Fungsi Kabel HDMI, Pengertian, Jenis dan Kelebihannya

Teknatekno.com – Di zaman modern ini, fungsi serta kegunaan kabel HDMI kian populer dan sering kita temukan diberbagai perangkat. Salah satu fungsi kabel HDMI yaitu mampu menghadirkan tampilan antarmuka yang lebih baik serta memanjakan mata.

Jika kita membahas tentang HDMI, kabel ini ternyata mempunyai berbagai tipe dan jenis. Yang mana, masing-masing tipe dan jenis kabel HDMI ini mempunyai spesifikasi serta fungsi yang berbeda.

Nah, buat kamu yang ingin mempelajari lebih dalam tentang HDMI, kamu bisa simak penjelasan dari Teknatekno dibawah ini.

Pengertian Kabel HDMI

Pengertian Kabel HDMI

Apa itu kabel HDMI? HDMI atau High Definition Multimedia Interface adalah suatu teknologi berbasis multimedia yang dimanfaatkan sebagai penghubung untuk mentransmi audio maupun video yang berdefinisi tinggi (high definition) melalui kabel tunggal dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya.

HDMI mulai dirancang pada tahun 2002, akan tetapi produk HDMI ini baru diproduksi dan dipasarkan pada tahun 2003. Perangkat HDMI ini laku terjual lebih dari 4 miliar unit pada tahun 2005.

Teknologi HDMI ini mampu mengoptimalkan kemampuan multimedia menjadi lebih kompleks serta fungsional bila dibandingkan dengan sistem analog. HDMI juga memiliki kemampuan dalam mengompres sinyal untuk mengurangi cahaya.

Ada berbagai jenis sinyal audio digital yang diproduksi oleh perangkat HDMI ini, diantarnya yaitu DTS-HD Master Audio, PCM, Dolby TrueHD, DVD Audio, dan Super Audio CD. Sinyal-sinyal ini bekerja dengan cara diproses dari satu perangkat menuju perangkat lainnya menggunakan kabel HDMI tunggal.

Fungsi Kabel HDMI

Pada umumnya, fungsi kabel HDMI adalah sebagai konektor antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Kita bisa melakukan transfer data berbasis audio atau video resolusi tinggi ke perangkat lain hanya dengan memanfaatkan kabel tunggal HDMI ini. Tentunya, tidak perlu mengkhawatirkan kualitas sinyalnya.

Fungsi kabel HDMI tidak hanya itu saja, masih ada fungsi-fungsi lainnya yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

1. Mengkompresi Sinyal

HDMI membuat kemampuan multimedia menjadi lebih komplek dan fungsional. Ada beberapa antara teknologi HDMI ini dengan versi analognya.

Salah satu perbedaan yang sangat mencolok yaitu dari segi kualitas pada tampilan layarnya. Yang mana, jika kita menggunakan HDMI, maka pengaturan cahayanya bisa kita kurangi, serta kita bisa mentransfer sinyal berupa audio ataupun video dengan kualitas yang lebih bagus.

Sedangkan kabel versi analog hanya bisa menghasilkan sinyal yang beresolusi rendah saja. Perlu diketahui, bahwa HDMI sudah dirancang supaya berfungsi untuk menghasilkan sinyal yang lebih baik serta tampilan beresolusi tinggi.

2. Mendukung Komunikasi Dua Arah

Kabel HDMI ini juga berfungsi untuk menunjang proses komunikasi dua arah. Misalnya, saat menggunakan HDMI untuk meng-output video pada televisi digital, maka secara otomatis HDMI akan memperbaiki tampilan antarmuka yang terdapat pada perangkat tersebut.

Alhasil, pengguna bisa bebas menikmati tampilan antarmuka yang bagus walaupun menggunakan perangkat yang berbeda.

3. Mempermudah Proses Transfer

HDMI adalah perangkat yang berfungsi sebagai penghubung untuk melakukan transmisi data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Jika memanfaatkan konektor analog membutuhkan waktu yang lama untuk mengirimkan sinyal, maka teknologi HDMI ini tidak. Pasalnya, teknologi HDMI sudah memiliki kecepatan yang luar biasa yaitu hingga 5 GigaByte per detiknya.

