Apa itu Fear and Greed Index dalam Jual Beli Aset Crypto

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernahkah kamu mendengar tentang apa itu Fear and Greed Index ketika melakukan jual beli atau berinvestasi di aset kripto? Bagaimana cara kerjanya? Untuk apa Fear & Greed Index digunakan? Yuk simak berikut ini.

Mengenal Apa itu Fear and Greed Index

Apa itu Fear & Greed Index?  Fear and Greed Index adalah metrik yang dirancang untuk mengukur sentimen pasar cryptocurrency pada waktu tertentu. Crypto Fear & Greed Index dibuat oleh Alternative.me mengacu dari Fear & Greed Index CNNMoney, yang digunakan untuk menganalisis pasar saham.

Indeks ini menghasilkan satu angka, antara 1 dan 100, dengan 1 menunjukkan bahwa pasar kripto berada dalam keadaan ketakutan yang ekstrem (Fear, atau artinya orang-orang menjual).

Sementara di ujung lain spektrum, 100 menunjukkan bahwa pasar sedang mengalami penurunan, tingkat keserakahan yang ekstrim (greed, artinya orang membeli). Salah satu pedoman umum adalah bahwa ketika nilai indeks berada di 1, itu sama dengan peluang pembelian.

Itu karena angka 1 menandakan “ketakutan yang ekstrim” di pasar, yang menyiratkan orang ragu-ragu untuk membeli sekarang, dan harganya mungkin anjlok saat individu pergi atau menjual dengan berpikir kripto akan kehilangan nilainya.

Mengenal Apa itu Fear and Greed Index

Cara Kerja Fear & Greed Index

Menurut Alternative.me, ada lima komponen yang diperiksa atau diukur untuk menetapkan Crypto Fear & Greed Index,yaitu:

Volatilitas

Volatilitas harga menyumbang 25 persen dari keseluruhan indeks nilai. Komponen penilaian ini melihat harga Bitcoin saat ini dan membandingkannya dengan rata-rata 30 dan 90 hari. Tingkat fear pasar diukur dengan volatilitas. Menurut Alternative.me, volatilitas yang tidak biasa merupakan indikasi pasar menuju tingkat fear.

Momentum/Volume Pasar

Momentum/Volume Pasar digunakan sebagai pengukur tingkat bullish atau keserakahan di pasar. Komponen ini menyumbang 25 persen dari keseluruhan indeks peringkat, dan melihat volume dan momentum perdagangan Bitcoin saat ini, membandingkannya dengan rata-rata 30 dan 90 hari, lalu menggabungkan temuannya.

Pasar mungkin menjadi terlalu serakah atau bullish jika membeli dalam jumlah besar setiap hari saat pasar sedang bagus.

Jejaring sosial berbasis internet

15% dari indeks peringkat berasal dari media sosial. Komponen media sosial hanya memantau tagar Twitter yang berfokus pada Bitcoin, dan melihat kecepatan dan jumlah percakapan tentang masalah Bitcoin. Jumlah kontak yang lebih besar dari rata-rata disebut perilaku pasar serakah.

Dominasi

Kapitalisasi pasar Bitcoin sebagai proporsi dari keseluruhan pasar crypto diwakili oleh dominasi yang menyumbang 10% dari skor indeks.

Saat pangsa pasar Bitcoin tumbuh, lebih sedikit uang yang dapat diinvestasikan dalam altcoin yang lebih berisiko karena Bitcoin dipandang sebagai taruhan yang lebih aman. Berinvestasi dalam altcoin berisiko tinggi mungkin merupakan respons terhadap individu yang menjadi lebih serakah karena supremasi Bitcoin memudar.

Trend

Komponen terakhir adalah Trend yang menyumbang 10 persen dari keseluruhan peringkat indeks. Istilah “tren” mengacu pada jumlah minat pada bitcoin yang diukur oleh Google Trends. Ketika jumlah orang yang mencari berita buruk tentang bitcoin meningkat, ini merupakan indikasi bahwa suasana pasar telah bergeser ke arah fear.

Apa Fungsi Fear & Greed Index?

Pada dasarnya, Index Fear & Greed adalah alat yang berharga untuk menilai suasana pasar. Index Fear & Greed mudah dipahami dan mempertimbangkan berbagai faktor, seperti volatilitas pasar dan jumlah pencarian kata kunci di mesin pencari.

Namun, volatilitas harga Bitcoin dapat menyebabkan perubahan indeks yang cepat dan drastis. Akibatnya, meskipun mungkin berfungsi sebagai titik acuan saat membuat pilihan investasi, indeks ini tidak boleh menjadi satu-satunya tolok ukur kamu.

Kesimpulan

Jadi, apa itu Fear and Greed Index? Fear and Greed Index adalah skor yang menggambarkan sentimen pasar crypto dengan rentang skor mulai dari 0 hingga 100. Crypto Index Fear & Greed dibuat oleh Alternative.me mengacu dari Fear & Greed Index CNNMoney, yang digunakan untuk menganalisis pasar saham.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button