Apa itu PostgreSQL? Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Teknatekno.com – Sebelum teknozen mengenal apa itu PostgreSQL, kamu harus memahami pengertian PostgreSQL, bahwa setiap sistem membutuhkan fungsi database dalam pengolahan data. Akibatnya, memilih sistem manajemen database terbaik sangat penting.

Database yang dapat membantu kamu menangani data, memiliki kemampuan yang luas, dan gratis tentunya akan sangat berguna dalam menjalankan suatu sistem. Nah, untuk lebih jelasnya lagi mengenai pengertian Postgre SQL kamu bisa simak dibawah ini.

Mengenal Apa itu PostgreSQL

Mengenal Apa itu PostgreSQL

Jadi, apa itu PostgreSQL? PostgreSQL adalah sistem manajemen basis data relasional yang open-source dan bebas untuk digunakan dan dikembangkan.

Program ini kompatibel dengan sistem operasi berbasis Linux seperti Debian, Ubuntu, Fedora dan lain-lain. PostgreSQL dapat digunakan untuk menangani data dalam tabel yang terhubung satu sama lain.

Perlu kamu ketahui bahwa PostgreSQL dibuat pada pertengahan tahun 1990-an oleh Berkeley Computer Science Department. Karena PostgreSQL adalah sistem manajemen basis data yang kuat dan dapat dipercaya, basis penggunanya telah berkembang selama lebih dari 20 tahun.

PostgreSQL digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk aplikasi online, aplikasi seluler, dan analitik. Hal ini dapat dimengerti mengingat PostgreSQL adalah sistem manajemen basis data yang dirancang untuk menangani data dalam jumlah besar.

PosgtreSQL juga memiliki banyak pengguna dari perusahaan besar seperti Instagram, Spotify, Netflix, dan lainnya.

Apa Saja Fungsi PostgreSQL

Apa Saja Fungsi PostgreSQL?

Perlu kamu ketahui selanjutnya adalah fungsi PostgreSQL. Fungsi utama PostgreSQL adalah sebagai tempat menyimpan dan mengelola dengan perintah atau query SQL:

1. Membuat dan Memanipulasi Tabel

Kamu dapat melakukannya menggunakan salah satu fungsi PostgreSQL lainnya dengan menggunakan kueri seperti Create, Alter, Drop with Data Definition Language (DDL).

2. Memanipulasi Data (Value Tabel)

Selain itu, kemampuan untuk menggunakan Bahasa Manipulasi Data (DML) dengan Insert, Update, Delete, dan kueri lainnya diperlukan.

3. Mengelola Transaksi Pada Database

Kamu dapat melakukannya dengan Data Control Language (DCL) dan query Grant, Evoke, Commit. Selain itu, Selain itu, ada banyak metode PostgreSQL tambahan yang menggunakan kueri dan memerlukan penyertaan tipe data. Saat menggunakan kueri Buat, Tambah, dan Sisipkan.

Fitur Utama PostgreSQL

PostgreSQL mendukung berbagai tipe data, termasuk primitif (seperti string, integer, numerik, dan boolean), terstruktur (seperti tanggal atau waktu, array, rentang, dan UUID), dokumen (Json, Jsonb, Xml, Key-Value (Hstore), geometri (titik, garis, lingkaran, dan poligon).

Dan personalisasi (jenis komposit dan kustom). Integritas data didukung oleh fitur-fitur seperti Unique, Not Null, kunci utama dan asing, batasan pengecualian, kunci eksplisit dan penasehat. Berikut ini beberapa fitur utama PostgreSQL:

