Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli

Teknatekno.com – Pengertian pemasaran online, jenis-jenis, kelebihan, kekurangannya dan ciri-ciri, pada era digital saat ini, berbagai hal dapat dengan mudah menjadi tren dan mendunia secara online. Mulai dari hal-hal yang remeh hingga sesuatu yang memiliki nilai serta hal yang memang relevan dengan pengguna.

Salah satu aktivitas yang paling umum ditemukan saat mengakses internet adalah branding yang dilakukan oleh para pelaku bisnis, mulai dari pemasaran yang dilakukan untuk brand hingga produk dari suatu perusahaan tertentu.

Memang dalam beberapa tahun terakhir, para penggiat bisnis atau pebisnis telah menggunakan internet secara luas untuk pemasaran atau kampanye online.

Perilaku seperti itu tidak jarang terjadi di dunia sekarang ini. Pemasaran online atau digital marketing adalah kata untuk kegiatan atau kegiatan pemasaran. Nah, untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel dibawah ini.

Memahami Pengertian Pemasaran Online

Memahami Pengertian Pemasaran Online

Pemasaran online adalah promosi barang menggunakan saluran online yang dapat diakses melalui internet. Misalnya, media sosial, situs web, blog, iklan online, dan sebagainya.

Mengingat bahwa populasi pengguna internet di seluruh dunia telah melampaui 4 miliar orang, banyak perusahaan mulai bermigrasi ke pemasaran online. Jelas, jumlah uang yang dihabiskan untuk iklan online tumbuh dari tahun ke tahun.

Yang pasti, pemasaran online memiliki banyak keuntungan untuk bisnis kamu. Baik itu bisnis kecil atau besar. Apa manfaat dan keuntungan dari pemasaran online? Lanjutkan membaca untuk penjelasannya di bab selanjutnya.

Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli

Namun ada beberapa definisi dari para ahli mengenai pengertian pemasaran online. Untuk itu ketahui beberapa pendapat para ahli dengan pemasaran online berikut ini yang perlu kamu ketahui:

1. Marwan (1991)

Pemasaran online, menurut Marwan, merupakan upaya menyiapkan saran. Untuk menjual barang secara online. Jika dijalankan dengan benar, metode ini akan menguntungkan.

Aspek yang paling penting dari kebahagiaan klien. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa pemasaran online terutama menggunakan grafik.

2. Chaffey (2000)

Menurut Chaffey, pemasaran online mencakup semua jenis promosi. Menggunakan internet untuk menemukan barang atau jasa yang bagus. Untuk melakukan ini, gunakan layanan periklanan online. Selanjutnya, ia membangun toko di platform online.

3. Strauss dan Frost (2001)

Strauss dan Frost mempertimbangkan pentingnya pemasaran online. Dengan mengklaim bahwa pemasaran online adalah aplikasi data dan aplikasi. Merancang pelaksanaan konsep distribusi, pemasaran, dan harga.

Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk menghasilkan jual beli atau pertukaran. Dengan nilai kebahagiaan individu dan organisasi yang unik. Jadi, menurut Strauss dan Frost, pemasaran online itu efektif. Ini lebih berkaitan dengan penggunaan aplikasi elektronik dalam desain strategi pemasaran online.

4. Kotler (2002)

Pemasaran, menurut Kotler, adalah proses menghasilkan penjualan secara online. Membuat, menawarkan, dan menjual produk adalah bagian dari proses. Pemasarannya sama apakah dilakukan secara online atau offline. Namun, satu-satunya variasi adalah di media.

5. Armstrong dan Kottler (2004)

Armstrong dan Kottler berbagi sudut pandang tentang pemasaran online. Dengan mengklaim bahwa pemasaran online adalah komponen dari e-commerce. Mereka juga berpendapat bahwa pemasaran online adalah sejenis kinerja perusahaan.

