Apa itu Blog? Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Teknatekno.com – Tahukah kamu apa itu blog? Menurut wikipedia, blog berasal dari dua kata, yaitu web dan log. Dizaman serba canggih ini, banyak orang yang memanfaatkan website untuk menghasilkan konten-konten atau hasil karya yang menarik dan tentunya menghasilkan cuan. Salah satunya yaitu melalui blog.

Lantas, apa sebenarnya blog itu? Bagaimana cara memulai dan membuatnya? Memangnya bisa menghasilkan uang lewat blog? Untuk menjawab rasa penasaran kamu, mari simak artikel dari Teknatekno dibawah ini.

Teknatekno akan menjelasakan untuk kamu tentang apa itu blog, apa saja jenis-jenis blog, manfaat dari blog sampai dengan cara membuat blog.

Pengertian Apa itu Blog

Pengertian Apa itu Blog

Apa itu blog? Blog adalah sebuah website berupa media online yang memuat beragam materi seperti artikel, gambar, video, dan lain-lain yang secara rutin diupdate. Blog ini juga mencakup berbagai tema, termasuk kesehatan, gaya hidup, teknologi, keahlian memasak, mode, dan sebagainya.

Pada hakikatnya blog adalah wadah transmisi berbagai informasi yang dikendalikan oleh satu atau lebih blogger dalam bentuk tulisan berupa pemikiran, analisis, dan data digital lainnya.

Sementara itu, wikipedia mendefinisikan blog sebagai bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya bisa diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Apa Perbedaan Blog dan Website?

Website adalah kumpulan halaman online yang bisa diakses melalui internet pada alamat domain tertentu. Situs web sering kali menampilkan informasi produk atau layanan. Situs web juga sering statis karena mereka terutama menyediakan informasi produk atau layanan.

Ini berarti kamu tidak perlu mengubah tata letak atau konten kamu secara teratur. Dalam hal kepemilikan, website sering dimanfaatkan untuk organisasi, sekolah, institusi, toko online, perusahaan, dan lain sebagainya.

Sedangkan blog adalah semacam situs web yang menawarkan materi artikel dalam bentuk pandangan, pengalaman, dan keahlian. Blog sering bersifat dinamis, dengan informasi yang harus diposting dan diperbarui secara teratur.

Konten blog adalah sumber kehidupan yang menentukan sukses atau tidaknya sebuah blog. Sementara itu, sebagian besar blog dimiliki oleh perseorangan. Namun, bisnis, perusahaan, dan institusi juga mempunyai blog untuk inisiatif promosi dan pemasaran.

Sejarah Blog dan Perkembangannya

Blog memiliki sejarah dari tahun ke tahun. Berikut penjelasan mengenai sejarah perkembangan blog:

Pada Tahun 1994

Perkembangan blog pertama kali dibuat oleh seorang mahasiswa bernama Justin Hall, yang juga mengoperasikan situs internet pribadi bernama Links.net. Banyak orang mengikuti jejak Justin Hall dan membuat akun situs web pribadi setelah melihat pengalaman pribadi situs tersebut dengan teman-teman.

Pada Tahun1997

Ditahun ini, Jorn Barger menciptakan istilah “weblog”. Weblog adalah gabungan situs web dan log yang merinci aktivitas online atau login. Seperti Justin Hall, Barger juga mengelola weblog untuk mendokumentasikan aktivitas online-nya.

Pada Tahun 1999

Seorang desainer situs web bernama Peter Melholtz membuat dan mempromosikan nama blog. Peter menikmati permainan kata-kata di blog pribadinya dan terkejut bahwa kata “blog” akan memiliki pengaruh yang begitu besar dan dianut oleh masyarakat umum. Pada tahun yang sama, layanan blogging seperti LiveJournal, Blogger, dan Xanga muncul.

Pada Tahun 2001

Enda Nasution mendirikan blog ini di Indonesia. Kontribusinya pada komunitas blogging membuatnya mendapatkan julukan “Bapak Blogger Indonesia”. Pada 27 Oktober 2007, ia juga mengadakan pesta blogger dengan blogger Indonesia lainnya. Acara tersebut akhirnya ditetapkan sebagai Hari Blogger Nasional.

Pada Tahun 2003 Sampai Sekarang

Platform Blogger kemudian secara resmi diambil alih oleh Google tahun 2003, sementara WordPress didirikan pada tahun yang sama. Keduanya sama-sama mudah digunakan dan gratis untuk digunakan, oleh karena itu keduanya mendapatkan umpan balik positif dari komunitas.

Seiring waktu, sistem blogging yang lebih komprehensif dan menarik telah muncul. Sampai saat ini, blog juga menjadi aspek penting dari upaya pemasaran pemilik perusahaan.

