Review JULO Pinjaman Online Bunga Rendah Legal OJK

Teknatekno.com – Bagi kamu yang berencana untuk menggunakan aplikasi JULO untuk melakukan pinjaman online atau cicilan kredit, simak review lengkap seputar aplikasi kredit digital bernama JULO terlebih dahulu.

Pada artikel ini akan Teknetekno jelaskan seputar review JULO sebagai aplikasi pinjaman online yang memberikan fitur serta memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui. Selain review JULO, Teknatekno juga akan menjelaskan syarat serta cara mendaftar di aplikasi JULO untuk mengajukan pinjaman secara mudah.

Apa itu JULO

Apa itu JULO?

JULO adalah aplikasi Fintech yang memberikan layanan berupa kredit digtal dan pinjaman tunai. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membeli barang dengan cara mencicil atau mengajukan pinjaman uang tunai dengan mudah.

Dalam kegiatan operasionalnya, aplikasi ini didukung oleh beberapa perusahaan modal ventura terkenal sebagai Lender Partner (Pemberi Pinjaman). Aplikasi yang sudah diluncurkan oleh PT JULO Teknologi Finansial sejak tahun 2016 ini, terus melakukan pembaharuan dan perbaikan terhadap sistemnya.

Mulai dari proses verifikasinya yang semakin cepat, ditambahkannya fitur-fitur baru, sampai dengan penambahan variasi produk dan layanan.

PT JULO Teknologi Finansial adalah perusahaan yang memberikan pinjaman online dan terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-589/NB.213/2018 yang sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan nomor 77/POJK.01/2016.

Selain itu, pada bulan Mei 2020 JULO sudah berstatus berizin di OJK dengan Surat Tanda Berizin KEP – 16/D.05/2020. Hal ini menandakan bahwa aplikasi ini sudah memenuhi syarat dari OJK baik dari segi teknologi ataupun sistem kerjanya dalam menjalankan usaha P2P Lending.

JULO juga merupakan anggota AFPI, yang menyiratkan bahwa jika pengguna memiliki masalah, AFPI akan melakukan arbitrase sebagai organisasi resmi yang ditunjuk oleh OJK. Sejak 2019, aplikasi ini juga sudah memperoleh sertifikasi ISO 27001 Full Scope.

Dengan sertifikasi tersebut, JULO menjamin serta memastikan bahwa proses operasional perusahaan tersebut berjalan sesuai dengan asas prinsip akuntabilitas dan transparansi. Tujuannya untuk memenuhi aspek keamanan dan kerahasiaan informasi yang baik.

Produk dan Layanan

Review JULO yang berikutnya adalah tentang produk dan layanan JULO. Berikut ini produk serta layanan yang ditawarkan oleh aplikasi JULO:

Dana Tunai

Pinjam dana online sampai isi ulang dompet digital, semua makin mudah dengan JULO Kredit Digital.

Paylater

Bayar tagihan E-commerce anti ribet dengan JULO Kredit Digital.

Tagihan Online

Bayar tagihan online jadi makin mudah dan cepat pakai limit JULO Kredit Digital.

JULO Mini

JULO Mini adalah program Kredit Tanpa Agunan online jangka pendek dengan limit rendah. Penggunanya bisa mendaftar dan mengajukan pinjaman Mini mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 dengan jangka waktu pinjaman satu bulan.

JULO Cicil

JULO Cicil adalah layanan pinjaman online dengan jumlah pinjaman mulai dari Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 8.000.000. Penggunanya bisa memilih jangka waktu kredit di JULO Cicil antara 3 sampai 6 bulan.

JULO Agunan

JULO Agunan adalah layanan peminjaman yang menyertakan agunan atau jaminan. Untuk sepeda motor dan mobil, jaminannya bisa berupa BPKB, serta sertifikat properti.

Fitur Aplikasi JULO

Fitur Aplikasi JULO

Aplikasi ini memberikan fitur-fitur menarik yang bisa kamu manfaatkan, diantaranya yaitu:

Batas Pinjaman Tinggi

JULO memberikan limit kredit hingga Rp 8.000.000. Sangat tepat bagi kamu yang membutuhkan dana cepat untuk berbagai kebutuhan pribadi.

Untuk layanan JULO Cicil menawarkan limit pinjaman hingga Rp 8 juta dengan durasi pembayaran 3 sampai 6 bulan. Sedangkan JULO Mini adalah untuk limit pinjaman yang rendah. Dimana maksimum pembayaran pinjaman adalah Rp 1 juta dan durasi pinjaman adalah satu bulan.