4. Fleksibel di Perangkat Manapun

Kabel HDMI sangat mudah digunakan. Selain memungkinkan penggunanya untuk merasakan teknologi yang berkualitas tinggi, HDMI juga fleksibel digunakan di berbagai perangkat elektronik apapun.

Hampir semua perangkat saat ini sudah dilengkapi dengan port HDMI. Yang terpenting jenis port pada perangkat tersebut mendukung pemasangan HDMI. Penggunaan HDMI di setiap perangkat elektronik juga memmpunyai fungsi yang bervariasi.

Misalnya, jika DVD player ditautkan ke TV, maka kamu bisa mendapatkan tampilan interface berkualitas tinggi, yang akan meningkatkan gambar yang dihasilkan. Namun, ketika digunakan di perangkat elektronik lainnya, teknologi HDMI bisa beradaptasi dan melakukan banyak peran.

5. Memudahkan Penggunanya

Pengguna bisa merasakan kecanggihan teknologi dengan lebih bebas berkat HDMI ini. Selain bisa digunakan oleh siapapun, kabel HDMI ini juga berisi perangkat pendukung yang bisa dimanfaatkan dalam sektor pendidikan, pemerintahan serta sektor lainnya.

Jenis -Jenis HDMI

Jenis Kabel HDMI

Berdasarkan kecepatan transfer sinyal (bandwith) serta versinya, kabel HDMI ini mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Adapun jenis-jenis kabel HDMI yang ada di pasaran yaitu:

1. Kabel HDMI Standar

Jenis ini dibuat untuk resolusi siaran HDTV (High Definition Television), TV kabel maupun TV satelit umum, yaitu hingga 720p dan 1080i.

2. Kabel HDMI Otomotif Standar

Jenis ini mempunyai kemampuan yang persis dengan jenis standar. Bedanya, jenis ini dimanfaatkan untuk menautkan DVD player portable atau in-car maupun perangkat lainnya pada tampilan video in-car.

3. Kabel HDMI Berkecepatan Tinggi

Jenis ini dibuat untuk mengatur resolusi video 1080p dan 4K (30Hz) serta 3D dan deep color.

4. Kabel HDMI Otomotif Berkecepatan Tinggi

Jenis ini mendukung fitur yang persis dengan jenis high speed. Bedanya adalah jenis ini dioptimalkan untuk sektor otomotif.

5. Kabel HDMI Berkecepatan Tinggi Premium

Jenis ini dirancang untuk mentransfer video beresolusi 4K atau ultraHD yang canggih, termasuk 4K per 60Hz, HDR, serta rentang warna yang diperluas.

6. Kabel HDMI Berkecepatan Ultra Tinggi

Jenis ini memiliki kemampuan seperti jenis yang lainnya dengan dukungan tambahan berupa HDR untuk video 8K.

7. Kabel HDMI dengan Ethernet Bawaan

Jenis HDMI ini dikenal dengan sebutan HDMI Ethernet Channel (HEC). Jenis ini didukung oleh jenis kabel lainnya, seperti kabel HDMI standar, berkecepatan tinggi, berkecepatan tinggu premium serta berkecepatan ultra tinggi.

Tipe Konektor Kabel HDMI

Terdapat lima tipe konektor kabel HDMI, namun hanya empat konektor saja yang umum digunakan, diantaranya yaitu:

1. Tipe A (Standar)

Konektor HDMI tipe A adalah konektor paling umum yang bisa kamu jumpai di beberapa perlengkapan laptop, TV, audivisual ataupun konsol permainan.

Dibagian luar, konektor plug atau male HDMI tipe A ini berukuran 13,9 mm x 4,45 mm. Sedangkan dibagian dalam, konektor receptable (stopkontak) atau female berukuran 14 mm x 4,55 mm. Ada 19 port dan bandwith yang cukup untuk mendukung semua mode SDTV, EDTV, HDTV, UHD, dan 4K.

