Apakah AdaPundi Aman Terdaftar Legal di OJK

Teknatekno.com – Semakin berkembangnya dunia digital saat ini, banyak bermunculan aplikasi pinjaman online di masyarakat, salah satunya adalah AdaPundi. Apakah AdaPundi aman? apakah aplikasi ini terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan? Simak Review lengkap mengenai aplikasi AdaPundi dibawah ini.

Apa itu AdaPundi

Apa itu AdaPundi?

AdaPundi adalah aplikasi PT Info Tekno Siaga yang merupakan pemberi kredit dana tunai Peer-to-Peer (P2P) berbasis teknologi. Pada bulan Juni 2021, aplikasi ini sudah memperoleh izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan Nomor KEP-48/D.05/2021.

Sehingga aplikasi AdaPundi merupakan aplikasi yang resmi dan legal. Aplikasi ini bertujuan untuk menjadi perusahaan fintech lending online nomor satu di Indonesia.

Dan untuk selalu tersedia bagi orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan sementara dengan menawarkan akses yang sederhana dan serta menjunjung tinggi standar tertinggi dalam keamanan dan kerahasiaan data pelanggan.

AdaPundi menawarkan jumlah kredit mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 30.000.000 dengan jangka waktu mulai dari 61 hingga 360 hari.

AdaPundi menawarkan kemudahan dan kenyamanan dengan prosedur yang sepenuhnya digital yang hanya membutuhkan KTP yang diperlukan dan tanpa jaminan. Setelah pengajuan diterima, dana dicairkan dalam waktu 5 menit.

Digital Technologies HK Limited (DTL HK), sebuah perusahaan investasi berbasis di Hong Kong yang berkonsentrasi pada sektor keuangan, dan PT Info Tekno Selaras (PT IT Selaras) adalah pemegang saham perusahaan AdaPundi.

Platform kredit ini tersedia di PlayStore untuk pengguna ponsel Android sebagai aplikasi kredit online yang terdaftar dan dipantau oleh OJK sebagai solusi untuk masalah keuangan.

Karena perusahaan telah mengalirkan lebih dari Rp 498 miliar uang pinjaman kepada lebih dari 330.000 peminjam, platform ini menjadi salah satu pilihan kredit online bagi masyarakat Indonesia saat ini.

Salah satu manfaat yang diberikan oleh platform pinjaman ini adalah prosedur pengajuan 5 menit, serta perlindungan data pribadi dan layanan berkualitas yang tersedia 7 hari seminggu.

Pengaduan Layanan Pengguna Konsumen

Layanan Pengaduan AdaPundi ini dibentuk dan disusun sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.18/POJK.07/2018 tentang Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No.2/SEOJK.07/2014 tentang Pengaduan Konsumen Pelayanan kepada Pelaku Usaha Jasa Keuangan.

AdaPundi untuk membangun hubungan positif dengan AdaPundi dan menawarkan layanan pengaduan pelanggan dengan berpegang pada nilai-nilai transparansi dan memberikan informasi kepada pelanggan.

1. Penerimaan Pengaduan

Setiap pengguna AdaPundi memiliki pilihan untuk menyampaikan keluhannya secara lisan, melalui telepon ke hotline AdaPundi di 021-50860666, atau dengan mengunjungi kantor operasional AdaPundi yang langsung tertera di situs web.

Selanjutnya, pengguna AdaPundi dapat mengajukan keluhan secara lisan melalui aplikasi live chat, email ke cs@AdaPundi.com, atau melalui media sosial AdaPundi.

2. Penanganan Pengaduan

Setelah menerima keluhan pelanggan, staf layanan pelanggan AdaPundi akan merespons dengan nomor laporan keluhan pelanggan pada hari kerja dari pukul 08:00 hingga 19:00 dan pada akhir pekan dari pukul 08:00 hingga 17:00. Tim customer service AdaPundi akan merespon dalam waktu 5 hari kerja setelah menerima keluhan.

3. Penyelesaian Pengaduan

Jika data dan informasi yang diberikan benar dan dapat diandalkan, tim customer service AdaPundi dapat menangani masalah konsumen secara instan. Jika tidak ada pihak lain yang terlibat, pengaduan dapat diselesaikan segera setelah diterima.

Jika masalah melibatkan pihak lain, AdaPundi mengamanatkan agar pengaduan Konsumen diselesaikan dalam waktu 20 (dua puluh) hari kerja atau lebih lama, tergantung pada tingkat pengaduan Konsumen.

