Review Aplikasi Akulaku Apakah Aman dan Resmi

Teknatekno.com – Apakah aplikasi Akulaku aman? Mungkin inilah pertanyaan yang akan kamu lontarkan pertama kali saat mendengar bahwa aplikasi Akulaku adalah aplikasi belanja dan cicilan online. Jawabannya adalah iya, aplikasi Akulaku merupakan aplikasi yang aman digunakan untuk berbelanja ataupun meminjam uang secara online.

Jika kita perhatikan, belakangan ini banyak marketplace yang menyediakan fitur pinjaman sebagai salah satu alternatif pinjam uang secara online bagi para penggunanya. Salah satunya seperti Akulaku ini.

Nah, bagi kamu yang berencana ingin mengajukan pinjaman secara online melalui Akulaku ini, ada baiknya pelajari terlebih dahulu apa itu Akulaku. Penting juga bagi kamu untuk mengenal beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi yang satu ini, agar kamu bisa mempertimbangkannya sebelum menggunakannya.

Review Tentang Akulaku

Review Tentang Akulaku

Apa itu Akulaku? Akulaku adalah perusahaan aplikasi belanja dan cicilan online terbesar di Asia Tenggara yang menawarkan fitur pinjaman online melalui limit kredit bagi penggunanya dengan persyaratan yang mudah. Bahkan kamu bisa mendapatkan limit kredit hingga Rp 15 juta dengan cicilan hingga 15 bulan.

Aplikasi akulaku adalah aplikasi bisnis berplatform digital atau marketplace yang sudah terdaftar secara resmi pada April 2017, sebagai penyelenggara sistem elektronik oleh Kementrian Kominfo RI dengan Tanda Daftar Sistem Elektronik No.00262/DJAI.PSE/04/2017 atas nama PT Akulaku Silvrr Indonesia.

Selain itu, Akulaku juga sudah tercantum dalam Surat Pendaftaran Penanaman Modal yang disetujui oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal atau disingkat BKPM dengan No,12931/1IU/PMA/2018.

Saat ini, Akulaku telah menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. Kita juga bisa menikmati berbelanja dengan pembayaran secara tunai, cicilan atau kredit.

Jangan khawatir, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga telah mengawasi secara pribadi aplikasi ini. Alhasil, ini bukan aplikasi pinjaman online ilegal. Hal ini ditunjukkan dengan Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-436/NB.11/2018, yang diterbitkan 18 April 2018.

Adapun cara menggunakan Akulaku sangatlah mudah, yaitu kamu harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu di Play Store (untuk Android) atau di App Store (untuk iOS), lalu setelah itu kamu bisa melakukan pendafataran akun Akulaku.

Kamu hanya membutuhkan KTP sebagai syarat utamanya saja. Setelah itu, kamu bisa mengisi informasi data pribadi yang sudah disediakan dan kamu akan mendapatkan limit kredit dengan nominal tertentu secara otomatis.

Layanan Produk Akulaku

Ada beberapa layanan produk yang ditawarkan oleh aplikasi belanja online dan cicilan online Akulaku ini, diantaranya yaitu:

1. Aku Cicil

Aku Cicil adalah paket pembayaran yang dapat digunakan untuk membeli barang secara online tanpa menggunakan kartu kredit. Kamu bisa membeli berbagai barang secara online ataupun offline di beberapa toko dan merchant yang berkolaborasi dengan Akulaku.

Menurut penilaian, setiap pengguna akan diberikan batas kredit yang berbeda, yang mana nominal tertinggi untuk satu akun adalah 15 juta rupiah.

2. KTA Asetku

KTA Asetku adalah pinjaman online yang tidak membutuhkan agunan dan tersedia untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kemudahan ini mempercepat pengajuan kredit dengan jangka waktu pencairan maksimal 24 jam.

Selain itu, batas pengguna akan bervariasi tergantung pada evaluasi. Adapun syarat untuk keperluan mendaftarnya cukup dengan KTP dan dokumen pendukung lainnya dapat ditambahkan untuk memperpanjang atau mengingkatkan limit kredit.

3. Dana Cicil

Dana Cicil adalah pinjaman tunai dengan nilai nominal sampai dengan 12 juta rupiah dan jangka waktu pelunasan sampai dengan 15 bulan.

