Pengertian Search Engine Marketing, Fungsi, Manfaat dan Kelebihan

Teknatekno.com – Pengertian search engine marketing atau SEM secara umum adalah strategi yang perlu kamu coba untuk mengiklankan bisnis kamu. Karena, SEM akan memunculkan website kamu secara cepat di halaman pertama hasil pencarian.

Tidak seperti metode SEO, yang mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk diterapkan, SEM dapat diselesaikan dalam hitungan hari atau jam.

Jadi, apa sebenarnya Pemasaran Mesin Pencari itu? Mengapa kamu harus menggunakan pemasaran mesin pencari untuk iklan? Di artikel ini Teknatekno akan membahasnya secara lengkap dibawah ini.

Memahami Pengertian Search Engine Marketing

Memahami Pengertian Search Engine Marketing

Pengertian search engine marketing atau SEM adalah strategi pemasaran online yang menggunakan aktivitas promosi berbayar untuk meningkatkan kehadiran situs web di halaman hasil mesin pencari. Sangat mudah untuk membeli traffic dengan membayar mesin pencari seperti Google.

Salah satu taktik pemasaran ini dianggap berhasil karena dapat membawa situs web ke bagian atas halaman hasil mesin pencari.

Penting untuk dipahami bahwa ketika kamu melakukan pencarian, kamu akan mendapatkan dua jenis hasil: hasil organik dan hasil iklan bersponsor. Pemasaran mesin pencari mengacu pada iklan berbayar yang ditampilkan di hasil pencarian.

Strategi SEM bekerja dalam bentuk periklanan dengan memilih kata kunci tertentu yang sesuai dengan tuntutan produk atau layanan yang disediakan. Jadi, jika seseorang mencari istilah itu, mesin pencari akan menempatkan situs web di bagian atas hasil.

Saat ini, tidak ada biaya yang terkait dengan iklan SEM. Ini karena sebagian besar mesin pencari menggunakan mekanisme Pay Per Click (PPC). Artinya, pengiklan baru akan dikenakan biaya iklan ketika ada orang yang meng-klik link website.

Fungsi Search Engine Marketing

Fungsi Search Engine Marketing

Sebagai salah satu strategi digital marketing, tentunya search engine marketing dibuat dengan fungsi dan tujuan tertentu. Beberapa fungsi search engine marketing yang perlu kamu ketahui:

1. Membantu Meningkatkan Conversion Rate

Salah satu fungsi atau manfaat dari search engine marketing adalah dapat membantu kamu meningkatkan tingkat konversi situs web kamu.

Menargetkan kata kunci dengan maksud pencarian pembelian adalah strategi paling populer bagi pemasar digital berpengalaman untuk meningkatkan tingkat konversi.

Misalnya, jika kamu merupakan seorang pebisnis dan ingin mengiklankan produk kamu dengan kata kunci “jual koper murah”.

Maka ketika ada pelanggan yang ingin membeli koper kamu lalu mengetikkan kata kunci yang telah kamu tentukan, maka secara otomatis website kamu yang akan muncul di halaman pertama Google sebagai iklan.

Tentu saja, berada di halaman teratas akan menaikkan derajat relevansi atau Click Through Rate (CTR) website kamu. Semakin tinggi iklan kamu muncul di hasil pencarian, semakin besar CTR yang akan didapatkan.

Menurut statistik Google, iklan di posisi teratas mesin pencari mendapatkan rata-rata 7% klik, sementara iklan di posisi kedua menerima 3% klik, dan iklan di tempat ketiga menerima 2,5 persen klik.

2. Hasil Lebih Cepat Didapatkan

Jika dibandingkan dengan strategi SEO, hasil yang didapat dari strategi SEM lebih cepat. Secara umum, hasilnya akan ditampilkan segera setelah iklan kamu dipublikasikan di mesin pencari Google.

Tidak hanya itu, kamu dapat berhenti menampilkan iklan kapan pun kamu mau jika kamu yakin iklan tersebut tidak efektif, atau kamu dapat melanjutkannya jika kamu yakin iklan tersebut berhasil.

