Manfaat Penggunaan E-Commerce Bagi Masyarakat

Teknatekno.com – Apa saja sih manfaat penggunaan e-commerce bagi masyarakat? Mungkin pertanyaan tersebut akan muncul seiring dengan meningkatnya dan berkembangnya aktivitas belanja online masyarakat.

Memang benar, dengan terobosan teknologi saat ini, internet telah membuat hidup lebih sederhana. Orang-orang yang berbelanja online, misalnya, semakin populer dan mulai meninggalkan belanja di pasar konvensional atau kontemporer. Tentunya hal ini akan berdampak pada kehidupan masyarakat.

Situs jual beli e-commerce atau toko online di Indonesia, seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, dan Bukalapak, akan mengalami peningkatan yang cukup besar dari tahun ke tahun, demikian juga kapasitas belanja seseorang untuk memenuhi permintaan masyarakat dengan sangat cepat.

Tentunya manfaat penggunaan e-commerce bagi masyarakat akan dirasakan secara langsung. Karena masyarakat akan bisa dengan cepat menemukan hal-hal yang mereka inginkan hanya dengan mengakses situs e-commerce dan melakukan transaksi yang aman.

Mengenal Apa itu E-Commerce

Mengenal Apa itu E-Commerce

E-commerce adalah transaksi apapun yang menggunakan berbagai alat elektronik apapun, seperti telepon, komputer, televisi, dan yang paling populer, yakni internet.

Jadi, e-commerce adalah singkatan dari istilah electronic commerce. e-commerce adalah suatu model transaksi di masa depan, karena semakin lama, maka semakin banyak juga masyarakat yang menggunakan internet.

Berdasarkan penjelasan dari Prasetyo Budi Widagdo, e-commerce ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 1970-an, yang saat itu bersamaan dengan hadirnya electronic fund transfer, suatu layanan pengiriman uang melalui saluran elektronik.

Di saat itu, perusahaan yang menggunakannya masih sedikit. Sehingga, e-commerce pun belum digunakan secara umum. Nah, seiring berjalannya waktu, hadirlah electronic data interchange.

E-commerce pun terus berkembang luas. Berbagai perusahaan manufaktur sampai pemesanan perjalanan pun mulai menggunakan model perdagangan elektronik ini.

Sampai dengan tahun 1990, internet sudah mulai dikomersilkan, perdagangan elektronik pun semakin membesar, sehingga memunculkan suatu istilah yang dikenal dengan electronic commerce. Di Indonesia, e-commerce pun mulai berkembang pesat.

Saat ini, e-commerce pun sudah berkembang dan jenisnya pun sudah banyak, hingga mempunyai berbagai model bisnis dan beragam barang atau jasa yang ditawarkan.

Apa Saja Manfaat Penggunaan E-Commerce

Apa Saja Manfaat Penggunaan E-Commerce?

Dengan semakin populernya e-commerce, niscaya akan memberikan pengaruh bagi masyarakat di masa depan. Apakah itu memiliki pengaruh yang positif atau negatif. Berikut ini adalah beberapa manfaat penggunaan e-commerce pada masyarakat:

1. Dapat Menghemat Waktu

Penjual dan pembeli bisa menghindari bertemu secara langsung dengan melakukan pembelian dan penjualan secara online.

Mereka bisa mendiskusikan masalah harga dan produk hanya menggunakan aplikasi chatting seperti WhatsApp, Telegram, dan Messenger. Sebelumnya, retailer hanya bisa mengiklankan produknya di Facebook atau Instagram.

Tentu saja, ini akan menghemat waktu kedua belah pihak. Sangat berguna bagi individu yang terdesak waktu di tempat kerja. Dan mereka tidak punya waktu untuk menjelajahi pasar tradisional dan kontemporer lokal.

2. Meningkat Keinginan untuk Memulai Bisnis

Salah satu manfaat penggunaan e-commerce bagi masyarakat lainnya adalah semakin banyaknya individu yang ingin mendirikan perusahaan online karena hanya membutuhkan koneksi internet dan perangkat untuk mengelolanya.

Memulai bisnis online tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa, tetapi juga bagi pelajar yang memiliki smartphone dan koneksi internet.

3. Tidak Memerlukan Modal Besar

Salah satu keuntungan memulai bisnis online adalah kamu bisa memulai dengan sedikit uang hanya dengan koneksi internet dan ponsel. Ini tentu menarik untuk dipelajari.

Misalnya, jika kamu ingin menjadi dropshipper di marketplace, yang kamu butuhkan hanyalah kemitraan dan koneksi dengan sumber produk.

Kamu bisa mendaftar sebagai vendor di marketplace Indonesia, kemudian memposting gambar, deskripsi, dan harga yang kamu inginkan.

Jika pelanggan kemudian membeli barang tersebut, kamu bisa menghubungi supplier atau pemasok secara langsung untuk mengirimkannya ke lokasi tujuan pembeli. Tentu saja, kamu tidak perlu uang untuk ini karena kamu hanya bertindak sebagai reseller.

4. Bisa Dikerjakan Dimana dan Kapan Saja

Manfaat penggunaan e-commerce lainnya adalah bisa meminimalkan kemacetan jalan. Jika kamu bekerja di luar ruangan dan berkendara, akan menimbulkan kemacetan karena jumlah mobil yang keluar setiap hari sangat signifikan, terutama bagi mereka yang berdomisili di wilayah metropolitan.