Kinerja perusahaan dianalogikan dengan iklan dan penjualan produk atau jasa. Serta menyebarluaskannya melalui internet.

6. Boone dan Kurtz (2005)

Sudut pandang Armstrong dan Kottler tentang pemasaran online dibagikan oleh Boone dan Kurtz. E-commerce termasuk pemasaran online. E-commerce memerlukan mekanisme pembelian dan penjualan online. Pemasaran online sebagai komponen e-commerce dan rencana manufaktur

Selanjutnya, distribusi, penetapan harga, dan pemasaran melalui media digital. Ini mencakup semua operasi pemasaran yang mengarah dari produk atau layanan ke pelanggan. Semua melalui penggunaan media digital.

7. Philip dan Duncan

Memahami pemasaran online dari spesialis lain, menurut Philip dan Duncan. Keduanya berpendapat bahwa pemasaran online adalah langkah atau usaha.

Tentu saja, barang-barang harus diatur sebelum prosedur pembelian dan penjualan. Ini merupakan upaya untuk memanfaatkan media internet. Ini berfungsi sebagai media untuk mempromosikan barang atau jasa kepada pelanggan.

Jenis-Jenis Pemasaran Online

Jenis-Jenis Pemasaran Online

Dengan tingginya angka interaksi yang terjadi di internet, membuat banyak pelaku bisnis yang mengandalkan strategi pemasaran online untuk meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa dari bisnisnya. Hal ini dikarenakan, efek yang dihasilkan dari internet bisa menjangkau banyak orang di seluruh dunia.

Jadi, dari manapun kamu berbisnis, akan tetap mampu menarik minat calon pelanggan secara luas. Berikut beberapa jenis pemasaran online yang bisa diterapkan pada bisnis kamu.

1. Pemasaran Melalui Media Sosial

Pada awal kemunculannya, sosial media merupakan sebuah tempat untuk bersosialisasi satu sama lain yang dilakukan secara online, sehingga memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Namun, media sosial kini telah berkembang menjadi tempat alternatif untuk pemasaran komersial. Bisnis dapat mengembangkan konten terfokus tentang barang atau layanan yang akan dijual dengan menggunakan pemasaran media sosial.

Metode ini dapat diterapkan dalam berbagai cara, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Instagram, Facebook, Twitter, Path, dan platform media sosial lainnya sering digunakan untuk mencapai rencana periklanan ini.

2. Search Engine Optimization atau SEO

Jenis pemasaran online yang selanjutnya adalah search engine optimization (SEO). Biasanya perusahaan yang sudah berskala besar memiliki kecenderungan untuk menggunakan metodei ini.

Karena memesan layanan ini membutuhkan dana yang cukup, dan tidak semua orang memiliki keterampilan untuk menjalankannya.

Search engine optimization merupakan salah satu jenis pemasaran online yang mengoptimalkan situs web dan konten digital untuk meningkatkan peringkat pada halaman hasil mesin pencari, yang bertujuan untuk memaksimalkan jumlah pengunjung ke halaman web tersebut.

Tentu saja, materi konten yang memadai diperlukan untuk situs web, seperti mengklarifikasi deskripsi produk atau layanan dan menetapkan kata kunci yang sesuai dengan judul, konten situs web, dan membuat tautan balik yang relevan. Akibatnya, pelanggan akan dapat menemukan situs web lebih mudah.

3. Pemasaran melalui Email

Pemasaran email, sering dikenal sebagai email marketing, adalah kampanye promosi yang menggunakan email untuk menyampaikan pesan langsung kepada konsumen tentang suatu produk atau jasa.

Mungkin pemasaran semacam ini kurang populer dibandingkan pemasaran melalui media sosial. Namun, jangan abaikan pemasaran semacam ini karena pemasaran email memiliki pengaruh yang cukup baik dalam meningkatkan penjualan.

Ini karena pemasaran email menawarkan pengembalian investasi empat kali lebih baik daripada metode pemasaran online lainnya, seperti media sosial dan iklan pencarian berbayar.

