Apa itu Komputer Server, Fungsi dan Spesifikasi Lengkap

Teknatekno.comJaringan komputer lokal dan online dikelola oleh perangkat host yang disebut komputer server. Tapi apa itu komputer server? Sebagian dari kamu mungkin masih ada yang belum memahami pengertian dari komputer server.

Komputer server memang sangat dibutuhkan dalam menunjang kegiatan operasional, terutama dalam sebuah perusahaan.

Apalagi ditambah dengan adanya internet, kita bisa mengumpulkan banyak informasi dalam sekejap yang dibutuhkan oleh perusahaan. Nah, kamu bisa mengikuti artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut mengenai komputer server.

Apa itu Komputer Server

Pengertian Komputer Server

Apa itu komputer server? Secara singkat, komputer server adalah sebuah perangkat yang bertugas untuk mengatur segala aktivitas dalam sebuah sistem dan jaringan. Komputer server yang biasanya terhubung dengan workstation atau jaringan komputer lainnya sering disebut dengan client.

Client ini kemudian akan meminta informasi dan data dari server melalui internet. Data ini bisa berupa gambar, file teks, video, dll. Nah tugas server di sini adalah melayani dan merespon semua permintaan dari client.

Nah untuk membantu kamu mempelajari lebih lanjut tentang apa itu komputer server dan lainnya. Berikut beberapa karakteristik lain dari komputer server:

OS khusus server biasanya memiliki sistem operasi khusus server seperti Microsoft Windows Server, Ubuntu Server, CentOS Server, Unix Server, dll.

Sebagai pusat data dan informasi, server biasanya menawarkan spesifikasi yang tinggi dan sudah terbukti handal dalam menjalankan program dan sistem yang berat.

Server standalone merupakan perangkat utama dalam sistem dan jaringan komputer. Akibatnya, server sering kali dapat beroperasi secara mandiri tanpa membutuhkan klien atau periferal lainnya.

Fungsi Komputer Server

Setelah mengetahui tentang apa itu komputer server, kamu akan masuk pada pembahasan tentang fungsi dan manfaat penggunaan perangkat tersebut, diantaranya:

  1. Mengelola kebutuhan klien dan memberikan output yang diharapkan.
  2. Penyediaan sumber daya, baik itu perangkat keras maupun aplikasi. Sumber daya ini dikelola agar dapat digunakan oleh stasiun klien yang terhubung ke jaringan.
  3. Kita mengelola lalu lintas data di jaringan.
  4. Tempat untuk menyimpan data atau file yang dapat diakses pelanggan.
  5. Mengelola hak akses. Setiap klien dapat mengakses data atau sistem tertentu, tergantung pada peran atau lokasi mereka.
  6. Menyediakan database untuk mendukung pengoperasian sistem atau aplikasi.
  7. Jaringan lebih mungkin untuk dikompromikan. Server dapat melindungi klien dengan menyediakan firewall atau perangkat lunak anti-malware.

Macam-Macam Komputer Server Berdasarkan Fungsi

Macam-Macam Komputer Server Berdasarkan Fungsi

Berikut ini adalah beberapa jenis server yang biasa digunakan untuk mendukung pekerjaan pengguna:

1. Web

Web server menyimpan file atau data untuk website. Ketika klien meminta, web server menjalankan protokol khusus. Protokol khusus ini akan menghasilkan output di browser. Hasilnya adalah halaman web dengan segala isinya.

Sebuah halaman web yang dapat diakses secara online harus di-host terlebih dahulu. Hosting terletak di server web. Exabytes adalah penyedia web hosting yang andal. Ini menyediakan hosting dengan kinerja server yang andal.

2. Application

Server aplikasi adalah jenis server yang digunakan untuk menyimpan file dan data untuk melayani pengguna aplikasi web dan biasanya digunakan untuk kebutuhan proyek seperti sistem informasi, pengembangan aplikasi yang berhubungan dengan pendidikan, kesehatan, dll.

3. FTP

FTP server adalah komputer yang mengatur alur transfer file atau dokumen yang dilakukan melalui aplikasi berdasarkan protokol transfer file. Perangkat lunak ini juga digunakan untuk mengakses file secara online.

4. Mail

Mail server adalah perangkat komputer yang mendukung pengiriman dan penerimaan email. Mail server dapat bekerja jika kamu memiliki email client di komputer kamu.

Perangkat lunak ini kemudian akan terhubung ke server email IMAP atau POP3 untuk mengunduh email kamu. Dan tugas SMTP server adalah mengirim ulang email melalui mail server.

