Apple WatchOS 9 Resmi Diluncurkan, Bawa Sederet Fitur Baru

Teknatekno.com – Dalam acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2022 yang digelar mulai 6 Juni kemarin, Apple resmi memperkenalkan update WatchOS 9 ke khalayak umum.

Pembaruan sistem dalam smartwatch Apple ini akan menghadirkan perbaikan untuk fitur tampilan jam, pelacakan tidur dan aplikasi Workout. Selain itu, WatchOS 9 juga akan menampilkan riwayat kondisi fibrilasi atrium (AFib) serta pelacakan pengobatan untuk penggunanya.

Smartwatch ini memiliki empat wajah baru meliputi Lunar, Playtime, Metropolitan dan Astronomy, serta meliputi update untuk beberapa wajah lama.

Wajah Portrait sekarang menonjolkan efek depth pada foto dengan kucing, anjing dan pemandangan alam. Beberapa wajah klasik seperti Modular, Modular Compact dan X-Large sekarang dilengkapi dengan warna dan gradien latar belakang yang bisa diubah.

Fitur Baru Apple WatchOS 9

Fitur Baru Apple WatchOS 9

Pelacakan tidur yang lebih baik pada jam tangan pintar akhirnya dihadirkan Apple melalui sistem WatchOS 9 yang baru saja diumumkan. Dikutip dari Engadget (7/6), perusahaan teknologi ini akan menyertakan fungsi tahap tidur yang dapat mendeteksi tahap REM, Deep, dan Core untuk memprediksi kondisi tidur pengguna.

Aplikasi Tidur yang terdapat pada sistem WatchOS 9 ini akan melakukan pelacakan dari waktu ke waktu untuk memperoleh nilai kualitas tidur penggunanya.

Pada pembaruan ini, pengguna juga dapat melihat metrik tidur bersama data lain, seperti detak jantung dan laju pernapasan pada aplikasi kesehatan yang terletak di iPhone miliknya.

Fitur kesehatan lain yang ikut hadir dalam sistem WatchOS 9 adalah riwayat keadaan fibrilasi atrium (AFib). Fitur ini akan menunjukkan berapa lama pengguna dalam keadaan fibrilasi atrium (AFib). Selain itu, fitur tersebut juga akan memberi tahu pengguna mengenai waktu ketika AFib paling aktif.

Fitur AFib ini akan mengirimkan notifikasi mingguan untuk penggunanya agar memperoleh informasi yang lebih baik tentang frekuensi AFib mereka.

Fitur yang terdapat dalam Aplikasi Kesehatan ini akan menampilkan riwayat terperinci tentang faktor gaya hidup yang dapat memengaruhi kondisi tersebut, seperti olahraga, tidur, dan asupan alkohol.

Pengguna juga dapat mengunduh informasi yang dikirimkan melalui notifikasi ini melalui PDF untuk dikonsultasikan lebih lanjut dengan tenaga kesehatan professional.

Apple juga memperkenalkan aplikasi Medication untuk iPhone dan Apple Watch yang ditujukan agar pengguna dapat melacak waktu minum obat mereka. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengatur jadwal dan pengingat khusus untuk obat tertentu yang akan diminum.

Selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan peringatan kepada pengguna apabila terdapat potensi interaksi kritis antara tubuh dengan obat yang mereka tambahkan.

Untuk perbaikan fitur tampilan jam, Apple akan menghadirkan empat tampilan baru pada sistem WatchOS 9 yaitu Lunar, Playtime, Metropolitan dan Astronomy.

Sedangkan pada perbaikan aplikasi Workout, WatchOS 9 akan mengijinkan pengguna untuk struktur olahraga sendiri dengan interval latihan dan istirahat sesuai keinginan pengguna melalui fitur custom workout.

Peringatan baru meliputi laju, kekuatan, detak jantung serta irama juga turut ditambahkan pada fitur terbaru yang terdapat pada aplikasi Workout ini.

Berbagai perbaikan dan pembaruan dihadirkan Apple dalam sistem smartwatch yang baru saja dirilis oleh pihak mereka. Kemungkinan sistem WatchOS 9 akan tersedia untuk model Apple Watch yang diluncurkan pada akhir tahun 2022 ini.

Kesimpulan

Apple WatchOS 9 akan menampilkan riwayat kondisi fibrilasi atrium (AFib) serta pelacakan pengobatan untuk pengguna. Pengguna dapat melihat metrik tidur bersama dengan data lain, seperti detak jantung dan laju pernapasan, di aplikasi kesehatan yang ada di iPhone mereka.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button