Apa itu RUPS? Pengertian, Jenis, Tujuan dan Mekanisme

Teknatekno.com – Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah apa itu RUPS. RUPS merupakan singkatan dari Rapat Umum Pemegang Saham.

Yaitu salah satu pertemuan paling penting dalam sebuah perusahaan, menghasilkan keputusan-keputusan penting. Sesuai dengan namanya, maka rapat ini sendiri akan dihadiri oleh para pemegang saham.

Berikut ini akan Teknatekno jelaskan mengenai apa itu RUPS, mulai dari pengertiannya, tujuannya, jenis-jenisnya, serta manfaat dan mekanisme pelaksanaan RUPS. Yuk simak dibawah ini.

Mengenal Apa itu RUPS

Mengenal Apa itu RUPS

Jadi, apa itu RUPS? Secara singkat, RUPS merupakan singkatan dari Rapat Umum Pemegang Saham, yaitu tempat para pemegang saham menyampaikan pandangannya terhadap kebijakan atau kegiatan yang akan diambil perusahaan di masa depan.

Ini adalah komponen perseroan terbatas yang memiliki wewenang atas segala sesuatu yang tidak dikendalikan oleh dewan komisaris atau direksi.

Menurut Undang-Undang No. 40 Tahun 2007, rapat umum pemegang saham memiliki fungsi yang penting bagi pemegang saham, terutama ketika pemegang saham memutuskan kebijakan perusahaan.

Apa Tujuan Diadakan RUPS?

RUPS adalah agenda rutin dan pelaksanaannya tentu memiliki tujuan. Secara umum, tujuan dari agenda tahunan ini adalah untuk memberikan pemegang saham laporan kinerja perusahaan dari direksi dan komisaris. Selain itu, ada berbagai tujuan lain penyelenggaraan RUPS:

1. Laporan Kegiatan Perseroan

Laporan ini akan mencakup semua operasi yang dilakukan oleh perusahaan pada tahun sebelumnya. Nantinya, para pemegang saham akan bisa melihat bagaimana kinerja perusahaan mereka selama jangka waktu tersebut. Mereka juga dapat menentukan apakah situasi perusahaan masih sehat berdasarkan data ini.

2. Laporan Keuangan

Tujuan lain dari RUPS adalah penyampaian laporan keuangan. Ini mungkin dianggap sebagai tujuan utama dari pelaksanaan rencana tahunan ini. Pemegang saham akan dapat menentukan apakah perusahaan untung atau rugi berdasarkan laporan ini.

Selanjutnya, pemegang saham akan membandingkan laporan keuangan tahun ini dengan tahun sebelumnya untuk mengetahui apakah ada perkembangan dari perusahaan. Laporan keuangan ini juga akan berisi laporan perubahan modal, laporan arus kas, neraca akhir tahun, dan catatan keuangan lain yang relevan.

3. Penentuan Dewan Direksi dan Komisaris serta Gajinya

RUPS juga bertujuan untuk mengangkat atau memberhentikan anggota direksi atau komisaris. Dalam situasi ini, penunjukan juga harus dilakukan dan diketahui semua investor. Hal ini dilakukan untuk menjamin bahwa pemegang saham tersebut memahami siapa yang mengendalikan perusahaan.

Selain pemilihan direksi dan komisaris, agenda ini mencoba menetapkan berapa gaji komisaris dan direksi. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan keterbukaan dan kejelasan tentang gaji yang akan mereka dapatkan.

4. Merinci Masalah yang Terjadi

Selain itu, RUPS bertujuan untuk memberikan informasi jika perusahaan dalam bahaya. Nantinya, pemegang saham ini akan memberikan solusi atas masalah tersebut. Kekhususan masalah ini juga terkait dengan keterbukaan dan transparansi perusahaan.

Apa Saja Jenis RUPS

Apa Saja Jenis RUPS?

Pada prakteknya, agenda ini dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah rapat umum pemegang saham tahunan, dan yang kedua adalah rapat umum pemegang saham luar biasa. Berikut penjelasannya:

1. RUPS Tahunan

Rapat umum pemegang saham tahunan, sesuai dengan namanya, merupakan agenda yang diselenggarakan minimal setahun sekali. Ini adalah rencana normal tahunan yang diikuti perusahaan. Rapat umum pemegang saham tahunan ini sering membahas peristiwa-peristiwa dari tahun sebelumnya.

Setiap anggota direksi dan komisaris akan memberikan laporan kepada pemegang saham pada rapat tahunan ini. Laporan ini umumnya mengenai kinerja tahunan perusahaan. Informasi yang diberikan terutama mengenai keuangan, profitabilitas, perkembangan perusahaan, permodalan, dan data lainnya.

Biasanya, hasil rapat tahunan ini adalah pemegang saham memberikan saran tentang apa yang harus dilakukan perusahaan di tahun depan. RUPS akan menjadi wadah untuk memberikan dan melakukan penilaian.

Alhasil, rekomendasi yang dihasilkan pada rapat umum tahun ini akan digunakan sebagai bahan penilaian pada rapat umum pemegang saham tahunan berikutnya.

