Pengertian IPTEK Menurut Para Ahli, Manfaat dan Dampaknya

Teknatekno.com – Dengan berkembangnya teknologi saat ini, memahami pengertian IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi secara lengkap sangatlah diperlukan. Selain itu, kita juga perlu memahami apa saja manfaat serta dampak yang diberikan dari perkembangan IPTEK ini.

IPTEK umumnya digunakan sebagai pembahasan mengenai perkembangan teknologi ataupun perkembangan suatu disiplin ilmu. Perkembangan IPTEK ini terjadi karena adanya pengaruh dari globalisasi. Terbukti dengan adanya terobosan-terobosan baru yang bermunculan saat ini.

Terobosan-terobosan baru tersebut tentunya membantu kehidupan manusia. Seperti teknologi dibidang komunikasi, transportasi, dan lain sebagainya. Untuk membantu kamu memahami lebih dalam mengenai pengertian IPTEK secara umum maupun menurut para ahli, simak penjelasan dibawah ini.

Mengenal Apa itu IPTEK

Mengenal Apa itu IPTEK

Berdasarkan jurnal Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dalam Pendidikan, istilah teknologi berasal dari bahasa Prancis yaitu La Teknique, yang artinya adalah segala proses yang dilakukan demi mewujudkaan sesuatu secara rasional.

IPTEK merupakan singkatan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Adapun pengertian IPTEK adalah suatu cabang ilmu yang menjadi sumber infomrasi yang berguna untuk menambah ilmu pengetahuan serta wawasan seseorang khususnya dalam bidang teknologi dari waktu ke waktu.

IPTEK juga bisa didefinisikan sebagai suatu cabang ilmu yang mempelajari segala macam bentuk informasi dan pengetahuan tentang berbagai teknologi. Adanya IPTEK ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan informasi bagi manusia serta membantu memudahkan pekerjaan manusia sehari-hari.

Sebagai bukti hasil dari perkembangan IPTEK ini yaitu adanya gadget berupa komputer, handphone dan laptop, adanya transportasi seperti mobil, motor, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Perkembangan IPTEK sangat bersinergi dengan kemajuan suatu peradaban manusia. Pada awalnya, IPTEK merupakan sebuah kebudayaan yang dilakukan secara berkala. Dan sekarang, IPTEK berkembang menjadi sebuah alat yang mampu meringankan pekerjaan manusia.

Setiap individu yang mempunyai inovasi untuk berkarya, tentunya tidak akan berhenti untuk terus mengembangkan IPTEK. Sehingga dengan kelebihan yang diberikannya, IPTEK mampu memberikan dampak dan membuat suatu perubahan dikalangan masyarakat, baik itu perubahan dari sisi positif maupun dari sisi negatif.

Pengertian IPTEK Menurut Beberapa Ahli

Horton P. B dan Chester L. H mengungkapkan bahwa ilmu pengetahuan adalah suatu usaha pencarian pengetahuan yang dapat diandalkan, diuji serta dikerjakan secara sistematis berdasarkan tahap-tahap, prinsip dan juga prosedur tertentu yang berlaku.

Ilmu pengetahuan terdiri dari tiga komponen penting, yaitu epistemologis, ontologis dan aksiologis:

  • Epistemologis adalah suatu metode untuk mendapatkan dan menyusun ilmu pengetahuan.
  • Ontologis adalah hakikat yang dipelajari oleh ilmu pengetahuan.
  • Aksiologis adalah suatu asas atau fungsi yang digunakan dalam menerapkan ilmu pengetahuan.

Sementara teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu “Tekne” yang berarti pekerjaan dan “Logos” yang berarti suatu ilmu tentang peralatan, prosedur dan metode yang digunakan dalam berbagai cabang industri.

Dibawah ini pengertian IPTEK menurut para ahli yang perlu kamu ketahui:

1. Menurut Jaques Ellul

Teknologi adalah segala metode yang mengarah pada ciri efisiensi serta memiliki ciri efisiensi tersebut di berbagai bidang kegiatan manusia.

2. Menurut Mardikanto

Teknologi merupakan sebuah perilaku informasi, produk dan praktek baru yang masih belum diketahui diterima serta diterapkan oleh sebagian masyarakat disuatu wilayah tertentu dengan tujuan untuk mendorong terjadinya perubahan individu ataupun seluruh masyarakat yang bersangkutan.

3. Menurut Prayitno

Teknologi adalah sebuah perangkat metode, ide atau teknik dari suatu benda material yang digunakan dalam suatu waktu dan tempat tertentu demi memnuhi kebutuhan manusia.

