Pengertian Review Jurnal Menurut Para Ahli

Teknatekno.com – Bagaimana cara mereview jurnal yang benar? Simak pengertian review jurnal, format, cara membuat, serta contoh review jurnal. Cara mereview jurnal penting untuk diperhatikan, terutama bagi akademisi seperti mahasiswa dan dosen.

Hal ini karena para mahasiswa sering diberikan tugas oleh dosen untuk membuat review jurnal. Oleh karena itu para akademisi, baik dosen maupun mahasiswa, harus memahami apa itu review jurnal dan bagaimana cara mereview jurnal yang baik dan akurat. Nah, untuk itu kamu bisa simak artikel dibawah ini.

Memahami Pengertian Review Jurnal

Apa itu Review Jurnal?

Pengertian review jurnal adalah tinjau artikel majalah yang meringkas artikel sebagai yang lain. Tujuan dari tugas review artikel adalah untuk memperkenalkan siswa pada karya profesional terkenal dalam topik tertentu.

Setiap komponen harus diperiksa secara teratur oleh profesional. Untuk meringkas sebuah artikel dengan benar, kamu harus memahami baik substansi maupun poin utama dari karya tersebut.

Menulis artikel dalam jurnal untuk menganalisis atau mendiskusikan penelitian yang sebelumnya diterbitkan oleh orang lain agar tidak melaporkan hasil eksperimen baru-baru ini. Pendapat para ahli itu berharga, penilaian ahli sastra mungkin lebih bermanfaat.

Literatur atau tinjauan artikel, dan khususnya tinjauan sistematis, dapat dimasukkan dalam tinjauan artikel. Keduanya adalah bentuk sastra sekunder. Tinjauan pustaka merangkum apa yang penulis anggap sebagai karya terbaik dan paling relevan sebelumnya.

Sebuah studi literatur yang ketat menghasilkan seperangkat kriteria objektif, dan semua karya eksperimental yang diterbitkan sebelumnya yang memenuhi kriteria ini diidentifikasi. Kemudian bandingkan temuan dari artikel ini.

Review Jurnal dapat didefinisikan sebagai teks yang dibuat untuk memberikan review jurnal untuk memahami kekuatan, kelemahan, dan kualitas jurnal. Secara umum, review jurnal bertujuan untuk memberikan beberapa informasi, gambar, dan gagasan tentang jurnal yang telah kamu buat.

Literatur atau tinjauan pustaka, dan khususnya tinjauan sistematis, dapat dimasukkan dalam tinjauan artikel. Keduanya adalah bentuk sastra sekunder. Tinjauan pustaka merangkum apa yang penulis anggap sebagai karya terbaik dan paling relevan sebelumnya.

Tinjauan sistematis literatur menciptakan daftar kriteria obyektif dan menemukan semua karya eksperimental yang diterbitkan sebelumnya yang memenuhi kriteria ini. Kemudian bandingkan hasil yang disajikan dalam artikel ini.

Review Jurnal dapat didefinisikan sebagai teks yang dibuat untuk memberikan review jurnal untuk memahami kekuatan, kelemahan, dan kualitas jurnal. Review jurnal pada umumnya bertujuan untuk memberikan informasi, gambaran, dan pemikiran mengenai jurnal yang telah kamu kembangkan.

Pengertian Review Jurnal Menurut Para Ahli

Adapun pengertian reviw jurnal menurut para ahli yang perlu kamu ketahui:

1. The Australian International University

Pengertian review jurnal adalah tulisan yang disiapkan untuk pembaca (contohnya: supervisor dan dosen) yang berpengetahuan luas dalam disiplin dan tertarik tidak hanya dalam cakupan dan isi artikel yang sedang ditinjau, tetapi juga dalam penilaian kritis kamu terhadap ide-ide dan argumen yang diajukan oleh penulis.

