Pengertian Oracle, Fungsi, dan Sejarah

Teknatekno.com – Pengertian oracle beserta sejarah terbentuknya hingga mendunia. Pengertian oracle database secara umum artinya salah satu komponen krusial dalam sistem isu setiap perusahaan, karena diperlukan untuk menyimpan dan memasukkan data sebagai masalah.

Pentingnya database. Akibatnya, tidak terduga bahwa saat ini ada sejumlah besar perangkat lunak yang tersedia untuk mengoperasikan sistem manajemen basis data gratis atau berbayar. Oracle adalah salah satunya. Nah, jika kamu masih penasaran dengan pengertian oracle , kamu bisa simak artikel dibawah ini.

Memahami Pengertian Oracle

Memahami Pengertian Oracle

Pengertian oracle adalah salah satu dari RDBMS atau sering disebut dengan Relation database management system buatan dari oracle corporation. Database oracle sering digunakan untuk mengembangkan sistem skala besar, seperti yang digunakan di sistem perbankan.

Seperti system RDBMS, oracle ini juga menggunakan SQL atau structure query language sebagai bahasa saat mengoperasikan.

Oracle dapat menggunakan ini untuk berbagi data dengan pengguna lain yang telah diberi izin akses resmi. Informasi tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Sejarah Oracle

Sangat penting untuk memahami oracle mulai dari pengembangannya. Larry Ellison menciptakan oracle pada tahun 1977 di Application Development Laboratories (SDL). SDL berganti nama menjadi Relational Applications Inc. dua tahun kemudian, pada 1979. (RSI).

Oracle versi 2 dirilis tidak lama kemudian. Oracle telah dipasarkan sejak periode itu, juga dikenal sebagai “pertama kali.” Pada tahun 1983, RSI berubah nama menjadi oracle Corporation.

Nama oracle Corporation ini masih digunakan sampai sekarang. seperti itulah ulasan singkat tentang oracle pada awal perkembangannya hingga perangkat lunak ini pertama kali dipasarkan.

Fungsi Oracle

Fungsi Oracle

Database oracle dapat menyediakan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk memudahkan tenaga kerja. Berikut beberapa fungsi dari oracle database:

1. Mengidentifikasi Data Menjadi Mudah

Dengan menggunakan oracle database ini membuat segala jenis data dapat dikelompokkan sesuai dengan spesifikasi data dari masing-masing. Hal ini akan mempermudah pemilik data untuk dapat melakukan klasifikasi data.

Sehingga ketika kamu membutuhkan data, kamu dapat dengan mudah menemukannya dan tidak bingung dengan pengelompokan data. Data yang akan dicari mudah ditemukan dengan cepat, sehingga pencarian data tidak memakan waktu lama.

2. Dapat Terhindar Dari Data yang Tidak Konsisten

Dengan menggunakan oracle ini, data dapat disimpan serta dapat menghindari adanya data yang disimpan secara double. Data yang bersifat duplikat ini dapat dilakukan dengan mudah dan ketika ada banyak data yang duplikat terlalu banyak dapat memberikan kesulitan kepada pemilik database data.

Karena sulit untuk mengetahui apakah data itu asli atau tidak, database oracle dapat mencegah data duplikat atau tidak konsisten.

3. Akses Mudah

Dengan menggunakan oracle database, dapat juga melakukan pengubahan pengaturan akses data. Sehingga membuat data tidak dapat diakses oleh banyak orang secara bebas karena sifatnya rahasia.

Sehingga privasi data dapat terjaga dan data dapat dibagikan kepada orang yang hanya memiliki akses terhadap data tersebut.

4. Kualitas Data Terjaga

Dengan menggunakan oracle data akan tetap terjaga di dalam database. Hal ini terjadi karena data tetap tersimpan di dalam database sehingga tidak akan hilang.

Dan jika kamu membutuhkan data setiap saat, kamu bisa mendapatkannya dari mana saja dan kapan saja. Tanpa modifikasi apa pun, kualitas data juga akan tetap tidak berubah.

5. Penyimpanan Data Terjaga

Data yang ada tidak lagi harus disimpan di rak yang ditumpuk tinggi dengan kertas untuk mengisi ruang. Karena database oracle ini dapat menyimpan data secara digital. Ini akan sangat efisien karena memungkinkan kamu menghemat ruang.

Kelebihan

Kelebihan Oracle

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki dari oracle :

1. Client Server Environment

Dengan adanya fitur client server environment ini proses yang terjadi dapat dipisahkan. Oracle database ini dapat memisahkan antara database server dengan aplikasi yang digunakan client. Akibatnya server akan melakukan tugas serta fungsinya yang terkait dengan database.

Clien, di sisi lain, akan bertanggung jawab untuk menyajikan data dari database. Akibatnya, prosedur database oracle akan lebih cepat dan tidak akan menemui hambatan.

2. Multi User

Banyak pengguna dapat mengakses database oracle secara bersamaan. Dengan begitu akan sangat mudah para pengguna dalam melakukan pertukaran data serta mengakses data secara bersama-sama.

3. Dapat Diakses Diberbagai Sistem Operasi

Salah satu keuntungan menggunakan database oracle adalah dapat diakses menggunakan berbagai sistem operasi. Ini akan sangat berguna dengan cara ini karena akan dapat melakukan operasi tanpa gangguan dari varians dalam sistem operasi yang digunakan.

