Pengertian Synthetix (SNX), Cara Kerja dan Prediksi Harga

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Kamu tahu apa itu Synthetix (SNX) dalam cryptocurrency? Synthetix (SNX) adalah aset crypto dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp 9,992,643,302,015.

Saat artikel ini ditulis, Synthetix (SNX) menempati urutan 85 dalam ranking mata uang crypto secara global dengan volume jual beli harian sebesar Rp 8,800,655,814,292.

Lantas, sebenarnya apa itu Synthetix (SNX)? Berapa harga token $SNX saat ini? Lebih jelasnya mari simak penjelasan dari Teknatekno dibawah ini.

Apa itu Synthetix (SNX)

Synthetix adalah protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang memungkinkan eksposur on-chain ke berbagai aset kripto dan non-kripto.

Dengan protokol ini, pengguna akan memiliki akses ke berbagai aset digital yang sangat likuid yang dibangun di atas blockchain Ethereum (synths). Synths melacak dan memberikan pengembalian aset dasar tanpa memerlukan seseorang untuk memiliki aset secara langsung.

Melalui pengenalan aset non-blockchain, platform berharap untuk memperluas cakupan cryptocurrency dengan membukanya ke pasar keuangan kuat lainnya.

Apa itu Synthetix (SNX)

Pendiri Synthetix (SNX)

Jaringan ini diperkenalkan pada September 2017 oleh Warwick Fabrics di bawah moniker Havven (HAV). Setelah sekitar satu tahun, Synthetix menjadi nama resmi bisnis tersebut.

Cain Warwick adalah pencipta Synthetix dan direktur non-eksekutif blueshyft rantai ritel. Sebelum membuat Synthetix, Warwick telah mengerjakan banyak usaha cryptocurrency lainnya. Dia juga mendirikan Pouncer, layanan lelang langsung yang didedikasikan untuk Australia.

Peter McKean, CEO proyek, memiliki lebih dari dua dekade keahlian dalam pengembangan perangkat lunak. Dia pernah bekerja di ICL Fujitsu sebagai programmer.

Jordan Momtazi, COO Synthetix, adalah ahli strategi bisnis, analis pasar, dan pemimpin penjualan dengan keahlian bertahun-tahun dalam blockchain, cryptocurrency, pembayaran digital, dan platform e-commerce.

Justin J. Moses, CTO, adalah mantan direktur teknik di MongoDB dan wakil kepala praktik teknik di Lab49. Pouncer, perusahaan lain yang ia dirikan bersama, juga dinamai menurut namanya.

Cara Kerja Synthetix

Karena dibangun di atas jaringan Ethereum, Synthetix (SNX) menawarkan semua keuntungan dari keuangan terdesentralisasi dengan keamanan dan prediktabilitas yang disediakan oleh aset keuangan tradisional. Kontrak Cerdas memungkinkan pengguna untuk segera mengonversi Synths.

Menggunakan protokol berbasis Kontrak Cerdas, kamu bisa memegang dan memperdagangkan Synths seperti aset yang mendasarinya, menurut Gemini.

Dengan cara ini, Synth menawarkan eksposur ke aset yang tidak tersedia untuk investor kripto biasa, terutama mereka yang berinvestasi dalam emas dan perak. Akibatnya, perdagangan menjadi lebih efektif dan lebih cepat.

Jadi, karena Synth diterbitkan melalui Ethereum, kamu bisa menggunakan Uniswap dan Curve untuk mengontrol penyimpanan. Selain itu, dapat digunakan untuk mengontrol arus kas dan mengumpulkan bunga.

Satu hal yang perlu diperhatikan, sintetik dan derivatif memainkan peran penting dalam mengembangkan pasar yang matang, khususnya keadaan ketika pasar berhasil mencapai keseimbangan. Keduanya membantu dalam proses penetapan harga dan bertindak sebagai penyangga terhadap volatilitas aset kriptografi.

Keunikan Synthetix

Keunikan Synthetix

Synthetix adalah pertukaran terdesentralisasi (DEX) dan platform untuk aset sintetis. Protokol dibangun dengan cara yang memaparkan pengguna ke aset dasar melalui synths, tanpa harus memiliki aset dasar.

Platform ini memungkinkan pengguna untuk berdagang dan menukar synth secara mandiri. Ini juga menawarkan kumpulan taruhan di mana pemegang dapat mempertaruhkan token SNX mereka dan diberi kompensasi dengan sebagian dari biaya transaksi di Synthetix Exchange.

Platform memantau aset yang mendasarinya melalui protokol kontrak pintar pengiriman harga yang disebut oracle. Pengguna Synthetix dapat memperdagangkan synths tanpa menghadapi masalah dengan likuiditas atau slippage. Fasilitator pihak ketiga juga tidak lagi diperlukan.