Keunggulan utama dari Dana Cicil adalah bahwa mereka mudah didistribusikan karena prosedur aplikasi dianggap tidak rumit. Distribusinya juga cepat, memakan waktu kurang dari 24 jam sebelum dana disetorkan ke rekening pribadi kamu.

Limit Kredit Akulaku

Limit Kredit Akulaku

Jumlah nominal limit kredit yang ditawarkan di Akulaku yaitu mencapai Rp 15 juta dengan tenor pembayaran yang bervariasi mulai dari 1 bulan sampai dengan 12 bulan. Plafon (batas) pinjaman juga ditentukan oleh skor kredit, yang mana semakin tinggi skor kredit, maka semakin besar plafon pinjaman yang dapat diberikan.

Harap diingat bahwa bunga yang dikenakan oleh Akulaku agak tinggi dan dipungut setiap hari. Kamu akan mendapatkan informasi mengenai suku bunga Akulaku saat melakukan transaksi, meskipun tidak dipublikasikan di situs resminya.

Jadi, sebelum memanfaatkan fitur cicilan Akulaku, pastikan kamu bisa membayar tagihan sebelum jatuh tempo dan menilai kemampuan kamu.

Syarat Pengajuan Pinjaman di Akulaku

Besarnya limit Akulaku Paylater ditentukan oleh penggunaan akun, yang secara otomatis dianalisa oleh sistem. Setelah hasil penilaian ini, mungkin pengguna akan secara otomatis dinaikkan limit kreditnya.

Akulaku merekomendasikan pengguna untuk menggunakan akun lebih sering dan mempertahankan riwayat pembayaran yang kuat untuk meningkatkan kemungkinan peningkatan batas kredit. Adapun syarat untuk mengajukan pinjaman yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki E-KTP.
  2. Berusia minimal 23 tahun.
  3. Bertampat tinggal di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY Yogyakarta.
  4. Melaporkan dat aslip gaji selama 3 bulan terakhir.
  5. Bagi pengusaha harus memberikan daftar rekneing koran atau fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Cara Mendaftar Akun Akulaku

Agar bisa memanfaatkan beberapa fitur di aplikasi ini, langkah pertama yang paling penting adalah membuat akun. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti dalam membuat akun Akulaku:

  1. Download Akulaku dari Play Store atau App Store, lalu install.
  2. Setelah terinstal, buka aplikasinya di ponsel kamu.
  3. Pilih menu Personal.
  4. Pilih menu Login atau Daftar.
  5. Klik opsi Buat Akun.
  6. Masukkan nomor ponsel kamu.
  7. Klik Kirim.
  8. Tunggu kode OTP dikeluarkan ke nomor ponsel kamu yang terdaftar.
  9. Masukkan lima digit kode dan klik tombol Selanjutnya.
  10. Setelah terverifikasi, kamu akan diminta untuk membuat kata sandi.
  11. Langkah selanjutnya adalah memilih limit kredit yang sesuai.
  12. Baca persyaratan dalam pengajuan kredit.
  13. Selesai! Akun Akulaku kamu sudah bisa digunakan.

Cara Mengajukan Pinjaman

Cara Mengajukan Pinjaman di Akulaku

Setelah mendaftarkan akun, kamu sudah bisa mengajukan pinjaman di aplikasi ini. Berikut aalah bebrapa cara untuk mendapatkan kredit di Akulaku:

  1. Isi nama kamu sesuai dengan yang tertera di KTP.
  2. Hubungkan dengan halaman Facebook
  3. Isi informasi kontak darurat.
  4. Masukkan alamat lengkap rumah kamu
  5. Masukkan informasi latar belakang pendidikan kamu
  6. Masukkan informasi pekerjaan, seperti gaji bulanan, lama waktu bekerja serta bidang pekerjaan
  7. Ambil foto selfie wajah kamu sambil memegang KTP.
  8. Buat rekaman suara kamu dengan mengatakan nomor ponsel.
  9. Ajukan nominal atau jumlah kredit.
  10. Tunggu sekitar 2 hari kerja untuk verifikasi data.

