Pengertian Buku Digital (Ebook), Fungsi, Manfaat, Serta Bentuk Formatnya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Buat kamu yang sedang mencari pengertian tentang buku digital serta manfaatnya, kamu bisa simak artikel ini sampai selesai ya!

Seperti yang kita ketahui, era digital seperti sekarang ini membuat segala sesuatu hadir dalam versi digital, termasuk buku digital yang dikenal juga dengan istilah ebook.

Ebook atau electronic book (buku elektronik) menjadi salah satu jenis literasi masa kini yang hadir dalam format digital. Awal kehadirannya disebut akan menggeser buku fisik.

Namun siapa sangka, justru antara ebook dengan buku fisik saling bersanding dan rukun sampai sekarang. Sebab keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang saling melengkapi. Sehingga ketika ada satu kekurangan dirasakan pembaca, maka beralih ke versi lain untuk menambal kekurangan tersebut.

Pengertian Buku Digital (Ebook) Secara Umum

Secara umum, pengertian buku digital adalah sebuah buku yang dibuat, disusun, dikonversikan, dan dipublikasikan dalam bentuk formal digital atau elektronik. Buku digital dikemas dalam bentuk tulisan, gambar, video, bahkan audiovisual. Buku digital memerlukan sebuah perangkat elektronik untuk bisa dibaca.

Pengertian Buku Digital Secara Umum

Pengertian Buku Digital Menurut Beberapa Ahli

Berikut ini beberapa pengertian buku digital menurut beberapa tokoh atau ahli:

Danang (2009)

Buku digital merupakan sebuah buku elektronik dari buku cetak agar bisa dibaca dalam perangkat komputer atau perangkat lain dengan desain khusus.

Putu Laxman (2008)

Buku digital adalah sebuah buku cetak yang diubah menjadi bentuk elektronik dengan tujuan untuk bisa dibaca dalam layar monitor.

Whalts

Buku digital merupakan sebuah versi buku elektronik yang berasal dari buku cetak tradisional sehingga bisa terbaca dalam komputer atau smartphone.

Kamus Bahasa Inggris (Oxford)

Buku digital adalah sebuah buku cetak yang dikonversikan dalam bentuk elektronik agar bisa dibaca dengan menggunakan pernagkat komputer atau genggam.

Fungsi Buku Digital

Fungsi Buku Digital

Buku digital tidak semerta-merta hadir tanpa adanya fungsi yang berarti. Berikut adalah beberapa fungsi umum dari buku digital, yaitu:

1. Media Informasi

Buku digital adalah sebuah media informasi yang serupa dengan buku konvensional. Perbedaan yang mencolok antara buku digital dan buku cetak adalah pada efektivitas penyebaran dan pembacaan informasi saja.

Hal ini disebabkan karena buku digital lebih mudah untuk dibuat dan disebarkan oleh penerbit. Formatnya yang ringkas menyebabkan buku ini bisa tersebarluaskan tanpa biaya, kapanpun, dan secara instan.

Kemudahan penyebaran buku digital membuat informasi di dalamnya menjadi lebih tersebar dengan lebih luas dibandingkan dengan buku cetak. Bahkan, buku digital bisa menjangkau target pembaca yang lebih banyak akibat kemudahan akses dan publikasi.

Selain itu, isi informasi dalam buku digital lebih mudah dipahami oleh pembaca dibandingkan dengan buku cetak. Hal ini disebabkan karena tampilan buku digital lebih menarik, atraktif, dan unik.

Bahkan, beberapa buku digital sudah bisa menampilkan video dan audio atraktif untuk menarik minat pembaca. Konsep ini akan membantu para pembaca dalam memahami isi informasi.

Jika seorang penerbit atau penulit takut akan pencetakan buku digitalnya secara gelap, mereka bisa memberi kunci pada file buku digitalnya. Calon pembaca hanya bisa melihat sampul dan beberapa halaman depan saja sebagai preview. Kunci akses akan diberikan apabila pembaca telah melakukan pembayaran.