3. Target Audiens Bisa Ditentukan

Keuntungan lain dari SEM adalah dapat lebih tepat menentukan target audiens. kamu hanya perlu mengidentifikasi atribut audiens target situs web kamu di Google Ads, dimulai dengan jenis kelamin, lokasi, jadwal, dan usia.

Tentunya dengan menargetkan demografi yang lebih tepat, iklan kamu akan mendapat perhatian lebih dan meningkatkan penjualan barang atau jasa yang kamu berikan.

4. Biaya yang Dikeluarkan Tidak Terlalu Banyak

Fungsi menggunakan strategi SEM adalah kamu dapat menetapkan anggaran kamu sendiri untuk membangun kampanye iklan. Anggaran untuk kampanye iklan berkisar dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Dengan ini, maka tentu biaya yang harus kamu keluarkan dapat disesuaikan sesuai dengan keinginan kamu jika dibandingkan menggunakan strategi offline, seperti pemasangan billboard dan berbagai kampanye iklan offline lainnya.

Tentu saja, dibandingkan dengan menggunakan teknik offline seperti pemasangan billboard dan berbagai kampanye iklan offline lainnya, biaya yang harus kamu bayarkan dapat diubah sesuai dengan preferensi kamu.

Manfaat Search Engine Marketing

Manfaat Search Engine Marketing

Berikut ini adalah manfaat search engine marketing yang perlu kamu ketahui:

1. Bisa Meningkatkan Conversion

Pada poin sebelumnya, search engine marketing adalah komponen yang dapat mendorong dan berkonsentrasi pada conversion. Dibanding dengan SEO yang fokus pada organic traffic di berbagai kata kunci yang populer dan relevan dengan bisnis, SEM bekerja lebih jauh lagi.

Alasannya karena menyediakan kata kunci target yang lebih tepat dan menyeluruh daripada SEO. SEM memungkinkan kamu menggunakan lebih banyak kata kunci dan memiliki niat membeli yang lebih tepat. Ini meningkatkan jumlah orang yang mengakses situs web secara eksplisit.

Dengan kata lain, tingkat konversi situs web kamu lebih besar dan lebih tinggi daripada jika kamu hanya menggunakan SEO.

2. Meningkatkan Brand Awareness

SEM tidak hanya dapat meningkatkan konversi, tetapi juga meningkatkan pengenalan merek. Menurut studi Google, SEM dapat meningkatkan pengenalan merek hingga 80 persen jika dibandingkan dengan SEO atau barang lainnya.

Bahkan jika mereka tidak diklik, individu mungkin masih melihat iklan di hasil pencarian. Ini membantu pengunjung mengingat merek atau merek apa yang kamu miliki ketika mereka mencari kata kunci tertentu atau yang serupa.

Tidak hanya itu, iklan kamu akan ditampilkan di aplikasi atau situs web yang sebelumnya telah bekerja dengan Google. sehingga produk kamu lebih populer daripada barang sejenis yang tidak menggunakan SEM

3. Biaya Penggunaan Disesuaikan dengan Budget

Menempatkan iklan di perusahaan besar seperti Google mungkin mahal bagi orang-orang yang tidak memahami prosesnya. Wajar saja, karena Google adalah perusahaan global yang terkenal dan sangat besar.

Memang, kamu dapat menggunakan pemasaran mesin pencari dengan biaya iklan yang disesuaikan dengan anggaran khusus kamu.

Ada beberapa alternatif paket yang bisa disesuaikan dengan budget kamu sebelumnya. Bagi kamu yang memiliki anggaran terbatas dapat memilih paket yang lebih murah.

Bagi kamu yang memiliki anggaran lebih besar dapat memilih paket yang lebih mahal untuk hasil yang lebih menyenangkan. kamu tidak perlu takut untuk menggunakan SEM jika kamu memilih rencana yang sesuai dengan anggaran kamu.

Namun, disarankan untuk mendapatkan bundel yang bagus juga untuk mengoptimalkan manfaat yang diperoleh. Lagi pula, jika pemasaran mesin pencari kamu efektif dan menjanjikan, pendapatan kamu mungkin meningkat dibandingkan sebelumnya.

