Pengertian Pemasaran, Fungsi dan Jenis

Teknatekno.com – Pada pembahasan sebelumnya kami telah menjelaskan mengenai pemasaran online. Seperti yang kamu ketahui, pengertian pemasaran secara umum adalah suatu proses yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan bisnis.

Pemasaran sering disebut-sebut sebagai salah satu kegiatan yang dapat membantu kelangsungan hidup suatu perusahaan atau organisasi. Sebuah perusahaan tidak dapat tumbuh secara efisien tanpa pendekatan pemasaran.

Nah, untuk mendalami lebih lanjut mengenai pengertian pemasaran, fungsi, jenis-jenis, serta tugas pemasaran, hingga tanggung jawab manajer pemasaran, kamu bisa membaca artikel dibawah ini.

Memahami Pengertian Pemasaran

Memahami Pengertian Pemasaran

Pengertian secara umum pemasaran adalah kegiatan komersial yang lengkap, terkoordinasi, dan terencana yang dilakukan oleh suatu organisasi atau lembaga dalam rangka memenuhi permintaan pasar.

Dengan menghasilkan barang berharga, menentukan harga, mengomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran berharga bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat luas.

Pemasaran lebih sering dikaitkan dengan praktik mempromosikan barang atau jasa kepada calon pelanggan. Periklanan, hubungan masyarakat, promosi, dan penjualan adalah semua aspek pemasaran.

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian pemasaran menurut beberapa ahli yang perlu kamu ketahui:

1. Kotler

Untuk memulai, menurut definisi pemasaran Kotler, pemasaran adalah proses sosial dan manajemen di mana orang dan organisasi mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan memberi, menghasilkan, dan menukar barang berharga dengan orang lain.

2. Downey

Pemasaran adalah studi tentang pergerakan fisik dan ekonomi barang dari produsen melalui dealer dan akhirnya ke konsumen.

3. William J. Stanton

William J. Stanton, seorang tokoh terkenal, juga berbagi pemikirannya tentang pemasaran, yang ia definisikan sebagai “strategi cerdas dalam penetapan harga, promosi, dan distribusi produk dan layanan dengan tujuan membuat pelanggan senang dengan layanan tersebut.”

4. Menurut Kotler (2001)

Menurut Kotler, pemasaran adalah sejenis aktivitas manusia yang memiliki landasan untuk mencapai keinginan dan keinginan melalui proses perdagangan, memberi, dan banyak lagi.

5. Basu dan Hani

Menurut dua tokoh di atas, pemasaran adalah suatu proses tindakan perencanaan dalam pengelolaan produk dan jasa, hingga proses promosi dan distribusi, dengan tujuan keseluruhan untuk memuaskan permintaan dan memperoleh keuntungan dari operasi pemasaran tersebut.

6. Firdaus

Menurut pendapat Firdaus, mengenai pemasaran yakni salah satu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang seperti pengusaha guna dapat mempertahankan suatu kelangsungan hidup, memenuhi kebutuhan juga mendapatkan suatu keuntungan.

7. Assauri

Mengacu pada konsep manajemen pemasaran, dikatakan bahwa, karena pemasaran terdiri dari pelaksanaan, perencanaan, dan distribusi dalam hal pertukaran dan keuntungan, adalah mungkin untuk memenuhi permintaan.

8. Swasta (1996)

Dalam salah satu buku Private, dikemukakan definisi pemasaran, yang mengarah pada suatu kegiatan yang memenuhi kebutuhan, baik dari penjual maupun pembeli, yang melakukan proses negosiasi.

Dan pertukaran dengan tujuan mengembangkan hubungan untuk menghasilkan keuntungan untuk memenuhi kebutuhan.

9. Koller dan Amstrong

Kedua tokoh di atas juga berbagi pemikiran tentang pemasaran, yang merupakan salah satu strategi dan prosedur manajemen yang digunakan baik secara individu maupun kelompok untuk memenuhi tuntutan satu sama lain dan tumbuh melalui pertukaran barang dengan nilai jual mereka sendiri bagi pelanggan.