4. Menurut Iskandar Alisyahbana

Teknologi merupakan suatu cara dalam melakukan sesuatu untuk memnuhi kebutuhan manusia dengan memanfaatkan bantuan alat dan akal, sehingga seperti memperkuat, memperpanjang atau membuat anggota tubuh pancaindera maupun otak manusia menjadi lebih ampuh dan berguna.

5. Menurut Castells

Teknologi adalah sekumpulan alat, aturan, serta suatu prosedur penerapan dari pengetahuan ilmiah.

6. Menurut Arnold J. Toynbee

Teknologi adalah karakteristik kemuliaan manusia yang mana perkembangan kebutuhan manusia tidak sebatas hidup untuk makan saja, namun terus menerus memperoleh sesuatu yang lebih dalam kehidupan.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Saat ini, kebutuhan akan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi, cukup besar, dimulai dari kalangan menengah ke bawah. Semua orang membutuhkan teknologi untuk mempercepat atau mendorong pertumbuhan mereka, baik secara individu maupun secara kolektif.

Teknologi komunikasi kini mengalami pertumbuhan yang pesat, menghadirkan beragam bentuk dan kompleksitas teknologi. Evolusi teknologi komunikasi sejalan dengan evolusi kehidupan dan eksistensi manusia. Ada empat peristiwa penting dalam sejarah komunikasi.

Menurut Nordenstreng dan Varis (1973), pembelajaran bahasa terjadi bersamaan dengan kelahiran manusia. Evolusi seni menulis terkait erat dengan perkembangan komunikasi lisan. Reproduksi kata-kata tertulis melalui printer, memungkinkan tercapainya komunikasi massa yang sebenar-benarnya.

Munculnya komunikasi elektronik, yang meliputi telegraf, telepon, radio, televisi, dan satelit. Sementara itu, Alvin Toffler percaya bahwa ada tiga peradaban dalam proses perkembangan teknologi, yaitu zaman pertanian, zaman industri, dan zaman informasi.

Sebelumnya, menengok ke belakang saja, teknologi komunikasi sudah ada sejak zaman prasejarah. Orang-orang dapat menggunakan jenis komunikasi ini pada saat itu. Bentuknya, bagaimanapun, tetap cukup mendasar. Misalnya, bentuk terbatas pada gerakan organ, visual sebagai bahasa, suara tulang, dan sebagainya.

Meskipun demikian, itu dipandang sebagai mode komunikasi yang cocok pada saat itu. Kemajuan selanjutnya, seperti penggunaan huruf piktograf, hieroglif oleh orang Mesir kuno, telah membuat kemajuan sedikit lebih cepat.

Kedua jenis huruf ini juga sering digunakan pada masa raja mengeluarkan undang-undang, seperti aturan bagi masyarakat yang diletakkan di pusat kota yang dibuat seperti bangunan monumen, yang dikenal dengan Undang-undang dalam bentuk undang-undang sebuah peringatan.

Orang Cina menemukan kertas yang dihasilkan dari serat daun papirus, yang mempercepat perkembangan teknologi komunikasi. Perkembangan ini masih dimanfaatkan sampai sekarang dan sangat berharga bagi umat manusia. Kertas, misalnya, digunakan dalam produksi surat kabar, majalah, dan buku.

Selain itu, seiring dengan kemajuan pemahaman manusia, teknologi komunikasi semakin meningkat. Dimulai dengan penciptaan mesin uap oleh James Watt, yang menandai awal dari revolusi industri, efek yang berbeda mengakibatkan lahirnya teknologi.

Sebuah langkah yang benar-benar menakjubkan di mana penemuan satu item mengarah pada pengembangan banyak hal lainnya. Pengenalan telepon pada tahun 1876 merupakan kemajuan teknologi komunikasi yang didasarkan pada penggunaan prinsip analog.

Praktek ini berlangsung hingga tahun 1960-an. Satu-satunya hal yang mengikuti adalah gagasan digital. Penemuan vaksimile, yaitu penggunaan komunikasi dengan memberikan data yang dapat disampaikan melalui media telepon, merupakan kemajuan selanjutnya.

Hal yang sama berlaku untuk pengembangan komputer. ENIAC II adalah komputer pertama yang diperkenalkan. Setelah Perang Dunia II, pada tahun 1946. Komputer ini merupakan sirkuit elektronik tabung Lampung seberat 20 ton.

