Apa itu Password Manager dan Kenapa Kamu Harus Menggunakannya?

Teknatekno.com – Pernahkah kamu mendengar apa itu password manager? Sebagian dari kamu mungkin sudah ada yang memakainya, namun tidak tahu kalau ternyata itu adalah password manager. Buat Teknozen yang memiliki banyak akun sosial media, pasti sangat membutuhkan berbagai macam password.

Demi keamanan, kita memang sering disarankan untuk menggunakan password yang rumit dan berbeda-beda antara satu akun dan akun yang lainnya. Namun sayangnya, kebanyakan dari kita pasti akan kesulitan untuk mengingatnya.

Nah, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan password manager. Berikut ini Teknatekno akan menjelasakan tentang apa itu password manager, mulai dari pengertiannya, manfaatnya, serta alasan mengapa kamu harus menggunakan password manager. Simak artikel dibawah ini.

Mengenal Apa itu Password Manager

Mengenal Apa itu Password Manager

Password manager adalah tool yang berguna untuk menyimpan semua password akun pengguna. Mulai dari password email, media sosial, aplikasi ecommerce, mbanking, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan password manager, kita tidak lagi terjebak masalah dengan takut lupa password saat membuat kata sandi yang berbeda-beda untuk setiap akun.

Kombinasi password yang rumit memang disarankan untuk meningkatkan keamanan akun kita. Password yang rumit akan membuat orang semakin sulit menebak password kita.

Kita bisa menggunakan analogi cara kerja password manager ini sebagai sebuah brankas. Semua password kita akan berada dalam satu tempat yang aman dan dikunci dengan protokol canggih dengan nama Advanced Encryption Standard (AES) 256 bit.

Kita hanya perlu mengingat-ingat satu “kunci” saja untuk membuat brankas tersebut. Kunci ini bisa kita sebut sebagai master password yang pertama kali kita atur saat menggunakan password manager.

Jadi daripada harus mengingat semua password yang sulit dan berbeda-beda untuk sebuah akun, disini kita hanya perlu menggunakan satu master password kita saja. Menarik bukan?

Apa Saja Manfaat Password Manager

Apa Saja Manfaat Password Manager?

Sebagai aplikasi pengelola password, banyak tool manajer password yang menawarkan fitur lebih dari sekedar menyimpan password. Berikut adalah beberapa manfaat dari password manager:

1. Menyimpan Data Penting Lainnya

Aplikasi pengelola password ini bukan hanya untuk menyimpan password saja, namun juga informasi penting lainnya. Mulai dari informasi data diri (tanggal lahir, kota, gender, dsb), jawaban pertanyaan pemulihan akun, nomor kartu kredit, hingga resep obat sekalipun.

Semua informasi penting kita akan aman dengan perlindungan enkripsi AES 256 bit. Selain itu, data kita juga tidak akan tercecer dan dikelola dalam satu tempat.

2. Menciptakan Password yang Sangat Aman

Aplikasi password manager yang berkualitas mempunyai fitur auto generated password. Dengan fitur ini, kita bisa membuat password baru secara acak.

Password acak ini tentunya mempunyai kerumitan tinggi sesuai rekomendasi keamanan. Bukan hanya kombinasi angka saja, tapi juga huruf besar dan kecil, serta karakter spesial. Kita pun bisa dengan mudah menciptakan password yang sangat aman dan sulit dibobol.

3. Terhubung dengan Berbagai Perangkat

Kelebihan selanjutnya dari password manager adalah memungkinkan perisai keamanan kita terhubung ke berbagai perangkat dalam satu akun. Kita bisa memasangnya pada browser di komputer dan berbagai perangkat lain yang sama-sama siap digunakan.

Artinya, kita bisa login dengan aman dan cepat menggunakan perangkat apapun. Karena, brankas keamanan kita sudah terhubung ke berbagai perangkat dalam satu akun password manajer yang sama.

4. Perlindungan dari Serangan Phising

Phishing adalah salah satu metode cyber crime yang populer dan bisa menyerang siapa saja. Saat menjadi calon korban kejahatan siber ini, pelaku akan mengarahkan kita masuk ke website palsu yang mempunyai tampilan mirip dan meminta kita untuk login.

