Inilah Perbedaan Gaji dan Upah

Teknatekno.com – Setiap orang di dunia pasti mempunyai pekerjaan. Tentu saja pekerjaan itu tetap ataupun freelance tentunya mereka mendapatkan gaji dan upah, namum apakah kamu tahu perbedaan gaji dan upah? Sekilas memang hampir sama atau mirip tapi keduanya mempunyai perbedaan yang cukup signifikan.

Tentu saja perbedaan gaji dan upah ini merupakan bagian dari hak dan kewajiban yang harus dipahami, sehingga pekerja dan pencari kerja perlu mewaspadai perbedaan ini. Nah untuk itu kamu bisa baca penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Gaji

Pengertian Gaji

Menurut definisi gaji adalah jenis pembayaran berulang dari pemberi kerja atau atasan. Hal ini sangat penting bagi setiap karyawan yang bekerja dalam suatu bisnis. Karena itu adalah bagaimana seseorang dapat memenuhi tuntutan sehari-hari mereka. Kinerja karyawan juga dapat dipengaruhi oleh gaji.

Jumlah yang dibayarkan dalam gaji juga berbeda. Tergantung pada nilai, kinerja, dan pentingnya karyawan bagi kemajuan perusahaan.

Jika karyawan tidak memainkan fungsi vital dalam perusahaan, gajinya akan rata-rata, tetapi pekerja yang memainkan peran penting dalam perusahaan akan dibayar dengan baik.

Bentuk-Bentuk Gaji

Jadi gaji itu mempunyai bentuk-bentuknya sesuai dengan kriterianya, berikut ini adalah bentuk-bentuk gaji yang perlu kamu ketahui:

1. Pokok

Gaji yang dibayarkan kepada pekerja berdasarkan pekerjaan dan layanan yang ditawarkan kepada organisasi. Ketika karyawan pertama kali mulai bekerja, gaji pokok minimal ditetapkan.

2. Insentif

Penggajian semacam ini mencakup dua jenis: uang makan dan transportasi, dan satu lagi ada uang lembur.

3. Uang Makan dan Transport

Adalah bonus yang dibayarkan kepada pekerja sebagai tambahan gaji pokok mereka yang dihitung berdasarkan tingkat dan posisi mereka dalam kaitannya dengan kompetensi mereka. Dengan perhitungan setiap hari, tetapi disampaikan pada setiap penerimaan gaji.

4. Uang Lembur

Jumlah nominal uang lembur akan berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Karena korporasi memiliki nominal per jam tersendiri. Namun, keputusan uang lembur juga diatur oleh peraturan perundang-undangan.

5. Tunjangan

Tunjangan yang diberikan kepada setiap karyawan tergantung pada kebutuhan mereka dan dapat berjumlah satu bulan gaji.

6. Bonus Tahunan

Adalah bonus yang dibayarkan kepada pekerja setahun sekali jika perusahaan untung, biasanya pada bulan desember, dan besar kecilnya bonus ditentukan oleh prestasi kerja masing-masing karyawan.

Pengertian Upah

Pengertian Upah

Mendefinisikan upah sehingga kita dapat membedakannya dari gaji. Upah adalah hak tenaga kerja yang diterima dan direpresentasikan dalam bentuk uang. Pembayaran upah akan dimasukkan dalam perjanjian awal untuk menghitung nominalnya.

Hal ini diatur dalam UU 13/2003 Pasal 1 angka (30), yang menyatakan bahwa upah adalah hak tenaga kerja karyawan yang diperoleh dan diwakilkan dalam bentuk uang.

Pengusaha atau pemberi kerja mengacu pada perjanjian kerja, kontrak kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi karyawan atau buruh dan keluarganya atas pekerjaan dan jasa yang telah atau akan dilakukan.

Upah minimal adalah patokan minimal yang digunakan oleh pengusaha atau pelaku industri untuk memberikan upah kepada karyawan di perusahaan atau lingkungan kerjanya. Karena pemenuhan kebutuhan pokok berbeda-beda tiap provinsi, maka disebut sebagai upah minimum provinsi.