2. Sarana Belajar

Sudah banyak buku digital yang berisikan materi-materi pembelajaran yang bisa diakses dengan mudah. Buku pelajaran tersebut mulai dari TK, SD, SMP, SMA, bahkan hingga buku-buku perguruan tinggi dan profesi.

Kebanyakan penerbit buku-buku pendidikan sudah mulai menerbitkan buku dalam 2 versi, yaitu versi cetak dan digital.

Banyak guru dan dosen lebih terbantu untuk memberikan pelajaran dengan menggunakan buku digital. Murid dan mahasiswa akan lebih mudah mengerti dengan adanya tampilan buku digital yang menarik.

Hal tersebut secara langsung bisa meningkatkan efektivitas pembelajaran di ruang kelas. Dosen dan guru juga bisa menjelaskan secara detail tentang materi yang dibawakan dan mempublikasikannya lewat berbagai perangkat elektronik.

3. Media Bisnis dan Promosi

Banyak buku digital yang juga digunakan dalam dunia bisnis, termasuk skala perorangan hingga perusahaan yang sudah besar.

Para pemilik bisnis dan usaha bisa menjelaskan setiap produk dan jasa mereka dalam bentuk yang lebih menarik daripada buku cetak. Hal ini akan menyebabkan peningkatan jumlah pembelian dan menurunkan ongkos produksi.

4. Media Pengungkapan Ide

Kegiatan menulis dan publikasi bisa menjadi lebih mudah dengan adanya buku digital. Setiap orang bisa menuangkan idenya dalam bentuk digital dan menerbitkannya tanpa memerlukan biaya yang besar. Penulis bisa mempublikasi tulisan mereka melalui media sosial atau blog untuk kalangan pribadi. Ide-ide baru bisa berdatangan dan kreativitas terus bisa dikembangkan.

Manfaat Buku Digital

Manfaat Buku Digital

Buku digital memberikan banyak manfaat dari berbagai sektor ilmu dan bidang. Bahkan, ada beberapa manfaat buku digital yang tidak bisa kamu temukan dalam buku cetak. Beberapa manfaat buku digital adalah sebagai berikut, yaitu:

1. Menyederhankan Proses Pembuatan Buku

Membuat buku digital jauh lebih sederhana dan mudah dibandingkan dengan buku cetak. Hal ini jelas disebabkan karena proses pencetakan dan perubahan manual memerlukan waktu lebih lama. Proses editing dan revisi akan jauh lebih mudah bila dilakukan secara digital.

2. Menghemat Biaya Terbit Buku

Buku digital tidak melewati proses cetak, dimana membutuhkan biaya yang cukup besar. Bandingkan saja dengan buku cetak yang perlu melewati beberapa tahapan revisi dan pengulangan cetak. Selain itu, biaya buku digital juga lebih hemat dari buku cetak akibat tidak diperlukannya jasa pengiriman dan distributor.

3. Memudahkan Proses Penyebaran Buku

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, buku digital lebih mudah disebarluaskan daripada buku cetak. Bahkan penyebaran buku digital bisa dilakukan tanpa batasan tempat, waktu, dan biaya.

4. Memudahkan dan Meningkatkan Proses Belajar Mengajar

Proses belajar mengajar akan menjadi lebih menarik dengan adanya buku digital. Setiap siswa, mahasiswa, atau pembaca bisa belajar hal-hal baru dengan lebih menyenangkan akibat visualisasi yang lebih menarik.

Pengaksesan buku digital yang cukup mudah juga membuat setiap pembaca bisa belajar pada waktu tertentu sesuai dengan keinginannya.

5. Melindungi Informasi yang Disebarkan

Buku digital bisa diberikan proteksi atau kunci agar tidak dicuri atau plagiarisme. Pemberian kunci ini tentunya bersifat opsional dan bisa diberikan sesuai dengan kebutuhan. Informasi juga terlindungi dengan baik dari kerusakan, termasuk kerusakan fisik, seperti yang terjadi pada buku fisik.

