Cara Pembayaran AdaKami Paling Lengkap dan Terbaru

Teknatekno.com – Bagi kamu yang melakukan pengajuan pinjaman di AdaKami dan mempunyai tagihan yang harus dibayarkan, kamu bisa menggunakan beberapa metode atau cara pembayaran AdaKami.

Seperti yang kamu ketahui, aplikasi AdaKami menawarkan dua metode pembayaran hutang, yaitu pembayaran satu kali dan cicilan bulanan. Pilihan tergantung pada jumlah nominal tagihan yang dimilki.

Jika kamu lebih suka pembayaran satu kali, kamu akan mendapatkan jumlah mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta. Namun, jika kamu menginginkan nominal yang jauh lebih besar, kamu bisa mengajukan pinjaman cicilan. Nominalnya berkisar antara Rp 3 juta sampai dengan Rp 6 juta.

Manfaat menggunakan pembayaran angsuran atau secara dicicil adalah kamu bisa memperoleh nominal yang tinggi. Manfaat lainnya bisa kamu dapatkan jika kamu telah menggunakan aplikasi ini setidaknya tiga kali.

Tentu saja, jika kamu berhutang, kamu harus mengembalikannya dalam jangka waktu tertentu yang telah ditentukan sebelumnya saat kamu mengajukan pinjaman. Pembayaran pinjaman bisa dilakukan dengan transaksi online, seperti transfer melalui ATM, atau mobile banking.

Ragam Metode Pembayaran AdaKami

5 Macam Cara Pembayaran AdaKami

AdaKami akan membuat nomor virtual account untuk keperluan pembayaran setiap kali kamu mengklik tombol “Bayar Segera”. Nomor VA ini hanya baik untuk sekitar 24 jam. Jadi, jika kamu tidak melakukan pembayaran setelah menyalin nomor, nomor VA tidak berlaku lagi karena akan berubah secara otomatis.

Jika kamu ingin melanjutkan pembayaran, kamu harus melihat nomor VA versi terbaru di aplikasinya. Atau demi keamanan, salin nomor VA segera dari aplikasi dan tidak perlu disimpan.

Saat pencairan dana, AdaKami bisa menerima semua nomor rekening bank yang ada di Indonesia. Namun saat pembayaran, AdaKami hanya menerima atau menyediakan virtual account khusus bank BNI saja.

Hal inilah yang membedakan antara AdaKami dengan aplikasi pinjol lainnya. Yang mana, aplikasi pinjol selain AdaKami setidaknya bisa menerima pembayaran melalui bank BCA, Mandiri ataupun bank BRI. Nah, kamu bisa menggunakan salah satu cara pembayaran AdaKami yang tercantum di bawah ini.

1. Melalui Bank BNI

Berikut ini adalah beberapa cara pembayaran tagihan AdaKami melalui Bank BNI:

Via ATM BNI

  1. Pertama, pilih menu Transfer.
  2. Kemudian pilih menu Transfer ke Rekening BNI.
  3. Setelah itu masukkan nomor Virtual Account BNI.
  4. Isi jumlah tagihan yang harus dibayarkan.
  5. Setelah itu pilih Ya untuk mengkonfirmasi
  6. Selesai! Kamu sudah berhasil melakukan pembayaran melalui ATM BNI.

Via Internet Banking BNI

  1. Pilih menu “Transfer”.
  2. Pilih “Tambah Rekening Favorit”.
  3. Pilih “Antar Rekening BNI” (Jika menggunakan Desktop, maka untuk menambahkan rekening yaitu pilih menu Transaksi kemudian Atur Rekening Tujuan selanjutnya Tambah Rekening Tujuan).
  4. Masukkan nama dan nomor akun virtual.
  5. Masukkan kode otentikasi token.
  6. Rekening tujuan sudah berhasil ditambahkan.
  7. Kemudian kembali ke menu Transfer.
  8. Pilih opsi Transfer Antar Rekening BNI.
  9. Setelah itu pilih rekening tujuan.
  10. Pilih rekening debit dan masukkan jumlah yang akan dikirim.
  11. Terakhir masukkan kode otentikasi token.
  12. Transaksi selesai.

