Pengertian Microsoft SQL Server, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Teknatekno.com – Tahukah kamu apa itu MIcrosoft SQL Server? Secara umum, Micorosoft SQL Server adalah salah satu produk unggulan dari Microsoft mengenai management dari basis data alias database, dimana software ini menggunakan Transact SQL sebagai kueri utamanya.

Apa itu Microsoft SQL Server?

Microsoft SQL Server adalah perangkat lunak Relational Database Management System (RDBMS) yang populer. Seperti namanya, perangkat lunak ini dibuat oleh perusahaan raksasa Microsoft dan sangat skalabel.

Argumennya adalah bahwa SQL Server dapat digunakan di mana saja, termasuk laptop dan jaringan server cloud. Namun, frasa scalable tetap harus memperhitungkan kendala perangkat keras dan perangkat lunak.

Sejak rilis pertama pada tahun 1989, SQL Server telah menjadi pilihan pilihan pengguna database dan masih banyak digunakan sampai sekarang. Kemajuannya juga sangat menjanjikan, dimulai dengan edisi SQL Server 1.0 dan berlanjut hingga saat ini.

Perannya sekarang lebih dari sekadar RDBMS (Relational Database Management System), karena ia memiliki kemampuan intelijen bisnis bawaan dan dapat digunakan untuk analisis dan pelaporan.

Pengertian Microsoft SQL Server

Sejarah Perkembangan Microsoft SQL Server

Kode SQL Server asli dibuat pada 1980-an oleh Sybase Inc., yang sekarang dimiliki oleh SAP. Sybase Inc. awalnya merancang perangkat lunak untuk bekerja pada platform Unix dan komputer mini.

Kemudian, pada tahun 1989, Sybase Inc., Microsoft, dan Ashton-Tate Corp., tiga perusahaan database PC teratas, berkolaborasi untuk membuat versi awal Microsoft SQL Server, yang ditujukan untuk sistem operasi OS/2 dan diterbitkan.

Meskipun Ashton-Tate memilih untuk berpisah, Microsoft dan Sybase tetap menjadi mitra sampai tahun 1994, ketika Microsoft mengambil alih semua pengembangan dan pemasaran SQL Server untuk sistem operasinya sendiri.

Tahun sebelumnya, ketika hubungan Sybase memburuk, Microsoft membuat perangkat lunak dapat diakses pada Windows NT yang baru diluncurkan setelah menulis ulang sumber OS/2 16-bit untuk membangun versi 32-bit dengan fungsionalitas yang ditingkatkan.

Ini berkonsentrasi pada pemrograman Windows yang berpikiran maju. Sybase berganti nama menjadi Adaptive Server Enterprise pada tahun 1996, meninggalkan istilah SQL Server ke Microsoft.

Fungsi Microsoft SQL Server

Tentunya kehadiran SQL Server sebagai salah satu produk perusahaan besar Microsoft memegang peranan penting dalam bidang administrasi database. Perangkat lunak ini, seperti namanya, mengelola basis data menggunakan kueri atau instruksi SQL.

SQL adalah singkatan dari Structure Query. Bahasa adalah bahasa komputer yang diakui secara global yang digunakan untuk mengambil data yang terdapat dalam database.

Fungsi ini juga terkait langsung dengan aktivitas pemrograman, karena banyak pengembang dan pemrogram menggunakan Microsoft SQL Server. Meskipun tidak tersedia dalam bahasa pemrograman lain, ketersediaan SQL Server sangat berguna ketika merancang program atau aplikasi yang memerlukan server database.

Salah satu karakteristik lain yang diinginkan Microsoft SQL Server adalah kemampuannya untuk mengaktifkan pencerminan dan pengelompokan basis data.

Fungsi Microsoft SQL Server

Kelebihan MS. SQL Server

SQL Server telah dikembangkan dan diterbitkan selama lebih dari 7 generasi, dan relatif mudah digunakan, terutama pada mesin yang menjalankan sistem operasi Windows 32 dan 64 bit.