Kelebihan dan Kekurangan Ebook

Kelebihan Ebook

Beberapa kelebihan buku digital yang bisa meningkatkan keinginan kamu untuk memilikinya adalah :

1. Lebih Praktis

Buku digital jelas lebih praktis dibandingkan dengan buku cetak. Buku digital tidak sulit untuk dibawa kemana-mana karena tidak memiliki bentuk fisik. Kamu bisa membawa smartphone atau perangkat lainnya saja untuk membaca buku digital. Tidak akan ada lagi mengeluh tas terasa berat akibat berat buku yang tebal.

2. Menghemat Ruang

Karena tidak ada bentuk fisik, buku digital tidak memerlukan ruang penyimpanan dalam kabinet kamu. Kamu hanya perlu menyediakan ruang penyimpanan dalam bentuk memori di komputer, smartphone, atau cloud.

Namun, kamu tidak perlu cemas karena proses peningkatan kapasitas penyimpanan murah dan mudah untuk dilakukan.

3. Mudah Diakses

Bentuknya yang softcopy membuat buku digital mudah untuk diakses dimana saja dan kapan saja. Kamu hanya memerlukan perangkat untuk bisa membaca buku digital. Jika format buku digital tidak bisa terbaca oleh perangkat kamu, pergantian format pun bisa dengan mudah dilakukan.

Akses mendapatkan buku digital juga jauh lebih mudah karena kamu sudah tidak perlu pergi ke toko buku. Buku digital hanya perlu kamu download atau baca secara online melalui website, marketplace, media sosial, dan perangkat lunak lainnya.

4. Ekonomis

Buku digital tidak memerlukan banyak biaya saat proses produksinya. Bahkan beberapa buku digital bisa terbit tanpa adanya tambahan biaya tertentu. Alhasil, harga buku digital jauh lebih murah dibandingkan buku cetak.

Kamu hanya perlu membayar untuk membeli kunci pada buku digital yang terkunci. Jika tidak ingin membayar, ada banyak buku digital yang bisa kamu akses tanpa memerlukan biaya apapun.

5. Ramah Lingkungan

Buku digital tidak menghasilkan limbah kertas dan tinta yang berasal dari proses cetak. Jika kamu ingin berkontribusi terhadap penurunan global warming dan penebangan pohon, kamu lebih disarankan untuk menggunakan buku digital.

6. Kustomisasi

Buku digital bisa di perbesar ataupun diperkecil untuk memudahkan proses pembacaan. Buku digital juga bisa di rotate untuk menyesuaikan konten dengan tampilan. Hal ini membuat para pembaca menjadi lebih nyaman dan mudah memahami informasi.

7. Lebih Awet

Buku digital tidak memerlukan perawatan khusus seperti layaknya buku cetak yang perlu di sampul dan dibersihkan dari debu. Buku digital juga tidak akan mengalami kerusakan kertas dan terlihat usang.

Kekurangan Ebook

Adapun kekurangan yang dimiliki buku digital diantaranya:

1. Membutuhkan Perangkat

Kamu tidak bisa membaca buku digital tanpa adanya perangkat, baik perangkat keras ataupun perangkat lunak. Sifatnya yang tidak berfisik menyebabkan pembaca membutuhkan media akses.

2. Membutuhkan Listrik

Buku digital tidak bisa dibaca tanpa adanya aliran listrik yang terjadi, baik aliran listrik langsung ataupun dalam perangkat yang digunakan. Penggunaan buku digital ikut berkontribusi terhadap peningkatan tagihan listrik dan pengurangan persediaan energi dari PLN.

3. Bepengaruh pada Kesehatan Mata

Membaca buku digital bisa membuat mata menjadi cepat lelah. Hal ini disebabkan akibat cahaya dari perangkat yang kamu gunakan. Penggunakan perangkat elektronik jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan mata, termasuk mata minus.