Bunga Kompetitif

Aplikasi JULO memberikan suku bunga murah selain limit pinjaman yang bisa disesuaikan. Suku bunga pinjaman ditetapkan berdasarkan temuan studi kelayakan kredit calon peminjam.

JULO membebankan 0,33 persen per hari untuk fasilitas pinjaman Mini dan 1,5 persen sampai dengan 4 persen per bulan untuk pinjaman JULO Cicil.

Pencairan Cepat

Setelah prosedur verifikasi aplikasi pinjaman disahkan, maka kamu bisa memperoleh pinjaman dana cepat dalam waktu 24 jam. Pastikan data dan dokumen yang kamu berikan sudah benar untuk memastikan prosedur verifikasi dan persetujuan yang cepat.

Karena JULO membuat pilihan kredit berdasarkan analisis kelayakan kredit penggunanya. Evaluasi didasarkan pada formulir aplikasi, informasi pribadi, informasi pekerjaan, dan surat-surat atau dokumen persyaratan.

Berbagai Durasi Pinjaman

JULO telah menetapkan dua cara pembayaran untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, yaitu sekali pembayaran (lunas) dan pembayaran bulanan (angsuran atau cicilan). Kamu bisa memilih pinjaman dengan pembayaran satu kali untuk jangka waktu satu bulan.

Sedangkan pinjaman cicilan tersedia dengan jangka waktu 3 sampai 6 bulan. Kamu bisa mengubahnya berdasarkan kebutuhan dan kemampuan kamu untuk membayar.

Limit dan Tenor Pinjaman

Dalam hal limit kredit, JULO memberikan limit kredit mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 10.000.000. Harap diingat bahwa batas tersebut ditetapkan berdasarkan uji tuntas tim Kredit Analisis dari pihak terkait.

Sedangkan untuk tenor angsuran, pengguna yang berhasil mencairkan dananya bisa memilih durasi cicilan mulai dari 60 hari hingga maksimal 180 hari.

Suku Bunga Pinjaman di JULO

Suku bunga JULO berkisar dari 6 persen hingga 1 persen per bulan. Namun, tingkat bunga dihitung berdasarkan hasil studi kelayakan kredit masing-masing pengguna. Berikut ini faktor-faktor yang harus diperhatikan terkait bunga pinjaman dalam aplikasi JULO:

  1. Biaya provisi dipotong di muka sebelum pembayaran, sehingga jumlah pembayaran kurang dari jumlah pinjaman yang diizinkan.
  2. Perhitungan bunga dilakukan dari jumlah pembagian karena biaya provisi yang dipotong di muka (bukan dari pagu yang disetujui).
  3. Dengan memperhitungkan biaya provisi, maka suku bunga JULO Mini dengan tenor 30 hari adalah 15 persen.
  4. Selama jangka waktu pinjaman, bunga atas pembayaran JULO berkisar antara 5 persen hingga 6 persen setiap bulannya. Meskipun per bulannya rendah, namun secara keseluruhan total akumulasi bunga JULO Cicil cukup besar yaitu antara 24 persen sampai dengan 29 persen.
  5. JULO menawarkan cashback (diskon) untuk pembayaran tepat waktu atas pinjaman cicilan (tidak terlambat). Cashback sudah termasuk dalam perhitungan JULO Cicil.
  6. Suku bunga pinjaman online JULO untuk jangka waktu 30 hari lebih rendah dari kebanyakan pinjaman online yang sering memberikan suku bunga 15 persen hingga 20 persen (batas maksimum OJK adalah 24 persen per bulan atau 0,8 persen per hari).
  7. Bunga pengajuan kredit KTA JULO jauh lebih murah jika dibandingkan dengan bunga pinjaman online yang ilegal.

Syarat Pengajuan Pinjaman

Syarat Pengajuan Pinjaman di JULO

Seperti pinjaman online yang lainnya, bagi para pengguna yang ingin mengajukan pinjaman di aplikasi JULO, haru memenuhi persyaratan dan juga ketentuan yang berlaku yang harus di penuhi terlebih dahulu. Apa saja syarat tersebut? Simak berikut ini:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI.
  2. Berusia minamal 21 tahun sampai 60 tahun.
  3. Berdomisili di daerah jangkauan layanan JULO.
  4. Mempunyai penghasilan tetap minimal sebesar Rp 1,7 juta per bulannya.
  5. Mempunyai nomor ponsel yang aktif dan tetap
  6. Melengkapi formulir pinjaman secara akurat di aplikasi.
  7. Mengupload dokumen persyaratan seperti KTP, foto selfi memegang KTP, bukti penghasilan atau slip gaji, serta kartu keluarga.