4. Efektif untuk Menjangkau Pelanggan Lokal di Suatu Negara

Dalam hal pemasaran ke klien lokal, pemasaran mesin pencari mengungguli iklan fisik. Tidak mengherankan, mengingat tingkat konversi yang meningkat. SEM ini memungkinkan kamu untuk menargetkan lebih banyak audiens lokal untuk bisnis kamu.

Jika kamu memiliki toko fisik, SEM secara alami akan mengusulkan agar orang membeli toko di lokasi terdekat. Jadi tidak mengherankan bahwa pemasaran mesin pencari adalah cara yang bagus untuk menjangkau konsumen lokal. Kata kunci juga dapat disesuaikan berdasarkan preferensi kamu.

Kelebihan Search Engine Marketing

Kelebihan Search Engine Marketing

Berikut ini adalah kelebihan search engine marketing yang perlu kamu ketahui:

1. Jangkauan Audiens Luas

Salah satu kelebihan SEM adalah dapat menjangkau banyak orang, karena Google sekarang adalah salah satu mesin pencari paling terkemuka, digunakan oleh lebih dari 90,4 persen populasi dunia.

2. Dapat Memilih Target Audiens

Kelebihan lain dari SEM adalah kamu dapat menargetkan audiens ideal kamu dengan menggunakan kata kunci atau frasa yang terkait dengan bisnis atau produk kamu. Menggunakan strategi SEM.

Kamu dapat mempersempit audiens target kamu berdasarkan lokasi, perangkat, bahasa, dan waktu, memastikan bahwa setiap klik berasal dari seseorang yang antusias dengan bisnis atau produk kamu.

3. Meningkatkan Traffic Website

Salah satu hal yang tidak dapat disangka dan menjadi salah satu kelebihan dari SEM adalah meningkatkan traffic kunjungan user ke website kamu karena jangkauannya menjadi lebih luas sehingga dapat dilihat oleh siapa saja.

4. Budget dapat Dikontrol

SEM memiliki keuntungan dimana pengiklan dapat membatasi budget iklan mereka karena metode yang digunakan adalah PPC (pay per click), pemasaran dapat membatasi anggaran iklan mereka karena mereka hanya perlu membayar untuk iklan yang telah diklik oleh konsumen.

Kekurangan Search Engine Marketing

Berikut ini adalah kekurangan search engine marketing yang perlu kamu ketahui:

1. Persaingan Cukup Ketat

Salah satu kekurangan menggunakan strategi SEM adalah persaingan untuk posisi teratas sangat sulit, terutama jika kata kunci yang kamu pilih populer. Ini terjadi ketika bisnis atau dengan produk kamu. Ini seharusnya tidak menjadi masalah jika kamu memiliki anggaran tak terbatas.

2. Waktu yang Cukup Lama

Agar iklan kamu benar-benar efektif, dibutuhkan waktu yang tidak sedikit agar mendapatkan kata kunci atau keyword yang benar-benar relevan dan sesuai dengan bisnis atau produk kamu.

Tidak hanya itu, dengan banyaknya gadget dan program yang harus dipahami, tentu membutuhkan waktu yang lama.

Belum lagi kamu harus selalu memeriksa dan memperbarui materi kamu untuk menentukan seberapa efisien campuran iklan teks, serta memeriksa dan menguji konten untuk hasil terbaik.

3. Perubahan Algoritma

Sama seperti strategi SEO yang akan berpengaruh jika terjadi perubahan algoritma, begitu pula yang terjadi pada strategi SEM.

Algoritme Google adalah salah satu variabel yang menentukan apakah strategi kamu berhasil atau tidak, karena Google mengubah algoritme mereka 600 kali setiap tahun, dengan sebagian besar perubahan sangat kecil sehingga tidak dilaporkan.

4. Visibilitas Tidak Bertahan Lama

Kekurangan lain dari strategi SEM adalah eksposurnya akan memudar dengan cepat jika kamu berhenti membayar Google, bahkan jika situs web kamu sebelumnya berada di bagian atas mesin pencari.