5. Proxy

Server ini merupakan perantara antara klien dan server selama lalu lintas data. Proxy akan memfilter permintaan, mengoptimalkan kinerja pada lalu lintas data, dan berbagi koneksi.

6. Basis Data

Database server adalah tempat database ini dikelola. Server ini juga menjalankan aplikasi database yang dapat menjawab pertanyaan terkait database dari klien.

7. File

Server ini menyediakan lokasi hosting. Memori ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai file: gambar, audio, video, dokumen, database, dll. File server adalah tempat penyimpanan dan pengambilan data klien dikelola.

8. Print

Print server dapat menangani permintaan cetak dari beberapa klien pada satu perangkat cetak. Hal ini dapat menguntungkan karena tidak perlu menyediakan 1 printer untuk 1 komputer.

Saat ini banyak perangkat cetak yang kompleks memiliki sistem server internal, sehingga tidak perlu server berbasis komputer eksternal.

9. DNS

Dalam domain name system atau DNS, terdapat database yang berisi beberapa website atau domain. Ketika klien memasukkan sebuah domain.

DNS server akan bekerja untuk menerjemahkan domain tersebut ke dalam bahasa mesin. Server DNS akan mencari alamat IP dari website yang dimaksud.

Dengan menggunakan alamat IP ini, browser dapat berkomunikasi dengan server web asal sehingga pengguna dapat mengakses web melalui browser. Mereka yang membutuhkan domain juga dapat menggunakan layanan exabytes. Ada beberapa opsi tld dengan harga diskon.

Daftar di atas hanya sebagian dari jenis server yang diklasifikasikan menurut fungsinya. Sebenarnya masih banyak jenis lainnya. Selain itu, jenis server juga diklasifikasikan menurut bentuknya.

Macam-Macam Server Berdasarkan Bentuknya

Macam-Macam Server Berdasarkan Bentuknya

Komputer server memiliki beberapa variasi. Di bawah ini adalah jenis-jenis server yang diklasifikasikan berdasarkan bentuknya:

1. Tower

Tower server mirip dengan prosesor komputer yang biasa kamu lihat jika dilihat dari bentuknya. Namun, spesifikasinya tentu bisa disesuaikan. Sesuaikan fungsi dari server tersebut.

Startup sering menggunakan server jenis ini karena lebih murah. Server ini juga bisa diupgrade. Sehingga seiring berkembangnya bisnis, spesifikasi server bisa ditingkatkan.

2. Rak

Sesuai dengan namanya, server ini berasal dari beberapa server yang disusun dalam bentuk rak. Jenis server ini biasanya terletak di sebuah ruangan dengan sistem pendingin yang unik.

Hal ini dikarenakan banyak server yang berjalan dan suhunya perlu diatur. Server ini dapat menangani data yang lebih besar dengan kinerja yang lebih baik.

3. Blade

Blade server juga bisa disebut sebagai server ultra tipis. Hal ini dikarenakan ukurannya yang lebih kecil, namun dapat menjalankan sistem intensif komputasi dan menyimpan data dalam jumlah besar. Selain menghemat ruang, server-server ini juga menjanjikan konsumsi daya yang berkurang.

Cara Kerja Komputer Server

Untuk bertindak sebagai server, perangkat harus dikonfigurasi untuk dapat menangkap permintaan klien di jaringan. Penyiapan melibatkan pemasangan sistem operasi server khusus.

Sistem operasi khusus server yang memungkinkan perangkat untuk menerima dan menanggapi permintaan. Selain sistem operasi yang sangat mendasar, ada juga beberapa program atau aplikasi tambahan yang dapat menjalankan program tertentu.

Misalnya, aplikasi apache yang dapat menjalankan web server apache dan menanggapi permintaan browser. Klien membuat permintaan pada jaringan. Server akan menerima permintaan, memprosesnya, dan kemudian memberikan output berdasarkan permintaan klien.

Selain melakukan tugas-tugas inti ini, server juga akan melakukan beberapa tugas tambahan. Misalnya, memverifikasi identitas klien yang membuat permintaan.

Memastikan bahwa klien memiliki akses ke data dan sumber daya yang diminta. Server juga harus didukung dengan spesifikasi hardware yang mumpuni. Alasannya adalah karena server melakukan tugas yang berat.

Perbedaan Komputer Server dan Komputer Client

Perbedaan Komputer Server dan Komputer Client

Seperti yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya, server dan client memiliki fungsi yang sama sekali berbeda. Komputer client digunakan sebagai perangkat komputasi biasa. Di sisi lain, komputer server berfungsi sebagai perangkat yang melayani kebutuhan klien dan mengelola operasi jaringan.