Akibatnya, review atau ulasan artikel jurnal kamu mungkin dipandu oleh pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:

  • Tujuan: Apa tujuan dari artikel ini?
  • Teori: Apakah ada kerangka teori eksplisit? Jika tidak, apakah asumsi teoretis yang harus dibuat?
  • Konsep: Apa ide sentralnya? Apakah konsep itu didefinisikan dengan jelas?
  • Argumen: Apa argumen utamanya? Apakah ada hipotesis tertentu?
  • Metode: Metode apa yang digunakan untuk menguji hipotesis tersebut?
  • Bukti: Apakah ada bukti yang diberikan? Seberapa kuat bukti itu?
  • Nilai: Apakah posisi nilai jelas atau tersirat?
  • Sastra: Bagaimana karya ini cocok dengan literatur yang lebih luas?
  • Kontribusi: Sejauh mana penelitian memajukan pengetahuan kita tentang subjek?
  • Gaya: Seberapa jelas bahasa atau gaya atau ekspresi penulis?
  • Kesimpulan: Penilaian keseluruhan secara singkat

2. Writing Bee

Pengertian review jurnal adalah ringkasan tekstual penelitian ilmiah tentang tema tertentu. Akibatnya, temuan penelitian dapat dilihat sebagai ringkasan atau ulasan dari karya orang lain. Review artikel dibuat untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang subjek tertentu.

Review dapat membantu orang memahami isu-isu tertentu tanpa harus membaca buku lengkap atau makalah publik.

Pengertian review jurnal didasarkan pada artikel yang diterbitkan sebelumnya. Mayoritas ulasan adalah ringkasan artikel penelitian. Ulasan yang paling sering dalam publikasi ilmiah digunakan untuk membantu individu meningkatkan keahlian penelitian mereka.

Riview adalah penilaian logis dari topik utama dokumen asli, argumen pendukung, dan konsekuensinya. Review artikel tidak termasuk penelitian baru karena merupakan ringkasan dari materi asli, tetapi sebagai penulis ulasan, kamu harus menemukan metode untuk menjawab penelitian penulis dalam teks yang kamu evaluasi.

Struktur Review Jurnal

Struktur Review Jurnal

Kamu harus memperhatikan struktur review jurnal yang baik saat menulisnya. Sebuah review jurnal harus memiliki struktur sebagai berikut yang perlu kamu ketahui:

  1. Judul artikel.
  2. Nama penulis.
  3. Nama Jurnal.
  4. Tahun dan Halaman.
  5. Tujuan Penelitian.
  6. Hipotesis Penelitian.
  7. Kerangka Penelitian.
  8. Kerangka Pemikiran.
  9. Populasi dan Sampel.
  10. Metode Pengambilan sampel.
  11. Metode Penelitian.
  12. Hasil dan Pembahasan.
  13. Keunggulan.
  14. Kekurangan.
  15. Kesimpulan.

Tujuan Review Jurnal

Adapun tujuan yang di dapatkan dari adanya review jurnal yang perlu kamu ketahui:

1. Mampu Menangkap Esensi Isi

Publikasi akademik yang berspesialisasi dalam artikel ulasan dikenal sebagai review jurnal bertujuan sebagai tugas untuk memperkenalkan siswa dengan karya-karya profesional terkenal dalam topik tertentu.

Spesialis ini juga harus sering membaca artikel. Untuk mendeskripsikan artikel secara efektif, pertama-tama orang harus memahami substansi karya, argumennya, dan poin-poin penting.

2. Menjadi Pembanding

Tinjauan sistematis adanya review jurnal mampu menentukan daftar kriteria objektif dan menemukan semua isi secara eksperimental yang diterbitkan sebelumnya yang memenuhi kriteria, kemudian pada akhirnya membandingkan hasil yang disajikan dalam jurnal yang ada.

