Apa itu HRD? Pengertian, Fungsi, Tugas Dan Tanggung Jawab

Teknatekno.com – Apa itu HRD? Pada dasarnya, HRD adalah kepanjangan dari Human Resource Department dari sebuah perusahaan, yang bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan.

Perencanaan SDM, perekrutan, pengembangan, manajemen kinerja, penilaian nilai upah atau remunerasi, dan peningkatan hubungan kerja adalah contoh manajemen sumber daya.

Menurut beberapa orang, HRD adalah kumpulan kegiatan yang ada di dalam perusahaan dan dilakukan secara terorganisir selama periode waktu tertentu dalam rangka meningkatkan kualitas kerja dan kemampuan karyawan. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikel dibawah ini.

Apa itu HRD

Apa itu HRD?

Pengertian HRD (human resources development) adalah komponen atau departemen dari suatu perusahaan yang tanggung jawab utamanya adalah mengelola sumber daya manusia di perusahaan. Dimulai dengan tugas perencanaan, yang sering disebut sebagai perencanaan SDM.

Rekrutmen sering disebut Rekrutmen dan Seleksi, pengembangan sering disebut Pelatihan dan Pengembangan, manajemen kinerja sering disebut manajemen kinerja, dan kompensasi sering disebut.

sebagai Kompensasi. Serta memanfaatkan dan membina hubungan kerja, yang sering disebut dengan Hubungan Industrial.

Definisi lain dari HRD adalah proses menghadapi berbagai kesulitan dalam lingkup karyawan, karyawan, buruh, manajer, dan pekerja lainnya dalam rangka mendukung operasi organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Departemen sumber daya manusia sering bertanggung jawab atas sumber daya manusia. Manajemen sumber daya manusia juga dapat didefinisikan sebagai praktik berkelanjutan yang mencoba menyediakan organisasi atau perusahaan dengan orang-orang yang tepat untuk ditempatkan pada peran yang tepat pada waktu yang tepat.

Pada prinsipnya dapat diartikan sebagai mengelolaan sumber daya manusia HRD terdiri dari berbagai kegiatan, yaitu: Perencanaan SDM, HR Mendapatkan, Mengembangkan SDM, HR mempertahankan, HR mempertahankan untuk membantu perusahaan menyadari goal, visi, misi dan valuenya.

Oleh karena itu HRD memiliki tugas dan tanggung jawab di bidang perencanaan SDM, HR mendapatkan, mengembangkan SDM, HR mempertahankan, HR mempertahankan.

Apa Saja Fungsi HRD

Apa Saja Fungsi HRD?

HRD pada dasarnya adalah unit perusahaan yang menangani tugas-tugas sumber daya manusia di perusahaan. Fungsi HRD secara luas diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu fungsi internal dan fungsi eksternal:

1. Internal

Fungsi internal HRD meliputi perencanaan, perekrutan, orientasi dan pengembangan SDM, manajemen kinerja, penentuan gaji, dan hubungan kerja. Selanjutnya, HRD bertugas mengatur pelatihan SDM bagi perusahaan.

2. Eksternal

Fungsi eksternal HRD adalah menawarkan layanan konseling bagi pekerja di luar perusahaan dengan tetap mempertimbangkan kompetensi dan keinginan karyawan.

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab HRD

Tugas dan juga tanggung jawab HRD pada setiap perusahaan berbeda-beda, tergantung dari skala bisnis perusahaan, jumlah SDM, dan berbagai hal lain yang diperlukan oleh perusahaan. Nah, sesuai dengan pengertian HRD di atas, berikut ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab dari unit HRD:

1. Persiapan dan Seleksi

  • Persiapan SDM (preparation) Dalam melakukan persiapan, maka pihak HRD harus bisa memerhatikan segala faktor internal dan juga faktor eksternal perusahaan. Unsur internal dalam hal ini meliputi penyusunan kebutuhan jumlah SDM, struktur organisasi, dan sebagainya.
  • Rekrutmen SDM (recruitment) Rekrutmen adalah suatu proses mencari calon karyawan untuk bisa mengisi keperluan sumber daya manusia pada perusahaan tersebut. HRD harus mampu melakukan banyak analisis pekerjaan, menjelaskan deskripsi pekerjaan, dan memeriksa persyaratan pekerjaan selama proses perekrutan.
  • Seleksi SDM (selection) Seleksi adalah suatu proses pemilihan karyawan yang sudah melamar pada perusahaan tersebut untuk bisa menemukan pegawai yang paling tepat. RD harus memperhatikan CV atau curriculum vitae, melakukan wawancara dan psikotes, wawancara kerja, dan berbagai aktivitas lainnya selama proses ini.

2. Pengembangan dan Evaluasi

Pengembangan dan evaluasi karyawan sangat penting sekali untuk dilakukan, tujuannya agar setiap karyawan dapat memberikan kontribusi yang maksimal bagi perusahaan. Selama prosedur ini, setiap individu akan diberikan pengarahan tentang bagaimana menguasai profesinya dan meningkatkan kinerjanya.

3. Pemberian Kompensasi dan Proteksi

Pemberian gaji atau penghargaan kepada pekerja sebagai imbalan atas jasa kamu kepada perusahaan dikenal sebagai kompensasi. Perusahaan dapat memberikan pembayaran ini secara teratur.

