai mereka memperkenalkan Oppo Pad di awal tahun kemarin.

Oppo Pad Air menampilkan bezel cukup besar di sekeliling layar. Di bagian belakang ada kamera tunggal, bodi berbahan metalik, dan desain bermotif garis yang menyatu dari atas ke bawah bersama modul kamera.

Spesifikasi Oppo Pad Air

Oppo Pad Air menggunakan layar panel LCD berukuran 10,36 inci dengan resolusi 2.000 x 1.200 piksel serta refresh rate 60 Hz. Layar tersebut juga mendukung tingkat kecerahan (brightness) maksimum hingga 360 nits, tingkat kerapatan layar 225 ppi, serta memiliki rasio bodi-ke-layar 83,5 persen.

Di sisi tengah layar (orientasi landscape), terdapat sebuah punch hole yang memuat kamera depan 5 MP (f/2.2). Sementara di bagian belakang, tablet ini dibekali sebuah kamera utama beresolusi 8 MP (f/2.0) dengan dukungan fokus berkesinambungan alias continuous Auto Focus.

Spesifikasi Oppo Pad Air

Kamera utama ini dapat merekam video hingga resolusi 1080p di 30 fps. Di sektor dapur pacu, tablet ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 680, yang dipadukan dengan RAM/penyimpanan 4/64 GB dan 6/128 GB.

Bila dirasa kurang, terdapat slot kartu eksternal microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan media hingga 512 GB, sebagaimana dihimpun dari situs resmi Oppo China.

Tablet mid-range Oppo ini sudah menjalankan sistem operasi Android 12 dan dilapisi antarmuka ColorOS 12. Untuk aspek daya, tablet ini dibekali baterai berkapasitas 7.100 mAh dengan dukungan pengisian daya cepat (fast charging) 18 watt.

Fitur lain yang dibawa yaitu meliputi Bluetooth 5.1, WiFi 5, USB Type-C, empat speaker berteknologi Dolby Atmos, serta dukungan stylus (pena digital).

Stylus Oppo pencil yang dijual terpisah seharga 299 yuan (sekitar Rp 658.000) ini memiliki pressure sensitivity yang mampu membedakan 4.096 tingkat tekanan.

Tablet ini tidak dilengkapi dengan jack audio 3,5 mm untuk menyambungkan earphone atau headset berkabel. Di atas kertas, Oppo Pad Air memiliki ketebalan 6,94 mm dengan bobot 440 gram.

Harga Oppo Pad Air

Di China, Oppo Pad Air bakal dijual perdana pada 31 Mei 2022 dengan pilihan warna Fog Gray dan Star Silver. Berikut rincian harganya:

  • Varian 4 GB/64 GB dibanderol dengan harga 1.299 yuan atau sekitar Rp 2,8 juta
  • Varian 4 GB/128 GB dibanderol dengan harga 1.499 yuan atau sekitar Rp 3,2 juta
  • Varian 6 GB/128 GB dibanderol dengan harga 1.699 yuan atau sekitar Rp 3,7 juta

Belum ada informasi resmi soal ketersediaan tablet ini di luar pasar China, termasuk di Indonesia. Sebelumnya, Oppo sudah meluncurkan tablet pertamanya, yaitu Oppo Pad di China pada akhir Februari 2022. Namun hingga kini, tablet pertama Oppo itu juga belum ada tanda-tanda masuk Indonesia.

Kesimpulan

Oppo Pad Air menjalankan sistem operasi Android 12 dan dilapisi antarmuka ColorOS 12 serta memiliki layar panel LCD 10,36 inci dengan resolusi 2.000 x 1.200 piksel dan kecepatan refresh 60 Hz.

Tablet ini dibekali baterai 7.100 mAh dengan dukungan pengisian cepat (fast charging) 18 watt. Fitur lainnya termasuk Bluetooth 5.1, WiFi 5, USB Type-C, empat speaker dengan teknologi Dolby Atmos, dan dukungan stylus (pena digital).

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like