10 Tips Membeli PC Rakitan atau Laptop yang Bagus dan Murah

Teknatekno.com – Kamu ingin membeli PC atau laptop baru tapi bingung bagaimana caranya? Berikut ini Teknatekno akan memberikan beberapa tips membeli PC rakitan serta cara memilih komputer yang baik sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

Memilih personal computer (PC) yang tepat sesuai dengan kebutuhan, sangatlah penting untuk menjamin kinerja yang optimal. Jika kamu berniat untuk membeli PC ataupun laptop yang baru, maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal agar kamu tidak salah dalam memilih.

Komputer Rakitan vs Komputer Built in

Komputer Rakitan vs Komputer Built in

Sebelum kita membahas bagaimana cara membeli laptop atau PC, kamu perlu mengetahui bahwa terdapat dua jenis komputer yang beredar di pasaran. Dua jenis komputer tersebut yaitu komputer rakitan dan komputer buil up.

Apa itu PC rakitan? PC atau komputer rakitan adalah jenis komputer yang dirakit oleh seorang teknisi yang ahli dibidangnya. Jika ingin membeli komputer rakitan, maka kamu bisa menentukan spesifikasi yang kamu inginkan.

Misalnya, dengan menggabungkan beberapa komponen dalam satu komputer. Dan umumnya, kualitas komputer rakitan ini terbilang cukup baik dan mampu bertahan lebih lama daripada komputer biasa.

Sedangkan komputer buit in adalah jenis komputer buatan pabrik dan memiliki kualitas yang sangat baik dikarenakan sudah melalui uji coba sebelum dipasarkan. Untuk harganya, komputer jenis built in ini relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan komputer jenis rakitan.

PC rakitan seringkali dilihat dalam bentuk CPU karena dalam banyak kasus, prosesor atau CPU adalah salah satu komponen terpenting dari sebuah PC. CPU merupakan otak dari komputer dan bertanggung jawab untuk menjalankan instruksi-instruksi program dan mengontrol operasi-operasi komputer.

Selain itu, dalam banyak kasus, prosesor atau CPU memiliki spesifikasi yang sangat penting bagi pengguna dalam memilih komponen-komponen lainnya, seperti motherboard, RAM, dan kartu grafis. Sehingga dalam membangun PC rakitan, prosesor atau CPU seringkali menjadi komponen pertama yang dipilih dan diperhatikan oleh pengguna.

Namun demikian, PC rakitan tidak selalu muncul dalam bentuk CPU. Sebagai contoh, jika seseorang membangun PC rakitan dari awal, maka ia akan memilih sendiri semua komponen yang dibutuhkan, termasuk casing, power supply, motherboard, CPU, RAM, hard drive, dan sebagainya. Sehingga, PC rakitan bisa memiliki bentuk yang bervariasi tergantung pada kebutuhan dan pilihan pengguna.

Tips Membeli PC Rakitan yang Bagus

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika membeli atau memilih komputer (PC) atau laptop yang bagus, diantaranya:

Tips Membeli PC atau Laptop

1. Tentukan Tujuan Penggunaan

Saat membeli sesuatu, hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah kemanfaatan suatu barang tersebut dan apakah kita membutuhkannya. Begitu juga saat membeli PC atau laptop.

Apakah kamu membutuhkan PC hanya untuk keperluan bekerja, ataukah kamu juga ingin menggunakannya untuk bermain ataupun mengedit video? Karena hal ini akan mempengaruhi spesifikasi yang dibutuhkan.

2. Tentukan Budget yang Kamu Miliki

Tips selanjutnya kamu perlu menentukan menentukan budget yang kamu punya. Sebab, hal ini sangat membantu kamu dalam memilih tipe komputer atau laptop yang sesuai dengan kemampuan finansial kamu. Jangan sampai kamu ingin membeli komputer yang tidak sesuai dengan budget kamu.

3. Pertimbangkan Faktor Desain dan Ukuran PC

Saat kamu membeli komputer, pastikan PC rakitan yang akan kamu beli mempunyai desain yang ergonomis sesuai dengan kebutuhan kamu serta ukurannya tidak terlalu besar ataupun kecil.

Desain yang modern dan ringkas mampu membuat komputer atau PC kamu terlihat lebih elegan, dan ukuran yang pas sangat membantu dalam pengaturan PC.

4. Periksa Komponen dan Fitur PC

Dalam memilih komputer, kamu perlu memastikan bahwa komputer yang akan kamu beli tersebut mempunyai spesifikasi atau komponen-komponen yang sesuai dengan tujuan penggunaan kamu. Beberapa spesifikasi yang perlu kamu perhatikan diantaranya seperti:

Periksa Komponen dan Fitur PC

a. Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan komponen penting dari suatu komputer. Jika sistem operasi berfungsi dengan baik, maka pekerjaan kita juga akan berjalan lancar.