Karena itu, perangkat keras dan perangkat lunak dari kedua jenis komputer tersebut juga berbeda. Komputer klien biasanya menggunakan perangkat keras low-end dengan kinerja rata-rata. Apalagi harganya terjangkau.

Hal ini berbeda dengan komputer server. Komputer jenis ini harus menggunakan perangkat keras yang tahan lama dan mampu menjalankan jaringan dengan lancar. Selain itu, harus menyala tanpa henti. Tentu saja harga perangkat ini tidak semurah client bekas.

Dari segi software, komputer client biasanya menggunakan sistem operasi umum yang mudah digunakan. Misalnya Windows dan Mac OS adalah. Pada server, perangkat lunak yang digunakan adalah sistem operasi khusus, seperti Windows Server, Linux, dan Ubuntu.

Selain itu, server memerlukan manajemen yang berbeda. Karena perlu dihidupkan selama 24 jam, maka harus ditempatkan di ruangan bersuhu rendah untuk menghindari panas berlebih. Selain itu, diperlukan sumber daya cadangan seperti UPS agar komputer tidak mati ketika daya utama mati.

Spesifikasi

Spesifikasi Komputer Server

Selain fungsinya, spesifikasi komputer host berbeda dari komputer klien. Di bawah ini kita akan menjelaskan jumlah CPU, RAM, dan hard drive yang diperlukan jika kamu ingin membangun server kamu sendiri, yakni:

1. Prosesor

Prosesor adalah hal pertama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih komputer server. Seperti ketika kamu ingin memilih perangkat pribadi, kamu dapat memilih dari dua produsen terkenal: Intel dan AMD.

Prosesor yang ditawarkan oleh masing-masing merek memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, Intel sering kali lebih disukai karena basis baca-tulis per-inti yang lebih baik daripada AMD.

2. RAM

Jumlah RAM bertanggung jawab atas jumlah proses yang dapat berjalan secara bersamaan dalam perangkat komputasi. Untuk server, kamu tidak membutuhkan banyak RAM. 512 MB sudah cukup untuk menjalankan sistem operasi Windows Server terbaru.

Namun, setiap jenis server memiliki persyaratan RAM yang berbeda. Misalnya, untuk server web, kamu memerlukan memori yang cukup untuk menjalankan sistem manajemen konten, dasbor, bahasa skrip, dan basis data.

Jumlah minimum RAM yang disarankan untuk jenis server ini adalah 2 GB. 444 jenis lain dengan jaringan area lokal. Untuk server jenis ini, RAM harus disesuaikan dengan jumlah klien. kamu membutuhkan setidaknya 8 GB agar jaringan dapat berfungsi dengan baik.

3. Storage atau Penyimpanan

Ada dua hal yang perlu diperhatikan saat memilih perangkat penyimpanan untuk server, yaitu jenis dan kapasitas perangkat.

Untuk jenis ini, kamu hanya bisa menggunakan hard drive. Namun, SSD lebih direkomendasikan karena memiliki kecepatan penyimpanan yang lebih tinggi daripada HDD.

Seperti RAM, penyimpanan minimum juga tergantung pada penggunaan server. Server web dengan RAM 32 GB sudah cukup untuk meng-host situs web dengan lalu lintas yang lebih sedikit.

Kapasitas yang dibutuhkan akan berbeda jika kamu ingin membangun jaringan komputer lokal. Misalnya, server desktop membutuhkan lebih banyak ruang karena digunakan untuk menyimpan file dalam jumlah besar.

Tanya Jawab Komputer Server

Berikut ini adalah tanya jawab seputar komputer server, yaitu:

Apa Saja Syarat Komputer Dapat Menjadi Server?

Persyaratan komputer untuk pengoperasian sebagai server dengan sistem operasi Windows 2000 server adalah sebagai berikut:

  1. Pentium 133MHz atau lebih tinggi diperlukan.
  2. Ruang hard disk minimum adalah 2GB, dengan 1GB tersedia (ruang kosong).
  3. Diperlukan 128MB RAM.
  4. 12x min CD ROM dan 3,5 inci high-density disk drive.
  5. Tampilan resolusi VGA atau lebih besar.
  6. Perangkat penunjuk atau mouse.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa pengertian komputer server adalah perangkat yang tugasnya mengatur semua aktivitas dalam sistem dan jaringan. Server dapat melindungi klien dengan menyediakan firewall atau perangkat lunak anti-malware.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu komputer server, tugas, macam-macam komputer server, cara kerja, perbedaan komputer server dan komputer client hingga spesifikasi komputer server. Semoga bermanfaat ya!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button