Dengan komputer ini, awal mula teknologi komunikasi digital melesat dengan cepat. Setelah satelit diidentifikasi dan beroperasi, era digital dimulai. Berbagai jenis inovasi telah mengubah cara hidup masyarakat dalam komunitasnya.

Manfaat Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Manfaat Perkembangan IPTEK

Setelah kita memahami pengertian IPTEK secara umum dan menurut para ahli, selanjutnya kita akan membahas beberapa manfaat dari perkembangan IPTEK.

Banyaknya perubahan yang terjadi di dunia ini salah satunya karena hadirnya IPTEK yang semakin berkembang. Terdapat berbagai manfaat yang dapat kita peroleh dari perkembangan IPTEK, diantaranya:

1. Mudah Mendapatkan Segala Hal

Dengan adanya IPTEK, kita bisa dengan mudah mendapatkan segala sesuatu yang sulit kita jangkau, seperti halnya membeli sesuatu dari daerah tertentu dengan cara belanja online. Hal ini merupakan salah satu bukti perkembangan IPTEK. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan media komunikasi secara mudah dan terjangkau.

2. Membantu Menyelesaikan Masalah

Memenuhi kebutuhan sehari-hari mungkin menjadi salah satu masalah yang dimiliki oleh setiap manusia. Dengan adanya IPTEK, kita bisa memenuhi kebutuhan untuk hidup lebih sehat dengan adanya teknologi kedokteran yang semakin maju.

Selain itu, kita juga bisa memenuhi kebutuhan pangan melalui hadirnya teknologi pertanian yang juga semakin canggih.

3. Kehidupan Jadi Lebih Berkembang dan Maju

Masa sekarang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan masa primitif. Hal itu bisa kita lihat dari bagaimana masyarakat memenuhi kebutuhan pangan, berkomunikasi, berpakaian, berobat, dan lain sebagainya. Yang mana, semua hal tersebut mengarah pada kehidupan yang semakin maju berkat perkembangan IPTEK saat ini.

4. Mempermudah dan Mengoptimalkan Suatu Bisnis

Kita bisa menjalankan bisnis dari rumah hanya dengan bermodalkan koneksi jaringan internet serta perangkat atau gadget yang mendukung koneksi. Bisnis yang kita jalankan bisa lebih optimal berkat perkembangan IPTEK dalam bidang komunikasi.

5. Komunikasi Jadi Lebih Mudah

Zaman dulu, jika kita ingin berkomunikasi dengan orang lain maka kita perlu mengunjungi tempat tinggal orang tersebut. Namun, dengan adanya IPTEK saat ini, kita bisa berkomunikasi bahkan bertatap muka dengan orang lain secara mudah meskipun berada ditempat yang berbeda.

Dampak Positif dan Negatif IPTEK Secara Umum

Dampak Positif dan Negatif IPTEK Secara Umum

Sampai saat ini masih banyak individu yang pro dan kontra terhadap kemajuan dan juga perkembangan IPTEK yang sangat pesat dan cepat.

Hal ini bisa kita lihat dari munculnya berbagai macam teknologi yang canggih yang mampu mempermudah pekerjaan manusia setiap hari. Nah, perkembangan IPTEK tersebut menimbulkan dampak yang positif dan negatif di masyarakat, diantaranya:

Dampak Positif IPTEK

Berikut ini beberapa dampak positif adanya IPTEK:

  1. Dapat membantu dalam meringankan berbagai masalah yang dihadapi manusia.
  2. Dapat membuat segala hal menjadi lebih mudah dan cepat dikerjakan.
  3. Dapat meminimalisir penggunaan bahan alami yang semakin langka.
  4. Dapat membawa manusia menuju arah yang lebih maju dan modern.

Dampak Negatif IPTEK

Adapun dampak negatif adanya IPTEK yaitu:

  1. Dapat menimbulkan polusi atau pencemaran akibat perkembangan IPTEK seperti limbah industri atau asap kendaraan.
  2. Dapat merusak moral dan akhlak setiap individu akibat konten di media internet yang berbau negatif dan lainnya.
  3. Dapat membuat masyarakat menjadi malas karena peran IPTEK yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sehingga manusia menjadi semakin malas karena sudah ada teknologi yang menggantikannya bekerja.
  4. Terjadinya kesenjangan sosial antara si kaya dan si miskin akibat pengusaan teknologi yang berbeda.

