Macam-Macam Perangkat Lunak Program Presentasi

Teknatekno.com – Saat ini masih ada banyak macam-macam perangkat lunak program presentasi yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan belajar maupun profesional. Namun, aplikasi mana yang terbaik dan recomended untuk digunakan Teknozen melakukan presentasi.

Begitu pula dengan program aplikasi terutama yang berfungsi untuk presentasi. Nah, kali ini Teknatekno akan membahas pengertian dan macam-macam program presentasi yang perlu Teknozen ketahui.

Pengertian Presentasi

Presentasi adalah salah satu metode yang cukup efektif untuk menyampaikan ide atau gagasan. Kamu bisa membuat materi presentasi untuk memperjelas laporan, data, atau usulan.

Pengertian Presentasi

Macam-Macam Perangkat Lunak Program Presentasi

Berikut ini adalah beberapa program aplikasi presentasi yang harus kamu ketahui:

1. Slides

Aplikasi presentasi ini, selain PowerPoint, menyediakan opsi lain yang mudah digunakan. Kamu bisa memaksimalkan presentasi di Slides dengan memanfaatkan fitur editor untuk menambahkan gambar latar belakang

Pilih dan manfaatkan berbagai desain dan tema, dan bekerja dengan orang lain dengan mudah. Beberapa fitur yang jadi kelebihan dari Slides yaitu:

  • Pengelolaan privasi.
  • Perangkat apa pun dapat digunakan untuk mengedit fitur dan mengakses presentasi.
  • Presentasi offline.
  • Gunakan Giphy atau Unsplash untuk menambahkan gambar animasi.
  • Menggunakan editor CSS khusus, kamu dapat membuat tema kamu sendiri.

2. Visme

Pada dasarnya Visme adalah aplikasi presentasi berbasis cloud yang tidak hanya menawarkan pengguna fitur-fitur untuk membuat presentasi yang menarik, tapi juga untuk membuat infografis, visualisasi data, laporan, demo produk hingga resume.

Kamu tidak perlu khawatir untuk membuat presentasi sendiri karena Visme memiliki banyak template yang dapat langsung kamu gunakan.

Kamu juga dapat menyempurnakan presentasi kamu dengan berbagai karakteristik ikon, grafik, dan foto. Selain itu, Visme memiliki berbagai kelebihan antara lain seperti:

  • Kamu dapat menggunakan fungsi presentasi offline untuk mengunduh sumber presentasi dalam bentuk gambar, PDF, atau HTML5.
  • Memiliki elemen animasi dan interaktif lainnya seperti CTA button, video , survey, kuis, dan lain-lain.
  • Ini dapat dibagikan melalui URL atau disematkan di situs web.
  • Pengelolaan privasi.
  • Di satu lokasi, kamu mungkin melihat statistik gabungan dari tampilan proyek.

Canva

3. Canva

Canva adalah aplikasi atau software presentasi alternatif gratis. Canva memberi kamu akses ke lebih dari 8000 template untuk menghasilkan presentasi, serta alat kreatif untuk membantu kamu mengoptimalkan pesan visual presentasi kamu.

Beberapa kelebihan dari Canva seperti:

  • Dalam aplikasi, kamu dapat menggambar gambar dan sketsa.
  • Ada beberapa format presentasi, tata letak, dan alat yang tersedia.
  • Sederhana untuk digunakan.

4. Google Slides

Google Slides adalah aplikasi presentasi yang terkenal. Google Slides berfungsi dengan cara yang sama seperti Power Point. Yang membedakan keduanya adalah cara penggunaannya. Untuk menggunakan Google Slide, kamu harus membutuhkan browser. Beberapa kelebihan dari Google Slides sendiri seperti:

  • Gratis jika kamu memiliki akun Google.
  • Mudah digunakan untuk membuat presentasi sederhana.
  • Pengguna dapat bekerja sama untuk mengembangkan atau memodifikasi presentasi secara real time.
  • Bisa diakses melalui smartphone.

5. Flowvella

Flowvella adalah alternatif untuk PowerPoint yang dapat diunduh di desktop dan perangkat seluler.

Aplikasi ini memiliki alat yang akan membantu kamu dalam membuat presentasi dengan cepat dan efektif. Untuk membuat presentasi lebih interaktif, kamu dapat mengintegrasikan teks, foto, video, tautan, dan file PDF. Beberapa kelebihan lain dari Flowvella antara lain:

  • Pengeditan presentasi secara offline dimungkinkan.
  • Sebuah fungsi yang memungkinkan kamu untuk melihat siapa yang telah menonton presentasi kamu.
  • Memungkinkan kamu membuat URL presentasi unik untuk dibagikan.

Slidebean

6. Slidebean

Jika kamu tidak ingin khawatir tentang desain presentasi, Slidebean bisa menjadi pilihan yang baik. Slidebean adalah aplikasi presentasi yang didukung kecerdasan buatan.

Saat membuat presentasi di Slidebean, kamu tinggal memasukkan materi atau outline presentasi kamu ke bagian kotak teks, lalu lanjutkan ke bagian desain, di mana teknologi AI mereka akan secara otomatis mengatur informasi presentasi kamu ke dalam desain dan struktur yang sesuai.