Via M-Banking BNI

  1. Pilih menu Transfer.
  2. Kemudian pilih opsi Virtual Account Billing.
  3. Setelah itu klik tombol Input Baru.
  4. Masukan nomor Virtual Account dan klik Lanjut.
  5. Jika sudah, maka akan muncul nomor VA, nama tujuan dan total tagihan.
  6. Selanjutnya masukkan password transaksi m-banking kamu dan klik Lanjut.
  7. Transaksi selesai.

2. Melalui Alfamart

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dalam membayar cicilan AdaKami lewat alfamart:

  1. Langkah pertama buka dan login ke aplikasi AdaKami di smartphone kamu.
  2. Silakan pilih opsi Bayar Segera di sebelah tagihan yang ada pada halaman utama aplikasi AdaKami.
  3. Silahkan tunggu sampai muncul kode pembayaran virtual account BNI dan Alfamart. Kode pembayaran Alfamart akan digunakan untuk pembayaran.
  4. Setelah itu, kunjungi gerai Alfamart terdekat dengan membawa kode bayar dan sejumlah uang atau kartu debit ATM.
  5. Kemudian, pergi ke kasir Alfamart dan sampaikan bahwa kamu ingin membayar cicilan AdaKami.
  6. Tunjukkan kode pembayaran akun virtual AdaKami yang kamu peroleh sebelumnya.
  7. Kemudian, tunggu tagihan AdaKami kamu diproses oleh kasir Alfamart.
  8. Kasir akan memberi tahu kamu tentang seluruh tagihan yang harus dibayar serta jumlah biaya layanan.
  9. Silahkan bayar dengan tunai atau non tunai sesuka kamu, ditambah biaya layanan tambahan sebesar Rp 4.000.
  10. Selanjutnya kasir akan memberikan struk sebagai bukti bahwa pembayaran berhasil. Selesai.

3. Melalui Aplikasi DANA

Adapun cara membayar tagihan pinjaman AdaKami menggunakan aplikasi DANA yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama, buka aplikasi AdaKami
  2. Setelah itu klik Bayar Segera pada halaman utama
  3. Salin atau catat kode pembayaran AdaKami yang muncul di layar ponsel kamu
  4. Selanjutnya buka aplikasi DANA yang kamu miliki
  5. Pilih menu Kirim yangn terdapat pada halaman utama aplikasi DANA
  6. Kemudian pilih opsi Kirim ke Bank untuk melanjutkan proses transfer dana
  7. Pilih opsi Tambah Rekening Bank Baru
  8. Lalu pilih Bank BNI sebagai bank tujuan transfer
  9. Masukkan kode pembayaran AdaKami yang sudah kamu catat sebelumnya
  10. Masukkan jumlah nominal angsuran yang ditagihkan pada kamu
  11. Selanjutnya masukkan 6 digit PIN DANA dengan benar
  12. Selesai! Kamu sudah berhasil melakukan pembayaran melalui aplikasi DANA

Resiko Telat Bayar Pinjaman AdaKami

Resiko Telat Bayar Pinjaman AdaKami

Jika kamu terlambat membayar, maka kamu harus siap menanggung risiko dan konsekuensi yang merugikan kamu sendiri. Karena itu, membayar tagihan AdaKami di luar tanggal pembayaran sangat tidak dianjurkan, karena ada resiko dan konsekuensi yang sangat merugikan.

Jadi, apa resiko yang bisa diterima jika kamu terlambat membayar AdaKami? Resiko tidak membayar tagihan AdaKami tepat waktu adalah sebagai berikut:

1. Dikenakan Denda Keterlambatan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika kamu terlambat membayar AdaKami, kamu pasti akan dikenakan denda keterlambatan. Adapun denda keterlambatan pembayaran AdaKami akan dikenakan biaya 1,2% per hari.

Biaya akan terus dihitung dan ditambah sampai kamu melunasi semua tunggakan pinjaman AdaKami kamu. Namun, denda maksimum dan bunga pinjaman AdaKami tidak boleh melebihi 100% dari pokok pinjaman, menurut undang-undang AFPI dan OJK.