Pemasaran email semacam ini dapat menyediakan berbagai layanan, seperti diskon, langganan, dan sebagainya. Email yang dikirimkan kepada konsumen harus memiliki kesan pertama yang menarik agar mereka tertarik dengan barang atau jasa yang diberikan.

4. Search Engine Marketing atau SEM

Search Engine Marketing (SEM) memiliki prinsip yang hampir sama dengan search engine optimization (SEO). Hal yang membuat 2 strategi ini berbeda yaitu kalau SEM berbayar, sedangkan SEO organik alias gratis.

Search engine marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran online yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas sebuah website pada hasil mesin pencarian.

SEM bekerja seperti iklan berbayar dengan memilih kata kunci yang memenuhi tuntutan produk atau layanan yang disediakan. Jika seseorang mencari istilah itu, mesin pencari akan menempatkan situs web di bagian atas hasil.

SEM sering dianggap sebagai pendekatan pemasaran yang sangat sukses untuk menghasilkan lalu lintas online dalam jumlah besar. Jika perusahaan menggunakan metode ini dengan benar, kamu dapat yakin bahwa iklan kamu akan mendapat peringkat tinggi di semua mesin pencari.

5. Pemasaran Afiliasi

Pemasaran affiliate, juga dikenal sebagai affiliate marketing, adalah program bisnis antara bisnis dan affiliate di mana perusahaan membayar komisi kepada affiliate jika affiliate berhasil meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang diberikan.

Jumlah nominal komisi yang berhasil dikumpulkan akan disesuaikan sesuai dengan peraturan perusahaan asosiasi.

Dilihat dari prinsipnya, cara kerja dari afiliasi pemasaran ini serupa dengan kegiatan calo atau makelar. Akan tetapi, kegiatan ini hanya dilakukan secara online melalui media digital, seperti website, media sosial dan sebagainya.

Pemasaran semacam ini telah meningkat dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir, sejalan dengan peningkatan penggunaan internet. Banyak pemilik bisnis memanfaatkan strategi ini untuk memperluas target pasar kamu.

6. Influencer Marketing

Pemasaran influencer adalah strategi kolaboratif yang digunakan untuk menjual barang atau layanan kepada pengikut media sosial oleh pemilik bisnis dan pemberi pengaruh.

Dengan pesatnya pertumbuhan digital, banyak pelaku bisnis yang menggunakan metode ini untuk menarik perhatian dan minat beli pelanggan.

Strategi ini dapat dilakukan lewat sosial media, website, youtube, maupun iklan di televisi. Dengan begitu produk akan dikenal oleh masyarakat luas, tanpa membangun konten media secara mandiri.

Kelebihan Pemasaran Online

Kelebihan Pemasaran Online

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari pemasaran online yang perlu kamu ketahui:

  1. Informasi tentang suatu brand, produk, atau merek dapat disebarluaskan dengan lebih cepat.
  2. Hasil atau laporan kegiatan dari pemasaran online dapat dengan mudah ditunjukkan dengan menggunakan bukti nyata.
  3. Konsumen di belahan dunia manapun dapat terjangkau dengan sangat mudah.
  4. Biayanya lebih murah, dan efeknya lebih efektif.
  5. Reputasi merek atau perusahaan dapat berkembang lebih cepat.
  6. Target konsumen dapat dipilih dengan spesifik.
  7. Komunikasi konsumen dapat dilakukan dua arah dan tanpa terhalang oleh jarak.
  8. Konsumen memberikan masukan langsung.

Kekurangan Pemasaran Online

Berikut ini adalah beberapa kekurangan pemasaran online yang perlu kamu ketahui:

  1. Modal awal yang diperlukan untuk pemasaran online cukup besar.
  2. Tidak semua pelanggan suka membeli secara online.
  3. Penipuan terlalu sering terjadi.
  4. Peluang adanya kesalahan teknis besar.