Perbedaan SEO dan SEM

Perbedaan SEO dan SEM

Diatas kamu juga sedikit menyinggung tentang SEO, dan masih banyak orang beranggapan SEO dan SEM itu sama. Padahal hal itu jauh berbeda. Mari bahas secara mendalam perbedaan SEO dan SEM yang perlu kamu ketahui:

1. SEM Ditandai dengan Jelas di SERPs

Kamu dapat membedakan penempatan berbayar di SERPs dengan ikon “Iklan”. Daftar artikel organik tidak memiliki ini, artinya hasil organik dan hasil berbayar terlihat berbeda.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, iklan berbayar mencakup ekstensi iklan yang memungkinkan kamu melengkapi iklan penelusuran (teks) normal kamu dengan tautan situs, info, nomor telepon, dan fitur lainnya.

Peringkat organik memang memberikan cuplikan yang lebih relevan. Ekstensi iklan, di sisi lain, memberi kamu lebih banyak kontrol atas bagaimana dan kapan mereka muncul.

2. Membayar untuk Setiap Klik atau Tayangan dengan SEM

Bergantung pada jenis kampanye yang kamu buat, pemasar membayar setiap kali pengguna mengklik iklan BPK atau biaya per klik atau BPS atau biaya per seribu tayangan. Namun, mereka tidak membayar apa pun, ketika pengguna mengklik hasil organik yang dinilai oleh SEO.

3. SEM Dapat Mendapatkan Hasil, Mungkin SEO Tidak bisa

Saat kamu meluncurkan kampanye pemasaran mesin pencari (berbayar), kamu mungkin melihat hasil cepat hanya dalam beberapa klik. Iklan kamu akan langsung ditampilkan di hasil pencarian (asalkan disetujui, dan tawaran kamu mencukupi).

SEO, di sisi lain, mungkin memakan waktu kecuali kata kunci yang kamu cari tidak memiliki persaingan, yang jarang terjadi. Setelah meluncurkan strategi SEO, mungkin perlu waktu berbulan-bulan untuk melihat hasil organik.

4. SEO Memberikan Hasil Kumulatif

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa SEO terus memberikan nilai dari waktu ke waktu, sehingga ROI kamu harus kumulatif. Strategi kamu akan berkembang seiring waktu dan memberikan hasil jangka panjang.

Ini tidak terjadi ketika kamu berinvestasi di SEM. Visibilitas kamu akan berkurang segera setelah kamu menonaktifkan iklan.

5. SEM Lebih Mudah Diuji dan Disempurnakan Daripada SEO

Iklan berbayar selalu membutuhkan pengujian. Copy iklan perlu direvisi, audiens baru dapat ditargetkan, dan kamu mungkin harus mengubah konten di landing page agar pengujian kamu berfungsi.

Dan dengan data yang ada, semua ini dapat dilakukan dengan cepat, dengan penyesuaian yang berlaku dan hasil tes yang segera tiba.

Karena sifat algoritme, kamu tidak dapat menguji dengan cara yang sama seperti SEO. Tentu saja, pengujian masih merupakan komponen penting dari strategi SEO yang hebat itu tidak sebanding dengan apa yang memungkinkan PPC.

Tanya Jawab Search Engine Marketing

Berikut ini adalah tanya jawab search engine marketing, yaitu:

1. Apa Tujuan Search Engine Marketing?

Search engine marketing adalah metode untuk meningkatkan eksposur halaman situs web di mesin pencari. Terlepas dari kenyataan bahwa fungsinya tampaknya sama dengan SEO, pengoptimalan yang dilakukan oleh pendekatan sem ini hampir seluruhnya dikompensasi.

2. Kapan Sebaiknya Menggunakan Search Engine Marketing?

Pemasaran mesin pencari sering digunakan untuk meningkatkan tingkat konversi situs web. Ini dicapai dengan menargetkan istilah dengan maksud pembelian pencarian. Misalnya, Anda dapat mempromosikan perusahaan sepatu grosir. Anda menggunakan istilah “jual sepatu murah” untuk mempromosikan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian search engine marketing hingga perbedaan search engine marketing dan SEO yang terdapat di Indonesia.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian search engine marketing (SEM) adalah strategi pemasaran online yang menggunakan aktivitas promosi berbayar untuk meningkatkan kehadiran situs web di halaman hasil mesin pencari.

Related Articles

Back to top button