Tujuan Pembuatan Blog

Tujuan Pembuatan Blog

Berikut adalah beberapa tujuan dari blog yang bisa kamu ketahui :

  1. Memberikan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi orang lain dan diri sendiri.
  2. Menyalurkan minat dan hobi yang kita punya serta mengisi waktu luang kita dengan hal-hal yang bermanfaat.
  3. Bertukar pikiran dan pengetahuan dengan pembaca blog.
  4. Berbagi pengalaman dan kisah perjalanan hidup yang unik.
  5. Menguntungkan bagi diri sendiri maupun orang lain, karena bisa digunakan untuk tujuan komersial atau kegiatan bisnis.

Apa Manfaat dari Blog?

Setelah mengetahui pengertian apa itu blog serta sejarahnya, selanjutnya kita akan membahas manfaat dari blog. Blog memiliki berbagai manfaat bagi para penggunanya, diantaranya:

1. Sebagai Media Berbagi Informasi

Blog adalah media yang mudah untuk berbagi informasi. Kamu bisa belajar banyak tentang topik tertentu atau umum dengan menggunakan platform yang satu ini. Blog juga cukup berguna dan mudah digunakan untuk semua orang.

2. Sebagai Alat Publikasi

Blog adalah salah satu tempat di mana kamu bisa mengekspresikan diri secara kreatif secara gratis. Entah itu kisah pribadi kamu, sudut pandang, atau karya lainnya.

Jika kamu memiliki bisnis, blog bisa digunakan untuk mempublikasikan informasi sehingga klien bisa dengan mudah mengunjungi situs web kamu; mereka juga bisa menjamin kelangsungan hidup perusahaan kamu. Menulis di blog bisa menghemat biaya publikasi di media online jika dihitung dan diikuti dengan benar.

3. Sebagai Portofolio Online

Manfaat lain dari sebuah blog adalah bisa digunakan sebagai portofolio online. Portofolio adalah komponen penting untuk memudahkan klien dan perusahaan mempelajari pengetahuan dan pengalaman kamu.

Kamu sekarang bisa menggunakan Blog untuk membangun portofolio online konten, foto, atau proyek kamu. Dengan tema dan desain blog yang menarik, kamu bisa membuat blog kamu cantik dan menarik konsumen.

4. Sebagai Alat Branding

Blog juga bisa menjadi alat yang efektif untuk branding. Jika kamu seorang ahli, menulis artikel tentang topik tertentu di blog kamu bisa membantu kamu mendapatkan pengakuan yang lebih besar sebagai otoritas.

Akibatnya, pelanggan atau klien potensial tidak perlu ragu untuk menggunakan layanan kamu. Blog memungkinkan kamu untuk membangun merek atau branding perusahaan kamu sambil juga memberikan informasi produk penting kepada pelanggan.

5. Sebagai Iklan Produk atau Layanan

Kamu juga bisa menggunakan blog untuk memasarkan barang atau jasa kamu sehingga lebih mudah dikenali oleh banyak orang.

6. Sebagai Sarana Berkreasi

Kamu juga bisa memanfaatkan blog untuk memanfaatkan semua energi kreatif atau kreativitas kamu dalam disiplin lain. Misalnya, menulis, fotografi, dan bisnis.

Apa Saja Struktur Blog?

Pada umumnya, blog memiliki desain dan struktur yang agak beragam untuk menarik pembaca. Namun, secara umum, struktur blog sering kali mencakup komponen-komponen berikut:

1. Header

Header blog, yang meliputi judul, deskripsi, dan menu blog.

2. Bilah Navigasi

Fitur ini dikenal sebagai menu, dan memungkinkan pengguna untuk memilih dan membaca dengan teliti materi blog yang dibutuhkan.

3. Blog Utama

Blog utama adalah tempat postingan blog disimpan. Bagian ini disusun sebagai berikut: judul, tanggal, nama penulis, dan kotak komentar. Konten blog sering diberikan di bagian utama blog tidak hanya dalam bentuk tekstual, tetapi juga bisa berupa foto dan video.

4. Bilah Samping

Bilah samping blog sering kali menyertakan saran untuk artikel populer, widget, iklan, atau informasi tambahan lainnya.

5. Footer

Pembaca bisa menemukan informasi penulis, informasi kontak, formulir pendaftaran, dan alamat email di bagian bawah blog.

Apa Saja Ciri-Ciri Blog

Apa Saja Ciri-Ciri Blog?

