Metaverse Lokal, Begini Cara Daftar Aplikasi MyPertamina Buat Beli BBM

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Sudah tau apa itu aplikasi MyPertamina? Buat kamu yang masih kebingungan bagaimana cara daftar aplikasi MyPertamina untuk keperluan membeli bensin atau BBM, kamu bisa simak artikel dibawah ini.

Perlu diketahui, Badan Pengatur Hilir dan Gas Bumi (BPH Migas) bersama PT Pertamina dikabarkan tengah membuat dan menyusun kebijakan mengenai penyaluran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yakni solar dan pertalite.

PT Pertamina menerapkan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) seperti pertalite dan solar. Mulai 1 Juli 2022, masyarakat harus menggunakan aplikasi MyPertamina untuk membeli kedua jenis BBM tersebut. Selain itu, ada beragam fungsi aplikasi MyPertamina lainnya.

Apa itu Aplikasi MyPertamina

Apa itu Aplikasi MyPertamina?

Aplikasi MyPertamina adalah aplikasi layanan keuangan digital dari Pertamina dan anggota Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja. Aplikasi ini digunakan untuk pembayaran bahan bakar minyak secara non-tunai di stasiun pengisian bahan bakar umum Pertamina.

MyPertamina hadir sebagai bentuk apresiasi pada semua pelanggan produk PT Pertamina Patra Niaga di mana bekerja sama dengan LinkAja. Dengan adanya aplikasi tersebut, diharapkan bisa memberi kemudahan pada pelanggan untuk membeli produk Pertamina.

MyPertamina menawarkan keuntungan pada pelanggan, seperti mendapat poin yang bisa ditukar dengan berbagai rewards lewat aplikasi tersebut (syarat dan ketentuan berlaku). Aplikasi tersebut dapat didonlot oleh pengguna smartphone berbasis Android (Play Store) maupun iOS (App Store).

Awalnya MyPertamina merupakan gerai merchandise produk Pertamina. Aplikasi ini dirilis pertama kali pada 21 Desember 2016, dengan 3 outlet di Jakarta. Waktu itu, MyPertamina menjual pakaian, topi, dan produk lainnya dengan merek produk Pertamina.

Satu bulan kemudian (Januari 2017), Pertamina dan Bank Mandiri menjalin kemitraan untuk meluncurkan produk Mandiri Credit Card Pertamina Mastercard, sehingga konsumen dapat melakukan pembayaran ketika pengguna mengisi BBM di SPBU Pertamina.

Pada Agustus 2017, aplikasi MyPertamina dan kartu elektronik diluncurkan melalui program MyPertamina Loyalty di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017.

Kartu ini dapat digunakan pada mesin EDC untuk pembayaran non-tunai. Saldo awal ada di aplikasinya sendiri, yang dapat diisi ulang melalui ATM dan sistem perbankan online.

Program Pembatasan Pembelian Pertalite dan Solar Subsidi

Pemerintah akan memberlakukan program pembatasan pembelian Pertalite dan Solar subsidi di sejumlah daerah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi MyPertamina untuk membeli bensin Pertalite dan solar diskon.

Pemberlakuan program pembatasan pembelian Pertalite dan Solar subsidi ini mulai diberlakukan pada 1 Juli 2022 dengan menggunakan aplikasi MyPertamina.

Program pembatasan pembelian Pertalite dan Solar bersubsidi ini mulai berlaku pada 1 Juli 2022 dengan menggunakan aplikasi MyPertamina.

Kami menyiapkan website MyPertamina, yakni Subsiditepat.mypertamina.id yang bisa diakses atau dibuka pada 1 Juli 2022,” ungkap Alfian pada 28 Juni 2022.

Nantinya, masyarakat bisa mendaftarkan kendaraan dan identitasnya kemudian akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan. Setelah terdaftar, nantinya masyarakat akan mendapatkan kode QR khusus untuk membeli Pertalite dan Solar.