Cara Pembayaran Tagihan Akulaku

Bagi kamu yang masih belum mengetahui bagaimana cara membayar cicilan di Akulaku, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Melalui Gerai Minimarket

Pengguna Akulaku bisa menggunakan metode pembayaran dari gerai minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Adapun caranya yaitu:

  1. Bukan aplikasi dan simpan nomor Virtual Account untuk pembayaran tagihan.
  2. Beri tahu kasir bahwa kamu akan melakukan pembayaran Akulaku dengan menyebutkan nomor VA. (Atau kamu bisa memasukkan nomor VA di mesin pembayaran yang tersedia secara mandiri).
  3. Setelah itu, kasir akan mengkonfirmasi jumlah tagihan yang sesuai dengan tagihan di aplikasi kamu.
  4. Berikan uang tunai ke kasir untuk melakukan pembayaran.
  5. Simpan bukti pembayaran.

2. Melalui ATM

Pembayaran tagihan Akulaku juga dapat dilakukan melalui ATM bank yang terkenal di Indonesia seperti BCA, Mandiri, BRI, dan BNI. Adapun caranya yaitu:

ATM BCA

  1. Pilih opsi Transaksi Lainnya setelah memasukkan ATM dan PIN.
  2. Pilih Transfer dan pilih Ke Rekening Bank Lain
  3. Lalu masukkan kode transfer 013.
  4. Setelah itu, masukkan jumlah pembayaran.
  5. Masukkan nomor Akun Virtual Akulaku.
  6. Pastikan nomor Akun Virtual sudah benar, lalu klik OK.
  7. Simpan bukti pembayaran.

ATM Mandiri

  1. Pilih opsi Transaksi Lainnya setelah memasukkan ATM dan PIN.
  2. Pilih Bayar atau Beli, lalu Lainnya.
  3. Pilih lagi opsi Lainnya.
  4. Selanjutnya pilih Multi Payment.
  5. Masukkan kode transfer 013, lalu pilih tombol Benar.
  6. Setelah itu, masukkan jumlah pembayaran.
  7. Masukkan nomor Akun Virtual Akulaku.
  8. Masukkan jumlah pembayaran, lalu klik Ya
  9. Simpan bukti pembayaran.

ATM BRI

  1. Pilih menu Lainnya setelah memasukkan ATM dan PIN.
  2. Pilih Pembayaran atau Pembelian, lalu Pembayaran atau Pembelian Lainnya.
  3. Kemudian, pilih BRIVA.
  4. Masukkan nomor Virtual Account Akulaku, lalu klik OK.
  5. Masukkan jumlah pembayaran, lalu klik Ya.
  6. Simpan bukti pembayaran.

3. Melalui E-Wallet

Ada juga cara praktis untuk membayar tagihan Akulaku menggunakan e-wallet, berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Gojek untuk melakukan pembayaran Akulaku menggunakan e-wallet Gopay.
  2. Buka aplikasi Akulaku.
  3. Pilih opsi pembayaran melalui Gopay.
  4. Setelah itu kamu akan memiliki akses otomatis ke Gopay.
  5. Untuk menyelesaikan pembayaran, klik Bayar Sekarang lalu masukkan PIN.

Bagaimana Jika Tidak Membayar Tagihan

Bagaimana Jika Tidak Membayar Tagihan Akulaku?

Akulaku telah menyematkan kewajiban pengguna jasanya berupa pembayaran tepat waktu sebagai penyedia layanan pinjaman berupa pinjaman tunai dan cicilan tanpa kartu kredit.

Akulaku menampilkan tanggal jatuh tempo, nominal pembayaran, dan beberapa pilihan pembayaran untuk memudahkan pengguna jasa melakukan pembayaran tepat waktu.

Namun, jika pengguna jasa tetap tidak membayarkan kewajibannya, berikut yang akan terjadi jika tagihan Akulaku tidak dibayar:

1. Jumlah Pembayaran Meningkat Karena Bunga dan Denda

Di Akulaku, bunga pinjaman dihitung setiap hari. Akibatnya, baik sengaja atau tidak sengaja, bunga pinjaman akan terus bertambah.

Selain suku bunga yang lebih tinggi, kegagalan dalam melakukan pembayaran pinjaman atau cicilan akan mengakibatkan denda keterlambatan. Akibatnya, jika kedua masalah ini tidak segera diatasi, nominal pembayaran bisa meningkat.