4. Penanganan Pengaduan

AdaPundi melaporkan Pengaduan Konsumen kepada Otoritas Jasa Keuangan secara bulanan dan triwulanan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada penyedia layanan pengaduan konsumen.

Disertai dengan status pengaduan, jenis pengaduan, dan penyebab pengaduan dalam format yang ditentukan oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Manfaat Pinjaman AdaPundi

Manfaat Pinjaman AdaPundi

Jika ditanya, apakah AdaPundi aman, maka bisa kita lihat dari manfaat yang ditawarkan oleh aplikasi AdaPundi berikut ini:

Batas Pinjaman Tinggi

Keunggulan pertama AdaPundi adalah limit pinjaman online yang besar. Hanya Diperlukan untuk mengajukan kredit secara online dengan maksimal hingga Rp 5.000.000.

Bunga Rendah

Manfaat berikut ini terkait dengan suku bunga. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, AdaPundi hanya mengenakan bunga 0,8% per hari untuk segala bentuk pinjaman online yang diajukan, baik kredit konsumtif maupun produktif.

Tanpa Agunan atau Jaminan

Pengguna juga tidak diharuskan untuk memberikan jaminan atau senjata apapun saat mengajukan proposal secara online.

Proses Cepat

Selain itu, prosedur pengajuan cukup cepat, dengan uang tunai masuk ke rekening kamu dalam waktu sekitar 5 menit.

Jenis Pinjaman AdaPundi

AdaPundi menawarkan dua jenis kredit, yaitu kredit konsumtif dan kredit produktif. Setiap jenis memiliki keunikan tersendiri, yaitu sebagai berikut.

Pinjaman Konsumtif

Pinjaman online konsumtif adalah kredit yang memiliki limit kredit sampai dengan Rp 4 juta. Suku bunga harian adalah 0,8%, dengan jangka waktu berkisar antara 21 hingga 30 hari. Satu-satunya informasi yang diperlukan adalah kartu identitas berupa KTP saja.

  • Limit kredit sampai dengan Rp 4 juta
  • Suku bunga kredit yaitu 0.8% per hari
  • Tenor kredit selama 21 hari sampai dengan 30 hari
  • Data yang dibutuhkan hanya KTP

Pinjaman Produktif

Pinjaman online produktif adalah kredit yang memiliki limit kredit sampai dengan Rp 5 juta. Suku bunga harian yang ditawarkan adalah 0,8% per hari dengan tenor kredit maksimal 3 bulan. informasi yang diperlukan adalah kartu identitas berupa KTP serta Bukti Usaha yang sedang dijalani.

  • Limit kredit sampai denganRp 5 juta
  • Suku bunga kredit yaitu 0,8% per hari.
  • Tenor kredit maksimal 3 bulan.
  • Data yang dibutuhkan adalah KTP dan Bukti Usaha.

Bunga dan Biaya Pinjaman AdaPundi

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, bahwa suku bunga kredit di AdaPundi 0,8% setiap harinya. Pasti bunga yang diberikan ini sangat bersaing dengan aplikasi kredit online lainnya seperti Kredit Pintar, Adakami, AkuLaku, dan lainnya.

Dari segi biaya, jika kamu mengajukan pinjaman tunai menggunakan aplikasi AdaPundi, kamu akan dikenakan biaya sebesar 0,78%.

Tenor dan Limit Kredit AdaPundi

Dalam jangka waktu pendek atau jangka waktu pembayaran dan batas maksimum kredit, AdaPundi menawarkan jangka waktu pembayaran hingga 30 hari untuk kredit konsumen online dan hingga 3 bulan untuk kredit produktif.

Limit kredit berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 5.000.000 (khusus untuk kredit produktif). Kamu bisa menggunakan uang pinjaman untuk menutupi kebutuhan sehari-hari kamu atau sebagai tambahan modal usaha yang sedang dijalani.

Syarat Pengajuan Pinjaman AdaPundi

Syarat Pengajuan Pinjaman AdaPundi

Bagi kamu yang ingin mengajukan pengajuan dana secara online di aplikasi AdaPundi, ada persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu agar pengajuan kamu disetujui, antara lain sebagai berikut:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia atau WNI
  2. Bertempat tinggal di Indonesia
  3. Berusia 18 tahun sampai dengan 55 tahun.
  4. Memiliki KTP
  5. Memiliki nomor HP yang aktif dan tetap
  6. Memilki penghasilan bulanan
  7. Melengkapi pengajuan pengajuan seperti foto selfie, informasi pribadi, informasi pekerjaan, dan informasi kontak darurat.