Daerah yang Wajib Pakai Aplikasi MyPertamina

Aplikasi MyPertamina tidak akan digunakan di semua daerah, namun Pertamina hanya akan memberlakukannya di 11 wilayah di Indonesia. Berikut 11 daerah yang diharuskan menggunakan aplikasi Mypertamina untuk pembelian pertalite dan solar subsidi:

  1. Kabupaten Agam
  2. Kabupaten Ciamis
  3. Kabupaten Padang Panjang
  4. Kabupaten Tanah Datar
  5. Kota Bandung
  6. Kota Banjarmasin
  7. Kota Bukit Tinggi
  8. Kota Manado
  9. Kota Sukabumi
  10. Kota Tasikmalaya
  11. Kota Yogyakarta

Cara Daftar Aplikasi MyPertamina

Cara Daftar Aplikasi MyPertamina

Pertamina telah merilis tata cara daftar MyPertamina untuk pembelian pertalite dan solar subsidi melalui akun Instagram resmi MyPertamina, yaitu @mypertamina. Berikut tata cara daftarnya:

1. Cara Daftar Melalui Website MyPertamina

Buat kamu yang belum mendaftar dan memiliki aplikasi My Pertamina, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, STNK, foto kendaraan dan dokumen pendukung lainnya.
  2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id.
  3. Centang informasi memahami persyaratan.
  4. Klik Daftar sekarang.
  5. Ikuti instruksi dalam website tersebut.
  6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan atau cek status pendaftaran di website secara berkala.
  7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh atau download kode QR dari website dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

2. Cara Daftar Melalui Aplikasi MyPertamina

Selain melalui website, ada juga tahapan membeli BBM menggunakan aplikasi MyPertamina, berikut langkah-langkahnya:

  1. Login akun kamu dengan memasukkan nomor telepon dan PIN yang sudah dibuat sebelumnya.
  2. Di halaman awal, kamu perlu menautkan aplikasi MyPertamina ke LinkAja untuk melakukan transaksi pembelian.
  3. Setelah kedua aplikasi ini tertaut, kamu sudah bisa melakukan pembelian. Pastikan dulu saldo di aplikasinya cukup untuk membeli BBM.
  4. Saat ingin membayar, pilih opsi “Bayar” di halaman awal aplikasinya.
  5. Pindai kode QR yang diberikan petugas SPBU Pertamina pada aplikasinya.
  6. Jika ingin mengonfirmasi pembelian, kamu bisa memasukkan PIN dari akun LinkAja.
  7. Bila pembayaran pembelian terkonfirmasi, saldo di akun LinkAja punya kamu akan terpotong secara otomatis.
  8. Sebagai catatan, cara pembelian BBM lewat aplikasi MyPertamina di atas dapat dipakai untuk membeli semua jenis BBM yang dijual di SPBU Pertamina, termasuk solar dan Pertalite.

Fungsi Aplikasi MyPertamina

Fungsi Aplikasi MyPertamina

Berikut ini adalah beberapa fungsi atau fitur dari aplikasi MyPertamina yang Teknatekno rangkum dari berbagai sumber:

1. Bayar BBM Cashless

Fungsi pertama yaitu untuk membayar BBM Pertamina secara cashless maksudnya tanpa menggunakan uang tunai. Cara Ini menguntungkan bagi orang-orang zaman sekarang, karena mayoritas dari mereka tidak lagi menggunakan uang tunai untuk melakukan pembelian apapun.

Saat ini, layanan cashless dalam aplikasi menawarkan opsi dompet digital LinkAja, yang mengharuskan pengguna menghubungkan akun MyPertamina ke LinkAja.

