Cara Mengoperasikan Microsoft Word Bagi Pemula

Teknatekno.com – Cara mengoperasikan Microsoft Word dan menggunakannya sebenarnya cukup mudah. Tapi, mungkin ada beberapa pemula yang belum begitu memahami cara dasar mengoperasikan Microsoft Word.

Nah, pada artikel kali ini Teknatekno akan membagikan cara mengoperasikan Microsoft Word, mulai dari cara membukanya, cara membuat dokumen, dan menyimpan dokumen di Microsoft Word. Langsung saja simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Mengenal Software Microsoft Word

Mengenal Software Microsoft Word

Microsoft Word adalah program pengolah kata yang termasuk kedalam paket instalasi Microsoft Office yang memungkinkan kamu membuat, mengedit, dan memformat dokumen.

Perangkat lunak pengolah kata, kadang-kadang dikenal sebagai pengolah kata, adalah alat untuk menangani dokumen teks seperti surat, buku kerja, brosur, kartu nama, novel, dan buku harian.

Microsoft Word adalah program pengolah kata terbaik dan terpopuler di dunia. Selain itu, Microsoft Word juga tersedia di berbagai sistem operasi.

Program ini kompatibel dengan Microsoft Windows, Mac OS, iOS, dan Android. Hal ini mengakibatkan popularitas Microsoft Word yang berkelanjutan, meskipun fakta bahwa banyak solusi pengolah kata saingan sedang dibuat.

Pada tahun 1983, Microsoft Office Word atau Microsoft Word awalnya dikeluarkan dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix. Selain itu, beberapa versi kemudian diproduksi untuk sistem operasi lain. DOS, Apple Macintosh, SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows adalah contohnya.

Bravos memberikan sebagian besar ide dan pemikiran untuk perangkat lunak Microsoft Word ini. Bravos adalah pengolah kata berbasis grafis yang dibuat di Xerox PARC (Palo Alto Research Center).

Fungsi Microsoft Word

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari microsoft word yang perlu kamu ketahui:

1. Membuat Dokumen

Microsoft Word digunakan untuk membuat dokumen yang dapat dicetak pada berbagai ukuran kertas.

2. Mengedit Dokumen

Program Microsoft Word dapat digunakan untuk memodifikasi atau mengedit dokumen yang dibuat oleh perangkat lunak pengolah kata lain serta dokumen yang dibuat oleh aplikasi Microsoft Word.

3. Memformat Dokumen

Dengan menyediakan pilihan format dokumen, Microsoft Word memungkinkan pengguna untuk membuat dokumen yang lebih profesional. Ukuran kertas, jenis huruf, warna font, catatan kaki, penomoran, dan perhitungan matematis adalah beberapa contohnya.

Manfaat Ms. Word

Sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai cara mengoperasikan Microsoft Word ini, mari kita kenali manfaat dari perangkat lunak pengolah kata ini. Berikut diantaranya:

  1. Memfasilitasi penyelesaian tugas administrasi dan pengolah kata.
  2. Hemat waktu dan tenaga.
  3. Menghemat kertas dan biaya.
  4. Mengurangi jumlah kesalahan dalam penulisan.
  5. Karena lebih efisien, pekerjaan bisa dilakukan lebih cepat.
  6. Ekstensi File untuk Dokumen Microsoft Word
  7. Microsoft Word menghasilkan beberapa ekstensi nama file berdasarkan versi program.
  8. Microsoft Word 2007 dan sebelumnya akan menghasilkan file dengan ekstensi.doc.
  9. Microsoft Word 2010 dan yang lebih baru akan membuat ekstensi nama file .docx.

Cara Mengoperasikan Microsoft Office Word

Cara Mengoperasikan Microsoft Office Word

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengoperasikan microsoft word dengan mudah

1. Cara Membuka Microsoft Word

Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuka program Microsoft Word di laptop atau komputer kamu. Dan kali ini, kami akan menunjukkan tiga cara untuk membuka Microsoft Word. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Melalui Icon Shortcut Dekstop

Cara yang pertama ini terbilang sangat mudah. Jika kamu sudah menginstal Microsoft Word di laptop atau komputer kamu, ikon Microsoft Word akan otomatis muncul di desktop kamu.

Nah, jika kamu telah menemukan ikon Microsoft Word di desktop kamu. Untuk membukanya, silakan klik dua kali. Program Microsoft Word kemudian akan diluncurkan secara otomatis.

