Manfaat Internet Untuk Kehidupan Sehari-Hari

Teknatekno.com – Internet adalah salah satu karya buatan manusia yang paling signifikan dalam kemajuan informasi dan teknologi. Banyak manfaat internet untuk mendukung aktivitas sehari-hari manusia.

Seseorang bisa melakukan berbagai kegiatan berkat ketersediaan layanan di internet. Mulai dari pertukaran informasi, komunikasi, belajar hal baru, mencari kesenangan, berbelanja, menjalankan bisnis, mengadakan pertemuan, menjadi terkenal, dan banyak kegiatan lainnya.

Dan kita bisa melihat hasilnya: semuanya sekarang bisa dilakukan dengan cepat dan efektif. Bahkan saat ini, internet bisa mendongkrak keuntungan suatu area bisnis dalam hal pengelolaan dan penjualan, baik itu bisnis UMKM maupun korporasi.

Hal ini bisa dicapai dengan beriklan di situs dan aplikasi media sosial dengan beragam fitur berdasarkan permintaan konsumen sasaran. Buat Teknozen yang ingin mengetahui lebih jauh tentang manfaat internet untuk kehidupan sehari-hari, yuk simak artikel berikut ini.

Manfaat Internet Untuk Aktivitas sehari-hari

Manfaat Internet Untuk Aktivitas sehari-hari

Sederhananya, internet merupakan media yang menghubungkan banyak orang di wilayah geografis yang sama. Bila dimanfaatkan dengan tepat, internet bisa menjadi batu loncatan yang memungkinkan kamu untuk berbisnis atau belajar dari orang lain tanpa hambatan atau batasan.

Berikut ini manfaat internet untuk kehidupan sehari-hari:

1. Mempelajari Hal Baru

Karena manusia adalah makhluk yang haus akan ilmu pengetahuan, maka internet didirikan untuk menjawab tuntutan informasi yang kita butuhkan dalam rangka mewujudkan potensi kita. Bahkan, kamu mungkin berpendapat bahwa internet adalah cara termudah dan termurah untuk mempelajari sesuatu yang baru.

Kamu mungkin ingin belajar memasak, misalnya. Meminta seseorang untuk mengajari atau membeli buku masak akan menghabiskan uang dan waktu orang lain, namun internet memungkinkan kamu mengakses keduanya secara fleksibel melalui layanan streaming video seperti YouTube.

2. Mengasah Skill

Kamu sekarang bisa mengasah bakat kamu di bidang tertentu yang kamu pilih berkat jaringan informasi yang sangat besar. Misalnya, kamu ingin belajar desain atau pemrograman secara lebih rinci dengan seorang ahli di sektor yang kamu minati, tetapi kamu dibatasi oleh waktu dan uang.

Dalam skenario ini, kamu bisa menyewa atau membeli video tutorial dari Udemy, SkillShare, Coursera, dan situs serupa lainnya. Inilah manfaat internet yang sangat berguna.

Karena situs-situs tersebut adalah penyedia kursus yang memberikan instruksi pembelajaran yang tepat bagi konsumen yang ingin memanfaatkan layanan mereka, bahkan tugas paling mendasar seperti menginstal program yang akan dipelajari akan diajarkan kepada kamu.

3. Berbagi Informasi dan Komunikasi

Jaringan internet benar-benar menghilangkan hambatan jarak dalam arus informasi, seperti yang terlihat melalui E-mail, yang tersedia 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Ingin lebih cepat dan efisien? WhatsApp dan Telegram tersedia untuk memungkinkan kamu berkomunikasi dengan cepat dengan teman dan kenalan.

Apakah kamu ingin berkomunikasi secara luas? Facebook dan Twitter ada untuk menghubungkan kamu dengan orang, organisasi, dan forum sehingga kamu bisa dengan mudah berbicara dan bertukar informasi. Idenya adalah bahwa kita telah hidup di era ketika komunikasi cukup beragam dan jarak tidak lagi menjadi penghalang.

4. Bisnis dan Transaksi Digital

Selain komunikasi, manfaat internet selanjutnya yaitu untuk menawarkan kepada pengguna layanan bisnis seperti sistem internet banking, mobile banking, e-wallet, dan sejenisnya untuk memungkinkan mereka melakukan bisnis baik online maupun offline.

Di Indonesia, program dompet digital seperti OVO, DANA, dan ShopeePay adalah contoh bagaimana internet bisa membuka manfaat baru untuk transaksi bisnis di era digital.

Manfaat Internet Untuk Berbelanja

5. Berbelanja

Internet juga menawarkan layanan e-commerce sebagai salah satu jenis inovasi dalam pengembangan sistem pasar digital yang bisa mempertemukan pelanggan dan penjual dalam satu lokasi tanpa harus bertatap muka.

Ini adalah salah satu contoh efisiensi internet di zaman kita sekarang ini, karena kamu tidak perlu lagi repot-repot bepergian ke toko atau mall untuk mencari barang yang dibutuhkan. Tokopedia dan Shopee adalah wujud nyata dari keinginan kuat masyarakat kita untuk menggunakan internet sebagai media jual beli yang sukses.