Contoh Perkembangan IPTEK

Kehadiran IPTEK sangat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadapa kehidupan masyarakat. Berikut ini salah satu contoh perkembangan IPTEK yang perlu kamu ketahui:

1. Televisi

Pada awalnya, siaran televisi menggunakan sinyal analog yang hanya bisa di tangkap oleh antena TV biasa saja. Namun, seiring berkembangnya teknologi saat ini, muncul teknologi televisi digital atau DTV yang mampu menangkap suatu sinyal digital berupa bit data informasi, sehingga membuat gambar yang dihasilkan menjadi lebih jelas dan jernih daripada televisi sinyal analog.

2. Transportasi

Meskipun saat ini masih ada sebagian kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil, namun sebagian kendaraan saat ini sudah ada yang dikembangkan dan menggunakan tenaga listrik dengan tujuan lebih hemat biaya dan lebih ramah lingkungan.

Seperti halnya kereta api jaman dahulu dengan jaman sekarang. Yang mana, kereta jaman dulu masih memakai bahan bakar batu bara atau tenaga uap, namun pada kereta jaman sekarang sudah menggunakan tenaga listrik yang lebih ramah lingkungan.

3. Internet

Dahulu, internet hanya bisa kita gunakan untuk melakukan browsing dan berkirim email saja. Namun, saat ini, internet sudah bisa kita manfaatkan untuk mengembangkan usaha bisnis seperti berjualan di marketplace atau e-commerce, mempromosikan produk, dan lain sebagainya.

4. Teknologi Jaringan Seluler

Setelah jaringan internet berupa 3G, berkembanglah jaringan 4G yang memberikan dampak berupa hadirnya perusahaan berbasis startup seperti gojek, grab, uber dan beberapa marketplace. Bahkan saat ini sudah hadir jaringan internet yang baru yaitu 5G yang digadang-gadang lebih canggih dari jaringan 3G ataupun 4G.

5. Bidang Industri

Jika jaman dahulu membutuhkan banyak tenaga kerja untuk memproduksi sudatu barang, maka dengan adanya perkembangan IPTEK saat ini, sudah banyak perusahaan dan industri yang memanfaatkan mesin atau robot untuk menghemat biaya dan meminimalisir resiko kesalahan pekerjaan.

Namun, sayangnya banyak tenaga kerja yang sudah tidak lagi dibutuhkan karena sudah digantikan perannya oleh mesin dan robot tersebut.

FAQ Seputar Pengertian IPTEK

FAQ

Beriktu pertanyaan seputar pengertian IPTEK.

Apa Perbedaan IPTEK dan Globalisasi?

Tujuan utama kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK adalah untuk membuat masa depan keberadaan manusia lebih baik, lebih mudah, lebih murah, lebih cepat, dan lebih aman. Sedangkan globalisasi adalah proses mengglobalkan sesuatu sedemikian rupa sehingga batas-batas negara menjadi tiada.

Faktor Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Perkembangan IPTEK?

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan IPTEK:

  1. Terdapat budaya kompetitif dalam masyarakat.
  2. Menggunakan serta meningkatkan inovasi, orisinalitas dan kreativitas dalam semua aspek kehidupan.
  3. Pihak berwenang memberikan bantuan penuh berupa fasilitas, pendanaan, dan lain sebagainya.
  4. Orang dengan sikap atau pikiran terbuka terhadap segala perubahan.
  5. Munculnya kaum modernis yang canggih dan terampil.
  6. Pendidikan yang modern dan progresif.

Sejak Kapan IPTEK Berkembang di Indonesia?

Perkembangan atau pertumbuhan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK di Indonesia dimulai setelah Belanda membawa persenjataan canggih, moda transportasi, dan kendaraan tempur kepada penduduk asli Indonesia.

Yang mana, sebelum abad ke-20, perkembangan IPTEK di Indonesia masih berfokus pada kebutuhan sehari-hari dan dipengaruhi oleh kolonialisme Belanda.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa suatu teknologi tidak akan tercipta tanpa adanya ilmu pengetahuan, begitu juga sebaliknya, ilmu pengetahuan tidak akan mampu berkembang untuk menciptakan terobosan-terobosan baru tanpa adanya suatu teknologi.

Sehingga, ilmu pengetahuan dan teknologi ini harus dimanfaatkan secara maksimal agar kehidupan seluruh makhluk yang ada dibumi ini bisa berkembang dan maju.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar pengertian IPTEK menurut para ahli beserta manfaat dan dampak positif maupun negatif dari perkembangan IPTEK ini. Semoga bermanfaat ya!

Related Articles

Back to top button