4. Berisiko Pembajakan dan Virus

Penulis yang memutuskan menerbitkan buku dalam format digital juga memiliki resiko tinggi mengalami pembajakan. Sebab ketika satu orang pembeli mendapatkan buku secara utuh, maka ada kemungkinan pembeli ini menjualnya kembali ke orang luas dan tentunya dengan harga lebih murah.

Hal ini mungkin dilakukan karena format digital membuat buku elektronik mudah dibagikan. Sehingga resiko pembajakan buku cukup tinggi dan perlu dipahami solusi terbaiknya oleh para penulis.

5. Berdampak pada Kesehatan Mata

Kebutuhan buku elektronik untuk diakses di perangkat elektronik seperti smartphone dan komputer kemudian memberi dampak negatif pada kesehatan. Menatap layar smartphone dan komputer terlalu lama bisa membuat mata kering dan cepat lelah.

Belum lagi dengan dampak radiasinya, sehingga perlu memakai pelindung seperti kacamata radiasi. Artinya pembaca perlu keluar modal lagi untuk membeli kacamata tersebut supaya resiko efek radiasi bisa diminimalkan.

Bentuk Format Buku Digital

Bentuk Format Buku Digital

Buku digital memiliki berbagai macam format yang bisa kamu buka sesuai dengan kebutuhan. Beberapa format tersebut seperti HTML, PDF, TXT, XML, Mobi, dan lainnya.

Dari beberapa macam format tersebut, PDF merupakan format e-book yang paling sering digunakan. Hal ini karena format PDF bisa tetap terbuka meski perangkat elektronik yang dipakai tidak tersambung dengan koneksi internet.

Namun, pernahkah kamu menemukan ebook dalam format selain PDF atau Word? Seringkali ketika kita mempelajari pengertian buku digital, kita malah melupakan bentuk formatnya.

Karena ketidaktahuan format-format tersebut, akhirnya beberapa file ebook yang tidak mendukung pun akhirnya tidak jadi didownload atau tidak bisa dibaca karena tidak tahu format. Nah, berikut ini beberapa format yang jarang diketahui dan sering dipakai pada buku digital:

1. Amazon Worl (AZW)

Format AZW adalah format yang mirip dengan MOBI. Rerata buku digital format ini pun menambahkan Digital Right Management yang merupakan kode unik untuk kindle amazon.

2. Electronik publication (EPUB)

Format ini berdasal dari International Digital Publishing Forum (IDPF) yang menggunakan XMHTML dan XML yang merupakan standar ePUB.

3. MOBI (MobiPocket)

MOBI atau kepanjangan dari MobiPocket, yang merupakan format yang juga sering digunakan untuk PDA yang cocok utuk smartphone.

4. Palm Database File (PDB)

Keempat, Palm Database File (PDB) adalah format yang merupakan format yang dikhususkan untuk buku digital. Dimana format ini memang diperuntukan untuk perangkat yang berbasis sistem operasi Palm atau PalmDOC.

Kesimpulan

Electronic Book atau buku digital adalah salah satu jenis buku elektronik berupa softcopy yang bisa dibuka dan dibaca lewat berbagai perangkat elektronik. Bentuknya sendiri tidak jauh berbeda dengan buku biasanya. Di dalamnya masih terdapat berbagai informasi, baik itu berupa teks ataupun gambar.

Buku jenis ini sendiri memiliki berbagai macam format yang bisa kamu buka sesuai dengan kebutuhan. Beberapa format tersebut seperti HTML, PDF, TXT, XML, Mobi, dan lainnya.

Pencarian Populer

Buku Digital Adalah - Buku Digital Disebut Juga - Contoh Buku Digital - Jelaskan Pengertian Buku Digital - Kekurangan Dari Buku Digital Adalah - Kelebihan Dari Buku Digital Adalah - Pengertian Buku Digital - Tujuan Buku Digital-

Related Articles

Back to top button