10. Wikipedia

Menurut Wikipedia, pemasaran adalah salah satu jenis proses mengembangkan hubungan komunikasi antara organisasi dengan tujuan bertukar, membeli, dan menjual produk dan layanan untuk memenuhi permintaan.

11. Lamb, Hair dan Mc.Daniel

Pemasaran adalah perencanaan dan pengelolaan ide, pemasaran, harga, dan distribusi layanan, serta penciptaan pertukaran dengan tujuan individu dan perusahaan.

12.  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pemasaran adalah proses, pendekatan, atau tindakan yang melibatkan mempromosikan produk ke populasi yang lebih luas.

Fungsi Pemasaran

Fungsi Pemasaran

Selain mengetahui pengertian pemasaran, kamu juga perlu mengetahui sebenarnya apa fungsi dari pemasaran itu sendiri. Dalam hal ini, fungsi utama mengapa kegiatan pemasaran dilakukan adalah untuk memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan.

Untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen, dan untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian tumbuh menjadi keinginan manusia. Fungsi pemasaran ada tiga yang harus kamu ketahui, yaitu:

1. Pertukaran

Fungsi pertukaran adalah fungsi pemasaran yang pertama. Pembeli dapat membeli barang dari produsen melalui pemasaran dengan memperdagangkan uang untuk produk atau menukar produk dengan produk (barter) untuk digunakan sendiri atau dijual kembali.

2. Distribusi Fisik

Fungsi pemasaran kedua adalah distribusi fisik, yang melibatkan pemindahan dan penyimpanan barang. Produk dikirim dari produsen ke konsumen dalam berbagai metode, termasuk melalui air, darat, dan udara.

Penyimpanan produk memprioritaskan pasokan produk untuk memastikan tidak ada kekurangan saat dibutuhkan.

3. Perantara

Fungsi perantara adalah fungsi pemasaran ketiga. Produk dapat dikirimkan dari tangan produsen ke tangan konsumen melalui perantara pemasaran yang menghubungkan operasi perdagangan dengan distribusi fisik.

Mitigasi risiko, keuangan, pencarian informasi, dan standarisasi atau klasifikasi produk merupakan contoh tugas fungsi intermediasi.

Jenis-Jenis Pemasaran

Jenis-Jenis Pemasaran

Dalam pemasaran, ada beberapa jenis-jenis yang perlu kamu ketahui yaitu diantaranya adalah:

1. Word of Mouth Marketing

Word of Mouth Marketing adalah semacam pemasaran di mana calon pembeli mendapatkan informasi produk dari pelanggan lain.

Pemasaran dari mulut ke mulut diberikan secara lisan dan dengan senang hati membagikan informasi penting ini kepada orang lain. Terlepas dari kenyataan bahwa taktik ini relatif kuno, namun cukup berhasil hari ini.

2. Call to Action (CTA)

Pemasaran Call to Action (CTA) memanfaatkan situs web yang menyertakan teks, gambar, dan fitur digital lainnya. Strategi ini cukup efektif untuk menarik lebih banyak pembeli internet. Pemasaran CTA harus sangat tepat sasaran karena kebanyakan orang suka mencari barang menggunakan kata kunci.

3. Relationship Marketing

Banyak orang percaya bahwa bentuk pemasaran ini jauh lebih berhasil. Faktanya, banyak bisnis menggunakan ini daripada membayar uang untuk merekrut klien baru. Karena kebanyakan klien tetap setia ketika barang baru diperkenalkan.

4. Cloud Marketing

Cloud Marketing adalah gaya pemasaran di mana semua sumber daya dan aset dihosting secara online. Program afiliasi Amazon adalah salah satu contohnya.

5. PR Marketing

Public Relations adalah bentuk pemasaran yang paling signifikan. Banyak bisnis berkolaborasi dengan media untuk menciptakan kesadaran akan nilai barang kamu dan keuntungan yang kamu berikan saat dibeli oleh pelanggan.

