Pengertian Bone ShibaSwap (BONE), Token Crypto ShibaSwap Milik Shiba Inu

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu tahu apa itu Bone ShibaSwap (BONE)? Pada pertengahan 2021, mata uang meme terkenal, Shiba Inu, mulai memperkenalkan pertukaran terdesentralisasi (DEX) sendiri ke jaringan Ethereum yang disebut ShibaSwap.

Melalui ShibaSwap, pengguna dapat menyediakan likuiditas, menukar berbagai token sambil mendapatkan token tata kelola BONE dan sebagainya.

Mengenal ShibaSwap

ShibaSwap adalah decentralized exchange (DEX) asli dari proyek Shiba Inu Coin (SHIB), meme coin populer dan pesaing utama Dogecoin.

Diluncurkan pada Juli 2021, ShibaSwap exchange menyediakan banyak fungsi yang sama seperti DEX lainnya, yakni pertukaran token dan liquidity pool, dengan penambahan fitur lain seperti staking, governance, dan non-fungible token (NFT).

Selain itu, ShibaSwap juga memiliki beberapa token yang berjalan dalam jaringan, seperti Fueling ShibaSwap dan dua token lainnya yang dibuat menggunakan blueprint dari ERC-20 Ethereum, yakni Bone ShibaSwap (BONE) dan Doge Killer (LEASH).

Apa itu Bone ShibaSwap BONE

Apa itu Bone ShibaSwap (BONE)

Bone ShibaSwap (BONE) adalah governance token di ekosistem ShibaSwap. Token ini memungkinkan pemegangnya untuk mengusulkan dan memilih perubahan pada protokol ShibaSwap melalui “Doggy DAO”.

Saat artikel ini ditulis, harga Bone ShibaSwap (BONE) to IDR terkini adalah Rp 7.732. Token ini memiliki pasokan yang beredar 6.975.299,52, dengan total pasokan token keseluruhan adalah 158.797.646 koin.

Apa itu Doge Killer (LEASH)

Doge Killer (LEASH) adalah token yang berjalan di ekosistem milik Shiba Inu (SHIB). Awalnya LEASH diluncurkan sebagai token rebase (juga dikenal sebagai elastic token).

Rebase sendiri adalah sejenis token yang mirip dengan stablecoin algoritmik di mana pasokannya secara otomatis meningkat dan menurun melalui algoritma komputer untuk menjaga harganya tetap ditautkan ke aset lain.

Dalam hal ini, pasokan LEASH disesuaikan pada harga DOGE pada tingkat 1/1.000. Jadi misalnya, harga Dogecoin adalah 0,05 dolar AS, maka persediaan LEASH akan berubah (dengan cara mencetak token baru atau melakukan burning), untuk menyesuaikan harga LEASH menjadi 50 dolar AS.

Saat ini, LEASH tidak lagi mengikuti harga DOGE dan menjadi penyimpan nilai koin utama bagi investor proyek. Saat artikel ini ditulis, harga Doge Killer (LEASH) to IDR adalah Rp 6,8 juta.

Penemu ShibaSwap (BONE)

Sama halnya seperti Shiba Inu, hingga saat ini masih belum diketahui pasti sosok asli dari penemu ShibaSwap. Kendati begitu, komunitas Shiba Inu ikut mengembangkan proyek ini untuk meningkatkan utilitas dari token SHIB.

Shiba Inu Coin (SHIB) adalah token yang dibuat pada Agustus 2020, oleh orang atau grup anonim menggunakan nama samaran “Ryoshi”.

Cara Kerja ShibaSwap (BONE)

Situs web resmi ShibaSwap mencantumkan enam fitur utama yang mengintegrasikan tiga mata uang asli platform, yaitu SHIB, LEASH, dan BONE. Berikut penjelasan cara kerjanya dan enam peran fitur ShibaSwap.

  • Dig

Dig (Digging) adalah fitur yang berfungsi sebagai liquidity pool pada platform ShibaSwap. Melalui Dig, pengguna dapat menyetor aset kripto secara berpasangan ke liquidity pool yang ada di platform atau membuatnya sendiri.

Sebagai bentuk imbalan, penyedia likuiditas akan menerima ShibaSwap liquidity pool token (SSLP). Token tersebut mewakili bagian likuiditas mereka di pool dan memberikan hak kepada pemegangnya untuk menerima token BONE secara gratis saat penukaran.

  • Woof

Woof (Woofing) adalah fitur yang berfungsi untuk menukarkan hadiah BONE dengan menguangkan token SSLP di platform ShibaSwap.

  • Bury

Pada fungsi ini, pengguna dapat staking SHIB, LEASH, dan BONE mereka untuk menghasilkan yield dengan bunga tinggi yang dibayarkan dalam token BONE.

Setelah di-staking, pengguna akan menerima token yang mewakili jumlah token yang mereka staking dalam bentuk xSHIB, xLEASH, atau xBONE. Sebanyak 33 persen reward BONE dari staking langsung tersedia, sementara 66 persen sisanya dikunci selama 6 bulan.