Ciri-Ciri Pemasaran Online

Berikut ini adalah ciri-ciri pemasaran online yang perlu kamu ketahui:

1. Promosi yang Lebih Fleksibel

Kamu dapat melakukan penjualan online kapan saja dan dari lokasi mana pun. Kamu dapat menempatkan sesuatu secara online kapanpun dan dimanapun kamu memilih, sesuai dengan jadwal kamu sendiri.

2. Jangkauan Luas

Karena pengguna internet tidak pernah diam, pemasaran online melalui berbagai platform online dapat menjangkau seluruh dunia, terutama individu yang memanfaatkan teknologi internet. Kamu dapat menjual tidak hanya di Indonesia, tetapi juga secara internasional

3. Komunikasi Non-Stop

Internet dapat diakses kapan saja, dan tidak ada batasan waktu. Komunikasi antara vendor dan pembeli dapat dilakukan dalam satu hari penuh karena tidak dibatasi. Hal ini juga sangat baik untuk segera membalas konsumen sehingga mereka merasa nyaman.

Bagaimana Cara Melakukan

Bagaimana Cara Melakukan Pemasaran Online

Berikut ini adalah cara melakukan pemasaran online yang perlu kamu ketahui:

1. Ketahui Target Pasar dan Perkembangan Kompetitor

Langkah pertama dalam berbisnis online adalah menentukan produk yang ingin kamu tawarkan dan target pasar yang nantinya akan membeli barang kamu. Ya, target pasar harus berkelanjutan dari sisi permintaan.

Sesuaikan penawaran kamu dengan permintaan pelanggan saat ini. Selanjutnya, evolusi saingan diperhitungkan. Meskipun demikian, kamu dapat memanfaatkan persaingan sebagai motivasi untuk menjalankan bisnis yang lebih kuat yang menonjol dari yang lain.

2. Ciptakan Toko Online

Membuat toko online dapat dilakukan dengan berbagai cara. Marketplace merupakan salah satu saluran promosi untuk pemasaran online. Seperti diketahui secara umum, marketplace memiliki banyak sekali pengecer online.

Lebih banyak konsumen akan melihat barang kamu jika kamu memiliki akun toko online di banyak marketplace.

Tidak hanya itu, tetapi media sosial adalah alat pemasaran online yang kuat. Karena pengguna media sosial di seluruh dunia, dapat digunakan sebagai platform penjualan online. Benar-benar pasti! Apalagi jika sudah viral di media sosial.

3. Organize Marketing Strategies Using Tools

Tools atau jenis pemasaran online yang telah dibahas sebelumnya mungkin berfungsi sebagai titik awal bagi kamu untuk memulai pemasaran online.

Karena memaksimalkan penggunaan teknologi ini memudahkan pelanggan untuk menemukan toko online kamu, yang dapat membantu kamu meningkatkan penjualan toko online kamu.

Misalnya, jika kamu menggunakan tools Google Ads, produk kamu akan ditampilkan di Google dalam jumlah yang kamu pilih. Demikian pula tools tambahan.

Tanya Jawab Pemasaran Online

Berikut ini adalah tanya jawab seputar pemasaran online, yaitu:

1. Apa Manfaat dari Pemasaran Online?

Pemasaran online memungkinkan barang kamu muncul di situs web selain milik kamu sendiri atau toko online kamu. Karena ada beberapa platform yang tersedia pada saat yang sama, keuntungan yang diterima jauh lebih tinggi. Ini sudah lebih murah, dan jangkauannya telah meluas.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian pemasaran online hingga cara melakukan pemasaran online yang terdapat di Indonesia.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian pemasaran online adalah promosi barang menggunakan saluran online yang dapat diakses melalui internet. Misalnya, media sosial, situs web, blog, iklan online, dan sebagainya.

Related Articles

Back to top button