Contoh Iklan Keluarga dan Penjelasannya Lengkap

Teknatekno.com – Ada banyak sekali macam-macam contoh iklan keluarga yang ada saat ini, seperti iklan keluarga berencana, bahagia, sehat, kematian, ulang tahun, kelahiran, pernikahan, perceraian, dan lain sebagainya. Iklan keluarga kini banyak disediakan oleh beberapa badan pemerintahan maupun perusahaan besar.

Sekedar informasi, iklan keluarga merupakan bagian dari iklan layanan masyarakat. Kita mungkin pernah mendengar atau melihat beberapa iklan family atau keluarga di televisi atau radio.

Selain itu, kita juga bisa melihat iklan keluarga di internet, media sosial, dan lain sebagainya. Alhasil, jenis iklan ini tidak terlalu asing bagi kita. Pada artikel kali ini, Teknatekno akan membahas secara lengkap mengenai pengertian, ciri-ciri, serta contoh iklan keluarga yang perlu kamu ketahui.

Pengertian Iklan Keluarga

Pengertian Iklan Keluarga

Sama seperti namanya, iklan keluarga adalah iklan yang memberikan informasi tentang keluarga. Rumah tangga, ayah, ibu, anak, kakek, kakek-nenek, saudara laki-laki, saudara perempuan, saudara laki-laki, sepupu, ipar, dan sebagainya adalah contoh iklan keluarga.

Ada banyak jenis iklan keluarga yang perlu kamu ketahui, termasuk iklan kelahiran, yang memberitahukan tentang kelahiran seseorang. Lalu ada iklan ulang tahun yang mengiklankan pesta ulang tahun atau ucapan selamat ulang tahun.

Lalu ada iklan pertunangan, yang mengundang masyarakat luas dan keluarga dekat ke perayaan pertunangan sepasang kekasih. Setelah itu ada juga iklan pernikahan, yang sangat mirip dengan iklan pertunangan.

Kemudian ada iklan perceraian, yang memberitakan tentang perceraian suami istri, seringkali juga termasuk hak asuh anak. Dan maasih ada lagi contoh iklan keluarga lainnya yang akan kita bahas dibawah ini.

Ciri-Ciri Iklan Keluarga

Ada beberapa karakteristik atau ciri-ciri iklan keluarga yang perlu kamu ketahui, diantaranya yaitu:

1. Isi atau Pembahasannya Jelas

Ciri pertama iklan keluarga adalah isi atau pembahasannya bisa dimengerti dan jelas sesuai dengan kebutuhan keluarga atau semacamnya. Isi iklannya dijelaskan secara singkat, menghibur, tidak memihak, dan tidak menyusahkan pihak manapun.

2. Memiliki Unsur Informatif

Ciri yang kedua adalah selalu bersifat informatif. Artinya, bisa memberikan informasi serta menjelaskan tentang barang atau jasa yang diiklankan.

3. Menggunakan Bahasa yang Sederhana dan Mudah Dipahami

Karakteristik berikutnya adalah penggunaan bahasa yang umumnya mudah dipahami. Iklan keluarga harus menggunakan bahasa yang sederhana, sehingga sangat penting untuk menggunakan bahasa yang umum digunakan dalam EYD bahasa Indonesia.

4. Menarik Minat Penonton

Ciri-ciri selanjutnya adalah mudah untuk dikemas sehingga menarik perhatian penonton. Akibatnya, seseorang berkeinginan untuk mencoba apa yang diiklankan tersebut.

5. Bersifat Mengajak dan Meyakinkan

Ciri-ciri yang terakhir dari iklan keluarga adalah bersifat mengajak dan meyakinkan. Sebuah iklan harus memiliki aspek dan tujuan yang menarik agar dapat mengajak banyak orang atau pemirsa untuk mencoba dan memanfaatkan barang atau jasa yang diiklankan tersebut.