Sebenarnya blog yang menarik itu memiliki beberapa ciri-ciri tertentu, diantaranya:

  1. Nama dan alamat bisa diakses dan tersedia secara online.
  2. Memiliki tujuan.
  3. Mempunyai konten atau kontribusi berupa artikel, catatan maupun informasi lainnya.
  4. Postingan atau konten blog bisa disimpan (diarsipkan menurut tanggal publikasi, bulan, tahun).
  5. Konten blog terus ditambahkan atau dimodifikasi sesuai dengan tujuan blog.

Jenis-Jenis Blog

Berikut ini merupakan beberapa jenis blog yang bisa kamu ketahui, antara lain:

1. Blog Pribadi

Jenis blog ini berfokus pada kehidupan pribadi blogger. Blogger sering menggunakan blog pribadi sebagai buku harian, catatan, dan dokumentasi lain tentang kehidupan, hobi, dan minat mereka. Karena tujuannya adalah untuk menyampaikan kisah pribadi para blogger, gaya blog ini seringkali tidak membahas satu topik pun.

2. Blog Perusahaan atau Bisnis

Blog semacam ini lebih berfokus dan berkaitan dengan penyediaan konten atau tulisan tentang pemasaran digital untuk mengembangkan perusahaan atau bisnis. Akibatnya, kamu bisa menggunakan teknik SEO yang benar untuk mendorong konten kamu ke bagian atas hasil pencarian Google.

3. Blog Politik

Blog jenis ini berisi tentang berita politik, aktivis politik, dan segala hal tentang politik, seperti kampanye, dan sebagainya.

4. Blog Pendidikan

Blog jenis ini mencakup berbagai hal tentang pendidikan dan umumnya ditulis oleh seorang guru atau seseorang yang memiliki pengetahuan tentang pendidikan.

5. Blog Kesehatan

Blog jenis ini adalah blog yang membahas lebih jauh tentang kesehatan, yaitu keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, fakta kesehatan, dan masih banyak lagi.

6. Travel Blog

Biasanya, blog semacam ini membahas tentang petualangan perjalanan dan menyediakan informasi perjalanan atau traveling.

Beberapa Istilah Dalam Blog

Tentu saja, setiap platform media online memiliki beberapa istilahnya sendiri, tidak terkecuali dengan blog. Ada berbagai istilah yang sering digunakan pengguna blog, diantaranya adalah:

  1. Blog : Singkatan dari weblog, yaitu semacam aplikasi online yang sebanding dengan tulisan di situs web pada umumnya.
  2. Blogger : Istilah yang digunakan untuk orang yang menulis di blog.
  3. Blogroll : Merupakan fitur yang menampilkan tautan tertentu bergantung pada kontribusi kamu. Fitur ini sering digunakan oleh blogger untuk berbagi link.
  4. Blogosphere : Istilah yang digunakan untuk menggambarkan lingkungan yang dihasilkan oleh jaringan blog.
  5. Posting : Adalah kegiatan mengunggah konten yang dibuat di blog.
  6. Laman : Hampir sama dengan halaman atau postingan, namun konten yang diketik pada halaman tersebut akan disajikan sebagai menu pada halaman blog satu per satu.
  7. Komentar : Di sinilah pengunjung bisa memberikan umpan balik tentang konten yang kamu terbitkan. Komentar ini juga bisa mencakup ide, kritik, dan perdebatan.
  8. Komentar SPAM : Merupakan komentar yang diterbitkan hanya untuk alasan komersial atau untuk mendapatkan backlink, dan tidak relevan dengan topik yang sedang dibahas.
  9. Traffic : Yaitu mengacu pada mereka yang mengunjungi blog kita, atau sering dikenal sebagai pengunjung blog.
  10. Anchor text : Yaitu sebuah teks yang berisi link..
  11. Backlink : Yaitu link atau tautan di blog lain yang mengarah ke blog kita.
  12. Tata letak : Adalah bagian dari Blogger. Bagian ini untuk menambah, menghapus, atau mengatur letak gadget atau widget blog.
  13. Template : Merupakan pola atau desain yang digunakan dalam sebuah blog. Template ini sering digunakan untuk membentuk tampilan blog kamu.
  14. HTML (HyperText Markup Language) : Adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk menghasilkan tampilan website.
  15. JavaScript : Adalah ahasa pemrograman yang dirancang khusus untuk situs web agar tampak lebih hidup.

Bagaimana Cara Membuat Blog

Bagaimana Cara Membuat Blog?