Cara Mendapatkan Pinjaman di JULO

Sebenarnya cara mengajukan pinjaman di aplikasi JULO cukup sederhana, berikut langkah-langkahnya:

Download dan Install Aplikasi JULO

Langkah pertama adalah menginstal aplikasi JULO di smartphone Android kamu dari Google Play Store.

Pilih Daftar

Silakan luncurkan aplikasi JULO saat pengunduhan selesai. Pilih Daftar dari halaman utama.

Masukkan Nomor KTP

Setelah itu, masukkan nomor KTP yang valid, kemudian masuk dengan akun Google kamu.

Buat PIN JULO

Selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat PIN JULO. Sebagai tahap verifikasi, masukkan kembali PIN yang sudah kamu buat sebelumnya.

Baca Persyaratan Pendaftaran JULO

Kemudian persyaratan pendaftaran JULO akan ditampilkan. Setelah selesai membaca semuanya, klik Setuju.

Upload Foto KTP

Langkah selanjutnya adalah mengirimkan foto KTP kamu dan juga selfie dengan memegang KTP. Pastikan bahwa gambarnya terlihat jelas.

Melengkapi Identitas Pribadi

Isi identitas kamu sesuai dengan informasi pada KTP kamu, dimulai dengan nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin dan tempat tinggal.

Masukkan Kode Verifikasi

Kemudian berikan detail kontak pribadi kamu, termasuk nomor ponsel saat ini. Setelah itu kamu akan mendapatkan kode verifikasi melalui pesan SMS.

Melengkapi Informasi Keluarga

Langkah selanjutnya adalah memberikan informasi keluarga seperti nama orang tua kandung dan nomor telepon. Jika sudah, klik Lanjutkan.

Informasi Pekerjaan

Isi semua informasi pekerjaan dengan teliti. Ingatlah untuk menambahkan nama dan nomor telepon perusahaan kamu.

Informasi Keuangan

Terakhir, berikan informasi keuangan seperti total pendapatan bulanan, total pengeluaran, dan total cicilan (jika ada). Sebagai persyaratan utama untuk mendapatkan pinjaman di JULO adalah memasukkan nomor rekening bank.

Denda Keterlambatan Pinjaman

Denda Keterlambatan Pinjaman JULO

Selanjutnya review JULO dari segi denda keterlambatan. Berikut ini adalah denda atas keterlambatan pembayaran pinjaman tunai di aplikasi JULO:

  1. Masa tenggang empat hari dari tanggal jatuh tempo disediakan. Namun, hanya pada hari kelima akan dikenakan biaya keterlambatan.
  2. Biaya keterlambatan sebesar Rp 50.000 pada hari ke-5 hingga hari ke-10, dan Rp 100.000 pada hari ke-30, dengan total biaya keterlambatan sebesar Rp 200.000 karena keterlambatan 30 hari dari tanggal jatuh tempo.
  3. Setelah itu, JULO mengenakan denda sebesar Rp 100.000 untuk setiap keterlambatan 30 hari.

Biaya keterlambatan cukup tinggi karena denda dalam satu bulan (30 hari) hampir sama dengan bunga pinjaman. Sekalipun terlambat lebih dari 30 hari, dendanya lebih besar dari biaya bunga pinjaman.

Mengapa Pinjaman JULO Ditolak?

Pinjaman JULO ditolak karena berbagai alasan. Berikut ini adalah alasan mengapa pengajuan pinjaman kamu ditolak, seperti dikutip dari situs resmi JULO:

Mempunyai Pinjaman di Lembaga Keuangan Lain

JULO dan organisasi Fintech Lending resmi lainnya memiliki akses ke PUSDAFIL dan SLIK OJK untuk melihat riwayat kredit kamu. Di setiap aplikasi atau institusi, tercatat bahwa kamu sedang meminjam.

Pinjaman Lebih dari 30 Persen Penghasilan

Jika jumlah pinjaman melebihi 30 persen dari gaji kamu, maka pengajuan kamu akan ditolak. Misalnya, jika pendapatan bulanan kamu adalah Rp 5.000.000, maka nominal optimal untuk dilaporkan adalah Rp 1.500.000. Jadi jika kamu mengirimkan lebih dari itu, alhasil pengajuan kamu mungkin ditolak.