Saat berada di website palsu ini, password manager tidak akan bisa melakukan autofill karena mereka tidak mengenali identitas website tersebut. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengenali website palsu dan terhindar dari kejahatan phising.

Alasan Pentingnya Menggunakan Password Manager

Alasan Pentingnya Menggunakan Password Manager

Berikut ini alasan kenapa kamu membutuhkan bantuan password manager:

1. Tidak Perlu Mengingat Semua Password

Coba hitung berapa banyak kata sandi yang kamu gunakan setiap hari. Untuk mengakses email, jejaring sosial, Spotify, marketplace, dan banyak lagi layanan lainnya. Jika hanya satu atau dua akun, kamu mungkin bisa.

Namun, jika melebihi empat atau lima akun, pasti hampir tertukar, bukan? Kamu tidak perlu mengingat apa pun jika menggunakan password manager. Cukup masukkan saja ke dalam aplikasi tersebut.

2. Hanya Perlu Mengingat Satu Password

Menggunakan password manager bisa membantu kamu mengingat berbagai hal dengan lebih mudah. Kamu hanya perlu mengingat satu kata sandi untuk mengakses aplikasi. Kamu tidak selalu perlu memasukkan kata sandi. Cukup gunakan opsi sidik jari untuk meluncurkan aplikasi dengan sentuhan jari.

3. Bisa Mengisikan Kata Sandi Secara Otomatis

Keuntungan lain menggunakan password manager adalah bisa menghemat waktu kamu. Kamu tidak lagi harus memasukkan kata sandi setiap kali mengunjungi situs web atau menggunakan aplikasi seluler. Password manager bisa secara otomatis mengisinya untuk kamu.

Bagaimana caranya? Aplikasi bisa mengidentifikasi ketika halaman login dikunjungi. Kemudian kamu akan diberikan pilihan untuk memasukkan kata sandi secara manual atau membiarkan aplikasi melakukannya untuk kamu.

4. Bisa Mengecek dan Mengubah Password yang Tersimpan

Jika saat ini kamu menggunakan password manager, kamu pasti akan ketagihan dengan fitur masuk otomatisnya. Tetapi bagaimana jika kamu membutuhkan kata sandi kamu?

Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk menemukan kata sandi akun yang kamu butuhkan. Kemudian, untuk menampilkan kata sandi yang disembunyikan, klik simbol mata.

5. Bisa Diakses dari Berbagai Perangkat

Kamu harus membuka akun di komputer, tapi kamu tidak membawa HP? Kamu tidak perlu khawatir. Karena, mayoritas password manager bisa diinstal pada berbagai perangkat. Dimulai dengan ponsel dan beralih ke tablet dan PC. LastPass, misalnya, bisa diakses di Windows, Linux, iOS, Mac, dan Android.

Akun bisa disinkronkan di semua perangkat kamu. Kamu hanya perlu masuk ke akun kamu yang ada, dan aplikasi akan mengambil data yang disimpan.

6. Aman Untuk Digunakan

Tentu kamu bertanya-tanya apakah aplikasi ini aman atau tidak. Untuk memulai, password manager memiliki kata sandi utama atau kata sandi utama agar bisa diakses. Ini mengamankan penyimpanan sehingga hanya kamu yang memiliki akses ke data.

Password manager yang tepercaya juga memberi penggunanya akses ke materi terenkripsi. Ini berarti bahwa hanya kamu yang memiliki akses ke informasi kamu. Tidak ada orang lain, bahkan pengembang, yang bisa melihatnya.

Apa Saja Rekomendasi Password Manager yang Terbaik?

Ada beberapa aplikasi password manager yang tersedia di App Store dan Google Play. LastPass, Bitwarden, iCloud Keychain, Google Smart Lock, dan One Key adalah beberapa contohnya.

Mereka menyediakan layanan gratis untuk menyimpan kata sandi. Jika kamu menginginkan lebih banyak fitur, kamu harus membayar biaya berlangganan tiap bulannya.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu password manager serta manfaat dan pentingnya menggunakan password manager untuk membantu kamu dalam mengingat berbagai password sosial media yang kamu punya.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa password manager adalah tools yang digunakan untuk menyimpan semua password akun pengguna. Mulai dari password email, media sosial, aplikasi ecommerce, mbanking, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button