Pengertian Peralatan Kantor, Tujuan dan Tugas

Teknatekno.com – Teknozen, apakah kamu sudah tau pengertian peralatan kantor? Peralatan kantor merupakan salah satu hal yang selalu dibutuhkan dan juga harus ada dalam sebuah kantor atau perusahaan. Yang dikatakan sebagai kantor yang profesional adalah kantor dengan peralatan yang lengkap.

Oleh karena itu, pengertian peralatan kantor sebagai salah satu penunjang kinerja perusahaan yang vital. Ada banyak sekali jenis peralatan yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan sebuah pekerjaan di kantor. Nah untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak artikel di bawah ini.

Memahami Pengertian Peralatan Kantor

Pengertian Peralatan Kantor

Pengertian peralatan kantor adalah beberapa alat yang biasa digunakan dalam pekerjaan administrasi. menurut The Liang Gie, peralatan kantor adalah benda-benda yang habis dipakai dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari oleh pegawai organisasi.

Sedangkan pengertian perlatan kantor menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan. Untuk itu, peralatan atau media kantor ini berfungsi sebagai salah satu syarat atau upaya untuk mencapai sesuatu.

Tujuan Pengadaan Peralatan Kantor

Berikut ini adalah tujuan dari peralatan kantor yang perlu kamu ketahui sebagai berikut:

  1. Untuk mengoptimalkan umur peralatan.
  2. Untuk menjamin kesiapan operasional peralatan untuk menunjang kelancaran pekerjaan sehingga diperoleh hasil yang optimal.
  3. Untuk menjamin ketersediaan peralatan yang diperlukan melalui pengecekan secara rutin dan berkala.
  4. Untuk memastikan keselamatan bagi yang menggunakan peralatan tersebut.

Tugas Peralatan Kantor

Tugas Peralatan Kantor

Berikut ini adalah beberapa tugas peralatan kantor yang perlu kamu ketahui sebagai berikut:

  1. Mempermudah, mempercepat suatu proses kerja dan pelaksanaan kegiatan kantor.
  2. Mendukung segala aktivitas dan pekerjaan kantor.
  3. Memperoleh hasil kerja yang maksimal dan tentunya memuaskan.
  4. Sebagai salah satu aset kantor dan peralatan kantor.
  5. Sebagai sarana penyimpanan arsip.

Macam-Macam Peralatan Kantor

Setelah membahas pengertian perlatan kantor dan tugasnya. Kita akan membahas berbagai macam peralatan kantor. Ada barang kecil yang biasa digunakan, barang yang cepat habis dan barang yang tidak terlalu mahal namun harus ada di kantor. berikut ini adalah beberapa macam peralatan kantor yang perlu kamu ketahui:

1. Komputer

Komputer adalah serangkaian peralatan elektronik yang dapat melakukan suatu pekerjaan berdasarkan program yang telah diberikan atau dirancang sebelumnya.

Di kantor, alat ini biasanya digunakan untuk mengelola dan menyimpan file-file, yang dapat ditampilkan di monitor dan dicetak.

2. Meja Kantor

Meja kantor pada umumnya biasanya dibuat dengan desain atau tampilan yang unik untuk peralatan kantor. bentuk meja ini dilengkapi dengan laci-laci yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam alat tulis, berkas-berkas dan perlengkapan kantor lainnya.

3. Kursi Kantor

Kursi kantor ini juga perlu dibuat dengan desain yang unik untuk sebuah kantor, dimana kehadiran kursi yang nyaman ditujukan untuk kenyamanan saat bekerja.

Ketinggian kursi kantor ini biasanya dapat diatur dan ditambah dengan sandaran dan bantalan dari bahan busa.

4. Lemari Arsip

Lemari arsip yang biasa digunakan di kantor-kantor adalah lemari filling, yang umumnya memiliki beberapa laci.

Jumlah laci yang biasa digunakan adalah 1 sampai 6 atau menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Lemari arsip ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai berkas yang ada di kantor.