Menurut Pasal 89 UU No. 13, penetapan upah minimum ditujukan untuk memenuhi kebutuhan hidup layak. Gubernur menetapkan upah minimum setelah memeriksa usulan dari dewan pengupahan provinsi, yang meliputi perusahaan, pemerintah, serikat pekerja atau serikat buruh, perguruan tinggi, dan pakar.

Pembayaran upah harus dilakukan dengan uang tunai yang sah. Pembayaran upah dilakukan di tempat kerja atau kantor perusahaan kecuali dinyatakan lain dalam perjanjian atau undang-undang perusahaan.

Sistem Upah di Indonesia

Berikut ini adalah sistem upah yang ada diindonesia yang perlu kamu ketahui:

1. Sistem Upah Menurut Waktu

Metode ini didasarkan pada waktu kerja pekerja, yang dapat dihitung per jam, hari, minggu, atau bulan.

2. Sistem Upah Borongan

Metode ini didasarkan pada pembayaran untuk pekerjaan yang telah diselesaikan. Manfaat dari pendekatan ini adalah pekerja mengetahui jumlah upah yang diterima secara tepat, dan pemberi kerja tidak perlu berkomunikasi dengan pekerja secara langsung.

3. Sistem Co-Partnership

Sistem jenis ini memberikan upah kepada pekerjanya berupa saham atau obligasi perusahaan. Dengan saham atau obligasi tersebut, para pekerja merasa memiliki sendiri perusahaan tersebut

4. Sistem Bagi Hasil

Seorang sopir angkot, misalnya, siap lalai demi mengumpulkan setoran. Setoran tersebut nantinya akan dibayarkan kepada pemilik angkot. Semakin banyak setoran yang dilakukan, semakin banyak upah yang dibayarkan. Strategi ini bergantung pada usaha keras pekerja.

5. Sistem Upah Premi

Sistem ini ditentukan oleh prestasi ditambah premi.

6.Sistem Upah Berkala

Upah ini ditentukan oleh tingkat pertumbuhan atau penurunan hasil penjualan. Ketika penjualan naik, upah juga naik, dan sebaliknya.

7. Sistem Bonus

Pekerja mendapatkan perubahan ekstra sebagai bagian dari keterlibatan mereka dalam pengembangan perusahaan, selain upah yang ditetapkan. Biasanya, upah ekstra ini dibayarkan pada akhir tahun ketika pembukuan ditutup.

Perbedaan Upah dan Gaji

Perbedaan Gaji dan Upah

Berikut ini adalah beberapa perbedaan gaji dan upah yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

1. Definisi Upah dan Gaji

Gaji, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mengacu pada upah yang diberikan untuk tenaga kerja yang dilakukan pada periode tertentu.

Sedangkan upah, sebagaimana didefinisikan dalam UU No. 13 Tahun 2003, adalah hak pekerja atau buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja.

kepada pekerja atau buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja atau buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan jasa yang telah atau akan dilakukan.

Upah dapat dibayarkan secara tidak tetap, sesuai dengan sasaran kerja yang disepakati antara perusahaan dan pekerja. Sementara itu, upah dibayarkan secara berkala dan pada periode tertentu.

2. Komponen Penyusun

Gaji terdiri dari lima komponen:

  • Gaji pokok.
  • Tunjangan tetap (seperti tunjangan jabatan)
  • Tunjangan tidak tetap (tunjangan yang bergantung pada kehadiran)
  • Uang lembur (jika ada)
  • Potongan (potongan pajak atau cicilan utang, misalnya)

Kelima komponen tersebut akan tetap ada pada potongan gaji sampai karyawan meninggalkan perusahaan. Meskipun jumlahnya bervariasi, biasanya tidak berlebihan karena tunjangan tidak tetap.

Tunjangan transportasi adalah salah satu tunjangan non-permanen yang diberikan hanya jika karyawan tiba di tempat kerja. Tidak ada tunjangan transportasi jika mereka sedang cuti atau berlibur. Demikian pula, kompensasi lembur akan mendongkrak jumlah gaji yang diperoleh karyawan.

