Cara Pembayaran BNI Virtual Account yang Tepat

Teknatekno.com – Menurut situs resminya, BNI virtual account merupakan nomor identifikasi nasabah perusahaan yang dibuka oleh Bank atas permintaan perusahaan untuk selanjutnya diberikan oleh perusahaan kepada nasabahnya (perorangan atau non-perorangan) sebagai Nomor Rekening Tujuan penerimaan (collection).

Bagi pemilik rekening BNI yang ingin mentransfer uang ke sesama bank BNI maupun ke bank lainnya menggunakan virtual account BNI, kamu bisa simak cara pembayaran menggunakan akun virtual BNI dibawah ini.

Apa itu BNI Virtual Account

Apa itu Virtual Account?

Virtual account adalah akun virtual (intangible) atau akun pembayaran yang dibuat oleh bank khusus untuk setiap pengguna. Biasanya dibuat secara otomatis selama proses produksi dan berisi nomor ID pelanggan yang unik. Nomor virtual account hanya untuk melakukan pembayaran online dan hanya dapat digunakan satu kali.

Dalam kebanyakan kasus, pembuatan akun virtual dilakukan atas permintaan perusahaan yang ingin melakukan operasi transaksi. Setiap transaksi biasanya memiliki satu nomor rekening virtual, juga dikenal sebagai nomor VA. Setiap nomor VA umumnya unik dan bervariasi tergantung pada ketentuan transaksi.

Bentuk nomor VA bervariasi sesuai dengan bank pengguna. Beberapa mengambil bentuk kombinasi unik dari angka atau huruf dan angka. Rekening virtual kini tersedia di hampir semua bank, memungkinkan konsumen bertransaksi online dengan nyaman.

Cara Melakukan Pembayaran Melalui BNI Virtual Account

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk melakukan transfer menggunakan akun virtual BNI:

1. Pilih Metode Pembayaran Virtual Account

Kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran setelah menyelesaikan pesanan di suatu marketplace. Untuk melakukan pembayaran, silakan pilih opsi pembayaran VA. Kemudian klik tombol Bayar Sekarang.

2. Pilih Bank

Setelah memilih bayar sekarang, kamu akan diminta untuk memilih bank mana yang ingin kamu gunakan untuk membayar tagihan VA kamu. Silakan pilih BNI sesuai dengan tutorial kali ini.

3. Mendapatkan Nomor VA

Setelah menentukan bank, kamu akan diberikan VA number atau nomor VA yang dikeluarkan oleh bank tersebut. Nomor ini akan digunakan untuk melakukan transaksi transfer.

4. Melakukan Transfer

Kamu dapat mentransfer uang dengan berbagai cara, antara lain transfer ATM, mobile banking, dan internet banking. Simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Melakukan Transfer BNI Virtual Account

Cara Melakukan Transfer BNI Virtual Account

Berikut ini beberapa cara melakukan pembayaran menggunakan BNI virtual account:

1. Cara Transfer BNI Virtual Account Melalui Transfer ATM

  1. Pilih “Menu Lain” > “Transfer” > “Transaksi Lainnya”
  2. Pilih ke Rekening BNI
  3. Masukkan nomor Virtual Account kamu dan klik “Benar”
  4. Masukkan nominal sesuai tagihan, lalu pilih “Ya”
  5. Jangan lupa untuk memeriksa informasi yang tertera pada layar. Pastikan semua informasi dan total tagihan yang ditampilkan sudah benar. Jika benar, pilih “Ya”
  6. Selanjutnya tekan “Tidak” untuk menyelesaikan transaksi.

2. Metode Pembayaran Akun Virtual BNI Melalui Mobile Banking

  1. Login mobile banking dengan memasukkan User ID dan MPIN kamu
  2. Pilih “Transfer” > “Virtual Account Billing”
  3. Pilih “Input Baru”
  4. Masukkan nomor Virtual Account kamu, lalu pilih “Benar”
  5. Masukkan nominal yang akan dibayarkan, lalu pilih “Benar”
  6. Konfirmasi transaksi dan masukkan password, lalu klik “Lanjut”
  7. Sampai pada tahap ini, transaksi telah berhasil dilakukan.

3. Transfer BNI Virtual Account Melalui Internet Banking

  1. Login ke situs internet banking BNI dengan memasukkan username dan password
  2. Pilih menu “Transaksi” > “Info dan Administrasi Transfer” > “Atur Rekening Tujuan” > “Tambah Rekening Tujuan”, lalu klik “OK”
  3. Isi data rekening, lalu tekan “Lanjutkan”
  4. Selanjutnya akan muncul detail konfirmasi, apabila sudah benar dan sesuai, masukkan 8 digit angka yang dihasilkan oleh APPLI 2 pada token BNI kamu, lalu klik “Proses”
  5. Rekening tujuan berhasil ditambahkan
  6. Pilih “Transfer” > “Transfer Antar Rek BNI”
  7. Lengkapi semua data akun penerima, lalu klik “Lanjutkan”
  8. Transaksi kamu telah selesai

Cara Pembayaran Akun Virtual BNI

Manfaat Virtual Account

Beberapa orang yang masih awam percaya bahwa akun virtual jauh lebih rumit daripada transfer bank manual. Pada kenyataannya, VA mempermudah segala jenis kegiatan transaksi. Berikut adalah beberapa keuntungan dan manfaat menggunakan virtual account:

1. Transaksi Lebih Aman

Pembelian secara online akan terasa lebih aman saat menggunakan opsi pembayaran VA daripada rekening biasa. Setelah transaksi selesai, nomor VA unik yang hanya dapat kamu gunakan untuk satu transaksi akan kedaluwarsa. Ini memastikan bahwa nomor unik tidak disalahgunakan dan transaksi aman.