2. Bunga Semakin Menumpuk

Selain denda keterlambatan, bahaya keterlambatan membayar AdaKami yang akan kamu dapatkan adalah bunga yang menumpuk seiring waktu. Saat mengajukan pinjaman online AdaKami, pengguna harus siap membayar prinsip pinjaman serta biaya dan bunga tambahan atas pinjaman AdaKami yang dikenakan.

Akibatnya, meskipun pengguna telah dikenakan biaya keterlambatan, bunga pinjaman akan tetap dikenakan. Alhasil, cicilan yang harus dibayar tentu saja akan lebih banyak daripada cicilan tanpa denda.

3. Skor Kredit Menurun

Resiko lain dari keterlambatan pembayaran AdaKami adalah skor kredit yang menurun. Hal ini merugikan pengguna karena membuat pengajuan pinjaman berikutnya pada aplikasi AdaKami lebih sulit dari sebelumnya.

Seperti diketahui, AdaKami mempertimbangkan skor kredit pengguna saat menyetujui aplikasi pinjaman. Jika peminjam memiliki skor kredit yang rendah, maka persetujuan akan lebih sulit.

4. Penggunaan Layanan Dibatasi

Resiko lainnya yaitu kemungkinan pengguna akan dibatasi dalam penggunaan layanan mereka. Dimana pengguna tidak mendapatkan akses penuh ke semua layanan aplikasi AdaKami.

Hal ini tentu saja merugikan, karena tidak semua layanan bisa diakses, terutama saat melakukan modifikasi pada data aplikasi. Maka dari itu, pastikan kamu tidak terlambat membayar AdaKami.

5. Masuk Dalam Blacklist SLIK OJK

Sebagai fintech yang diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), AdaKami akan melaporkan kepada OJK dan Fintech Data Center (FDC) tentang klien yang gagal membayar atau menunggak pinjaman AdaKami. Jika OJK menerima laporan, kamu akan ditambahkan ke daftar hitam SLIK OJK.

Hal ini cukup merugikan karena kamu akan kesulitan mendapatkan pinjaman dari fintech atau lembaga keuangan lain. Akibatnya, tidak ada lembaga keuangan yang akan menerima pengajuan pinjaman kamu.

FAQ Seputar Cara Pembayaran AdaKami

FAQ

Berikut pertanyaan seputar cara pembayaran AdaKami.

Bisakah AdaKami Dicicil?

Aplikasi AdaKami adalah aplikasi yang memungkinkan peminjaman uang secara online melalui dua metode pembayaran, yaitu pembayaran satu kali dan pembayaran bulanan. PT Financing Digital Indonesia merupakan perusahaan yang mengelola aplikasi ini.

Berapa Denda AdaKami Perhari?

Service charge atau bunga pinjaman AdaKami ditetapkan oleh OJK dan AFPI dan tidak melebihi 0,4% setiap hari. Maksimal bunga keterlambatan harian dibatasi 1,2% per hari dan tidak lebih dari 100% dari pokok pinjaman.

Berapa Tenor Pinjaman AdaKami?

AdaKami menawarkan pilihan tenor atau jangka waktu pembayaran yang beragam, yaitu tiga, enam, dan dua belas bulan. Pinjaman dengan suku bunga rendah tersedia untuk pengguna. Selain itu, semua informasi dan data pribadi pengguna sepenuhnya aman.

Berapa Limit Pertama AdaKami?

Pinjaman pertama AdaKami, dengan limit jumlah awal adalah Rp 1.400.000, lunas dalam 14 hari. Limit saldo dinaikkan menjadi Rp 1.600.000, dan pinjaman kedua sebesar Rp 1.400.000 untuk jangka waktu 28 hari.

Baca Juga:

Review Aplikasi Kredivo Pinjaman Online Terdaftar di OJK
Review Aplikasi Rupiah Cepat Apakah Aman dan Legal di OJK
20 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Resmi OJK

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar cara pembayaran AdaKami melalui Bank BNI, gerai minimarket, dan aplikasi DANA Jangan lupa bayarkan tagihan pinjaman kamu sebelum jatuh tempo, agar terhindar dari denda keterlambatan. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button