Berikut ini cara menghubungkan aplikasi MyPertamina dengan LinkAja:

  1. Buka aplikasi MyPertamina, lalu pilih opsi “Aktifkan” pada halaman utama.
  2. Pastikan kamu sudah memiliki akun LinkAja, lalu pilih “Sudah”. Jika kamu belum memiliki akun LinkAja, unduh aplikasi tersebut dan lakukan register terlebih dahulu.
  3. Jika sudah, masukkan kode PIN akun LinkAja punya kamu.
  4. Setelah memasukkan kode PIN-nya, kamu akan menerima kode verifikasi melalui SMS di nomor ponsel yang sudah didaftarkan.
  5. Jika kode verifikasi yang dimasukkan sesuai, otomatis akun LinkAja kamu akan terhubung dengan aplikasi
  6. MyPertamina milik kamu.
  7. Nantinya, saldo di LinkAja otomatis terpotong jika kamu membeli BBM lewat aplikasi MyPertamina.

2. Info Riwayat Pembelian BBM dan Poin

Jika menggunakan aplikasi MyPertamina, kamu bisa tahu informasi mengenai pembelian BBM yang pernah dilakukan pada bagian atas layar aplikasinya. Selain itu, juga dapat mengetahui jumlah poin yang dimiliki.

Poin ini bisa kamu kumpulkan dengan melakukan pembelian BBM di SPBU Pertamina. Adapun 10 poin untuk pembeli BBM jenis Pertamax Turbo dan Pertamina Dex, atau tiga poin untuk pembelian Pertamax dan Dexlite.

Berdasarkan situs resmi MyPertamina, jika kamu berhasil mendapat 80 ribu poin, bisa mendapat merchandise menarik berupa Emko Brik SPBU Pertamina. Selain itu, bagi yang punya 100 ribu poin, dapat ditukarkan dengan merchandise seperti Die Cast Truck ataupun Die Cast Lambo.

3. Tempat Beli Merchandise Online

Bagi yang ingin membeli merchandise Pertamina, tidak perlu datang ke offline store-nya. Kamu bisa membeli merchandise-nya melalui aplikasi.

Calon pelanggan dapat menggunakan aplikasi untuk membeli produk Pertamina seperti stiker, kaos, gantungan kunci, dan barang lainnya.

4. Beli BBM Dari Rumah

Pengguna dapat memesan BBM Pertamina untuk diantar ke alamat rumah melalui aplikasi MyPertamina. Namun sebagai informasi, untuk saat ini, pemesanan BBM Pertamina ke rumah masih dalam tahap uji coba di kawasan Jakarta Selatan. BBM-nya pun yang bisa dipesan hanya beberapa varian Bright Gas.

5. Informasi Lokasi Charging Station

Dalam aplikasi MyPertamina, terdapat fitur charging station. Charging station adalah fitur untuk menampilkan informasi terkait dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), seperti lokasi SPKLU terdekat dan sebagainya. Namun, fitur satu ini belum bisa digunakan.

6. Informasi Outlet Terdekat

Selain charging station, aplikasi MyPertamina juga mempunyai fitur lain di mana fungsinya untuk menampilkan peta dengan posisi SPBU Pertamina terdekat dari lokasi pengguna saat ini.

7. Infokan Kios Matic

Fitur Kios Matic juga disertakan dalam aplikasi MyPertamina. Ini adalah fitur yang memberikan informasi tentang pembelian Bright Gas. Namun, fiturnya masih dalam tahap uji coba. Adapun jam operasionalnya mulai pukul 10.00-20.00 WIB.

(Video Source: Youtube Kumparan Channel)

Kesimpulan

MyPertamina adalah aplikasi layanan keuangan digital dari Pertamina dan anggota Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja. Aplikasi ini digunakan untuk pembayaran non tunai bahan bakar minyak di stasiun pengisian bahan bakar umum.

Pemerintah akan menerapkan program pembatasan pembelian Pertalite dan Solar di sejumlah wilayah, mulai tanggal 1 Juli 2022 yang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi MyPertamina.

Demikianlah informasi seputar cara daftar aplikasi MyPertamina yang bisa Teknatekno rangkumkan untuk kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button