2. Tidak Ada Peningkatan Skor Pinjaman Akulaku

Akulaku memberikan skor pinjaman kepada penggunanya. Skor pinjaman dibuat untuk memudahkan prosedur pinjaman pengguna karena semakin besar skor, semakin besar kemungkinan pinjaman akan diberikan dan memiliki batas pinjaman yang lebih besar.

Jika pengguna layanan tidak melakukan pembayaran tepat waktu, skor pinjaman mereka di Akulaku tidak meningkat.

3. Tidak Bisa Mengajukan Pinjaman di Akulaku Lagi

Dengan riwayat pembayaran yang buruk dan kredit yang buruk, sistem Akulaku memiliki peluang besar untuk menolak aplikasi pinjaman, baik secara tunai maupun cicilan belanja tanpa kartu kredit. Jika ini terjadi, pengguna tidak akan bisa mendapatkan bantuan dari layanan Akulaku mana pun, termasuk layanan resmi Akulaku.

4. Mendapat Tagihan dari Debt Collector Akulaku

Jika pembayaran pinjaman tidak dilakukan tepat waktu, Akulaku akan menagihnya dengan berbagai cara, termasuk pesan teks dan panggilan telepon. Jika pengingat diabaikan, Akulaku akan mengirimkan debt collector ke rumah atau kantor orang tersebut untuk menagih pembayaran.

Kelebihan dan Kekurangan Akulaku

Sama seperti aplikasi-aplikasi pada umumnya, Akulaku juga mempunyai kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum memutuskan untuk meminjam uang secara online melalui aplikasi ini.

Kelebihan

  1. Syarat pendaftarannya cukup mudah, yaitu hanya menggunakan KTP
  2. Limit yang didapatkan cukup tinggi, yaitu mencapai Rp 15 juta.
  3. Pilihan jangka waktu atau tenor pinjaman lengkap, mulai dari 3, 6, 9, 12, sampai dengan 15 bulan tersedia.
  4. Prosedur pencairan dananya cukup cepat karena hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan kurang dari 24 jam.
  5. Karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, maka aplikasi ini aman digunakan dan terpercaya.

Kekurangan

  1. Suku bunga yang diterapkan di Akulaku cukup besar, yaitu mencapai 0,9% setiap harinya.
  2. Pelanggan tidak sepenuhnya menerima dana cair karena terdapat diskon.
  3. Jika tidak membayar tagihan Akulaku, maka akan dikenakan denda yang berat atau berjumlah besar.

FAQ Seputar Review Akulaku

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar review aplikasi Akulaku.

Apakah Akulaku Legal atau Ilegal?

Untuk memeriksa apakah pinjaman online Akulaku ini legal atau ilegal, resmi atau tidak, kamu bisa memanfaatkan layanan Whatsapp dari OJK di nomor 081-157-157-157.

Berapa Limit Awal Akulaku?

Kamu bisa memperoleh pinjaman hingga Rp 25 juta di Akulaku. Namun, tidak semua konsumen Akulaku bisa mendapatkan limit yang tinggi. Untuk pengguna pemula, limit awal kredit ditetapkan dengan nominal yang rendah, seperti Rp 500 ribu sampai Rp 600 ribu.

Berapa Denda Telat Bayar di Akulaku?

Denda keterlambatan ini berkisar antara 2% sampai 5% dari pokok pinjaman yang belum dibayar. Akibatnya, angsuran bulan berjalan ditambahkan ke bunga karena keterlambatan pembayaran.

Apakah Bayar Tagihan Akulaku Bisa Dicicil?

Pengguna aplikasi Akulaku sekarang dapat melakukan pembayaran dengan cara dicicil. Akulaku adalah situs marketplace atau e-commerce yang mengkhususkan diri dalam pembayaran secara cicilan dalam jangka waktu tertentu. Setiap pengguna diharuskan membayar cicilan Akulaku tepat waktu.

BACA JUGA:

Review Aplikasi Indodana, Pinjaman Online Tanpa Jaminan
Review Indosaku Pinjaman Online OJK dan Cara Daftarnya
20 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Resmi OJK

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar aplikasi belanja dan cicilan online Akulaku yang menawarkan berbagai fitur menarik untuk memudahkan penggunanya dalam meminjam uang secara online. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya!

Related Articles

Back to top button