Pengertian Teknologi Adalah: Jenis, Manfaat, Fungsi dan Contohnya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah teknologi. Namun, sudahkah kamu tahu pengertian dari teknologi itu sendiri? Teknologi merupakan sesuatu yang telah menyatu dengan kehidupan manusia karena memudahkan berbagai aktivitas manusia dalam berbagai bidang.

Banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa kita dapatkan jika kita mampu memanfaatkan teknologi dengan benar. Dari mempermudah pekerjaan hingga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, semuanya bisa dilakukan berkat teknologi.

Namun masih banyak dari mereka yang belum paham mengenai pengertian teknologi, apa fungsinya, bagaimana perkembangannya, dan bagaimana cara memanfaatkannya. Padahal, hampir setiap hari masyarakat menggunakan teknologi dalam menjalankan aktivitas rutinnya.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran kamu tentang pengertian teknologi, Teknatekno sudah merangkumkan artikel seputar teknologi, yang membahas tentang pengertian teknologi, fungsi teknologi, manfaat teknologi, sampai dengan jenis-jenis teknologi. Simak berikut ini.

Memahami Pengertian Teknologi

Memahami Pengertian Teknologi

Secara etimologis, kata “teknologi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “technologia” di mana kata tech berarti keahlian dan logia berarti pengetahuan.

Akar kata teknologi adalah “techne” yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek, kecakapan tertentu, pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode, dan seni.

Lalu apa yang dimaksud dengan teknologi (technology)? Secara umum, pengertian teknologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat, metode pengolahan, dan ekstraksi benda, untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan dan pekerjaan manusia sehari-hari.

Ada juga yang menyebutkan definisi teknologi adalah semua sarana dan prasarana yang diciptakan oleh manusia untuk menyediakan berbagai barang yang dibutuhkan bagi keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia itu sendiri.

Dulunya makna teknologi hanya terbatas pada benda-benda yang memiliki wujud, misalnya mesin dan peralatan. Namun makna teknologi mengalami perluasan dan tidak hanya terbatas pada benda berwujud saja tapi juga pada sesuatu yang tidak berwujud, misalnya metode, ilmu pengetahuan, software, dan lain-lain.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Para ahli pun memiliki pengertian tersendiri tentang teknologi. Berikut ini pengertian teknologi menurut beberapa ahli:

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

1. Pengertian Teknologi Menurut Iskandar Alisyahbana

Menurut Iskandar Alisyahbana, pengertian teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau mebuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra, dan otak manusia.

2. Pengertian Teknologi Menurut Manuel Castells

Menurut Manuel Castells, pengertian teknologi adalah suatu alat, aturan, dan prosedur penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan.

3. Pengertian Teknologi Menurut Gary J. Anglin

Menurut Gary J. Anglin, arti teknologi adalah penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah manusia.

4. Pengertian Teknologi Menurut Jacques Ellil

Menurut Jacques Ellil, pengertian teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

5. Pengertian Teknologi Menurut Merriam Webster

Menurut kamus online Merriam Webster, pengertian teknologi adalah penerapan pengetahuan praktis khususnya di bidang tertentu; cara menyelesaikan tugas terutama menggunakan proses teknis, metode, atau pengetahuan; dan aspek khusus dari bidang usaha tertentu.

Sejarah dan Perkembangan Teknologi

Pada awalnya makna teknologi terbatas hanya dalam benda-benda berwujud misalnya alat-alat atau mesin. Sejak teknologi muncul pertama kalinya, ia terus berkembang pesat sampai sekarang.

Hingga pada saat ini banyak manusia yang bergantung dengan teknologi, bahkan teknologi menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang.

Mulai dari orang tua sampai anak-anak menggunakan teknologi berdasarkan aspek kehidupan mereka. Oleh karena itu adanya teknologi mampu mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas agar lebih efisien dan cepat.

Perkembangan teknologi yang cukup pesat juga dapat dilihat dari banyaknya penemuan dan inovasi yang bersifat sederhana sampai rumit. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai perkembangan teknologi dari masa ke masa, antara lain:

Sejarah dan Perkembangan Teknologi

1. Masa Prasejarah

Pada masa ini, manusia hidup belum mengenal tulisan. Aktivitas yang dilakukan juga masih terbatas seperti berburu, dan hidup dengan berpindah-pindah tempat.

Peralatan yang digunakan pada zaman ini juga kebanyakan terbuat dari batu kemudian mulai berkembang menjadi zaman perunggu dan besi. Pada masa zaman besi inilah manusia mulai mengenal adanya tulisan.

