Apa itu Inovatif dan Contohnya

Teknatekno.com – Apakah teknozen sudah tahu apa itu inovatif? Inovatif adalah kemampuan yang bernilai tinggi dalam dunia kerja. Seseorang dengan kemampuan inovatif dan dapat memberikan solusi pada perusahaan banyak dicari oleh recruiter.

Untuk mengelola perusahaan yang sukses, kamu harus berpikir kritis untuk menghasilkan ide-ide segar dan strategi untuk berkembang.

Salah satunya adalah dengan melakukan proses inovatif yang akan memungkinkan organisasi untuk berkembang dan mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang. Kamu dapat menemukan informasi tambahan dalam artikel di bawah ini.

Apa itu Inovatif

Apa itu Inovatif

Istilah inovatif berasal dari kata inovasi. Frasa ini mengacu pada keinginan untuk mempelajari dan menerapkan gagasan, barang, proses, atau produk baru yang terkait dengan posisi pekerjaan, unit kerja, atau organisasi. Bakat inovatif membantu dalam pengembangan produk atau layanan bernilai tinggi.

Lebih jauh lagi, menjadi inovatif adalah bagian dari proses pengembangan ide dan solusi. Prosedurnya sangat rumit. Untuk mencapainya dengan sukses, kamu harus mendekati masalah dan benar-benar memahaminya.

Dalam dunia bisnis, inovatif adalah keahlian yang mempunyai nilai sangat tinggi. Pemanfaatan kemampuan inovatif secara tepat, dapat membantu kamu dalam melakukan pengembangan strategi bisnis. Selain itu, kamu juga bisa memperoleh manfaat dalam proses desain ulang produk, eksplorasi metode produksi, serta perbaikan berbagai aspek dalam perusahaan.

Manfaat Inovatif

Menggunakan bakat inovatif kamu di tempat kerja akan membantu kamu dalam mengembangkan metode untuk menghasilkan, memprioritaskan, dan mengevaluasi ide-ide secara progresif sehingga kamu dapat menerapkannya.

Secara konsisten menggunakan metode inovatif juga akan membantu kamu dalam membuat penilaian yang lebih baik, meningkatkan efisiensi, menurunkan risiko, dan merampingkan penciptaan ide-ide baru. Manfaat lain dari bakat berpikir inovatif meliputi:

1. Berkontribusi Dalam Membangun Personal Brand

Menggunakan bakat inovatif di tempat kerja adalah salah satu metode untuk meningkatkan merek pribadi kamu. Menjadi seorang inovator dapat membantu kamu menciptakan merek kamu sendiri, yang sangat penting untuk jaringan kerja.

2. Meningkatkan Motivasi

Seseorang dengan bakat berpikir inovatif umumnya proaktif dalam pengembangan pekerjaan kamu. Memiliki sikap positif dan proaktif di tempat kerja dapat membantu kamu menjadi lebih terlibat, yang akan meningkatkan produktivitas dan motivasi.

3. Mendorong Kolaborasi

Bertukar pikiran tentang gagasan dan memiliki keberanian untuk mengatasi tantangan sangat penting untuk sukses sebagai seorang penemu.

Ketika pemecahan masalah dan kreativitas adalah bagian dari merek pribadi Anda, rekan kerja akan mendekati Anda untuk meminta bantuan atau percakapan.

Ciri-Ciri Inovatif

Ciri-Ciri Inovatif

Selanjutnya, kamu perlu tahu kalau sikap dan kemampuan inovatif mempunyai ciri-ciri tertentu, di antaranya:

1. Faktor Baru

Unsur baru adalah ciri khas dari pemikiran inovatif. Seorang inovator selalu mencari ide-ide segar untuk memecahkan masalah. Sebagai hasilnya, mereka terus-menerus berusaha untuk menyelesaikan setiap tantangan dengan cara yang unik.

2. Terencana

Sikap yang terencana dengan baik adalah atribut berikutnya dari seorang penemu. Mereka berusaha untuk merencanakan dengan cermat dalam setiap proses penemuan. Mereka menggunakan penalaran induktif dan deduktif untuk sampai pada solusi.

3. Tujuan Jelas

Tujuan yang jelas adalah ciri penting lainnya dari seseorang dengan pemikiran inovatif. Mereka memiliki kriteria yang ditentukan untuk menentukan tingkat keberhasilan dari setiap pencapaian. Mereka melakukan ini untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Perbedaan Inovatif dan Kreatif

Perbedaan Inovatif dan Kreatif

Meskipun kreatif dan inovatif mungkin tampak sinonim, namun sebenarnya tidak. Namun, pemikiran kreatif dan inovatif saling melengkapi. Simak percakapan berikut ini untuk mempelajari perbedaan di antara keduanya:

1. Pengertian

Berpikir kreatif seseorang adalah cara berpikir yang bertujuan untuk menciptakan ide atau hal-hal yang unik atau berbeda dari yang lain.