2. Tipe B

Konektor HDMI tipe B adalah konektor yang memiliki ukuran lebih besar daripada tipe A. Tipe ini mempunyai 29 port atau pin didalamnya. Jumlah pin tersebut berfungsi untuk teknologi beresolusi ultra tinggi (UHDTV atau ultra high definition television).

3. Tipe C (Mini HDMI)

Konektor HDMI tipe B adalah konektor yang memiliki ukuran lebih kecil daripada tipe A. Tipe ini digunakan pada perangkat portable seperti camcorder, kamera DSLR ataupun tablet.

Ukuran konektor tipe C ini adalah 10,42 mm x 2,42 mm dengan konfigurasi 19 pin yang sama. Selain itu konektor ini juga bisa ditautkan pada konektor tipe A melalui kabel tipe A untuk tipe C.

4. Tipe D (Micro HDMI)

Konektor HDMI tipe D adalah konektor yang memiliki ukuran lebih kecil dari tipe C. Tipe ini umumnya dijumpai pada perangkat yang simple ataupun perangkat portabel seperti ponsel. Ukuran konektor tipe D adalah 5,83 mm x 2,20 mm. Walaupun memiliki 19 pin seperti tipe sebelumnya, akan tetapi fungsi pinnya berbeda.

Kelebihan dan Kekurangan HDMI

Kelebihan dan Kekurangan HDMI

HDMI memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan yang perlu kamu ketahui. Berikut penjelasannya:

Kelebihan Kabel HDMI

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki HDMI, diantaranya:

1. Resolusi Gambar yang Lebih Baik

Sebagian besar kabel HDMI bisa menampilkan grafik dengan resolusi mulai dari 720p hingga 1080i. Namun, ada post-hdmi juga yang dapat menampilkan gambar dengan resolusi hingga 4k, memastikan bahwa saat kita menonton film, kualitas dan kejelasannya tertinggi.

2. Mendukung Berbagai Perangkat

Ada banyak perangkat, terutama monitor, yang saat ini sudah memiliki konektor HDMI. Sehingga kita dapat menggunakannya dengan mudah dan tidak perlu khawatir menemukan kabel penghubung karena banyak yang menawarkannya.

3. Bisa Mengirim Data Suara dan Gambar Sekaligus

Kita bisa mengangkut data video dan audio secara langsung hanya dengan satu konektor, sehingga tidak perlu lagi menghubungkan beberapa port. Meskipun kabel HDMI biasanya memiliki 19 kabel, namun dibungkus dalam satu unit agar lebih fleksibel dan praktis.

4. Kecepatan Transfer Data yang Baik

Kelebihan HDMI lainnya adalah ia menawarkan kecepatan transmisi data yang cepat, memungkinkannya menampilkan konten berkualitas tinggi.

Kekurangan Kabel HDMI

Selain kelebihan, berikut ini kekurangan yang dimiliki HDMI:

1. Harga Relatif Mahal

Karena cukup canggih, kabel HDMI ini cukup mahal jika dibandingkan dengan kabel VGA dan RCA. Ini setara dengan kualitas teknologi yang diberikan HDMI ini, yaitu dapat menampilkan audio dan video beresolusi tinggi.

2. Kurang Awet

Sebenarnya, ini tergantung pada penggunaan, terutama dari penggunanya sendiri. Karena kabelnya kecil dan tipis, sehingga harus lebih berhati-hati dalam penggunaan dan penyimpanannya.

3. Terbatasnya Produk

Karena harganya yang relatif mahal, maka banyak orang yang masih menggunakan kabel VGA untuk menghubungkan perangkat mereka ke komputer. Hal ini yang membuat kabel HDMI susah dijumpai karena produksinya yang terbatas.

Namun, saat ini, sudah ada berbagai marketplace yang menjual kabel HDMI secara online dengan harga yang bervariasi tergantung pada kualitas yang diberikan.