2. Teknologi Jaman Kuno

Teknologi pada jaman kuno merupakan kombinasi dari tuas, bidang miring dan perkakas batu. Pada masa ini juga dapat dikatakan peradaban yang cukup canggih karena sudah dapat ditemukan berbagai bangunan seperti Piramida, Patung Sfinks, Mercusuar Alexandria, dan lain-lain.

Pada masa ini manusia juga sudah mulai mengenal tulisan, terbukti dengan ditemukannya peninggalan prasejarah yang terdapat tulisan di dalamnya.

3. Teknologi Abad Pertengahan Hingga Era Modern

Pada masa ini perkembangan teknologi terasa cukup kuat dari sisi seni. Ilmu pengetahuan juga berkembang pesat pada masa ini, terbukti dengan adanya rumus-rumus matematika dan teori-teori fisika yang ditemukan.

4. Teknologi Pada Era Revolusi Industri

Teknologi pada masa ini ditandai dengan penemuan mesin-mesin yang memiliki kemampuan produksi secara masal. Penemuan mesin uap oleh James Watt menjadi salah satu awal terjadinya revolusi industri pada masa itu.

Selain itu penemuan-penemuan yang menjadi bukti perkembangan teknologi pada masa itu adalah antara lain seperti: ditemukannya mesin tenun, telegraf atau telepon, alat pemisah biji kapas dari serabutnya dan lain-lain.

5. Teknologi Pada Abad 20

Pada masa ini perkembangan teknologi mempunyai kontribusi yang cukup besar pada bidang militer, karena pada masa ini perkembangan teknologi digunakan oleh para militer dalam menjalankan perang dunia.

Mulai dari penemuan bom atom, hingga penemuan transistor menjadi bukti adanya perkembangan teknologi tersebut. Tidak hanya itu pada masa ini juga mulai berkembangnya teknologi dalam dunia medis seperti penemuan vaksinasi yang berhasil menurunkan angka kematian akibat penyakit cacar dan polio.

Selain itu pada abad ke-20 ini juga internet mulai diperkenalkan kepada masyarakat, sehingga pada masa ini arus informasi mulai berjalan sangat cepat.

6. Perkembangan Teknologi Abad 21

Pada abad ini dapat disebut juga sebagai abad digital. Karena hampir semua bidang pada masa ini sudah menggunakan teknologi digital. Penggunaan komputer dan internet pada masa ini juga berjalan secara maksimal.

Selain itu pada masa ini juga mulai ditemukan teknologi-teknologi yang super canggih seperti penemuan DNA buatan, jaringan 3G dan 4G LTE, dan robot-robot canggih yang dapat mendarat di luar angkasa.

Jenis-Jenis Teknologi

Jenis-Jenis Teknologi

Saat ini teknologi telah menyentuh hampir semua bidang kehidupan manusia. Mengacu pada definisinya, adapun beberapa jenis teknologi adalah sebagai berikut:

1. Teknologi Informasi

Teknologi informasi (TI) adalah suatu teknologi yang dapat membantu manusia dalam menyampaikan informasi kepada orang lain dalam waktu yang cepat dan tepat.

Teknologi ini terdiri dari seperangkat perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan untuk memproses, mentransfer, dan menyimpan informasi. Alat-alat teknologi informasi ini memberikan informasi secara akurat dan terkini kepada individu yang tepat pada waktu yang tepat.

Beberapa contoh yang termasuk dalam teknologi informasi di antaranya;

  • Televisi
  • Radio
  • Media online (website, blog, portal), dll.

2. Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah suatu teknologi yang dapat membantu manusia dalam berkomunikasi satu sama lain dan saling mengirimkan informasi dengan menggunakan suatu perangkat khusus.

Teknologi komunikasi mungkin salah satu teknologi paling umum yang banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kemajuan teknologi telah meningkatkan cara menyampaikan informasi dari satu tempat ke tempat lain dengan lebih nyaman, cepat, dan dengan akurasi yang tinggi.

Beberapa contoh yang termasuk dalam teknologi komunikasi di antaranya;

  • Smartphone
  • Email
  • Mesin fax
  • Aplikasi chatting, dll.

3. Teknologi Transportasi

Teknologi transportasi adalah suatu teknologi yang membantu manusia untuk berpindah tempat (transportasi) dari suatu lokasi ke lokasi lainnya dalam waktu yang cepat.

Beberapa contoh yang termasuk dalam teknologi transportasi di antaranya;

  • Kereta listrik
  • Mobil listrik
  • Pesawat
  • Kapal laut
  • Rekayasa jalan raya, dll.

4. Teknologi Pendidikan

Teknologi pendidikan adalah teknologi yang berhubungan dengan dunia pendidikan dimana kegiatannya memanfaatkan alat bantu tertentu.

