Pengertian IaaS, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernahkah kamu mendengar istilah apa itu IaaS (Infrastructure as a Service)? Berikut penjelasan mulai dari pengertian IaaS, karakteristik, kelebihan, kekurangan, manfaat, serta contoh IaaS yang perlu kamu ketahui.

Secara umum pengertian IaaS adalah suatu jenis cloud service yang banyak diminati oleh banyak perusahaan, khususnya perusahaan startup atau perusahaan kecil lainnya. Alasan utamanya adalah bahwa perusahaan dapat menggunakan layanan IaaS tanpa perlu membeli komputer atau peralatan fisik lainnya.

Memahami Pengertian Iaas

Apa itu IaaS

Pengertian IaaS atau infrastructure as a service adalah jenis layanan cloud computing yang dibangun di atas satu infrastruktur ini pastinya akan memudahkan penggunanya. laaS adalah layanan berbasis cloud yang berbayar sesuai pemakaian untuk layanan seperti penyimpanan, jaringan, virtualisasi, dan sebagainya.

Kamu juga harus mengetahui beberapa contoh produk jenis layanan IaaS yang terkenal dan sering digunakan, yaitu Google Compute Engine (GCE), Linode, Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, Digital Ocean, dan sebagainya.

Karakteristik IaaS

Terdapat beberapa karakteristik yang membuat IaaS bisa lebih mudah dibedakan dengan layanan cloud lainnya. karakteristik dari IaaS terbagi menjadi tujuh, yaitu:

  1. Dapat dijangkau oleh banyak orang
  2. Lebih hemat biaya
  3. Biaya yang lebih bervariasi, tergantung kebutuhan perusahaan
  4. Layanan yang ada di dalamnya sangat scalable
  5. Dapat diakses oleh beberapa orang di perangkat yang sama
  6. Perusahaan bisa tetap memiliki kendali secara penuh terhadap infrastrukturnya.
  7. Lebih fleksibel.

Kelebihan IaaS

Kelebihan IaaS

Berikut ini adalah beberapa kelebihan IaaS yang perlu kamu ketahui:

1. Mengurangi Biaya Modal

Untuk perusahaan yang baru berdiri atau perusahaan startup, tentunya modal menjadi suatu komponen yang sangat diperhitungkan. IaaS adalah salah satu pilihan yang menarik karena lebih hemat biaya. Kamu jadi tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk membeli peralatan server atau membeli komputer.

2. Cepat Menyesuaikan Kondisi

Dilansir dari laman Microsoft, layanan IaaS akan membantu bisnis kamu dalam meningkatkan sumber daya secara lebih cepat di dalam kondisi tertentu.

Misalnya, selama liburan, ada lonjakan permintaan untuk aplikasi kamu. IaaS memungkinkan penggunaan sumber daya yang lebih cepat. Ketika permintaan turun, sumber daya juga turun untuk menghemat uang.

3. Infrastruktur Lebih Stabil dan Bisa Diandalkan

Kelebihan selanjutnya dari IaaS adalah dari sisi stabilitas infrastruktur. Kamu sudah tidak perlu lagi melakukan upgrade software dan hardware, serta melakukan maintenance dan juga menyelesaikan masalah yang terjadi pada peralatan tersebut.

Pihak penyedia layanan IaaS akan memastikan bahwa infrastruktur yang kamu miliki bisa diandalkan dan memenuhi SLA (service-level agreement).

4. Kehilangan Data Perusahaan Dapat Dicegah

Di dunia digital saat ini, data sangat berharga bagi perusahaan, dan kehilangan data hanya akan mengakibatkan kerugian dan kebingungan. Tapi dengan adanya layanan cloud computing, maka data tersebut akan bisa diakses dimana saja dan kapan saja, serta bisa terhindar dari risiko kehilangan data.

5. Tidak Perlu Khawatir dengan Masalah Keamanan

Layanan IaaS akan membuat suatu sistem cloud computing untuk keperluan penyimpanan data dari pihak perusahaan. Data ini lebih aman disimpan di server tersebut karena tidak biasa diakses secara asal oleh berbagai pihak.

6. Bisa Lebih Fokus Kepada Kegiatan Inti Bisnis

Pihak perusahaan pun bisa lebih fokus pada kegiatan inti bisnis mereka dan sudah tidak perlu lagi repot-repot memikirkan hal terkait pembuatan dan juga pengelolaan IaaS serta cloud computing, sehingga akan lebih efisien dalam kegiatan operasional perusahaan.

7. Stabilitas Perusahaan Dapat Ditingkatkan

Dengan menggunakan IaaS, pihak perusahaan sudah tidak lagi harus memikirkan terkait biaya perbaikan dan juga peningkatan server. Kenapa? Karena masalah tersebut sudah dilakukan oleh pihak penyedia layanan IaaS.

Kekurangan IaaS

Berikut ini adalah beberapa kekurangan IaaS yang perlu kamu ketahui:

1. Membutuhkan Pelatihan Internal

Layanan cloud computing dari IaaS akan membantu perusahaan dalam mengelola sistem operasi, aplikasi, keamanan, dan juga database secara mandiri.

Oleh karena itu, pelatihan internal diperlukan untuk menjamin bahwa perusahaan dapat mengelola infrastruktur dengan lebih berhasil.

2. Keamanan

Walaupun memang infrastruktur bisa dikelola secara penuh oleh perusahaan, namun layanan IaaS tetap rentan akan keamanannya. Risiko keamanan ini mungkin berasal dari host atau dengan perangkat virtual lainnya.

