Apa itu Twibbon, Manfaat dan 3 Cara Membuatnya

Teknatekno.com – Tahukah kamu apa itu twibbon? Jika kamu pernah melihat foto orang lain di media sosial menggunakan bingkai yang terdapat tulisan sebuah moment atau acara tertentu, maka foto tersebut merupakan twibbon.

Umumnya, twibbon digunakan sebagai alat promosi suatu event, tantangan, ataupun perlombaan tertentu. Seperti untuk MPLS, memperingati hari kemerdekaan Indonesia, ataupun hari-hari nasional lainnya.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang apa itu twibbon beserta kegunaan dan bagaimana cara membuatnya, mari simak penjelasan dari Teknatekno dibawah ini.

Pengertian Twibbon

Pengertian Twibbon

Twibbon adalah suatu media promosi, banner, pamflet ataupun dukungan berupa foto yang dipadukan menggunakan sebuah bingkai atau frame dengan desain yang bermacam-macam sehingga tampak menarik dan kreatif.

Istilah twibbon mengacu pada suatu gambar yang dipadukan dengan bingkai yang unik. Twibbon berfungsi sebagai media kampanye yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya, seperti mensuskeskan suatu acara, kompetisi, tantangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Teknologi yang canggih memberikan dampak yang sangat luar biasa di zaman digital saat ini. Salah satu dampaknya yaitu kemudahan dalam mengakses atau mengerjakan segala sesuatu yang seblumnya hanya bisa dikerjakan secara manual.

Contohnya dalam membuat twibbon, saat ini masing-masing individu bisa membuat bahkan mendesain twibbonnya sendiri menggunakan aplikasi edit foto atau gambar tanpa memerlukan tenaga profesional

Twibbon mungkin bukan merupakan suatu hal yang asing lagi di telinga banyak orang, khususnya pengguna media sosisal. Meski demikian, ternyata tidak semua orang benar-benar mengenal apa itu twibbon serta bagaimana cara membuatnya.

Apa Manfaat Kegunaan Twibbon?

Twibbon merupakan salah satu alternatif yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan sebuah promosi. Misalnya ketika suatu organisasi akan mengadakan sebuah event, organisasi tersebut membuat twibbon semenarik mungkin yang nantinya akan digunakan oleh sebagian orang dan di bagikan ke media sosial.

Sehingga, orang lain yang melihatnya akan tertarik untuk mengikuti event tersebut atau menggunakan twibbon tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan twibbon:

  1. Sebagai media promosi.
  2. Sebagai media dukungan.
  3. Digunakan untuk membuat desain poster.
  4. Sebagai banner halaman media sosial, seperti facebook, instagram, twitter, dll.
  5. Digunakan untuk menghasilkan desain pamflet yang menarik.

Cara Membuat Desain Twibbon

Cara Membuat Desain Twibbon

Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk membuat twibbon. Namun kali ini Teknatekno akan memberikan tiga cara yang berbeda dalam membuat twibbon yang unik dan menarik.

1. Menggunakan Twibbon.com

Kamu bisa membuat desain twibbon melalui situs ini menggunakan PC atau smartphone kamu. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam membuat desai twibbon yang menarik dan unik:

  1. Pastikan koneksi internet kamu aktif.
  2. Luncurkan aplikasi Browser dan buka https://twibbon.com/.
  3. Kemudian, di pojok kanan atas, pilih tombol Login. Kamu bisa login menggunakan Facebook atau Akun Google.
  4. Setelah masuk, pilih tombol Start Campaign.
  5. Kemudian kamu akan masuk ke formulir Campaign Details.
  6. Masukkan alamat email kamu dikolom Your Email, klik Ceklist jika kamu ingin mendapatkan notifikasi dari twibbon.com. Masukkan nama twibbon kamu pada kolom Name. Untuk Deskripsi, bisa kamu isi dengan deskripsi kamu.
  7. Setelah semua informasi dimasukkan dengan benar, klik I’m Happy, lalu Continue.
  8. Selanjutnya kamu akan dibawa ke jendela Add File, dimana kamu akan memilih Photo atau Image.
  9. Setelah diposting, kamudapat mengedit twibbon sesuai keinginan kamu.
  10. Selanjutnya kamu dapat menyimpannya.

2. Menggunakan Twibbonize.com

Cara ini masih menggunakan situs, dimanan kamu tidak perlu menggunakan aplikasi untuk membuat twibbon sediri. Simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Periksa apakah smartphone atau komputer kamu sudah terhubung ke internet atau belum.
  2. Setelah itu, luncurkan browser di perangkat kamu.
  3. Buka alamat websitenya di https://twibbonize.com/.
  4. Selanjutnya, cari desain twibbon yang ingin kamu gunakan dengan kata kunci twibbon di kolom Pencarian.
  5. Pilih desain twibbon yang ingin kamu gunakan.
  6. Klik Browser Image dan tunggu beberapa detik hingga pengunggahan selesai.
  7. Sesuaikan gambar untuk desain twibbon sampai terlihat bagus.
  8. Jika sudah, pilih Unggah Foto.
  9. Terakhir, pada simbol kecil di pojok kiri atas, klik Download.

3. Menggunakan Canva

Cara membuat twibbon menggunakan Canva berbeda dengan dua cara sebelumnya, karena kamu bisa menggunakannya melalui aplikasi atau website Canva. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Luncurkan aplikasi Browser dan buka https://canva.com/.
  2. Selanjutnya, masuk menggunakan akun Google kamu.
  3. Di halaman utama, kamu akan melihat berbagai fungsi seperti Banner, Instagram Post, Card, dan lain-lain.
  4. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan kita.
  5. Selanjutnya kita akan masuk ke halaman custom design.
  6. Kemudian, klik opsi Search, dan ketik Frame.
  7. Setelah itu, akan muncul berbagai macam pilihan border frame untuk Twibbon.
  8. Pilih salah satu, kemudian kamu dapat mengubahnya sesuai selera dan kebutuhan kamu.
  9. Klik tombol Texs, Background, dan Unggah Foto untuk menambahkan teks.
  10. Jika sudah selesai, klik Download di pojok kanan atas.