Tugas Pemasaran

Tugas Pemasaran

Keberhasilan setiap perusahaan ditentukan oleh upaya pemasarannya. Sehebat apapun produknya, tidak akan berhasil jika tidak dibarengi dengan marketing plan yang efektif. Adapun beberapa tugas pemasaran adalah sebagai berikut:

1. Memperkenalkan Produk

Tujuan utama dan paling penting dari operasi pemasaran adalah untuk menyajikan barang-barang perusahaan kepada khalayak umum.

2. Mencapai Target Penjualan

Sasaran penjualan produk harus ditetapkan sejak awal. Tim pemasaran harus menyusun strategi untuk memenuhi tujuan ini dengan terus memantau permintaan dan tindakan pasar.

3. Memastikan Kepuasan Konsumen

Kepuasan pelanggan sangat penting dan menjadi fokus bagi tim pemasaran, selain tujuan penjualan. Proses pemasaran dianggap efektif ketika pelanggan puas dengan produk.

4. Membuat Strategi Lanjutan

Tim pemasaran mungkin menggunakan berbagai metode pemasaran untuk memasarkan barang kepada khalayak umum. Pemberian diskon adalah salah satu contohnya.

Rencana tindak lanjut ini bertujuan untuk mencapai tujuan laba yang lebih tinggi dari strategi sebelumnya, misalnya dengan memberikan item tambahan kepada pelanggan dengan harga yang lebih murah.

5. Bekerjasama Dengan Mitra

Pemasaran juga penting dalam menjalin hubungan dengan mitra. Selanjutnya, staf pemasaran bertanggung jawab untuk mengembangkan hubungan positif dengan masyarakat, khususnya dengan konsumen, serta menjadi jembatan antara perusahaan dan dunia luar.

6. Membuat Rekapitulasi Penjualan

Tim pemasaran harus membuat ringkasan data penjualan yang akurat dan terstruktur dengan baik. Organisasi membutuhkan data penjualan untuk mengembangkan tujuan dan taktik pemasaran di masa depan.

Tanggung Jawab Pemasaran

Tanggung Jawab Pemasaran

Berikut ini adalah tanggung jawab yang dipikul oleh manajer pemasaran yang harus kamu ketahui:

  1. Mengawasi serta mengembangkan strategi pemasaran.
  2. Melakukan riset dan menganalisa data untuk mengidentifikasi target pasar yang pas.
  3. Merancang serta menyajikan ide lengkap dengan strateginya.
  4. Melakukan aktifitas promosi.
  5. Mengumpulkan dan mendistribusikan informasi statistik dan finansial.
  6. Merawat website perusahaan dan memikirkan strategi kampanye online.
  7. Menyelenggarakan event dan pameran.
  8. Update database serta memanfaatkan CRM (Customer Reationship Management).
  9. Pengkoordinasian budaya marketing secara internal dan organisasi.
  10. mengawasi performa.
  11. Melakukan kampanye di sosial media.

BACA JUGA:

Apa Perbedaan Pemasaran dan Penjualan
Definisi Konsep Pemasaran Menurut Para Ahli
Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli
Strategi Pemasaran UMKM yang Efektif di Masa Pandemi

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian pemasaran adalah kegiatan komersial yang lengkap, terkoordinasi, dan terencana yang dilakukan oleh suatu organisasi atau lembaga dalam rangka memenuhi permintaan pasar.

Pemasaran juga penting dalam menjalin hubungan dengan mitra, pemasaran juga terdiri dari pelaksanaan, perencanaan, dan distribusi dalam hal pertukaran dan keuntungan.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar pengertian pemasran, fungsi, jenis-jenis, serta tugas pemasaran, hingga tanggung jawab manajer pemasaran. Terimakasih sudah membaca, semoga artikel ini bermanfaat ya!

Related Articles

Back to top button