2. RUPS Luar Biasa

Selain rapat umum pemegang saham tahunan, ada juga RUPS luar biasa. Ini adalah rapat umum pemegang saham yang diadakan di luar agenda tahunan, sesuai dengan namanya.

Agenda ini bisa terjadi kapan saja. Biasanya RUPS luar biasa diadakan ketika agenda rutin tahunan mencakup terlalu banyak topik. Akibatnya, diperlukan agenda lain.

Namun, RUPS luar biasa ini sering dilakukan ketika ada situasi besar yang menuntut keputusan cepat. Tentu saja, pemegang saham memiliki kemampuan untuk membuat penilaian dalam kasus ini. Beberapa alasan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ada rencana untuk menggabungkan, menggabungkan, mengambil alih, atau membagi perusahaan.
  • Mengangkat atau memberhentikan anggota direksi dan dewan komisaris.
  • Menanggapi permohonan perusahaan ke pengadilan niaga untuk mengajukan permohonan pailit.
  • Ada rencana perusahaan akan dibubarkan.

Beberapa hal yang tercantum di atas adalah contoh dari hal yang bisa membuat RUPS luar biasa terlaksana. Dalam situasi ini, pemenuhan agenda luar biasa ini akan sangat mempengaruhi pilihan perusahaan. RUPS luar biasa ini dapat diadakan sewaktu-waktu karena alasan yang mendesak.

Apa Manfaat Dari RUPS?

Kegiatan tahunan ini juga memiliki beberapa keuntungan. Kegiatan ini sangat penting tidak hanya untuk menyampaikan laporan, tetapi juga untuk menentukan arah perusahaan. RUPS memiliki berbagai manfaat, seperti berikut ini:

1. Memahami Kondisi Perusahaan

Harus ada laporan atas segala sesuatu yang telah dilakukan perusahaan pada tahun sebelumnya. Laporan ini akan disampaikan kepada RUPS nanti. Dan, melalui laporan ini, para pemegang saham dapat mengkaji dan memahami kondisi perusahaan saat ini.

2. Transparansi Masalah Keuangan

Manfaat lain dari RUPS adalah membuat masalah keuangan lebih transparan. Setelah kegiatan tahunan ini, semua pengeluaran dan pendapatan akan dicatat.

3. Menentukan Arah Perusahaan

Manfaat lain dari RUPS adalah juga menentukan arah perusahaan. Salah satu caranya adalah dengan menentukan siapa yang akan menjabat sebagai dewan direksi dan komisaris. Nantinya, pemegang saham inilah yang akan memutuskan siapa yang memenuhi syarat untuk menduduki jabatan tersebut.

4. Menyelesaikan Masalah Perusahaan

Jika ada masalah di perusahaan, pemegang saham ini dapat membantu menyelesaikannya. Dan dengan demikian RUPS merupakan salah satu cara untuk menyampaikan solusi tersebut.

Bagaimana Mekanisme Pelaksanaan RUPS

Bagaimana Mekanisme Pelaksanaan RUPS?

Ada berbagai hal yang harus dilakukan dan direncanakan untuk menjalankan program tahunan ini. Cara-cara tersebut akan dikaitkan dengan mekanisme RUPS. Berikut ini beberapa prosedur yang harus dilakukan:

1. Melakukan Pelaporan ke Pengadilan Negeri

Langkah pertama bagi penyelenggara adalah menyampaikan laporan kepada PN setempat. PN akan mengeluarkan putusan pengadilan nanti. Keputusan ini akan menjadi dasar penyelenggaraan RUPS.

2. Memanggil Pemegang Saham

Mengikuti keputusan pengadilan, penyelenggara harus memanggil dan mengumpulkan semua pemegang saham. RUPS hanya dapat diselenggarakan jika kuorum pemegang saham hadir. Jika jumlah pemegang saham yang hadir tidak sama dengan kuorum, maka putusan pengadilan pun akan hangus.

3. Melakukan Pelaporan Ulang

Jika pada pemanggilan pertama tidak memenuhi kuorum pemegang saham, putusan pengadilan batal demi hukum. Jika hal ini terjadi, penyelenggara harus melapor kembali ke PN setempat. Prosedur akan diulang dari awal. Hal ini akan dilakukan sampai waktu yang tidak ditentukan sampai dengan RUPS dilangsungkan.

Jika prosedur pengajuan kedua tidak dapat diselesaikan, maka pada tahap ketiga penyelenggara harus menyerahkan laporan ke Pengadilan Tinggi daripada dan bukan lagi ke Pengadilan Negeri.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. Setelah mengetahui pengertian dari RUPS, jenis-jenisnya, tujuan dan manfaat diadakannya RUPS, serta mekanisme pelaksanaannya, semoga bisa menambah pengetahuan kamu tentang RUPS ya.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa Rapa Umum Pemegang Saham (RUPS) adalah tempat para pemegang saham menyampaikan pandangannya terhadap kebijakan atau kegiatan yang akan diambil perusahaan di masa depan.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button