Jenis-Jenis Iklan

Jenis-Jenis Iklan

Berikut adalah beberapa contoh jenis iklan yang harus kamu ketahui:

Jenis Iklan Berdasarkan Konten atau Isinya

Menentukan tujuan dan substansi iklan untuk menjangkau sebanyak mungkin pelanggan atau masyarakat umum adalah salah satu pilihan iklan yang cocok untuk kamu.

Berdasarkan kontennya, jenis iklan terdiri dari:

1. Pengumuman atau Pemberitahuan

Jenis iklan ini menyampaikan informasi yang sangat penting untuk dikonsumsi oleh orang-orang tertentu atau dikenal sebagai target pasar. Berikut adalah beberapa contoh iklan pengumuman atau pemberitahuan:

  1. Iklan lowongan kerja
  2. Iklan berita sedih
  3. Iklan lelang
  4. Iklan reuni akbar
  5. Iklan seminar atau webinar

2. Pelayanan Masyarakat

Iklan ini unik karena mendapat perhatian khusus dari pemerintah atau organisasi penting. Mengapa? Karena ada tujuan tertentu, yaitu memberikan informasi bagi penduduk suatu negara. Berikut adalah beberapa contoh iklan layanan masyarakat:

  1. Iklan bahaya merokok
  2. Iklan yang mencegah penggunaan narkoba
  3. Iklan menghemat energi.

3. Penawaran (Perdagangan)

Iklan ini jelas merupakan pemberitahuan dengan mempunyai keuntungan di dalamnya, sehingga setiap orang yang melihatnya akan tertarik untuk membeli barang atau jasa tersebut. Berikut adalah beberapa contoh iklan penawaran produk atau layanan jasa:

  1. Iklan produk (pakaian, gadget, tas, sepatu, dll)
  2. Iklan jasa (jasa kurir, jasa penjahit, jasa pijat, dll)

Jenis Iklan Berdasarkan Media

Berikut ini adalah jenis-jenis iklan menurut media:

1. Elektronik

Iklan elektronik mungkin menjadi salah satu jenis iklan berdasarkan media yang sering kita lihat dan kita temui di tempat manapun, contohnya seperti:

  1. Iklan radio
  2. Iklan televisi
  3. Iklan film
  4. Iklan luar ruangan

2. Media Cetak

Media cetak merupakan jenis iklan menurut media yang mana strategi ini secara tradisional memerlukan pencetakan dan pemasangan. Terutama contoh-contoh iklan ini bisa kita temukan di majalah, koran, brosur, poster, baliho, dan tempat-tempat lain.

Iklan ini juga harus ditempatkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang menyatakan bahwa iklan tersebut harus ditempatkan tidak lebih dari empat baris kolom iklan. Dan ukurannya harus lebih besar dari iklan baris karena iklan baris seringkali berukuran besar.

Jenis Iklan Internet

Jenis iklan menurut internet sering diklasifikasikan sebagai jenis iklan online, yang mana iklan ini benar-benar bisa menghemat biaya perusahaan dengan tujuan menarik pelanggan untuk membeli sesuatu.

Kita juga bisa menjangkau individu di seluruh dunia dengan biaya minimal hanya dengan memanfaatkan jenis iklan ini. Umumnya, pembeli akan menjelajahi bisnis online tersebut sampai mereka bisa memilih barang mana yang akan dibeli.

Macam-Macam Contoh Iklan Keluarga

Contoh Iklan Keluarga

Berikut adalah beberapa contoh iklan keluarga yang bisa menjadi referensi kamu:

1. Iklan Keluarga Berencana

Keluarga berencana adalah salah satu program pemerintah yaitu BKKBN untuk mengatur laju pertambahan penduduk di Indonesia. Kalimat paling umum dalam iklan ini adalah “ayo ikut KB, dua anak saja cukup atau lebih baik”.

2. Iklan Keluarga Bahagia

Menjadi keluarga yang bahagia sangatlah sederhana. Kuncinya adalah menghindari diri dari segala macam hal yang berbahaya seperti narkoba. Namun, masyarakat umum sering tidak menyadari hal ini, sehingga meningkatkan iklan yang mempromosikan keluarga bahagia jadi pilihan terbaik.