Teknologi pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kinerja siswa dengan mengelola dan membangun sumber daya dan proses teknologi yang berbeda di kelas atau lingkungan belajar apa pun.

Beberapa contoh yang termasuk dalam teknologi pendidikan di antaranya;

  • Metode pengajaran terbaru
  • Pembelajaran secara online
  • Peralatan laboratorium sekolah
  • Lab komputer, dll.

5. Teknologi Medis

Teknologi medis adalah suatu teknologi yang berkaitan dengan dunia kedokteran dimana kegiatan medis sudah memanfaatkan teknologi komputer.

Ini merupakan jenis teknologi yang paling efektif dan bermanfaat karena membantu meningkatkan dan memperpanjang kehidupan manusia.

Teknologi medis adalah bidang yang luas di mana inovasi telah memainkan peran penting dalam memelihara kesehatan manusia dengan membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses pemulihan.

Beberapa contoh produk yang termasuk dalam teknologi medis di antaranya;

  • Tensimeter
  • Termoter tubuh
  • Stetoskop
  • Alat suntik dan infus
  • Alat USG
  • Alat X-Ray
  • Aplikasi konsultasi kesehatan, dll.

Teknologi Konstruksi

6. Teknologi Konstruksi

Teknologi konstruksi adalah suatu teknologi yang berhubungan dengan struktur bangunan. Teknologi konstruksi ini terkait dengan peralatan dan metode yang digunakan untuk membangun sebuah bangunan, baik itu struktur dasar maupun tingkat lanjut.

Beberapa yang termasuk dalam teknologi konstruksi di antaranya;

  • Metode kerja konstruksi
  • Software untuk menggambar struktur (AutoCAD)
  • Alat-alat berat (excavator, conveyor belt, compactor, dan lainnya), dll.

7. Teknologi Arsitektur

Teknologi arsitektur adalah komponen dari rekayasa bangunan dan arsitektur yang berhubungan dengan metode konstruksi, bahan bangunan, dan desain bangunan. Teknologi ini merupakan penerapan teknologi modern untuk mendesain bangunan, baik eksterior maupun interior.

Beberapa yang termasuk dalam teknologi arsitektur, di antaranya;

  • Teknik rekayasa
  • Ilmu bangunan
  • Pengembangan konsep atau desain bangunan, dll.

8. Teknologi Agrikultur

Teknologi ini mengacu pada metode dan teknologi untuk mesin-mesin yang digunakan untuk pertanian. Jenis teknologi ini merupakan saah satu teknologi modern yang paling berpengaruh dan revolusioner dalam sejarah manusia.

Dengan teknologi ini, pekerjaan yang sebelumnya dilakukan manusia dan hewan akhirnya dapat dikerjakan oleh mesin dan peralatan modern. Beberapa contoh teknologi pertanian yang diterapkan di Indonesia, di antaranya:

  • Transplanter
  • Indo combine harvester
  • Mesin pemilah bibit unggul
  • Alat pengering kedelai
  • Instalasi pengolah limbah, dll.

9. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) adalah sub-bidang ilmu komputer yang tujuannya bermuara pada pencapaian “kecerdasan yang ditunjukkan oleh mesin” berbeda dengan kecerdasan alami yang ditunjukkan oleh manusia dan hewan.

Sebagai disiplin akademis, AI merangkul ide-ide dari berbagai disiplin ilmu, seperti; filsafat, matematika (termasuk logika, aljabar, teori komputasi, dan statistik), ekonomi, ilmu saraf, psikologi, komputer, teknik, dan teori kontrol.

Dalam hal ini, semua perangkat yang dapat memahami lingkungannya dan mengambil tindakan yang memaksimalkan peluang untuk mencapai tujuannya dengan sukses dapat disebut sebagai kecerdasan buatan.

Berikut ini beberapa contoh teknologi AI yang ada di sekitar kita:

  • Pengenalan suara yang dilakukan oleh mesin pencari Google.
  • Asisten virtual, seperti; Siri, Google Now, dan Cortana.
  • Fitur rekomendasi pada Spotify, Pandora, dan Netflix.
  • Pelayanan konsumen secara virtual yang terdapat pada situs e-commerce, dll.

10. Teknologi di Bidang Bisnis

Teknologi di bidang bisnis adalah penerapan sains, data, teknik, dan informasi, untuk tujuan terkait bisnis, misalnya upaya pencapaian tujuan organisasi atau ekonomi.