Untuk mempelajari cara membuat blog, kamu harus terlebih dahulu mempunyai akun email. Email dari Gmail, Outlook, atau Yahoo tidak masalah. Untuk membuat blog, kami akan mengajari kamu cara memanfaatkan Gmail.com untuk membuat blog di Blogger.com:

  1. Pertama, buka https://www.blogger.com.
  2. Saat halaman pendaftaran dimuat, lihat di pojok kanan atas dan ubah bahasanya ke bahasa Indonesia agar lebih jelas. Silakan gunakan nama pengguna dan kata sandi Gmail kamu untuk masuk (kamu bisa masuk ke Blogger dengan akun email kamu).
  3. Pilih tombol Blog Baru. Masukkan judul blog serta URL blog yang diinginkan. Ingatlah bahwa kamu harus serius dalam membuat alamat blog (kecuali kamu kemudian mengubahnya menjadi domain khusus), karena alamat blog tidak bisa diubah secara permanen. Jika alamat yang diinginkan tidak bisa diakses, berikan alamat yang lain. Jika kamu sudah memiliki alamat blog, klik panah blog baru.
  4. Pilih template yang kamu inginkan (kamu bisa memodifikasinya nanti) lalu klik Buat Blog.
  5. Untuk melanjutkan, klik opsi Mulai Blog.
  6. Setelah masuk ke Post Editor, isi informasi yang diperlukan (kami sarankan langsung posting agar blog kamu tidak terkunci). Misalnya: Selamat datang di 2022. Untuk melihat iklan yang akan tampil di blog kamu di masa mendatang, klik tombol Preview. Jika kamu ingin mempublikasikan posting kamu, klik tombol Publish Entry, setelah itu postingan kamu akan dipublikasikan.
  7. Selesai.

Kelebihan dan Kekurangan Blog

Blog memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

Kelebihan Blog

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh blog yaitu:

  1. Weblog memungkinkan kamu untuk terhubung dengan kenalan lama dan bertemu individu baru dalam komunitas yang luas.
  2. Blog mengungguli email dalam hal fungsionalitas, karena satu postingan blog bisa dilihat oleh banyak orang. Berbeda dengan e-mail, yang hanya bisa dilihat oleh pengirimnya.
  3. Pembaca blog bisa langsung mengungkapkan pemikiran mereka tentang informasi yang kamu hasilkan dengan meninggalkan komentar langsung di blog.
  4. Weblog juga bisa digunakan untuk penerbitan, periklanan, bisnis perusahaan, buku harian, dan tujuan lainnya.

Kekurangan Blog

Adapun kekurangan yang dimiliki oleh blog yaitu:

  1. Blog sering terinfeksi virus.
  2. Rentan dari serangan hacker dan peretas.
  3. Diatur oleh peraturan yang ditetapkan oleh Google.
  4. Tulisan yang dibuat tidak bisa dipertanggung jawabkan.
  5. Template yang ditawarkan memiliki pilihan terbatas atau bahkan tidak ada sama sekali.

FAQ Seputar Blog

FAQ

Berikut pertanyaan seputar apa itu blog.

Apakah Bisa Mendapatkan Uang dari Blog?

Kita bisa mendapatkan uang dengan berbagai cara melalui blog. Beberapa di antaranya adalah menjadi brand ambassador suatu produk (endorsement), memproduksi buku, dan mendirikan label fashion.

Apa Bedanya Blog dan Website?

Perbedaan antara blog dan website salah satunya adalah arah komunikasi. Blog cenderung lebih interaktif, sedangkan website atau situs web hanya bersifat satu arah. Kamu bisa meninggalkan komentar pada salah satu posting blog. Kamu juga bisa menanggapi dan melakukan hal-hal lain.

Apa Perbedaan Antara Blog dan Vlog?

Blog adalah media atau rekomendasi yang bisa digunakan siapa saja untuk mempublikasikan artikel, narasi, atau pengalaman dalam bentuk teks dengan foto, audio, dan video. Sedangkan vlog adalah campuran dari frase video dan blog, sering dikenal sebagai vidblogging.

Bagaimana Cara Membuat Blog di HP?

Kamu bisa membuat blog secara gratis di HP dengan langkah-langkah berikut:

  1. Download Google Chrome Android di Playstore terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya buka situs blogger.com.
  4. Setelah muncul tampilan dari situs blogger.com, silakan klik tombol Create Your Blog.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa blog adalah sebuah website berupa media online yang memuat beragam materi seperti artikel, gambar, video, dan lain-lain yang secara rutin diupdate. Blog ini juga mencakup berbagai tema, termasuk kesehatan, gaya hidup, teknologi, keahlian memasak, mode, dan sebagainya.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar apa itu blog, mulai dari pengertiannya, sejarahnya, jenis-jenisnya, sampai dengan cara membuat blog yang mudah bagi pemula. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu seputar apa itu blog. Sekian dan terima kasih!

Related Articles

Back to top button