  1. Ini dirancang untuk konkurensi dan kinerja, dengan pengindeksan dan pengindeksan yang canggih, transaksi dan transaksi bersarang, kontrol konkurensi multi-versi (MVCC), membaca paralelisasi kueri, dan membuat indeks B-tree, partisi tabel, Just-In-Time ( ekspresi JIT), dan kemampuan lainnya.
  2. PostgreSQL menyediakan fitur-fitur seperti write-ahead logging (WAL), replikasi master-slave, active standby, dan point-in-time recovery (PITR), antara lain untuk memastikan ketergantungan, redundansi data, ketersediaan tinggi, dan pemulihan bencana . Semua ini memungkinkan penyebaran cluster database multi-node yang mampu menyimpan dan mengelola sejumlah besar data (terabyte), serta sistem khusus yang mampu mengelola petabyte.
  3. PostgreSQL juga sangat dapat diperluas dalam berbagai cara. Fungsi dan prosedur yang tersimpan, bahasa prosedural seperti PL/PGSQL, Perl, Python, ekspresi jalur SQL/JSON, pembungkus data asing, dan lainnya dapat digunakan untuk menyempurnakannya. Kamu juga dapat menggunakan berbagai ekstensi yang dihasilkan oleh komunitas untuk meningkatkan kemampuan dasarnya.
  4. Postgres juga memperhatikan keamanan. Ini menyediakan banyak mode otentikasi (termasuk GSSAPI, SSPI, LDAP, SCRAM-SHA-256, Sertifikat, dan lainnya) untuk melindungi database kamu, serta sistem kontrol akses yang komprehensif, keamanan tingkat kolom dan baris, dan otentikasi multi-faktor menggunakan sertifikat dan teknik lainnya. Keamanan server database yang baik, di sisi lain, harus selalu dimulai pada tingkat jaringan dan server.

Tipe Data pada PostgreSQL

 

Tipe Data pada PostgreSQL

Agar bisa menjalankan query SQL dengan lancar, yuk ketahui tipe-tipe data yang digunakan di PostgreSQL:

  • Boolean – true, false, null.
  • Character – Char, Varchar, Text.
  • Numeric – Smallint, Int, Serial, Float, Real, Numeric.
  • Temporal – Date, Time, Timestamp, Timestamptz, Interval.
  • Array – Array String, Array Integer.
  • Json – Json, Jsonb.
  • UUID – uuid-ossp, uuid_generate_v1, uuid_generate_v4.
  • Special Data Types – box, line, point, lseg, polygon, inet, macaddr.

Namun, selain tipe data yang tercantum di atas untuk PostgreSQL, database ini juga mendukung Tipe Data Buatan Pengguna. Ini menyiratkan bahwa pengguna dapat membuat tipe data mereka sendiri sesuai keinginan mereka.

Kelebihan PostgreSQL

PostgreSQL tentunya sangat populer. Ada lebih dari 5.000 perusahaan yang menggunakan PostgreSQL. Contohnya seperti instagram, netflix, reddit, dan twitch. Hal itu tidak terlepas dari kelebihan PostgreSQL, yaitu sebagai berikut:

1. Murah dan Bersifat Open Source

PostgreSQL tidak tunduk pada batasan lisensi apa pun. Akibatnya, sistem database ini gratis dan open source. Ini berarti kamu akan memiliki akses mudah ke kode. PostgreSQL juga dapat digunakan untuk alasan perusahaan.

Sifat open source-nya juga berdampak pada harga. PostgreSQL tidak membutuhkan investasi besar. Tidak ada lisensi untuk membeli. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan biayanya!

2. Komunitas yang Mendukung

Komunitas PostgreSQL besar dan bermanfaat. Hal ini juga dipengaruhi oleh usianya yang sudah lanjut. Khusus dikembangkan selama tahun 1990-an.

Komunitas ini juga berkontribusi pada pengembangan PostgreSQL. Secara alami, dengan sukarela. Karena ini open source, siapa pun dapat berkontribusi. Tujuannya adalah agar PostgreSQL berkembang dan membuat pengembangan menjadi lebih sederhana. Kamu tidak berbeda.

3. Ekstensibilitas

Kapasitas untuk memiliki fungsi atau kemampuan ekstra disebut sebagai ekstensibilitas. Akibatnya, fungsi utama dapat diperluas menjadi fungsi tambahan. Database PostgreSQL sangat mendukungnya.

Arsitektur PostgreSQL dapat disesuaikan. Jadi, jika pengguna menginginkan lebih banyak fungsionalitas, sistem ini dapat mewujudkannya dengan menyesuaikan metode basis data.

4. Mampu Menangani Banyak Transaksi Data

PostgreSQL adalah database yang dirancang untuk sistem berskala besar dan rumit. Inilah sebabnya mengapa database PostgreSQL banyak digunakan oleh perusahaan besar dengan jutaan pengguna. Salah satu contoh aplikasi yang dapat memanfaatkan PostgreSQL adalah aplikasi berbasis GIS (Geographical Information System).

PostgreSQL juga sangat skalabel karena memungkinkan kamu mengelola beberapa transaksi data secara bersamaan.

5. Dokumentasi yang Lengkap

PostgreSQL adalah sistem manajemen database dengan lebih dari 3000 halaman dokumentasi. Kamu harus menyadari bahwa materi ini sangat luas. Tutorial berkisar dari yang sederhana hingga ahli.