Seseorang yang menjalankan bisnis online dan melakukan aktifitas e-commerce akan memiliki banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarganya dan akan bisa merawat mereka setiap saat. Tentu saja, ini yang diinginkan banyak pemimpin keluarga.

5. Jangkauan Pemasaran yang Luas

Dengan pertumbuhan industri e-commerce, pemasaran penjual akan menjadi lebih luas, tidak hanya menjangkau wilayah lokal kamu saja. Namun, kamu sebagai penjual bisa menawarkan barang dan pelanggan di mana-mana.

Tentunya dengan jangkauan pasar yang besar, tingkat konversi penjualan kamu akan meroket, terutama jika produk kamu disukai oleh pelanggan dan merek toko kamu sudah dikenal oleh masyarakat umum.

Tentu saja, hal itu akan mendorong bisnis kamu untuk tumbuh daripada stagnan. Itulah salah satu manfaat penggunaan e-commerce dalam waktu jangka panjang.

Manfaat E-Commerce Bagi Masyarakat

6. Meningkatnya Penggunaan Transaksi Melalui Bank

Layanan perbankan akan lebih sering digunakan sebagai akibat dari bisnis e-commerce. Jadi jangan kaget jika perputaran uang meningkat, yang akan menguntungkan perekonomian negara secara keseluruhan. Akibatnya, ekspansi ekonomi akan dipercepat, yang berdampak besar pada keberhasilan ekonomi suatu negara.

7. Meningkatnya Kebutuhan Jasa Pengiriman Barang

Jual beli online tentunya akan mendorong maraknya jasa pengiriman barang atau distribusi barang dari satu lokasi ke lokasi lain. Ini akan sangat meningkatkan jumlah pekerjaan yang tersedia di bisnis pengiriman barang.

Hal ini juga akan meningkatkan kebutuhan kurir untuk memanfaatkan armada seperti kendaraan barang dan sepeda motor untuk mengirimkan produk. Dengan meningkatnya pembelian internet, sektor kendaraan akan berkembang dan pembangunan ekonomi akan meningkat.

8. Meningkatnya Penerimaan Pajak dari Sektor UMKM

Tentu saja, ketika lebih banyak UMKM memulai bisnis online atau e-commerce, pendapatan daerah akan meningkat. bisa menyerap tenaga kerja di masyarakat, menghilangkan kebutuhan individu untuk pergi ke kota untuk mencari pekerjaan.

Karena akan ada lebih banyak peluang kerja di masyarakat. Pajak yang diperoleh dari pungutan para pelaku UMKM ini akan dimanfaatkan untuk memajukan daerahnya masing-masing.

9. Dapat Menekan Angka Inflasi

Peredaran barang dan uang akan semakin meluas seiring dengan bertambahnya jumlah produk yang ditawarkan secara online. Tentunya hal ini berdampak pada tingkat inflasi suatu negara.

Jika tingkat inflasi suatu negara rendah, itu menunjukkan bahwa kekayaan dan kekuatan rakyat meningkat. Pastinya roda perekonomian bisa berputar dengan lancar.

10. Merubah Perilaku Masyarakat untuk Berbisnis

Masyarakat secara alami akan termotivasi untuk mendirikan bisnis online seiring dengan meningkatnya popularitas bisnis online. Ini hampir mungkin akan memiliki dampak yang menguntungkan bagi kesejahteraan masyarakat.

Pendapatan masyarakat dari penjualan dan pembelian barang-barang ini akan meningkat seiring dengan semakin banyaknya bisnis yang didirikan.

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar manfaat penggunaan e-commerce.

Kenapa E-Commerce Pada Saat Ini Banyak Diminati Oleh Masyarakat Indonesia Khususnya?

Selama epidemi Covid-19, Visa, pemimpin global dalam pembayaran digital, melakukan studi tren pembelian online. Sebagai konsekuensinya, kebiasaan membeli orang Indonesia semakin berubah ke arah e-commerce (perdagangan elektronik).

Bagaimanakah Dampak Bagi Masyarakat Indonesia Dengan Adanya E-Commerce Di Indonesia?

Bisnis e-commerce sekarang memiliki pengaruh yang baik terhadap lapangan kerja di Indonesia, dengan perkiraan 4 juta orang terkait dengan ekosistem ini. Pada tahun 2022, sektor e-commerce Indonesia mungkin mempekerjakan lebih dari 26 juta orang, atau 20% dari total negara.

Mengapa Etika Sangat Penting Dalam Menjalankan Bisnis E-Commerce?

Etika perusahaan dalam e-commerce menunjukkan perlunya standar yang ditetapkan untuk mengembangkan bisnis yang lebih dapat dipercaya dalam e-commerce

Terutama dalam hal ini, menciptakan kepercayaan pelanggan melalui etika bisnis. Orang-orang menjadi lebih inovatif dalam lingkungan perusahaan seiring dengan meningkatnya teknologi.

BACA JUGA:

Pengertian Lingkungan Bisnis, Ciri dan Jenisnya
Apa itu Proses Bisnis? Pengertian, Fungsi dan Tahapan
Pengertian Bisnis Online Menurut Para Ahli

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar beberapa manfaat penggunaan e-commerce bagi masyarakat maupun pelaku usaha.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa manfaat penggunaan e-commerce di kalangan masyarakat saat ini sudah semakin banyak, salah satunya bisa meningkatkan keinginan masyarakat untuk memulai bisnis.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button