Microsoft SQL Server, seperti pemasok dan perangkat lunak DBMS lainnya, menawarkan berbagai kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Ms. SQL Server :

1. Bekerja Sangat Baik Pada Sistem Operasi Windows

Microsoft SQL Server asli memiliki keunggulan karena dapat berjalan di semua sistem operasi Windows, termasuk Windows XP, VIsta, Seven, dan 8 dalam versi yang berbeda.

Karena Microsoft SQL Server juga merupakan perangkat lunak DBMS yang diproduksi dan dikembangkan oleh Microsoft, SQL Server sangat baik dan juga ideal ketika digunakan dan diterapkan pada sistem operasi Windows.

2. Mendukung Banyak Software Database

Microsoft SQL Server juga menawarkan kelebihan tambahan, seperti fakta bahwa ia mendukung berbagai perangkat lunak database. Tentunya hal ini akan memudahkan kamu dalam menangani database sebagai seorang programmer.

Kamu dapat menggunakan perangkat lunak basis data apa pun yang kamu pilih dan terbiasa tanpa takut tidak kompatibel dengan perangkat lunak SQL Server ini.

3. Dapat Membuat Clustering Data

Microsoft SQL Server memiliki kelebihan lainnya yang signifikan karena dapat membantu dalam pembentukan pengelompokan data.

Clustering data ini merupakan salah satu metode untuk mempermudah pekerjaan administrasi database atau database. Karena data yang akan diproses menggunakan perangkat lunak QL Server dapat dipisahkan menjadi beberapa cluster, akan lebih mudah untuk digunakan.

4. Pengendalian dari Sebuah Database yang Terpusat

Pengendalian dari sebuah database atau basis data dengan menggunakan software Microsoft SQL Servers ini juga akan menjadi terpusat. Ini menyiratkan bahwa database akan dikelola secara efektif dan dikelola secara terpusat.

Sehingga tidak mungkin terjadi kesalahpahaman akibat kesalahan dalam pengolahan dan implementasi database. Kesalahan dapat dikurangi dengan menggunakan hanya satu mesin untuk pemrosesan database.

5. Mudah Untuk Digunakan oleh Client dan User

Microsoft SQL Servers juga meurpakan salah satu software DBMS yang sangat mudah digunakan oleh user. User dapat membuat pengolahan databse dengan mudah apabila dibantu dengan software ini. Fungsionalitas lengkap dengan tombol mudah dapat membuat penggunaan SQL Server menjadi lebih sederhana.

6. Memiliki Fitur Recovery dan Restore Data

Kelebihan lain dari Microsoft SQL Server adalah mereka dapat melakukan pemulihan dan pemulihan data. Jika ada data dari database atau database kamu yang rusak.

Kemudian, dengan menggunakan perangkat lunak SQL Server ini, kamu dapat melakukan prosedur pemulihan dan memulihkan data. Ini pada akhirnya dapat membantu meringankan masalah kehilangan data atau kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan manusia dalam pengelolaan data.

7. Management Password yang Baik dan Aman

Microsoft SQL Server juga cukup aman. Hal ini berdampak pada ketahanan keamanan database maupun server. Microsoft SQL Server akan membantu data dalam database kamu lebih aman dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan password yang sulit untuk dibobol.

8. Bisa Digunakan di Berbagai Kalangan

Microsoft SQL Server dapat digunakan oleh berbagai organisasi selain bisnis. Server dapat digunakan di sekolah, perguruan tinggi dan universitas, warnet, dan berbagai menggunakan Ms. SQL Servers.

Microsoft SQL Server adalah perangkat lunak manajemen database yang dapat kamu gunakan untuk membantu mengembangkan sistem toko online kamu sendiri jika kamu membuat toko online.

9. Dapat Melakukan Backup Data

Kelebihan lain dari SQL Server adalah mereka dapat membuat cadangan data. Data yang digabungkan ke dalam sistem menggunakan perangkat lunak Microsoft SQL Server dapat dicadangkan dan digunakan saat mengembangkan sistem yang sama atau sebanding di masa mendatang.