2. Pembayaran yang Lebih Praktis

Transaksi virtual account secara otomatis tercatat di pembukuan atau rekening kamu. Nomor unik yang kamu gunakan telah divalidasi untuk mencatat bahwa kamu melakukan pembayaran tanpa perlu melacak siapa yang melakukannya. Pesanan atau pembelian online kamu akan segera ditangani.

3. Mempermudah Kegiatan Transaksi

Kamu dapat melakukan transaksi tanpa harus mengantri atau melakukan perjalanan ke bank atau ATM berikutnya. Virtual account membuat mekanisme transaksi atau pembayaran menjadi lebih fleksibel dan praktis. Apalagi sekarang VA dapat diakses di berbagai pasar dan aplikasi.

4. Tanpa Konfirmasi Pembayaran

Saat kamu melakukan pembayaran melalui rekening biasa, seperti transfer ATM, bukti transfer harus difoto dan diserahkan kepada penjual agar pembelian kamu dapat diselesaikan. Kamu juga harus menunggu vendor untuk mengkonfirmasi pembayaran kamu.

Metode tersebut sangatlah berbeda dari VA. Yang mana dalam proses identifikasinya cepat ditemukan dan kamu tidak perlu memverifikasi atau mengkonfirmasi pembayaran. Waktu yang kamu butuhkan cukup singkat dan konfirmasi pembayaran tidak memakan waktu lama.

Jenis-Jenis Virtual Account

Virtual acccount terbagi menjadi dua jenis, diantaranya yaitu:

1. Fixed Virtual Account

Pelanggan memutuskan nomor rekening virtual mereka sendiri; misalnya, aplikasi e-Wallet (OVO, Dana, LinkAja, dll.) menggunakan nomor ponsel pengguna sebagai nomor virtual account tetap, sehingga isi ulang menjadi lebih mudah.

Dengan cara ini, pengguna dapat mentransfer jumlah berapa pun (biasanya lebih dari jumlah minimum) ke akun virtual untuk mengisi kembali saldo e-Wallet mereka.

2. Non-Fixed Virtual Account

Nomor akun virtual dibuat secara acak dan sering digunakan untuk pembayaran satu kali di situs e-commerce. Ketika klien ingin melakukan pembayaran menggunakan akun virtual,

Mereka harus terlebih dahulu memilih opsi rekening bank virtual khusus mereka dan akan diberikan nomor rekening virtual untuk mentransfer dana. Karena akun virtual tidak dipulihkan, lebih mudah untuk merekonsiliasi data transaksi menggunakan teknik ini.

Jumlah Pembayaran Akun Virtual

Berikut ini sistem jumlah pembayaran pada virtual account:

1. Pembayaran Terbuka

Akun virtual dapat menerima jumlah berapa pun, dan seperti halnya e-Wallet, kamu dapat mengirim jumlah berapa pun ke akun virtual. Jumlah berapa pun dapat disetorkan ke akun virtual yang dikeluarkan oleh nomor akun pengguna (biasanya di atas jumlah tertentu).

2. Pembayaran Tertutup

Akun virtual, yang sering digunakan dalam pembayaran e-commerce, hanya dapat menerima sejumlah pembayaran (hingga digit terakhir). Ketika jumlah yang benar dikirim ke akun virtual untuk transaksi, e-commerce dapat dengan mudah mengenali seluruh transaksi.

Jenis-Jenis Penggunaan Akun Virtual

Berdasarkan penggunaannya, virtual account terbagi menjadi:

1. Penggunaan Virtual Account Tunggal (Single Use VA)

Akun virtual akan kedaluwarsa setelah satu kali transaksi (satu kali penggunaan); Jenis ini sangat baik untuk transaksi e-commerce satu kali yang sering digunakan dalam e-commerce.

Jumlah untuk menerima akun virtual akan ditentukan oleh situs e-commerce, dan akun virtual akan kedaluwarsa setelah uang dimasukkan ke dalamnya.

2. Penggunaan Virtual Account Banyak (Multiple Use)

Strategi ini menguntungkan untuk jenis transaksi cicilan; akun virtual dapat dibayar beberapa kali jika belum kedaluwarsa. Kasus penggunaan lainnya adalah menggunakan kembali akun virtual e-Wallet sehingga pengguna dapat mentransfer uang ke akun virtual yang sama yang diberikan ke nomor telepon pengguna.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar cara melakukan transfer atau pembayaran melalui BNI virtual account. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Tinggal kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button