  • Swap

Swap adalah fitur pertukaran pada platform ShibaSwap, di mana melalui fitur ini pengguna dapat menukar antara satu aset dengan beberapa aset lainnya.

  • Doggy DAO

Doggy DAO adalah organisasi otonom terdesentralisasi untuk komunitas Shiba Inu, yang bertujuan untuk meningkatkan pengembangan token SHIB. Melalui fungsi ini, anggota komunitas dapat mengajukan vote dan trading pair dari liquidity pool Woof.

  • NFTS

Melalui fitur ini, pengguna dapat memperjualbelikan 10 ribu NFT unik yang disebut “Shiboshis”. Shiboshis adalah kartun anjing Shiba Inu yang mirip dengan CryptoPunk, beberapa di antaranya memiliki sifat dan tingkat kelangkaan yang berbeda-beda.

Cara Mengunakan Platform ShibaSwap

Adapun cara pertama untuk menggunakan platform ShibaSwap adalah dengan menyiapkan salah satu dari tiga layanan crypto wallet yang kompatibel, yaitu Metamask, WalletConnect, dan Coinbase Wallet. Ada dua hal yang perlu kamu lakukan saat menyiapkan dompet kripto.

Pertama, kamu harus membuat secret phrase, yang juga dikenal sebagai seed phrase atau recovery phrase. Penting untuk tidak membuat salinan digital dari frasa ini, seperti melakukan tangkapan layar (screenshot), menyimpannya di fitur notes ponsel, atau mengrimkannya ke email.

Mengapa begitu? Ini membuatnya dapat dengan mudah diakses oleh peretas. Sebagai gantinya, kamu harus menuliskan frasa di atas kertas. Untuk keamanan yang maksimal, tulis frasa yang sama di beberapa lembar kertas dan simpan setiap salinan di lokasi berbeda.

Kedua, kamu harus deposit dompet kriptomu dengan sejumlah ETH untuk menutupi biaya transaksi dan untuk mengubahnya menjadi token SHIB, BONE atau LEASH, jika kamu ingin staking atau menyediakan likuiditas di ShibaSwap.

Setelah kamu mengisi sejumlah dana ke wallet, selanjutnya kamu cukup hubungkan wallet dengan mengklik ikon “Connect” di sudut kanan atas website ShibaSwap dan pilih layanan wallet yang sesuai. Setelah itu, kamu bisa menggunakan layanan ShibaSwap.

Seberapa Aman ShibaSwap (BONE)?

Berdasarkan penilaian ketat platform, yang dilakukan oleh penyedia peringkat keamanan blockchain CertiK, ia memiliki skor keamanan saat ini 93 dari 100.

Nilai tersebut membuat ShibaSwap berhasil menyaingi platform (DeFi) teratas, seperti Aave dan Polygon yang keduanya mendapat skor 92 dari skor tertinggi 100.

ShibaSwap juga dianggap aman oleh 96% pelanggan CertiK. Namun, statistik ini tidak boleh diandalkan sendirian saat menganalisis keamanan platform.

Setiap akan berinvestasi di platform DeFi, pengguna selalu disarankan untuk melakukan uji tuntas terkait risiko yang dimiliki oleh setiap platformnya.

Perbedaan ShibaSwap dengan UniSwap dan PancakeSwap

Pertukaran cryptocurrency terdesentralisasi, seperti ShibaSwap, PancakeSwap, dan UniSwap, tidak bergantung pada otoritas tunggal atau pusat untuk mengawasi operasi mereka.

Namun, ketiganya berfungsi di ekosistem yang berbeda. ShibaSwap di Shiba Inu, PancakeSwap di Binance Smart Chain, sementara UniSwap di Ethereum.

Beberapa ahli banyak menilai bahwa ShibaSwap tampaknya memberikan lebih banyak peluang keuntungan. Hal ini karena Shibaswap menawarkan dua peluang passive income utama melalui fitur bury dan digging.

ShibaSwap tampaknya memberikan prospek penghasilan tambahan, menurut beberapa analis. Ini karena Shibaswap menyediakan dua potensi pendapatan pasif utama melalui fitur bury (mengubur) dan digging (menggali).

Kesimpulan

ShibaSwap adalah decentralized exchange (DEX) asli dari proyek Shiba Inu Coin (SHIB), meme coin populer dan pesaing utama Dogecoin.

ShibaSwap memiliki beberapa token yang berjalan dalam jaringan, seperti Fueling ShibaSwap dan dua token lainnya yang dibuat menggunakan blueprint dari ERC-20 Ethereum, yakni Bone ShibaSwap (BONE) dan Doge Killer (LEASH).

Hingga saat ini masih belum diketahui pasti sosok asli dari penemu ShibaSwap, namun komunitas Shiba Inu ikut mengembangkan proyek ini untuk meningkatkan utilitas dari token SHIB.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button