Namun harus dilakukan sejalan dengan keadaan tenaga kerja sekarang di lingkungan eksternal agar tidak menimbulkan kesulitan kerja atau merugikan perusahaan di kemudian hari.

4. Manajemen Kinerja dan Evaluasi

Fungsi HRD lainnya adalah menjamin bahwa setiap karyawan bekerja secara efektif dan dalam lingkungan yang kondusif. Peran ini akan dilakukan melalui manajemen kinerja.

Sistem manajemen kinerja yang solid akan memiliki sosok kepemimpinan yang kuat, penetapan tujuan yang lebih jelas, dan umpan balik yang lebih transparan.

5. Pengembangan Karyawan

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, aspek lain dari HRD adalah pengembangan staf. Karyawan akan dapat mempelajari kemampuan yang akan kamu butuhkan di masa depan sebagai hasil dari kemajuan ini.

HRD juga mampu menjembatani kesenjangan antara tenaga kerja yang ada dengan tenaga kerja yang dibutuhkan dalam waktu dekat.

Secara umum, hasil dari performance review digunakan untuk merancang program pengembangan karyawan ini. Namun, beberapa bisnis memiliki program yang dirancang secara tegas untuk membangun kemampuan staf dan dilaksanakan secara teratur.

6. Perencanaan Karir

Fungsi selanjutnya dari HRD adalah merencanakan karir, melakukan pembinaan, dan juga mengembangkan karyawan. Secara umum, fungsi ini lebih sering disebut sebagai career pathing.

HRD memiliki peran untuk menunjukkan kepada pekerja bagaimana tujuan kamu sendiri dapat dikaitkan atau sesuai dengan visi dan tujuan perusahaan dengan melibatkan dan mempertahankannya.

Fungsi ini dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi bisnis, seperti perencanaan tujuan yang lebih baik, peningkatan produktivitas, dan bahkan pencitraan perusahaan yang lebih kuat.

7. Melakukan Pembentukan Tim untuk Proyek-Proyek Perusahaan

Karena unit HRD dianggap sebagai yang paling menyadari sifat dan karakter pekerjanya, maka tidak mengherankan jika sebuah proyek adalah sebuah proyek, maka HRD-lah yang harus bertanggung jawab untuk membentuk tim.

Alhasil, kesuksesan sebuah produk yang dihasilkan tim tidak bisa dilepaskan dari fungsi HRD sebagai pihak yang membangun tim.

8. Menjaga Solidaritas Semua Karyawan

Kolaborasi yang baik dapat memberikan hasil yang maksimal yang sejalan dengan tujuan perusahaan. Hal ini hanya dapat dicapai dengan menciptakan lingkungan kerja yang lebih menyenangkan dan kondusif.

Akibatnya, HRD memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan kohesi karyawan sebagai pihak yang paling tahu tentang kamu.

Meski terlihat sederhana, namun cukup sulit dilakukan karena setiap manusia memiliki kepribadian dan karakter yang unik.

Apa Saja Ciri-Ciri Human Resources Development

Apa Ciri-Ciri Human Resources Development

Ada banyak ciri-ciri yang dapat menggambarkan seorang HRD yang baik dan profesional. Setidaknya, seorang HRD harus memiliki sikap seperti di bawah ini:

1. Gratefull

Seseorang yang berprestasi dalam pekerjaan tidak mudah menyerah dan terus berusaha meskipun dengan segala masalah dan rintangan yang muncul.

2. Healthy Live

Mensyukuri segala sesuatu yang diterima dan selalu menerima apa yang telah dikerjakan.

3. Integritas

Orang-orang yang sukses di HRD adalah kamu yang dapat berbicara, bertindak berdasarkan kata-kata kamu, dan mengatur kepribadian kamu sesuai dengan standar lingkungan saat ini.

4. Social Skill

Kapasitas untuk terhubung dengan baik dengan orang lain dan untuk bergabung dengan beragam organisasi dan kelompok.

5. Confidence

Hasil maksimal dapat ditingkatkan dengan kepercayaan diri.

6. On Time

Tepat waktu, kamu akan menghargai diri sendiri dan orang lain jika kamu selalu disiplin untuk tepat waktu.

7. Open Minded

Tetap berpikiran terbuka dan terus mencari perbaikan yang baik.

8. Respect

Menghargai, menghormati dan peka akan suatu perubahan yang ada pada lingkungan sekeliling.

Tanya Jawab HRD

Berikut ini adalah tanya jawab seputar HRD, yaitu:

1. Apa Perbedaan Antara Manajer Dan HRD?

Dalam dunia bisnis, manajer SDM lebih sering disebut sebagai HRD (human resources department). Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk menangani semua kebutuhan karyawan, mulai dari proses perekrutan hingga akhir masa kerja, termasuk pelatihan, penilaian, penggajian, konsultasi, dan administrasi (PHK).

2. Siapa Atasan HRD?

Chief human resources officer (CHRO)

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu HRD, fungsinya, tugas, serta tanggung jawab dan ciri-ciri HRD yang terdapat di Indonesia.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa apa itu pengertian HRD (Human Resources Development) adalah komponen atau departemen dari suatu perusahaan yang tanggung jawab utamanya adalah mengelola sumber daya manusia di perusahaan.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button