Pesawat Telepon

5. Pesawat Telepon

Pesawat telepon merupakan jenis alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan dalam bentuk suara. Alat ini juga dapat digunakan untuk menyambungkan atau mengalihkan ke telepon lain.

6. Mesin Fax

Mesin fax adalah alat komunikasi yang digunakan untuk mengirim dokumen dengan menggunakan alat yang mampu beroperasi melalui jaringan telepon dengan hasil yang mirip dengan aslinya.

7. Mesin Absensi

Mesin absensi saat ini sangat dibutuhkan oleh kantor, karena dengan adanya mesin absensi ini dapat digunakan untuk melakukan pendataan kehadiran para karyawan di kantor. Dengan adanya mesin ini, dapat mempermudah untuk mengetahui dan melacak kehadiran karyawan.

8. Mesin Penghitung Uang

Mesin ini umumnya digunakan oleh kantor-kantor yang berhubungan dengan uang atau perbankan. Alat ini berfungsi untuk menghitung uang dengan cepat, lebih teliti dan juga untuk meminimalisir resiko kesalahan dalam penghitungan.

9. Mesin Printer

Mesin printer merupakan salah satu perangkat komputer yang berguna untuk mencetak tulisan dan gambar pada kertas. Mesin ini umumnya digunakan untuk pekerjaan administrasi dan surat menyurat.

10. Scanner

Scanner adalah alat untuk memindai objek, kemudian menyimpannya ke media penyimpanan yang ada. Alat ini memiliki kemiripan dengan mesin fotokopi, namun ada beberapa perbedaan.

Diantaranya adalah mesin fotokopi dapat langsung mengeluarkan hasil cetakan dan scan objek. Sedangkan untuk mesin scanner menyimpan hasil scan tersebut.

11. Mesin Fotokopi

Mesin fotocopy adalah mesin elektronik yang membuat salinan di atas kertas dari buku, dokumen dan beberapa sumber lainnya.

12. Proyektor LCD

Proyektor LCD ini dapat digunakan untuk memproyeksikan teks, gambar atau video pada media yang memiliki permukaan datar, seperti tembok atau pemancar lainnya. Alat ini biasanya digunakan untuk membantu presentasi saat rapat kerja di kantor.

13. Jaringan Internet atau WIFI

Di era sekarang ini, jaringan internet atau WIFI sangat dibutuhkan dalam segala aspek kehidupan. Kegiatan perkantoran membutuhkan jaringan internet agar semua pekerjaan mudah tersampaikan oleh internet atau melalui media elektronik.

14. Kotak Arsip

Kotak arsip pada umumnya digunakan untuk menyimpan berkas-berkas dan arsip-arsip yang biasa digunakan. Kotak ini memungkinkan perlengkapan kantor yang ada di atas meja tetap terjaga kerapiannya.

Alat Sortir

15. Alat Sortir

Ketika kamu membutuhkan dalam hal surat menyurat, maka mendapatkan surat yang banyak dan dengan tembusan yang banyak pula. Maka untuk dapat memudahkan, mempercepat dan meringankan pekerjaan dalam memisahkan surat-surat tersebut dapat menggunakan alat sortir yang ada di kantor.

16. USB Flas Drive

USB flas drive merupakan alat media penyimpanan data portable yang terhubung dengan port USB. Kamu dapat menggunakan media ini untuk menyimpan berbagai macam data, baik itu dokumen, suara, video, dll.

17. Mesin Penghancur Kertas

Mesin penghancur kertas adalah alat atau perangkat yang berfungsi untuk menghancurkan kertas. Banyak instansi atau kantor yang menggunakan alat ini untuk menghilangkan dokumen-dokumen penting untuk menjaga kerahasiaan.

18. Numerator

Numerator adalah salah satu jenis alat yang dapat digunakan untuk menomori lembaran kertas. Alat ini dapat digerakkan dengan tangan, cara kerja yang sederhana dan dapat memberikan angka secara otomatis dengan cara menekannya.