3. Iklan Keluarga Sehat

Iklan keluarga sehat ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa setiap keluarga harus menjaga kesehatannya. Berolahraga, memilih menu makan, berbelanja, dan memasak adalah beberapa aspek yang disorot dalam iklan di atas sebagai cara untuk menjaga kesehatan tubuh.

4. Iklan Keluarga Meninggal Dunia

Ungkapan duka cita atau belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan bisa dicantumkan dalam iklan untuk keluarga yang meninggal. Jenis iklan ini umum kita jumpai di surat kabar.

5. Iklan Keluarga Ulang Tahun

Iklan keluarga ulang tahun sering dibuat dengan tujuan untuk undangan pesta ulang tahun anak. Jenis iklan ini sering ditujukan kepada keluarga dan teman dekat. Kecuali jika perayaannya besar, biasanya juga diposting di media sosial pribadi dan sering dipublikasikan di media nasional.

6. Iklan Keluarga Perceraian

Dalam hal iklan keluarga perceraian, tidak ada yang ingin kasus perceraian mereka dipublikasikan. Akibatnya, sebagian besar iklan perceraian berbentuk undangan menghadiri sebuah seminar.

7. Iklan Keluarga Pernikahan

Iklan keluarga pernikahan terbagi menjadi dua jenis yaitu iklan undangan menghadiri pernikahan dan iklan ucapan selamat bagi pasangan yang baru menikah.

8. Iklan Keluarga Kelahiran

Iklan kelahiran juga dibagi menjadi dua kategori, yaitu undangan acara dan ucapan selamat atas kelahiran bayi. Iklan ini sering dibagikan di media sosial dan media nasional.

9. Iklan Keluarga Bahasa Inggris

Ada gerakan dengan tagar #ThisIsFamily yang menunjukkan bahwa semua manusia di planet ini adalah keluarga. Tidak hanya mereka yang memiliki ikatan biologis, tetapi semua orang diturunkan dari nenek moyang yang sama.

10. Iklan Keluarga Bahasa Jawa

Ada juga contoh iklan bahasa Jawa yang meminta agar keluarga rajin mencuci tangan. Keluarga dapat mengurangi kemungkinan tertular infeksi mematikan dengan mencuci tangan mereka secara teratur dan berhati-hati.

11. Iklan Keluarga Produk Kebersihan

Saat ini banyak sekali masyarakat yang membutuhkan barang-barang pembersih seperti sabun anti bakteri dan harganya pun terus naik. Namun, jika permintaan yang memang menjadi kebutuhan pasar, iklan produk pembersih ini juga dapat menarik keluarga sebagai fokus utama konsumen.

FAQ Seputar Family Advertisement

 

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar iklan keluarga.

Apakah Ada Jenis Iklan Keluarga?

Iklan keluarga merupakan jenis iklan layanan masyarakat. Maka dari itu, tujuan pembuatan iklan ini untuk mempengaruhi masyarakat agar mengikuti saran atau anjuran yang diberikan.

Apa Saja Isi dari Iklan?

Isi iklan sebaiknya lebih singkat, jujur, menarik perhatian, objektif dan tidak menyinggung salah satu pihak. Selain itu juga harus informatif, artinya bersifat memberi informasi. Iklan juga harus bersifat menerangkan tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Bahasa yang digunakanpun juga harus mudah dimengerti.

Langkah-Langkah Untuk Membuat Iklan?

Langkah-langkah pembuatan iklan, yaitu:

  1. Menentukan tujuan penulisan.
  2. Membuat daftar butir-butir yang akan ditulis.
  3. Pakailah pilihan kata dan kalimat yang persuasif.
  4. Menyusun kerangka.
  5. Menentukan jenis media.
  6. Mempelajari dan mengetahui produk pesaing.
  7. Mempelajari tujuan produk yang akan diiklankan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai beberapa contoh iklan keluarga beserta penjelasannya yang perlu kamu ketahui. Semoga pembahasan dalam artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kamu, khususnya bagi kamu yang berencana ingin membuat sebuah iklan. Sekian dan terima kasih!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button