  • Melalui Kolom Pencarian (Search)

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan kotak pencarian atau search. Silakan masukkan “Microsoft Word” atau cukup “word” di kolom pencarian yang ada di taskbar. Kemudian, di hasil pencarian, kamu akan melihat Microsoft Word. Silakan klik sekali saja, dan program Microsoft Word akan otomatis diluncurkan.

  • Melalui Ikon Windows

Kemudian, cara terakhir atau cara yang ketiga kamu bisa membuka program Microsoft Word melalui ikon Windows. Bagaimana caranya? Langsung saja simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Silakan pilih ikon Windows yang terdapat pada taskbar. Kemudian, cari Microsoft Office 2013, untuk versinya bisa kamu sesuaikan dengan yang kamu miliki.
  2. Kemudian cari Word 2013. Setelah itu pilih Word 2013.
  3. Selesai. Program Microsoft Word kamu akan terbuka secara otomatis.

2. Cara Membuat Dokumen di Microsoft Word

Bagi yang sudah familiar dengan Microsoft Word, membuat dokumen juga terbilang sederhana. Namun, bagi pemula mungkin ada yang masih bingung bagaimana cara membuat dokumen. Jadi, berikut ini akan Teknatekno berikan dua cara yang sangat sederhana untuk kamu. Simak langkah-langkah berikut ini:

  • Membuat Dokumen pada Awal Masuk

Untuk membuat dokumen pertama kali, simak cara dibawah ini;

  1. Cara pertama adalah buka terlebih dahulu program Microsoft Word kamu. Nantinya kamu akan ditunjukkan berbagai format atau jenis dokumen yang bisa kamu gunakan. Misalnya, surat, laporan, surat kabar, dan lain-lain.
  2. Jika kamu ingin menghasilkan dokumen untuk keperluan biasa, kamu dapat menggunakan dokumen kosong atau Blank Document.
  3. Selanjutnya akan muncul sebuah dokumen kosong yang bisa kamu isi sesuai keinginan kamu.
  • Membuat Sebuah Dokumen Baru

Buat kamu yang sudah berhasil mebuat dokumen namun ingin membuat dokumen yang baru lagi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Silakan mulai dengan memilih atau mengklik File yang terdapat di menu bagian atas
  2. Kemudian, di menu sebelah kiri, kamu bisa pilih NEW.
  3. Setelah itu, beberapa jenis dokumen akan ditampilkan. Silakan pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, akan membuat dokumen kosong, maka kamu bisa pilih Blank Document.
  4. Selesai. Sebuah dokumen kosong yang baru kemudian akan muncul.

Cara Membuat Dokumen Ms Word

3. Cara Menyimpan Dokumen Microsoft Word

Setelah membuat sebuah dokumen, kamu tentu ingin menyimpannya, bukan? Apakah bisa menyimpan dokumen di Ms. Word? Tentu saja bisa. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Silakan mulai dengan memilih atau mengklik File yang terdapat di menu bagian atas
  2. Kemudian, kamu pilih atau klik Save pada menu yang terdapat di bagian kiri kamu.
  3. Setelah itu jika kamu ingin menyimpannya di komputer kamu, silakan pilih Computer.
  4. Lalu pilih lokasi penyimpanan dokumen yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menetapkannya di lokasi yang berbeda dari yang disarankan oleh Microsoft Word, yaitu dengan cara klik Browse.
  5. Selanjutnya, berikan nama file dokumen yang diinginkan. Kemudian klik tombol Simpan atau Save.
  6. Selesai. Dokumen kamu telah disimpan, dan nama filenya juga telah berubah sesuai dengan yang kamu simpan sebelumnya.

BACA JUGA:

Microsoft Office Excel: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya
Microsoft Onenote: Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan
Microsoft Office PowerPoint: Fungsi dan Kelebihannya

Kesimpulan

Microsoft Word adalah program pengolah kata terbaik dan terpopuler di dunia. Selain itu, Microsoft Word juga tersedia di berbagai sistem operasi. Program ini kompatibel dengan Microsoft Windows, Mac OS, iOS, dan Android.

Hal ini mengakibatkan popularitas Microsoft Word yang berkelanjutan, meskipun fakta bahwa banyak solusi pengolah kata saingan sedang dibuat.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar cara mengoperasikan Microsoft Word, mulai dari cara membuka microsoft word, cara membuat dokumen di microsoft word sampai dengan cara menyimpan dokumen yang benar bagi pemula. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button