Perbedaan HDMI dan VGA

Sampai saat ini, ada berbagai jenis kabel konektor yang bisa kita pilih untuk meningkatkan penggunaan teknologi. Dari beberapa jenis tersebut, kabel HDMI dan VGA adalah yang paling sering dibandingkan.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa bentuknya yang tampak relatif mirip saat pertama kali kita melihatnya. Namun, ketika dipelajari secara mendalam, itu jelas terlihat sangat berbeda.

Kabel VGA, seperti kabel HDMI, dapat menghubungkan CPU ke komputer, laptop ke LCD, dan banyak perangkat lainnya. Namun, kedua perangkat penghubung tersebut memberikan tingkat kualitas dan kecepatan transmisi yang sangat bervariasi.

Selanjutnya, kabel konektor HDMI adalah jenis kabel tunggal yang berbeda dengan VGA, yang merupakan kabel ganda. Kabel VGA hanya memiliki beberapa jenis, yang tidak sebanyak HDMI. Inilah sebabnya mengapa kabel HDMI lebih disukai daripada kabel VGA.

Tips Memilih Kabel HDMI

Kabel HDMI hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Alhasil, sebelum membeli kabel, kita harus menentukan dulu jenis kabel yang kita butuhkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu saat memilih kabel HDMI:

  1. Pastikan kamu memilih jenis konektor yang tepat untuk kebutuhan kamu. Mengingat bahwa HDMI memiliki banyak jenis konektor yang mungkin cocok untuk perangkat. Maka dari itu, kamu harus memilih jenis konektor mana yang terbaik untuk kamu.
  2. Jarak transmisi kabel HDMI terbatas. Akibatnya, kamu harus menghindari membeli kabel yang terlalu panjang. Kabel HDMI standar yang umumnya berukuran 10 meter adalah yang paling sering digunakan. Hal ini juga berdasarkan standar uji kepatuhan HDMI.
  3. Ada beberapa merek kabel HDMI di pasaran saat ini. Kamu bisa memilih merek kabel yang telah diuji secara menyeluruh dan terbukti berkualitas tinggi.

FAQ Seputar Kabel HDMI

FAQ

Berikut pertanyaan seputar kabel HDMI.

Dimana Letak Kabel HDMI?

Port HDMI umumnya terletak di bagian samping laptop ataupun di bagian belakang komputer berjenis desktop. Jika komputer desktop tidak mempunyai port HDMI, maka kamu perlu memasang kartu video baru.

Kabel HDMI Harganya Berapa?

Kabel HDMI berharga sekitar Rp 35.000 sampai dengan Rp 88.000 keatas, tergantung panjang kabel yang dibutuhkan.

Apakah HDMI Bisa Untuk HP?

Kamu hanya perlu mempunyai kabel HDMI yang cocok dengan tipe HP kamu. Ada dua jenis, yaitu Micro HDMI ke HDMI dan Kabel MHL yang mempunyai sambungan micro USB ke HDMI.

Selanjutnya, kamu bisa menghubungkan HP kamu ke TV menggunakan kabel HDMI dengan cara memastikan TV dalam keadaan mati atau mematikan TV-nya terlebih dahulu.

Apakah Semua TV Memiliki Port HDMI?

Setiap TV umumnya mempunyai semacam port HDMI, yang berfungsi untuk mentransfer audio dan video dari sumber yang sama.

Bagaimana Cara Menyambungkan HDMI ke TV?

Kamu bisa menyambungkan kabel HDMI ke TV dengan cara berikut ini, yaitu:

  1. Sambungkan kabel HDMI dari laptop ke port TV.
  2. Hidupkan kedua perangkat tersebut.
  3. Atur tombol input pada TV dengan menggunakan remote.
  4. Setelah itu, layar laptop akan muncul secara otomatis di layar TV kamu.
  5. Jika tidak terhubung secara otomatis, maka pilih Settings > System > Display selanjutnya pilih “TV”.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar apa itu kabel HDMI, mulai dari pengertiannya, fungsi kabel HDMI, jenis-jenisnya, sampai dengan kelebihan dan kekurangan HDMI yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu ya. Sekian dan terima kasih!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button