Selain itu, kemampuan pencadangan data ini memastikan bahwa jika ada masalah dengan sistem, kamu dapat memulihkannya kembali.

10. Kekuatan Microsoft di Bidang Software

Jelas bahwa mengadopsi produk Microsoft membawa kedamaian bagi orang-orang. Bagaimana tidak, jika kamu menggunakan Microsoft SQL Server, kamu telah dimanjakan dengan OS windows, bahasa pemograman net yang merupakan partner setia database ini.

Kekurangan MS. SQL Server

Kekurangan MS. SQL Server

Selain beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft SQL server, ternyata ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki oleh SQL Server. Berikut iniadalah beberapa kekurangan dari SQL Server :

1. Harga Beli Lumayan tinggi

Jika dibandingkan dengan perangkat lunak pesaing, harga jual produk perangkat lunak Microsoft tinggi dan mahal. Hal ini dapat dimengerti mengingat bahwa Microsoft SQL Server adalah salah satu perangkat lunak DBMS yang paling mumpuni.

2. Hanya Bisa Digunakan Pada Sistem Operasi yang Dibuat oleh Microsoft

Kekurangan lain dari perangkat lunak SQL Server berikut ini adalah hanya secara fungsional setara dengan sistem operasi Windows. Kamu hanya dapat menggigit jari kamu jika kamu menggunakan sistem operasi Mac, Linux, atau Ubuntu, karena Microsoft SQL Server saat ini tidak mendukung multi-OS.

3. Sulit Digunakan Pada Bahasa Pemograman Lain

SQL server terkenal dengan kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman the.net. Jika kamu menggunakan bahasa pemrograman lain, kamu harus siap menderita karena kamu tidak cocok untuk itu. Selanjutnya, DBMS ini memerlukan fungsi CPU yang cukup signifikan.

4. Tidak Cocok Untuk Skala Database Besar

Tidak sebagus kinerja Oracle, kinerja database lebih rendah dari Oracle ketika digunakan pada sistem skala besar. Jadi mungkin tidak cocok jika kamu mengoperasikan operasi skala besar.

Alasan Pentingnya Mempelajari MS. SQL Server

Alasan kenapa harus mempelajari SQL Server dan Kenapa pada website Javanet Media dibahas secara detail SQL Server? Pada tutorial sebelumnya saya sudah membuat tutorial VB 6.0 maupun VB .NET yang menggunakan database SQL Server. Kenapa kamu harus mempelajari SQL Server:

1. SQL Server Adalah Product Microsoft

jadi jika kamu menggunakan Windows, bahasa pemrogramannya adalah Visual Studio, dan server kamu menjalankan OS Windows Server, yang semuanya menggunakan barang-barang Microsoft, akan mudah untuk mengatur akun dan sangat kompatibel karena itu berasal dari perusahaan yang sama.

2. Punya Privileged Access

yang digunakan untuk mengakses database SQL Server. Akibatnya, jika kamu menggunakan domain di server, SQL Server cukup membantu. Dengan satu login, kamu dapat mengakses berbagai produk Microsoft.

3. Banyak Digunakan Perusahaan Besar

Bekerja di perusahaan besar merupakan impian bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah. Jadi, jika perusahaan besar hanya menggunakan SQL Server, jika kamu dapat menjalankan SQL Server, pintu ke perusahaan besar akan terbuka.

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar Microsoft SQL Server.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan Menggunakan SQL Server?

SQL Server dapat secara otomatis menyetel dirinya sendiri. Mengurangi biaya pemeliharaan basis data sambil meningkatkan waktu kerja bisnis. Meningkatkan keamanan dan perlindungan data saat digunakan. Menggunakan sumber daya canggih untuk melacak kepatuhan.

BACA JUGA:

Microsoft Office Excel: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya
Pengertian Microsoft Onenote, Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan
Pengertian Microsoft Outlook, Fungsi dan Cara Menggunakan
Pengertian Microsoft Word, Fungsi dan Sejarahnya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian Microsoft SQL Server. Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa Microsoft SQL Server adalah perangkat lunak Relational Database Management System (RDBMS) yang populer.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button