Selain itu, dokumentasi PostgreSQL tidak akan menyulitkan kamu untuk membangun sistem dan database kamu. Jika kamu mengalami masalah saat menggunakannya, dokumentasi akan membantu kamu menyelesaikannya.

Kekurangan dari PostgreSQL

Kekurangan PostgreSQL

Berikut ini adalah kekurangan PostgreSQL yang perlu kamu ketahui:

1. Kinerja yang Lambat

PostgreSQL berisi beberapa fitur lanjutan. Sistem manajemen basis data ini sangat skalabel, dapat diperluas, dan terintegrasi dengan data. Saat kamu menjalankannya, terkadang kecepatannya mungkin terganggu.

Cara kerja PostgreSQL adalah Aia mencari data dengan memindai baris demi baris. Nah, hal ini kita mulai dari awal hingga baris tempat data itu. Perlu kita tahu, cara kerja ini menyebabkan kinerja lebih lambat. Ditambah lagi, PostgreSQL biasanya digunakan untuk menyimpan data yang sangat banyak.

Selain fitur dan cara kerjanya, penyebab lambatnya kinerja PostgreSQL adalah proses pencadangan, yang berjalan terus menerus dan menyebabkan kecepatannya berkurang seiring waktu.

2. Kurang Populer

Ada beberapa kelebihan yang berkontribusi pada popularitas PostgreSQL. PostgreSQL adalah database yang semakin populer dari tahun ke tahun. Meskipun demikian, kamu harus menyadari bahwa PostgreSQL masih kalah populer dibandingkan MySQL.

Ini karena basis pengguna PostgreSQL tidak sebesar MySQL, sehingga popularitasnya tidak menyaingi pendahulunya. Seperti yang kita ketahui bersama, tidak banyak perusahaan yang mendukung database tunggal ini.

Apa Saja Perbedaan PostgreSQL vs MySQL?

Nah, bagaimana dengan perbedaan Postgre vs MySQL? Aspek apa saja yang membuat Postgre unggul? Apa yang menjadi kekurangan MySQL? Simak pembahasan mengenai Postgre vs MySQL di bawah ini, ya.

1. Performa

MySQL mengungguli database lain dalam hal kinerja. Ini juga dipengaruhi oleh kinerjanya yang lebih cepat daripada PostgreSQL. Selain itu, orang tidak suka ketika perangkat lunak merespons dengan lambat.

Akibatnya, database yang cepat tidak diragukan lagi diperlukan. Proses memasukkan, memelihara, dan mengakses data dapat dipercepat menggunakan MySQL.

2. Konkurensi

Selain kecepatan, perbandingan PostgreSQL versus MySQL mencakup konkurensi. MySQL, bagaimanapun, tidak bersinar di area ini. Fungsionalitas MVCC tersedia di PostgreSQL.

Fungsi ini dikenal sebagai Kontrol Konkurensi Multi-versi. PostgreSQL memungkinkan beberapa individu untuk berinteraksi dengan dan mengakses database secara bersamaan menggunakan fungsi ini. Hasilnya, performanya meningkat.

3. Kapasitas

Ini membawa kita ke segi ketiga dari perbandingan PostgreSQL versus MySQL: kapasitas. Berapa kapasitas PostgreSQL dan MySQL? Dalam hal ini, PostgreSQL mengungguli MySQL. Alasannya adalah karena PostgreSQL ditujukan untuk mengelola database yang sangat besar.

PostgreSQL benar-benar dapat menangani 4 petabyte data. Itu setara dengan 4.000 terabyte. Bukankah itu hebat? Akibatnya, MySQL tidak mengungguli dalam hal kapasitas.

Tanya Jawab Tentang PostgreSQL

Berikut ini adalah tanya jawab seputar PostgreSQL yaitu:

1. Apakah PostgreSQL termasuk DBMS?

PostgreSQL adalah sistem manajemen basis data relasional yang canggih dengan dokumentasi sekitar 3.000 halaman. PostgreSQL memiliki beberapa fitur yang luar biasa, termasuk: PostgreSQL memiliki sistem notifikasi publish-subscribe berbasis topik yang mudah.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu PostgreSQL. Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan.

Pengertian PostgreSQL adalah sistem manajemen basis data relasional yang open-source dan bebas untuk digunakan dan dikembangkan. Program ini kompatibel dengan sistem operasi berbasis Linux seperti Debian, Ubuntu, Fedora dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button