19. Kalkulator

Kalkulator dapat kamu gunakan untuk menghitung perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan. Kalkulator ini membantu menghitung lebih cepat dan tepat sehingga berfungsi untuk meminimalisir resiko kesalahan perhitungan.

20. Perforator

Perforator adalah alat yang biasa digunakan untuk melubangi kertas. Perforator ini sendiri digerakkan dengan tangan dengan cara kerja yang sederhana dan dapat digunakan untuk melubangi bagian artikel yang dipilih. Untuk lubang dari perforator ini kebanyakan berdiameter 5 mm.

21. Kotak Arsip

Box arsip umumnya digunakan untuk menyimpan berkas-berkas dan arsip yang aktif digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Dengan memanfaatkan peralatan kantor ini, meja kerja dapat terjaga kerapiannya.

22. Ordner

Ordner adalah map yang terbuat dari karton atau papan plastik, umumnya dengan ukuran punggung 5 cm, berbeda dengan map biasa. Ordner ini memiliki ukuran yang relatif besar dan dapat menampung banyak berkas.

Alat ordner ini memiliki ring penjepit, jika kamu menggunakannya maka perlu melubangi arsip dengan menggunakan perforator.

Guide

23. Guide

Guide adalah lembaran kertas tebal yang digunakan sebagai pemisah dan juga sebagai penunjuk arsip. Untuk ukuran guide ini sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

24. Kertas Label

Kertas label merupakan alat yang dapat digunakan untuk memberikan judul yang umumnya ditempatkan di guide.

25. Folder

Map ini bisa dibuat sendiri dari bahan baku plastik tebal, kertas manila dan lain-lain. Berikut ini beberapa jenis map yang perlu kamu ketahui:

1. Stopmap

Stopmap adalah jenis map dengan telinga penutup pada bagian pinggirnya. Fungsi dari kuping penutup ini adalah agar file tidak mudah jatuh.

2. Folder

Folder adalah jenis map tanpa telinga penutup atau pengait. Folder ini utamanya berbentuk karton atau plastik saja.

3. Snelhecter

Snelhecter adalah jenis map yang memiliki pengait di bagian tengahnya. Jika menggunakan jenis map ini, maka arsip dan berkas perlu dilubangi dengan alat perforator untuk mengaitkannya dengan penjepit.

4. Folder Gantung

Hanging folder adalah jenis folder yang memiliki gantungan. Folder ini dapat diubah menjadi laci Filling Cabinet dengan pengait.

Tanya Jawab Peralatan Kantor

Berikut ini adalah tanya jawab seputar pengertian perlatan kantor, yaitu:

1. Apa Bedanya Peralatan dan Perlengkapan Kantor?

Contoh peralatan kantor seperti meja, kursi, steples, stempel, lemari, filing cabinet, etalase, lemari arsip, kotak sampah, pulpen, pensil dan lain sebagainya. Pengertian perlengkapan adalah alat atau mungkin berupa lokasi yang fungsinya untuk membantu pekerjaan.

2. Peralatan Kantor Termasuk Aset Apa?

Contoh aset tetap antara lain tanah, bangunan, mesin pabrik, kendaraan kantor, perabot atau peralatan, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:

Apa itu Teknologi Perkantoran? Tujuan dan Keuntungannya
Apa itu Tata Ruang Kantor? Macam-Macam dan Tujuan
Pengertian Kantor Menurut Para Ahli

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian peralatan kantor yakni peralatan kantor yang disebutkan di atas harus selalu ada. Meskipun benda-benda di tempat kerja agak sederhana, namun benda-benda tersebut sangat berguna dan memiliki tujuan di dalam bisnis.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar pengertian peralatan kantor, tujuan, tugas, hingga macam-macam peralatan kantor. Semoga bermanfaat ya!

Related Articles

Back to top button