Token SNX digunakan sebagai jaminan untuk aset sintetis yang diterbitkan. Ini menyiratkan bahwa kapan pun synth dicetak, token SNX dikunci dalam kontrak pintar.

Sejak debut, protokol telah beralih ke jaringan utama Ethereum Optimistic untuk membantu memotong harga gas di jaringan dan meminimalkan latensi oracle.

Bagaimana Jaringan Synthetix Diamankan?

Token SNX kompatibel dengan standar ERC20 Ethereum. Jaringan Synthetix dilindungi oleh konsensus proof-of-stake (PoS). Pemilik Synthetix SNX dapat menerima hadiah dari biaya jaringan dengan mempertaruhkan token mereka.

Metode lain bagi staker SNX untuk menerima hadiah adalah melalui kebijakan moneter inflasi protokol, yang dikenal sebagai hadiah staking.

Aset Asli

Aset Asli

Platform Synthetix memiliki dua jenis token yang berbeda, yaitu:

  • Token SNX
  • Synthetix

SNX

Token platform utama adalah SNX, yang digunakan untuk membangun aset sintetis (Synths). Pemasar SNX dapat memperoleh token SNX dari pasar kripto mana pun dan menguncinya ke dalam dompet yang sesuai. Synths baru dapat dicetak menggunakan token SNX yang telah dikunci.

Jumlah uang beredar SNX menghadapi deflasi hingga Maret 2019, ketika Synthetix mengumumkan strategi moneter inflasi untuk memberi insentif kepada pemangku kepentingan untuk memproduksi lebih banyak Synths. Jumlah total SNX yang dirilis telah dimodifikasi dari 100 juta token asli menjadi 250 juta token pada tahun 2025.

Setelah penyebaran, jaringan mengamati peningkatan substansial dalam aktivitas pengguna, serta lonjakan nilai SNX secara bersamaan.

Terlepas dari kenyataan bahwa SNX tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi kendaraan investasi, tokennya telah meroket dalam beberapa bulan terakhir. Pada awal Juni, telah turun dari $0,79 menjadi sekitar $2,54.

Synthetix

Token Synthetix adalah aset sintetis yang dihasilkan dengan memblokir token SNX. Token berdasarkan blockchain Ethereum mencerminkan aset dunia nyata.

Jenis synthesizer:

  • Fiat Synths: sUSD, sEUR, sKRW, dll.
  • Crypto Synths: sBTC, sETH, sBNB, dll.
  • Stock Synthesizer: sTSLA (Synthetic Tesla), sAAPL (Synthetic Apple), dll.
  • Synthesizer Komoditas: sAu (emas sintetis), sAg (perak sintetis), dll.
  • Synthesizer Indeks: sDEFI, sCEX
  • Langit adalah batasnya.

Harga Synthetix (SNX)

Saat artikel ini ditulis, harga token SNX (21/6) adalah Rp 47.102,59 IDR dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 8.777.135.772.625 IDR. Synthetix turun 0,53 dalam 24 jam terakhir.

Peringkat di bursa teratas saat ini adalah #86, dengan kap pasar sebesar Rp 5.409.334.212.585 IDR. Terjadi peredaran suplai sebesar 114.841.533 SNX koin dan maks. suplai 212.424.133 SNX koin.

Jumlah Total Synthetix Coins (SNX) yang Beredar

Pasokan maksimum SNX adalah 212.424.133 koin, di mana 114.841.533 SNX akan beredar pada Februari 2021. Pada tahap pembiayaan pembukaan dan penjualan token, Synthetix telah menjual lebih dari 60 juta token dan mampu mengumpulkan $30 juta.

Dari total 100.000.000 koin yang dirilis selama ICO, 20 persen diberikan kepada tim dan penasihat, 3 persen untuk hadiah dan insentif pemasaran, 5 persen untuk insentif kemitraan, dan 12 persen untuk institusi.

Tempat Membeli Synthetix (SNX)

Buat kamu yang tertarik untuk berinvestasi cryptocurrency Synthetix, token SNX bisa kamu beli di bursa top, seperti:

  • Binance
  • OKEx
  • Coinbase Pro
  • Uniswap (V2)

Kesimpulan

Synthetix adalah protokol keuangan terdesentralisasi yang memungkinkan eksposur on-chain ke berbagai aset kripto dan non-kripto. Synths melacak dan memberikan pengembalian aset dasar tanpa mengharuskan seseorang untuk memiliki aset secara langsung.

Jaringan ini diperkenalkan pada September 2017 oleh Warwick Fabrics di bawah moniker Havven. Synthetix adalah pertukaran dan platform terdesentralisasi untuk aset sintetis. Pengguna dapat memperdagangkan synths tanpa menghadapi masalah dengan likuiditas atau slippage.

Jaringan Synthetix dilindungi oleh konsensus proof-of-stake (PoS). Pemilik mempertaruhkan token SNX mereka untuk menerima hadiah dari biaya jaringan.

Related Articles

Back to top button