Cara Mengajukan Pinjaman di AdaPundi

Jika kamu sudah memenuhi persyaratan yang berlaku, maka langkah selanjutnya kamu bisa mengajukan pinjaman di aplikasi AdaPundi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah-langkah dibawah ini:

Unduh Aplikasi AdaPundi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengajukan proposal di AdaPundi adalah mendownload aplikasinya di Play Store terlebih dahulu. Kemudian, setelah berhasil didwonload, install aplikasi AdaPundi tersebut.

Isi Formulir Pengajuan

Setelah proses penginstallan aplikasi sudah selesai, selanjutnya buka aplikasi AdaPundi tersebut. Daftar menggunakan nomor HP kamu. Setelah itu lengkapi formulir data diri dengan benar-benar nantinya kamu akan dipandu oleh sistem.

Proses Verifikasi

Setelah melengkapi data diri, kemudian sistem akan melakukan evaluasi secara otomatis dan akan memberikan hasil yang mungkin.

Pencairan Dana

Dalam proses pemberian dana ini, AdaPundi hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 detik setelah proses pengajuan kamu setujui. Setelah itu dana pinjaman yang kamu akan langsung masuk ke rekening pribadi kamu.

Cara Pembayaran Tagihan AdaPundi

Jika proses pengajuan kredit kamu sudah disetujui dan dana pinjaman sudah dicairkan ke rekening pribadi kamu, maka kewajiban kamu adalah membayarkan atau kredit pinjaman tersebut.

Kamu bisa melakukan pembayaran pembayaran melalui mesin ATM, Internet Banking, Mobile Banking maupun gerai minimarket terdekat.

Review Kelebihan dan Kekurangan AdaPundi

Seperti aplikasi kredit online lainnya, aplikasi AdaPundi juga memliki kelebihan dan kekurangan. Berikut review AdaPundi dari segi kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan AdaPundi

Berikut kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi AdaPundi:

  1. Proses pengajuannya cepat dan mudah
  2. Tidak memerlukan proses pengungkit telepon
  3. Tidak meminta slip gaji
  4. Hanya memerlukan KTP
  5. Proses persetujuan hanya tiga menit
  6. Sudah berizin, tercatat dan dipasang oleh OJK
  7. Tidak melakukan pemotongan biaya administrasi di muka
  8. Tanpa Potongan Biaya Dimuka

Kelemahan AdaPundi

Adapun beberapa kekurangan AdaPundi yaitu sebagai berikut:

  1. Suku bunganya mahal, yaitu 0,4% per hari
  2. Plafon atau limit kredit maksimum hanya Rp 20 juta
  3. Tenor pelunasan kredit masksimum hanya satu tahun
  4. Memlukan akses data pribadi saat proses pengajuan

FAQ Seputar Apakah AdaPundi Aman

FAQ

Berikut pertanyaan seputar apakah AdaPundi Aman.

Pinjaman Online AdaPundi Apakah Resmi?

AdaPundi sudah memiliki izin, terdaftar, dan berada di bawah pengawasan OJK. Lisensi ini menunjukkan bahwa perusahaan kredit ini resmi dan legal. Penyelenggara Fintech lending yang terdaftar atau diatur oleh OJK harus mengikuti semua persyaratan, termasuk POJK dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Apakah Pinjol AdaPundi Terdaftar di OJK?

AdaPundi saat ini sudah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dan merupakan perusahaan financial technology yang memenuhi norma operasional Indonesia.

Bagaimana Jika Tidak Membayar AdaPundi?

Pelanggan yang menunggak di AdaPundi akan memiliki catatan kredit yang buruk, sehingga membuat mereka meminjam dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Perlu diingat bahwa sejarah kredit memainkan peran penting dalam keputusan penerimaan kredit di lembaga keuangan.

AdaPundi Bisa Bayar Dimana Saja?

Ada berbagai pilihan pembayaran yang bisa Anda gunakan untuk membayar tagihan AdaPundi, yaitu melalui ATM, Mobile Banking, Internet Banking, atau gerai minimarket.

Baca Juga:

20 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Resmi OJK
Review Aplikasi Akulaku Apakah Aman dan Resmi
Review Kredit Pintar Pinjol Bunga Rendah Legal OJK
Apakah AdaKami Legal Terdaftar di OJK? Simak Reviewnya

Kesimpulan

Demikian penjelasan dari Teknatekno seputar review aplikasi AdaPundi. Seperti yang diawal, apakah AdaPundi aman dan tercatat di OJK? Jawabannya sudah jelas, bahwa aplikasi ini memang aplikasi kredit online yang terbukti resmi dan legal serta di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button