Meski begitu, kamu masih dapat mengubah desain yang disarankan oleh teknologi AI mereka sampai kamu menemukan yang kamu sukai. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari aplikasi presentasi atau software presentasi ini adalah:

  • Readability, estetika dan penyelarasan dibantu dengan algoritma yang ada.
  • Dalam 0,97 detik, desain slide akan diperiksa dan disesuaikan.
  • Foto dapat disejajarkan secara otomatis.

7. Animaker

Daftar terakhir alternatif aplikasi presentasi online datang dari Animaker. Tak hanya sebagai tools untuk membuat slide presentasi, ternyata software ini juga bisa menjadi pilihan membuat aplikasi presentasi video.

Karena aplikasi Animaker menyediakan dua versi layanan, ringan dan komprehensif, kamu dapat menghasilkan video dasar hingga rumit.

Edisi lite mencakup jendela pengeditan serta alat yang disederhanakan. Sementara itu, pengguna dapat bereksperimen dengan berbagai fitur, bingkai, dan animasi dalam versi lengkapnya.

Animaker juga merupakan aplikasi presentasi gratis yang memungkinkan kamu mengunduh video yang sudah selesai dengan tanda air. Jika ini bukan yang kamu inginkan, kamu dapat mengonversi ke paket berlangganan hanya dengan US$19 hingga US$39 setiap bulan.

8. Prezi

Prezi adalah aplikasi presentasi populer lainnya. Fitur penting Prezi yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk menyederhanakan presentasi non-linear.

Presentasi mungkin lebih menarik bagi audiens dengan fungsi ini karena kamu dapat menghasilkan efek pan dan zoom setiap kali kamu bertransisi antar slide tanpa memberikan ide untuk beralih ke slide baru.

Beberapa kelebihan dari Prezi seperti:

  • Ini mencakup berbagai grafik, bagan, dan tata letak untuk membantu kamu menghasilkan presentasi lebih cepat.
  • Fitur kolaborasi untuk membuat presentasi bersama tim.
  • Dari perangkat apa pun, kamu dapat melihat dan mengubah presentasi.
  • Menyimpan presentasi di cloud.

Haiku Deck

9. Haiku Deck

Aplikasi presentasi berbasis cloud ini sering dilihat sebagai alternatif mobile untuk Prezi dan Powerpoint. Haiku Deck memiliki 27 gaya desain yang berbeda dan 35 juta stok gambar.

Setiap slide Haiku Deck dapat dilihat dan diedit di iPhone atau iPad kamu. Program ini juga memudahkan untuk mengekspor presentasi Haiku Deck ke PDF, Powerpoint, dan Keynote.

Meski pilihan modifikasi pada aplikasi ini dibatasi, Carisignal menyatakan bahwa grafik yang disediakan oleh aplikasi ini cukup bagus. Kamu dapat mencicipi Haiku Deck secara gratis sebelum berlangganan seharga USD $5 per bulan.

10. Corel Presentation

Ternyata Corel tidak hanya membuuat Produk terkenal seperti Corel Draw. Tetapi juga memiliki produk Office yang dinamakan Corel Presentation. Corel Presentation merupakan aplikasi komersial seperti Microsoft Office.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang lumayan lengkap dan interface yang mudah. Corel Presentation memiliki fitur seperti koleksi foto dan gambar banyak, font beragam, dan harganya lebih murah dari MIcrosoft Office.

11. Slidedog

Pernahkah kamu berjuang untuk transisi antara slide, situs web, pemutar video, dan PDF saat berbicara di depan audiens yang besar? Orang yang mendengarkan presentasi kamu tidak perlu mengintip layar desktop kamu jika kamu perlu beralih ke jenis file baru menggunakan aplikasi presentasi ini.

Slidedog adalah aplikasi presentasi multimedia yang menggabungkan slide Powerpoint, presentasi Prezi, klip video, file PDF, dan situs web untuk membantu kamu membuat presentasi yang lebih baik.

12. Zoho Show

Ini adalah aplikasi presentasi internet standar. Adalah Zoho Show, alat presentasi online yang memungkinkan kamu membuat dan melihat presentasi dari browser atau perangkat apa pun yang tersambung ke internet.

Kamu dapat menyertakan animasi dan transisi yang menarik ke dalam materi presentasi kamu dengan Zoho Show. Aplikasi ini juga dapat mengimpor file dalam format .ppt, .pptx, .pps, .ppsx, .odp, dan .sxi.

Teknologi ini juga memungkinkan kamu bekerja dengan orang lain, dan orang lain mungkin memberikan komentar pada presentasi yang kamu buat menggunakan Zoho Show.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai macam-macam perangkat lunak program presentasi. Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan.

Presentasi adalah salah satu metode yang cukup efektif untuk menyampaikan ide atau gagasan. Kamu bisa membuat materi presentasi untuk memperjelas laporan, data, atau usulan.

Related Articles

Back to top button