6. Layanan GPS

Internet sekali lagi menembus keterbatasan manusia dalam menjelajah dunia melalui layanan GPS. Global Positioning System atau GPS adalah sistem teknologi yang menggunakan GPS untuk menavigasi posisi pengguna di suatu tempat yang bisa dimanfaatkan kapan saja dan dari lokasi mana saja selama terhubung dengan internet.

Google Maps adalah salah satu contoh program yang paling umum digunakan oleh orang-orang untuk menavigasi lokasi. Program ini tersedia di beberapa platform dan menawarkan layanan pemetaan kepada pengguna untuk menampilkan tempat-tempat tertentu.

7. Tips dan Rekomendasi

Seorang pengguna sering membutuhkan bantuan seorang ahli untuk memecahkan masalah mereka. Karena internet telah menjadi kumpulan informasi terbesar di dunia, secara tidak langsung telah menjadi kamus global. Akibatnya, kamu bisa menggunakan jaringan informasi ini untuk menemukan jawaban yang kamu cari.

Apalagi sekarang software seperti Google Assistant bisa diakses untuk membantu kamu menggali informasi selama 24 jam sehari dengan perintah suara “Ok Google.”

8. Menikmati Musik dan Video

YouTube dan Spotify telah menjadi terkait erat dengan komunitas internet. Alasannya karena kedua jenis teknologi ini, terutama musik dan video, merupakan sumber hiburan yang tak terpisahkan bagi masyarakat kontemporer.

Situs streaming lainnya, seperti Netflix, SoundCloud, dan lainnya, memberikan kesan segar dalam menawarkan lokasi untuk menikmati musik dan film kekinian dengan biaya lebih murah.

9. Bermain Games

Selain musik dan video, game juga merupakan sejenis media hiburan pelepas stres. Bahkan menurut kesimpulan analisis data IDC dari tahun 2020, bahwa game ini telah melampaui bioskop sebagai salah satu sektor komersial utama dunia.

Padahal orang tua di banyak negara, termasuk Indonesia, sangat menentang kehadiran game online. Namun, tidak bisa disangkal bahwa bagi orang-orang tertentu yang menyukainya, permainan telah menjadi sumber hiburan penghilang stres yang tak tergantikan.

Kegunaan Internet Untuk Riset dan Penelitian

10. Riset dan Penelitian

Jika dibandingkan dengan cara tradisional, jelas terlihat bahwa penelitian melalui internet mempermudah peneliti, terutama dalam hal mengakses data tertentu, dan menghemat waktu.

Selain itu, internet memfasilitasi koneksi antar manusia, sehingga memudahkan peneliti untuk berbagi informasi di beberapa lokasi pada waktu yang bersamaan.

Ketersediaan sistem penyimpanan digital juga membantu keamanan data dan informasi penting selama proses penelitian. Ini tidak diragukan lagi menjamin keamanan proses penelitian yang digunakan oleh peneliti untuk menemukan jawaban atas masalah.

11. Tur dan Travel

Selain sebagai cara yang bisa diandalkan untuk bertukar barang, internet juga bisa dimanfaatkan untuk membeli tiket dan paket wisata hemat. Traveloka merupakan contoh sistem informasi yang menyediakan berbagai paket liburan kepada konsumen melalui sistem layanan di web dan aplikasinya.

12. Iklan dan Promosi

Kita hidup di zaman kontemporer, yaitu zaman dimana internet adalah market store terbesar dan tersibuk di dunia. Akibatnya, internet bisa digunakan sebagai salah satu media promosi dengan potensi konsumen paling besar jika dibandingkan dengan media promosi lainnya.

Hal ini mengakibatkan munculnya banyak influencer baru dari berbagai platform hiburan dan media seperti Instagram, YouTube, Facebook, TikTok, dan lain-lain yang dibayar untuk mengiklankan berbagai hal yang mungkin dibeli pengguna internet.

Jika kamu berhati-hati, kamu bisa merasakan manfaat internet ini sebagai peluang baru dengan uang yang sangat sedikit selama kamu kreatif.

13. Menyimpan Data

Cloud Storage telah menjadi salah satu platform digital yang disukai banyak orang di seluruh dunia, terutama mereka yang mengandalkan pasar digital untuk mencari nafkah. Bahkan Cloud Storage bisa digunakan sebagai data vault bagi kamu yang memiliki informasi sensitif yang ingin kamu jaga keamanannya.

Sistem penyimpanan digital bekerja dengan mencadangkan data yang telah disimpan pengguna ke beberapa server, sehingga kemungkinan kehilangan atau kerusakan data cukup rendah.

BACA JUGA:

Begini Cara Kerja Internet yang Mudah Dipahami
11 Manfaat Internet di Bidang Pendidikan
Apa itu Internet? Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Dampaknya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai berbagai macam manfaat internet untuk kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kamu bagaimana cara memanfaatkan internet untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat. Jangan sampai menyalahgunakan internet untuk sesuatu yang negatif ya!

Related Articles

Back to top button