Manfaat Review Jurnal

Kegunaan yang menjadi manfaat adanya mereview jurnal. Antara lain;

1. Menjadi Literatur Sekunder

Review atau ulasan artikel bisa dalam bentuk tinjauan pustaka maupun literatur, lebih khusus lagi tinjauan secara sistematis bermanfaat sebagai literatur sekunder. Sehingga tinjauan pustaka literatur memberikan ringkasan tentang apa yang menurut penulis merupakan publikasi terbaik dan paling relevan sebelumnya.

Cara Melakukan Review Journal

Cara Melakukan Review Journal

Untuk memulai kegiatan review jurnal, bacalah secara sekilas artikel yang akan diulas. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui organisasi sebuah artikel.

Baca beberapa kali lalu buatlah semacam catatan atau komentar sepanjang proses pembacaan. Lebih lanjut, ada beberapa langkah yang dapat diterapkan dalam mereview sebua artikel jurnal, yaitu:

1. Periksa Tujuan dan Ruang Lingkup Jurnal yang Akan Diulas

Sebelum mengulas sebuah jurnal, pertama-tama kamu harus memilih terlebih dahulu jurnal yang akan diulas. Saat memilih jurnal, penting untuk terlebih dahulu memahami tujuan dan ruang lingkup jurnal yang akan dipilih agar sesuai dengan subjek studi kamu.

2. Pilih Jurnal yang Relevan

Dalam mengulas jurnal, nantinya kamu akan membutuhkan jurnal yang menjadi sumber rujukan. Jurnal yang kamu pilih tentunya harus relevan dengan subjek penelitian yang akan kamu lakukan.

3. Periksa Keaslian Jurnal

Keaslian jurnal menjadi hal yang sangat penting karena berkaitan dengan kredibilitas ulasan yang akan kamu buat. Oleh karena itu, sebelum meneliti sebuah jurnal, sebaiknya pastikan dulu validitas atau orisinalitasnya.

4. Perhatikan Bagian Diskusi dan Kesimpulan pada Jurnal

Memperhatikan bagian pembahasan dan kesimpulan dari review jurnal adalah cara sederhana untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang jurnal.

Cara atau Langkah Menulis Review Journal

Cara atau Langkah Menulis Review Journal

Bagi yang belum pernah menulis resensi karya ilmiah seperti jurnal tentu akan bingung bagaimana cara menulisnya. Namun jangan khawatir, berikut ini cara menulis review jurnal yang perlu kamu ketahui:

1. Menentukan Halaman yang Direview

Jurnal adalah publikasi yang terdiri dari kumpulan artikel ilmiah yang diterbitkan secara berkala. Akibatnya, publikasi terdiri dari beberapa artikel ilmiah yang diterbitkan secara konsisten, bukan hanya satu. Saat melakukan review jurnal, biasanya kamu hanya memilih satu karya ilmiah.

Akibatnya, langkah pertama dalam menghasilkan review jurnal adalah memilih halaman mana yang akan diperiksa. Dianjurkan, terutama untuk pemula, untuk memulai dengan beberapa halaman. Setelah ini ditetapkan, kamu dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

2. Membaca Artikel Jurnal yang Akan Direview

Kami tidak akan dapat menulis ulasan jika kami tidak tahu apa yang termasuk di dalamnya, seperti yang dikatakan sebelumnya.

Alhasil, sebelum kamu mulai, sebaiknya kamu membaca artikel jurnal selengkapnya yang akan dibahas. Temukan dan catat hal-hal yang relevan. Jika kamu tidak ingin membuat catatan, cukup sorot baris yang relevan di artikel jurnal.

3. Menulis Judul Artikel yang Direview

Kamu harus menyusun judul artikel yang sesuai setelah memilih bagian mana yang akan dievaluasi. Sertakan judul karya, yang akan dievaluasi apa adanya tanpa perubahan.

4. Menulis Identitas Jurnal

Kamu tidak hanya harus mencantumkan judul artikel yang dipilih, tetapi juga nama publikasi yang dievaluasi. Biasanya ini termasuk nama penulis artikel jurnal, nama jurnal, nomor volume, nomor issue, nomor halaman, tahun penerbitan, dan sebagainya.