4. Availability Data

Database oracle ini tersedia 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Pengguna kini dapat dengan mudah mengakses data kapan pun mereka membutuhkannya. Akibatnya, database oracle menyediakan akses sederhana ke data.

5. Security

Untuk menjaga keamanan data, database oracle dilengkapi dengan berbagai bentuk perlindungan. Pengguna cukup menyimpan data dalam database dengan keamanan data ini dan dilengkapi dengan keamanan yang cukup dapat dipercaya.

Kekurangan Oracle

Meskipun memiliki banyak kelebihan, tentunya oracale database ini memiliki kekurangan. Karena pastinya tidak ada yang sempurna di dunia ini bukan? Ini beberapa kekurangan dari oracle database:

1. Harga Mahal

Ini merupakan kekurangan pertama dari oracle database. Ya tentunya harga menjadi permasalah utama banyak orang. Harga untuk implementasi oracle database ini bisa dibilang cukup mahal, ya karena pada dasarnya oracle.

Database adalah database yang rumit yang dapat menangani data yang kita miliki dari perusahaan. Tentu saja, harga yang diberikan oleh oracle akan setara dengan kinerja database.

2. Ukuran Data yang Bertambah akan Menjadikan Proses Semakin Lama

Dan salah satu kelemahan oracle database ini adalah penambaha ukuran data akan sangat berpengaruh terhadap performance database.

Prosedur akan menghadapi penundaan karena jumlah data yang kami simpan bertambah. Akibatnya, saat menggunakan database oracle, database tersebut harus disesuaikan dengan manajemen data yang sangat baik.

3. Spesifikasi Hardware yang Tinggi

Berbeda dengan database lainnya, Oracle database adalah suatu jenis database yang membuthkan spesifikasi hardware pendukukung yang lebih tinggi. Karena dengan terpenuhinya spesifikasi hardware tersebut, kinerja pada database akan semakin lancar.

Namun, ini tidak cocok untuk usaha kecil karena dapat dibayangkan bahwa perusahaan akan berjuang untuk memenuhi standarisasi standar perangkat keras sesuai dengan persyaratan database oracle .

Kelebihan Oracle dibandingkan MySQL

Kelebihan Oracle dibandingkan MySQL

Berikut ini adalah kelebihan Oracle dibandingkan MySQL yang perlu kamu ketahui:

1. Oracle Memiliki Fleksibilitas Dalam Mengontrol Transaksi.

Hal ini karena, oracle memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh MySQL, yaitu High Transaction Processing Performance. Performa kapasitas pemrosesan transaksi adalah karakteristik yang digunakan untuk menjaga agar sistem basis data berjalan dengan lancar selama proses transaksi data.

Dengan demikian, meskipun banyak transaksi atau akses ke data yang sama dilakukan secara bersamaan, proses transaksi atau akses data semua pengguna ke sistem tetap beroperasi dan sistem basis data tidak down.

2. Oracle Memiliki Tingkat Skalabilitas yang Lebih Tinggi Ketimbang MySQL.

Artinya, oracle memiliki kemampuan yang tidak terbatas, kemampuan yang tidak dipunyai oleh MySQL. Khususnya, kapasitas untuk menahan penambahan beban yang lebih berat, seperti penambahan pengguna dan peningkatan volume data.

Kelebihan Oracle dibandingkan PostgreSQL

Berikut ini adalah kelebihan oracle dibandingkan PostgreSQL yang perlu kamu ketahui:

  1. Jika dibandingkan dengan PostgreSQL, oracle dapat menghandle database dengan kapasitas yang besar. Tak heran, Oracle database banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan yang memerlukan space besar untuk menampung data-data terstruktur dengan volume besar.
  2. Database oracle merilis versi terbarunya. Pembaruan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dalam menanggapi permintaan pasar. PostgreSQL, di sisi lain, merilis versi terbarunya setiap empat atau lima tahun. Peningkatan tersebut berupa peningkatan kualitas dan penyertaan fitur baru berdasarkan tren.
  3. Oracle menyediakan langkah-langkah keamanan berkualitas tinggi yang dapat melindungi data database. Fitur keamanan database oracle lebih unggul daripada fitur keamanan database PostgreSQL.

Tanya Jawab Tentang Oracle

Berikut ini adalah tanya jawab seputar oracle yaitu:

1. Oracle Itu Perusahaan Apa?

Oracle corporation adalah perusahaan teknologi informasi multinasional. Kantor pusat perusahaan ini berada di austin, texas. Oracle cloud adalah salah satu produk perusahaan.

2. Apa Keunggulan Oracle?

Keunggulan utama dari teknologi database oracle database adalah pemrosesan data yang cepat. Hal ini akan meningkatkan efisiensi waktu sebuah instansi dan menghemat berbagai pengeluaran organisasi it.

3. Apakah Oracle Termasuk Database?

Oracle adalah sistem manajemen database yang dikembangkan oleh oracle corporation. Selain itu, oracle digunakan untuk mengembangkan sistem berskala besar.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian oracle hingga kelebihan dan kekurangan oracle. Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan pengertian oracle adalah salah satu dari RDBMS atau sering disebut dengan Relation database management system buatan dari oracle corporation.

Database oracle sering digunakan untuk mengembangkan sistem skala besar, seperti yang digunakan di sistem perbankan. Oracle versi 2 dirilis tidak lama kemudian. Oracle telah dipasarkan sejak periode itu, juga dikenal sebagai “pertama kali.” Pada tahun 1983, RSI berubah nama menjadi oracle Corporation.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button