3. Sistem Lama yang Beroperasi di Cloud

Bersumber dari laman BMC, kamu bisa tetap menjalankan sistem lama kamu di dalam cloud. Namun, infranstruktur mungkin tidak mendukung beberapa kontrol yang diperlukan untuk melindungi aplikasi lama. Kamu harus memperbarui aplikasi sebelum menerapkannya ke cloud.

Manfaat Menggunakan IaaS

Manfaat Menggunakan IaaS

Kini, kamu sudah paham pengertian IaaS, selanjutnya kita akan membahas beberapa manfaat dari penggunaan IaaS. Seperti pada sebuah pengembang aplikasi cloud atau web based, mungkin akan lebih hemat jika menggunakan IaaS dalam tahap pengujian aplikasi.

Setelah aplikasi tersebut sempurna maka mereka dapat berhenti menggunakan layanan IaaS dan mulai untuk membuat infrastruktur cloud sendiri di sebuah colocation data center jika workload memang sudah lebih tinggi.

Mengenai Manfaat IaaS, sebagai berikut:

  1. Mudah dan cepat tersedia, dengan ketersediaan infrastruktur yang dapat dipesan sesuai kebutuhan.
  2. Tidak perlu beli pernagkat IT yang biasanya menguras biaya modal cukup besar, dan memakan waktu untuk instalasi serta konfigurasi.
  3. Pengelolaan infrastruktur dilakukan oleh penyedia IaaS, sehingga hemat biaya profesional IT yang tergolong semakin mahal.
  4. Dengan layanan infrastruktur (IaaS) kamu dapat memperbesar dan mengurangi kapasitas server atau storage lebih cepat.
  5. Dapat digunakan sebagai infrastruktur cadangan atau infrastruktur tambahan selain infrastruktur yang ada, seperti sistem web marketplace Tokopedia, yang menjalankan promosi satu bulan dengan diskon besar-besaran, membutuhkan banyak sumber daya IT. Dan jika melebihi dengan kapasitas infrastruktur data center mereka yang tersedia, IaaS dapat digunakan sebagai infrastruktur tambahan sementara untuk acara tersebut.
  6. Hemat investasi awal bagi perusahaan startup ataupun bagi para developer aplikasi sebelum aplikasi tersebut dioperasikan secara normal atau dapat memperkecil biaya pra-operasional.

Contoh Penyedia Layanan IaaS

Di era modern seperti ini sudah banyak yang menawarkan layanan Infrastructure as a service ini. Layanan ini dimiliki oleh beberapa perusahaan yang sudah cukup lama bergerak di bidang IT dan sudah siap dalam perkembangan zaman di era milenia seperti saat ini.

Berikut beberapa perusahaan yang menyediakan infrastructure as a service:

1. Telkom Cloud

Telkom merpakan perusahaan yang berada di Indonesia dan sudah memiliki dan menyediakan layanan cloud computing Infrastructure as a service. Kamu bisa menggunakan layanan dari telkom jika kamu ingin memiliki komputasi awan.

Sebagian besar perusahaan besar di Indonesia dan luar negeri telah memilih produk ini dari dalam negeri untuk melayani komputer pusat dalam memproses data dari berbagai sumber data lainnya. Layanan komputasi awan ini digunakan oleh banyak individu maupun perusahaan.

2. Amazon, Inc–Amazon EC2

Perusahaan terbesar yang terkenal ini juga mempunyai layanan komputasi awan dan menyediakan berbagai macam kebutuhan komputasi untuk melayani pengguna sesuai dengan kebutuhannya.

Siapa yang tdak mengenal perusahaan ini? Sebuah perusahaan yang menawarkan berbagai layanan. Amazon EC2 adalah anak perusahaan Amazon yang menangani layanan komputasi awan Infrastruktur sebagai layanan.

Tanya Jawab Tentang IaaS

Berikut ini adalah tanya jawab tentang pengertian IaaS yaitu:

Apa Perbedaan IaaS dan PaaS?

Meskipun IaaS memberi konsumen lebih banyak kontrol langsung atas sistem operasi daripada PaaS, tetapi PaaS memberi pengguna fleksibilitas dan kemudahaan penggunaan yang lebih baik.

IaaS Terdiri Dari Apa Saja?

IaaS adalah layanan komputasi awan yang menyediakan infrastruktur berupa perangkat keras virtual, bandwidth, akses internet real-time, dukungan alamat IP, dan keamanan sistem operasi.

Apa Itu Layanan IaaS?

Sumber daya cloud seperti server, jaringan, penyimpanan, dan ruang data disediakan oleh penyedia layanan IaaS. Pelanggan juga dapat menggunakan dasbor atau API (application programming interface) untuk melihat dan menyimpan data di server. Menariknya lagi, IaaS memungkinkan kamu untuk menggunakan server tanpa harus membeli komputer dan perangkat keras lainnya.

Bagaimana Cara Kerja IaaS?

IaaS beroperasi dengan cara yang sama seperti komputer biasa, dengan pengecualian bahwa kamu tidak dapat melihat komputer secara fisik. Meskipun demikian, kamu masih memiliki kendali atas komputer.

BACA JUGA:

Pengertian Paas, Fungsi Dan Cara Kerjanya
Apa Itu SaaS dan Contoh Aplikasinya
Pengertian Microservices Kelebihan dan Kekurangannya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai IaaS (Infrastructure as a Service), mulai dari pengertian IaaS, karakteristik, kelebihan, kekurangan, manfaat, serta contoh IaaS yang perlu kamu ketahui.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian IaaS (Infrastructure as a Service) adalah jenis layanan cloud computing yang dibangun di atas satu infrastruktur ini pastinya akan memudahkan penggunanya.

laaS adalah layanan berbasis cloud yang berbayar sesuai pemakaian untuk layanan seperti penyimpanan, jaringan, virtualisasi, dan sebagainya.

Related Articles

Back to top button