Sementara itu, akan ada faktor pengurang, umumnya ditetapkan setidaknya untuk sementara. Upah menjadi kurang tetap. Upah mungkin dibayarkan tergantung pada jam kerja pekerja, tingkat kehadiran, atau tujuan kerja harian.

Meskipun perhitungannya didasarkan pada kesepakatan bersama antara pekerja dan pemberi kerja, jumlah upah dapat bervariasi dari hari ke hari dan dari satu pekerja ke pekerja berikutnya.

Dalam upah bagi para pekerja ini kadang ada juga tunjangan makan ataupun uang lembur, yang diberikan atas dasar kehadiran ataupun jam kerja. Jadi selain upah pokok, juga ada tambahan lainnya. Upah juga bisa diberikan pada para pekerja lepas, yang bekerja berdasarkan ikatan kerja informal.

Biasanya, upah hanya dibayarkan tergantung pada hasil pekerjaan yang diberikan kepada pemberi kerja. Tidak ada komponen tunjangan dalam upah pekerja lepas, tidak seperti gaji.

3. Status karyawan

Perbedaan gaji dan upah selanjutnya adalah antara terkait dengan kedudukan pekerja. Kita mengenal setidaknya dua strata karyawan dalam struktur organisasi perusahaan.

Terutama jajaran manajemen dan tenaga eksekutif, atau yang sering disebut sebagai pekerja. Biasanya, sudah terlihat dari sini. Manajer dibayar berdasarkan gaji, sedangkan pekerja dibayar berdasarkan upah.

Gaji akan naik seiring dengan bertambahnya masa kerja, pangkat, dan tanggung jawab seorang karyawan. Upah, di sisi lain, tidak terpengaruh oleh jalur profesional pekerja.

4. Waktu pembayaran

Gaji, seperti yang disebutkan pada poin pertama perbedaan antara upah dan gaji di atas, dibayarkan pada periode reguler. Misalnya, sebulan sekali di akhir bulan, di awal bulan, atau pada tanggal-tanggal tertentu yang ditentukan dalam perjanjian kerja.

Ada juga yang dibayarkan secara lebih teratur, seperti tahunan. Upah akan dibayarkan selamanya. Tergantung pada kesepakatan dengan pemberi kerja, mereka mungkin mendapatkannya setiap hari, mingguan, atau bulanan. Dan itu tidak sama untuk freelancer.

Upah sering kali dibayarkan ketika tugas selesai dengan mengajukan tagihan kepada pemberi kerja. Namun, ada pula yang menggunakan skema uang muka setiap pekerjaan. Alhasil, sepenuhnya tergantung kebijakan masing-masing profesional.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar perbedaan gaji dan upah yaitu:

1. Apa Perbedaan antara Upah Minimum dan Gaji Pokok?

UMK harus lebih besar dari UMP berdasarkan PP yang sama. Selain itu, perhitungan upah minimum ini hanya berlaku untuk pekerja dengan masa kerja kurang dari satu tahun.

Gaji pokok, sebagai lawan dari UMR, adalah insentif mendasar yang diberikan kepada karyawan tergantung pada tingkat atau jenis tenaga kerja yang dilakukan.

2. Apa Perbedaan Gaji Bulanan dan Upah?

Gaji bulanan, misalnya, dibayarkan pada akhir atau awal setiap bulan. Di sisi lain, upah diberikan kepada karyawan pada interval yang tidak dapat diprediksi setelah tugas diselesaikan.

Akibatnya, upah akan diberikan berdasarkan jumlah tenaga kerja yang diselesaikan. Sementara upah akan dibayarkan secara teratur selama jangka waktu yang telah ditentukan.

BACA JUGA:

Apa itu Programmer? Tugas, Jenis, Gaji dan Skill yang Dibutuhkan
Apa itu Sales Counter? Pengertian, Tugas dan Gajinya
Apa itu Komisaris? Pengertian, Tugas, Gaji dan Tanggung Jawabnya

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa perbedaan gaji dan upah bahwa perbedaannya sebenarnya gaji itu lebih mengarah pada kegiatan yang dilakukan sedangkan upah adalah bentuk dari kegiatan gaji itu.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar perbedaan gaji dan upah. Semoga bermanfaat ya!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like