5. Menulis Isi Jurnal Sebagai Pembuka

Sebagai pembuka, tuliskan ringkasan isi jurnal yang direview. Isi jurnal tersebut meliputi latar belakang, tujuan penelitian, tinjauan pustaka, metode penelitian, hingga hasil penelitian. Isi jurnal tidak perlu ditulis panjang lebar. Cukup menulis secara ringkas 1-3 paragraf, tetapi dapat menjelaskan detail dari isi jurnal.

6. Menulis Gagasan Mengenai Artikel Jurnal yang Direview

Setelah menulis ringkasan isi jurnal, tuliskan gagasan atau opini pribadi tentang jurnal yang dibaca. Kamu bisa menuliskan pemahamanmu mengenai artikel jurnal, saran atau rekomendasi terkait, keterbatasan penelitian, dan yang lainnya.

Kemudian, jangan lupa untuk menuliskan kelebihan dan kekurangan jurnal tersebut. Jelaskan secara sederhana dan jelas, tetapi perlu diingat bahwa itu harus dipertanggung jawabkan.

7. Periksa Kembali Hasil Review

Setelah selesai menulis review, kamu perlu memeriksa ulang hasilnya. Baca kembali hasil review dari awal hingga akhir dan periksa apakah ada kesalahan penulisan di dalamnya.

Segera perbaiki jika terdapat kesalahan penulisan, seperti kesalahan ejaan, tanda baca, dan tata bahasa. Membaca ulang hasil review juga memberi perspektif baru tentang pandangan baru terhadap tulisan kamu

Jika kamu tidak yakin tentang tulisan kamu, kamu mungkin meminta teman kamu Proofreading untuk kamu. Proofreading sangat penting untuk memastikan bahwa pekerjaan kamu mudah dipahami oleh orang lain.

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar review jurnal.

Apakah Analisis Jurnal Sama Dengan Review Jurnal?

Analisis adalah proses mempelajari atau mengevaluasi apa pun secara teratur untuk memahami lebih lanjut tentang hal itu, atau studi khusus tentang sesuatu, sedangkan review jurnal adalah pemeriksaan, laporan, survei, atau penilaian.

Apa Perbedaan Resume dan Review?

Resume mirip dengan meringkas. Seorang pengulas memeriksa isi buku dari sampul ke sampul untuk memberikan rekomendasi atau kritik. Tidak sama dengan resensi. Tujuan mengulas bacaan atau tulisan adalah untuk menggabungkan dua strategi sebelumnya.

Apa Perbedaan Antara Ulasan Dan Review?

Ulasan: catatan tertulis tentang pengalaman perjalanan. Pengertian review adalah rekomendasi yang diberikan kepada penyedia layanan profesional.

 Bagaimana Cara Mereview Jurnal Internasional?

  1. Memilih jurnal yang relevan.
  2. Meneliti orisinalitas jurnal.
  3. Meneliti abstrak.
  4. Membaca jurnal secara lengkap.
  5. Membuat identitas jurnal.
  6. Membuat sinopsis jurnal.
  7. Menulis opini tentang jurnal yang direview.
  8. Menulis kesimpulan review.

BACA JUGA:

Pengertian IPTEK Menurut Para Ahli, Manfaat dan Dampaknya
Pengertian Kas Kecil Menurut Para Ahli
Pengertian Ekonomi Kreatif, Ciri-Ciri, Jenis dan Manfaatnya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian review jurnal hingga langkah atau cara menulis review jurnal. Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian review jurnal adalah tinjau artikel majalah yang meringkas artikel sebagai yang lain.

Tujuan dari tugas review artikel adalah untuk memperkenalkan siswa pada karya profesional terkenal dalam topik tertentu. Menulis artikel dalam jurnal untuk menganalisis atau mendiskusikan penelitian yang sebelumnya diterbitkan oleh orang lain agar tidak melaporkan hasil eksperimen baru-baru ini.

Related Articles

Back to top button