Teknologi telah banyak membantu bisnis kecil dan UMKM dalam bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang sudah mapan. Beberapa contoh teknologi di bidang bisnis, di antaranya:

  • Pemasaran bisnis melalui internet (mesin pencari dan media sosial).
  • Fitur transaksi online (internet banking, mobile banking, Payment gateway, dan lain-lain).
  • Mesin EDC untuk keperluan transaksi dengan kartu debit dan kredit.
  • Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa jenis teknologi yang hadir di tengah-tengah manusia. Ini membuktikan bahwa sebagian besar kehidupan manusia telah berhubungan dengan teknologi.

Manfaat Teknologi Bagi Manusia

Manfaat Teknologi Bagi Manusia

Pada dasarnya manfaat teknologi adalah untuk mempermudah dan memperlancar berbagai aktivitas manusia dalam berbagai bidang kehidupan. Jika berbicara tentang teknologi, berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Bidang Informasi dan Komunikasi

Manfaat yang paling terasa dari teknologi di bidang informasi dan komunikasi adalah proses yang mudah, cepat, dan murah. Bila dulu kita berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan surat, telepon rumah, dan telegram, sekarang kita dapat melakukannya dengan cepat melalui smartphone, aplikasi chatting, dan email.

2. Bidang Ekonomi dan Bisnis

Ada banyak sekali manfaat teknologi di bidang ekonomi seperti sekarang ini. Misalnya; keberadaan mesin ATM (Automated Teller Machine) dan internet Banking yang memudahkan proses transaksi pembayaran.

Selain itu, teknologi juga memudahkan proses delivery dengan adanya berbagai layanan ekspedisi yang memanfaatkan teknologi internet dan aplikasi mobile yang mempercepat pengiriman barang.

3. Bidang Pendidikan

Teknologi juga memberikan banyak manfaat dan kemudahan di bidang pendidikan. Salah satunya adalah keberadaan sistem pembelajaran e-learning system.

Dengan sistem pembelajaran terbaru ini, peserta didik tidak harus datang ke lokasi sekolah tapi cukup dengan membuka website atau aplikasi dan mengakses materi belajar secara online.

4. Bidang Transportasi

Teknologi telah memberikan banyak manfaat dan kemudahan di bidang transportasi, baik itu barang maupun manusia. Keberadaan berbagai jenis alat transportasi, seperti; mobil, sepeda motor, pesawat, dan kapal laut, membuat proses perjalanan manusia menjadi lebih mudah dan cepat.

5. Bidang Medis

Manfaat teknologi juga sangat dirasakan di bidang medis dimana penemuan berbagai metode, obat-obatan, peralatan, dan mesin terbaru dapat membantu dokter dan perawat melakukan pekerjaan mereka.

Contoh Perkembangan Teknologi

Contoh Perkembangan Teknologi

Teknologi yang dulunya dianggap tidak mungkin ternyata bisa diciptakan di masa depan. Berikut ini adalah beberapa contoh teknologi terbaru di dunia yang mungkin belum kamu ketahui:

Teknologi yang sebelumnya diyakini mustahil ternyata bisa diciptakan di masa depan. Contoh teknologi mutakhir yang mungkin tidak kamu sadari adalah sebagai berikut:

  1. Autonomous Car : yaitu mobil pintar yang dapat bergerak sendiri ke arah tujuan tanpa harus dikemudikan oleh supir.
  2. Matrix Power Watch : yaitu jam tangan canggih dengan daya baterai yang dapat dicash dari panas tubuh
  3. Hand phone Hologram : yaitu handphone yang dapat digunakan untuk melihat visual suatu objek secara 3D (tiga dimensi).
  4. Hand phone Flexible : yaitu handphone yang memiliki bodi tipis, dapat dilipat dan dibengkokkan agar mudah disimpan.
  5. Wigig : yaitu teknologi yang diproyeksikan akan menggantikan Wifi.
  6. Invisible Car : yaitu mobil canggih yang dapat mengubah warnanya sesuai lingkungan seperti bunglon.
  7. Kereta Hyperloop : yaitu kereta yang dapat bergerak dengan kecepatan tinggi hingga 1.700 kilometer per jam dan aman bagi manusia.

Selain yang disebutkan di atas, masih banyak lagi teknologi canggih yang telah berhasil diciptakan dan juga akan berhasil diciptakan oleh manusia di masa depan. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi akan mengalami evolusi yang konstan.

Kesimpulan

Kata “teknologi” berasal dari bahasa Yunani yaitu “technologia” dimana kata tech berarti keahlian dan logia berarti pengetahuan. Secara umum pengertian teknologi adalah ilmu yang mempelajari keterampilan dalam membuat alat, cara mengolah, dan mengekstraksi benda.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar teknologi, mulai dari pengertian teknologi secara umum maupun menurut para ahli, fungsi, manfaat, jenis-jenis, sampai contoh perkembangan teknologi yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button