Pernah Terlambat Membayar Cicilan Pinjaman

Jika kamu memiliki riwayat keterlambatan pembayaran tagihan, peluang kamu untuk mendapatkan pinjaman JULO lebih sulit, terutama jika kamu adalah pengguna terdaftar. Jadi, sangat penting untuk memiliki riwayat pembayaran yang bersih dan lancar.

Jika kamu masih belum tahu atau kebingungan bagaimana cara membayarnya, simak artikel tentang Cara Bayar Cicilan Julo Terlengkap, Mudah dan Cepat.

Memiliki Riwayat Gagal Bayar Pinjaman

Jika nama kamu terdaftar sebagai nasabah wanprestasi di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan), pengajuan pinjaman kamu akan langsung ditolak. Kamu akan ditolak pinjaman tidak hanya di JULO, tetapi juga di lembaga keuangan formal lainnya.

Pengeluaran Lebih Banyak Daripada Penghasilan

Ada prosedur wawancara dengan pertanyaan yang sangat intim. Kamu akan ditanya berapa banyak uang yang kamu keluarkan setiap bulan untuk makanan, transportasi, dan beberapa hal lainnya. Selama prosedur ini, mereka akan menentukan apakah biaya kamu melebihi pendapatan kamu atau sebaliknya.

Nomor Telepon Tidak Bisa Dihubungi Saat Verifikasi

Kamu akan dihubungi pihak JULO untuk 2 kali jadwal inteview. Jika nomor telepon kamu tidak bisa dihubungi, maka pengajuan pinjaman kamu akan dianggap batal.

Review Aplikasi JULO

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi JULO yang perlu kamu ketahui:

Kelebihan JULO

Kamu bisa menemukan kelebihannya dalam dua keadaan yaitu pernah mendaftar di JULO atau pernah menggunakan layanan yang sama dari aplikasi lain. Berdasarkan dua keadaan tersebut, JULO memiliki kelebihan sebagai berikut:

  1. Mekanisme pendaftaran yang ketat untuk mengurangi penggunaan data palsu
  2. Batas saldo tinggi hingga Rp 15 juta
  3. Kinerja aplikasi sangat baik
  4. Bisa pinjam uang secara tunai dan kredit
  5. Pencairan dana yang cepat
  6. Tim Support sangat responsif

Kekurangan JULO

Kelemahan JULO sebagian besar di bidang non-teknis. Kabar baiknya adalah mereka bisa dengan mudah memperbaiki masalah ini jika mereka mau. Berikut adalah kekurangannya:

  1. Biaya administrasi tinggi
  2. Bunga pinjaman yang signifikan atau besar

FAQ Seputar Review JULO

FAQ

Berikut pertanyaan seputar review JULO.

Apakah JULO Pinjol Legal atau Ilegal?

JULO sudah memiliki izin, terdaftar, dan berada di bawah pengawasan OJK. Lisensi ini menunjukkan bahwa perusahaan pinjaman ini sah dan asli. Penyelenggara Fintech Lending yang terdaftar atau berlisensi OJK wajib mengikuti semua peraturan, termasuk POJK dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berapa Pinjaman di JULO?

Jumlah pinjaman berkisar dari Rp 5.000.000 hingga Rp 15.000.000. Jangka waktu pinjaman minimum adalah 61 hari. Sedangkan jangka waktu pinjaman maksimal adalah 270 hari.

Berapa Limit Pertama JULO?

Limit awal yang ditetapkan oleh JULO untuk pengguna adalah antara Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000.

Berapa Lama Pinjol JULO Cair?

Prosedur pengajuan menjadi lebih cepat setelah transisi ke JULO Kredit Digital menjelang akhir tahun 2021. Dari awal pengajuan hingga pencairan dana, prosesnya sekarang bisa diselesaikan dalam satu hari.

Apakah Jika JULO Sudah Lunas Bisa Pinjam Lagi?

JULO akan menginformasikan bahwa kamu bisa mengajukan pinjaman kembali saat kamu memperoleh pemberitahuan atau notifikasi dari Grab berupa link Grab Modal. Namun kamu tidak bisa mengajukan permohonan kembali jika kamu belum mendapatkan pemberitahuan tentang penawaran Grab Modal saat ini.

Baca Juga:

20 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Resmi OJK
Review Indosaku Pinjaman Online OJK dan Cara Daftarnya
Review Aplikasi Indodana, Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar review JULO sebagai aplikasi kredit digital yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat meminjam uang secara online. Aplikasi ini adalah aplikasi yang legal dan sudah terdaftar di OJK. Jadi, bagi kamu yang ingin memanfaatkan aplikasi ini, kamu bisa mendownloadnya di Google Play Store.

Related Articles

Back to top button