Sementara itu, pemikiran inovasi adalah cara berpikir yang berusaha memperbarui inovasi lama dan membuatnya lebih kekinian.

2. Bentuk

Selain dari pemahaman, perbedaan antara kreativitas dan inovasi dapat dilihat dari bentuknya. Setiap konsep kreatif baru tidak selalu merupakan contoh inovasi. Sementara itu, setiap ide inovatif yang muncul merupakan hasil pemikiran kreatif.

3. Tindakan

Cara ide-ide segar direalisasikan menunjukkan perbedaan dalam tindakan. Ketika mengembangkan ide-ide baru, individu kreatif harus menentukan apakah konsep baru tersebut sudah dimilikinya atau belum.

Sementara itu, individu yang inovatif harus merealisasikan ide-ide baru sambil mempertimbangkan apakah ide-ide yang direalisasikan telah meremajakan atau meningkatkan konsep saat ini.

Contoh Inovatif

Inovatif dalam bisnis merupakan sebuah keharusan. Kamu pun bisa melihat banyak contohnya dalam kehidupan sehari-hari dan dalam dunia kerja. Beberapa contoh tersebut di antaranya adalah:

Contoh Inovatif dalam kehidupan

1. Netflix

Netflix saat ini merupakan salah satu pemasok teratas layanan streaming film. Tetapi tahukah kamu bahwa mereka dulunya adalah perusahaan penyewaan DVD? Netflix berinovasi dengan mengalihkan penawaran layanan bisnisnya dari penyewaan DVD ke streaming seiring dengan kemajuan teknologi.

2. Android

Lahirnya sistem operasi android adalah contoh pemikiran inovatif berikutnya. Ketersediaannya membuat penggunaan ponsel lebih mudah diakses oleh semua orang. Berkat android, bukan hanya perangkat komunikasi, tetapi juga hiburan dan bahkan instrumen bisnis.

Contoh Inovatif dalam Dunia Kerja

Contoh Inovatif dalam Dunia Kerja

Karyawan yang memiliki keterampilan inovatif merupakan aset berharga bagi perusahaan karena mereka secara aktif mengambil inisiatif untuk meningkatkan efisien. Keadaan kerja yang positif diciptakan melalui pemikiran inovatif.

1. Bagikan Ide Inovatif dengan Tim atau Manajemen

Ketika perusahaan atau tim bertemu, kamu mungkin meminta kesempatan untuk mempresentasikan ide-ide inovatif kamu. Jika kamu memiliki saran dan perusahaan sudah lama tidak bertemu, mintalah sesi umpan balik.

2. Jadilah Orang Pertama yang Memberikan Solusi

Kemukakan saran kamu ketika kamu mengamati suatu masalah yang perlu ditangani atau rencana yang bisa dikembangkan. Informasikan kepada manajer atau pemimpin tim tentang saran kamu tentang cara memperbaiki masalah.

3. Pelajari dan Gabungkan dengan Skill Baru

Salah satu contoh menjadi inovatif adalah dorongan untuk terus belajar, yang menambah pemikiran inovatif. Ini menunjukkan bahwa kamu menciptakan proses kerja kamu sendiri ketika kamu menerapkan keahlian kamu untuk menguji bakat baru.

4. Meminta Saran Mengenai Ide Baru

Seseorang dengan ide inovatif hampir tidak pernah bekerja sendirian. Karyawan dengan bakat inovatif, tentu saja membutuhkan bantuan orang lain dengan kualitas yang sebanding untuk menerapkan ide-ide segar ke dalam tindakan. Lakukan brainstorming beberapa ide inovatif dengan rekan kerja dan susun strategi untuk mencapai tujuan.

Saat mencari pekerjaan, jangan lupa untuk menunjukkan bakat berpikir inovatif kamu pada CV kamu. Ekrut dapat menghubungkan kamu dengan calon pemberi kerja yang tertarik dengan keahlian kamu.

Tanya Jawab Tentang Inovatif

Berikut ini adalah tanya jawab seputar inovatif yaitu:

1. Apa yang Dimaksud dengan Pembelajaran Inovatif?

Pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang secara langsung menangani masalah-masalah kelas tergantung pada keadaan kelas. Dengan demikian, pembelajaran inovatif adalah pembelajaran yang difokuskan pada teknik, metode atau upaya untuk mengembangkan semua bakat positif sambil menumbuhkan potensi atau kemampuan.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa apa itu inovatif yaitu kemampuan berpikir inovatif bersifat krusial di dunia kerja karena dapat membantu kamu dalam menyelesaikan masalah dan berkontribusi dalam pengembangan bisnis.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar apa itu inovatif, manfaat, ciri-ciri, perbedaan inovatif dan kreatif dan contoh inovatif. Semoga bermanfat ya!

Related Articles

Back to top button