Aplikasi Membuat Twibbon Online

Aplikasi Membuat Twibbon Online

Twibbon adalah bingkai foto vektor, yang mengharuskan penggunaan alat pengeditan foto seperti Corel Draw atau Photoshop. Mendapatkan twibbon yang menarik juga membutuhkan imajinasi dan pengalaman.

Setelah kita mengetahui apa itu twibbon, selanjutnya beberapa aplikasi yang tercantum di bawah ini bisa kita gunakan untuk membuat twibbon, diantaranya:

1. PicsArt

Kamu dapat menginstal aplikasi ini di perangkat Android kamu dengan mengunduhnya dari Google Play Store. PicsArt adalah aplikasi pengeditan video yang berfungsi dengan baik di ponsel Android.

Aplikasi ini memiliki beberapa kemampuan seperti pembuatan kolase, input teks, pelabelan, dan lain sebagainya. Untuk keperluan membuat twibbon, aplikasi ini membutuhkan penyimpanan memori sebesar 30 MB.

2. Canva

Canva adalah aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Android baik berupa aplikasi ataupun halaman web. Jika kamu menggunakan situs web, kamu dapat mengaksesnya melalui browser. Jika kamu memiliki smartphone, kamu bisa mendapatkannya melalui Google Play Store.

Sebelum menggunakan Canva, pengguna harus login terlebih dahulu menggunakan alamat email mereka. Ada berbagai karakteristik twibbon yang tersediah. Kamu juga bisa berlatih untuk membuat desain twibbon kamu sendiri.

3. Twibbon.com

Aplikasi ini berbasis web, sehingga kamu dapat menggunakan browser smartphone kamu untuk mengaksesnya. Koneksi internet juga diperlukan untuk mengaksesnya. Hasil editan yang diberikan sama menariknya dengan yang disediakan oleh Canva dan PicsArt.

Kamu juga harus masuk menggunakan akun Facebook atau Twitter. Setelah masuk, pengguna harus memasukkan informasi kampanye seperti nama promosi dan serat deskriptif. Setelah itu, kamu dapat mengunggah foto dan memilih bingkai.

Tips Membuat Twibbon yang Menarik

Twibbon umumnya dibuat dengan cara yang inovatif untuk menarik sejumlah besar individu. Twibbon yang menarik orang lain akan mendapatkan reaksi.

Seperti twibbon akan menyebar dengan cepat, meningkatkan pengguna twibbon, banyak individu yang mendapatkan informasi melalui twibbon yang didistribusikan, dan sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat twibbon yang indah sehingga dapat menarik perhatian banyak pengguna:

1. Menyesuaikan Warna

Pemilihan warna sangat penting saat membuat twibbon. Saat memilih warna dapat diubah agar sesuai dengan warna pada logo agar lebih serasi. Untuk membuat twibbon, gunakan dua atau tiga warna saja. Gunakan warna dalam jumlah terbatas dan sesuaikan dengan kebutuhan.

2. Memilih Gambar yang Terbaik

Pilihlah gambar yang layak untuk mendukung hasil twibbon yang menarik dan unik. Pilih gambar yang sesuai untuk digunakan, dan pastikan kualitasnya tinggi, sehingga penyajian hasilnya lebih menarik.

3. Hindari Desain yang Terlihat Kaku dan Kuno

Desain juga sangat penting dalam menghasilkan twibbon yang menarik dan bagus. Gunakan desain yang menarik dan tidak kaku apalagi kuno. Desain yang tidak menarik dan kuno seringkali tidak menarik untuk dilihat.

4. Cari Referensi

Untuk mendapatkan desain yang bagus dan menarik, carilah referensi di internet untuk mendapatkan ide desain seperti apa yang akan dibuat nanti. Kamu dapat menemukan berbagai desain twibbon unik di aplikasi Canva untuk digunakan sebagai referensi saat membuat twibbon kamu sendiri.

FAQ Seputar Apa itu Twibbon

FAQ

Berikut pertanyaan seputar apa itu twibbon.

Aplikasi Twibbonize Untuk Apa?

Twibbonize adalah sebuah platform online atau situs yang bisa digunakan untuk memfasilitasi segala kebutuhan kampanye dengan cara yang unik dan menarik.

Berapakah Ukuran Twibbone?

Dalam membuat twibbon, disarankan untuk menggunakan ukuran persegi, misalnya 1080 x 1080 Pixels.

Kenapa Twibbon Tidak Bisa Disimpan?

Alasan twibbon tidak bisa disimpan yaitu karena file terlalu besar. Di situs Twibbonize, kamu tidak bisa mengupload file twibbon yang berukuran lebih dari 5 MB. Jadi, pastikan terlebih dahulu bahwa file twibbon yang akan kamu upload sudah berukuran di bawah 5 MB ya, supaya tidak terjadi error lagi.

BACA JUGA:

Cara Membuat Twibbon 17 Agustus Termudah
Contoh Design Twibbon Peringatan Hari Guru Nasional 2021
Kumpulan Link Twibbon Hari Bumi 2022, Invest Our Planet

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa twibbon adalah suatu media promosi, banner, pamflet ataupun dukungan berupa foto yang dipadukan menggunakan sebuah bingkai atau frame dengan desain yang bermacam-macam sehingga tampak menarik dan kreatif.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu twibbon, mulai dari pengertiannya, manfaatnya serta cara membuat twibbon yang menarik dan unik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button