Pengertian Spotify Pie Chart, Fitur Baru Tak Resmi dan Cara Buatnya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Tahukah kamu pengertian dari Spotify Pie Chart yang saat ini sedang viral dikalangan masyarakat? Spotify merupakan platform streaming musik besar dan menjadi favorit banyak orang.

Mulai dari fitur dan desain yang simple dan menarik, ragam genre, album, lagu, dan artis membuat Spotify makin digemari.

Setelah Spotify Wrap yang bisa menunjukkan representasi visual dari selera musik kita dalam setahun, ada lagi Spotify Pie yang menjadi fitur baru tak resmi. Ternyata fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengetahui genre musik dan artis favorit yang paling sering didengarkan.

Jadi apa sih pengertian Spotify Pie itu? Mengapa fitur baru tak resmi ini menjadi populer? Serta bagaimana cara membuatnya? Untuk menjawab rasa penasaran kamu, yuk simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Spotify Pie Chart?

Spotify Pie Chart adalah alat untuk menganalisis musik yang kamu dengarkan di Spotify dan menyajikannya ke dalam diagram lingkaran. Situs web ini tidak hanya mengungkapkan genre yang paling sering kamu dengarkan, tetapi juga mencantumkan artis top kamu bulan ini di bawah bagan warna-warni.

Sama seperti fitur Spotify Wrap, yang memberi pengguna gambaran rinci tentang artis dan musik yang paling sering kalian dengarkan sepanjang tahun tertentu, ada fitur baru oleh perusahaan pihak ketiga yang disebut “Spotify Pie Chart”. Jadi, fitur ini bukan fitur resmi yang dibuat oleh pihak Spotify.

Karena dibuat oleh pihak ketiga, fitur ini menjadi fitur menarik yang tidak resmi, tapi cukup aman dan menyenangkan.

Apa itu Spotify Pie Chart

Tool baru ini dibuat oleh mahasiswa Universitas California, Los Angeles (UCLA), Darren Huang, yang mengumpulkan data dari konsumsi musik kamu di Spotify dan membuat diagram lingkaran (pie chart) berdasarkan itu.

Semua warna berbeda pada bagan mewakili genre yang berbeda, dan ada keterangan di bawah bagan sehingga kamu dapat melihat warna mana yang sesuai dengan setiap genre. Huang memasukkan banyak genre dan kategori dalam tool-nya ini termasuk metalcore Kanada hingga nu-metal dan post-grunge.

Di bawah keterangan, kamu juga akan menemukan artis yang paling sering didengarkan, yang diberi peringkat dari atas ke bawah dengan font yang semakin kecil.

Tidak seperti Spotify Wrap, Spotify Pie Chart dapat diperbarui setiap bulan, sehingga kamu dapat melacak bagaimana pilihan musikmu dapat berubah sepanjang tahun, daripada hanya mendapatkan satu ringkasan yang lebih besar.

Bagaiman Cara Membuat Spotify Pie Chart?

Cara membuat diagram Spotify Pie sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi situs https://huangdarren1106.github.io/, kemudian login ke akun Spotify kamu. Lebih jelasnya simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Spotify Pie di situs https://huangdarren1106.github.io/ (belum tersedia di Play store).
  2. Kamu akan diminta untuk masuk atau log in ke akun Spotify kamu.
  3. Setelah berhasil log ini, izinkan aplikasi untuk mengakses riwayat mendengarkan yang kamu miliki.
  4. Nantinya aplikasi ini akan merekap dan memunculkan Spotify Pie versi kamu.
  5. Jika sudah, kamu bisa melakukan tangkap layar atau screen shoot. Kamu bisa membagikannya ke teman-teman kamu di media sosial lain.

Alat ini akan membedakan musik berdasarkan genrenya yang ditampilkan dalam warna yang berlainan. Dikutip dari Marca, penamaan genre-genre yang diberikan oleh aplikasi nampaknya tidak biasa dan akan membuat bingung pengguna. Misalnya genre Post-Teen Pop, Ohio Hip-Hop, New England Emo, Oxford Indie, dll.

Kesimpulan

Spotify Pie Chart adalah alat untuk menganalisis musik yang kamu dengarkan di Spotify dan menyajikannya dalam diagram lingkaran. Alat baru ini dibuat oleh mahasiswa Universitas California, Los Angeles (UCLA) Darren Huang. Alat ini akan membedakan musik berdasarkan genrenya yang ditampilkan dalam warna yang berlainan.

Pencarian Populer

American Pie Soundtrack Spotify - Spotify Favorite Genres Pie Chart- Spotify Pie Chart - Spotify Pie Playlist - Spotify Playlist Pie Chart -

Related Articles

Back to top button