Sebagian besar laptop atau PC rakitan saat ini sudah dilengkapi dengan dua sistem operasi yang banyak diminati, seperti Windows dan Mac OS (khusus MacBook)

b. Prosessor atau CPU

CPU atau Central Processing Unit merupakan otak dari sebuah komputer. Komponen ini juga mempunyai pengaruh yang besar terhadap kinerja komputer, namun hal ini sesuai dengan apa yang ingin kamu kerjakan.

CPU dengan spesifikasi yang tinggi dan merupakan generasi terbaru, maka semakin bagus kualitasnya. Adapun laptop untuk desain grafis atau gaming, lebih baik gunakan laptop dengan core i5 (intel) atau ryzen 5 (amd). Kamu juga bisa melihat perbedaan performancenya dari hasil benchmark.

c. RAM

RAM sangat mempengaruhi kinerja suatu komputer atau laptop. Maka dari itu, penting sekali untuk mempertimbangkan kualitas RAM. Semakin tinggi memori RAM yang dimiliki, maka proses yang dijalankan pun akan semakin banyak tanpa mengganggu performance dari PC tersebut.

RAM juga berpengaruh terhadap harga jual laptop atau PC rakitan. Semakin tinggi kapasitas RAM-nya, umumnya semakin mahal juga harganya.

Nah, bagi kamu yang sering mengerjakan tugas-tugas berat seperti program code, game, atau mengolah data besar, kamu perlu memilih laptop atau komputer dengan kapasitas RAM yang besar, minimal 8 GB.

Namun jika pekerjaannya ringan, maka RAM 2 GB sampai 4 GB sudah cukup. Selain itu, tidak ada salahnya jika sebuah komputer memakai RAM berukuran hingga 16 GB.

Cek Komponen dan Fitur Motherboard

d. Motherboard

Motherboard merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menjalankan fungsi sebuah komputer. Fungsi utama dari komponen ini adalah sebagai pusat penghubung antara perangkat keras yang satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan jenis motherboard apa yang digunakan.

e. VGA

VGA atau Video Graphics Adapter adalah komponen komputer yang berfungsi sebagai pengubah sinyal digital menjadi tampilan grafik di layar monitor.

Kualitas tampilan grafis tersebut tidak dipengaruhi secara langsung oleh kapasitas memori sebuah VGA, meskipun jenis-jenis memori yang dipakai bisa mempengaruhi kinerja VGA.

f. SSD atau Harddisk

Harddisk memmiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data file dalam sebuah komputer. Biasanya komputer normal hanya memakai harddisk sebesar 500 GB, namun pada komputer atau PC gaming memerlukan harddisk yang lebih besar dari 500 GB.

g. Power Supply atau Baterai

Pemilihan power supply yang baik dan tepat akan mempengaruhi kinerja dan kesehatan sebuah komputer. Sebab, power supply merupakan jantungnya sebuah komputer. Maka dari itu, jika power supplynya bagus, maka kinerja komputer tersebut bisa berfungsi secara optimal serta berumur panjang.

Perhatikan Tipe Garansi Saat Membeli PC

5. Perhatikan Tipe Garansi Saat Membeli PC

Sebelum kamu membeli PC rakitan atau laptop, pastikan kamu sudah memahami tipe garansi yang ditawarkan oleh penjual. Selain itu kamu juga perlu memastikan bahwa garansi yang ditawarkan tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu.

6. Pertimbangkan Merk dan Reputasi

Saat ini sudah tersedia berbagai macam merek komputer atau laptop yang ada dipasaran. Oleh karena itu, kamu perlu memilih komputer dengan merk terkenal serta mempunyai reputasi yang baik dalam hal kualitas dan layanan.

7. Jangan Tergiur Harga Murah

Saat hendak membeli komputer, jangan sampai terpikat dengan harga yang murah saja, namun pastikan bahwa komputer yang akan kamu beli tersebut mempunyai spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

8. Membaca Ulasan

Dengan membaca review atau ulasan pengguna lain tentang komputer yang akan kamu beli, setidaknya bisa memberikan sedikit gambaran untuk kamu tentang kualitas dan performa komputer tersebut.

Mengecek Kompatibilitas

9. Mengecek Kompatibilitas

Jika kamu mempunyai perangkat lain seperti monitor, keyboard, dan mouse yang ingin digunakan dengan komputer yang akan kamu beli, pastikan perangkat tersebut kompatibel dengan komputer tersebut.

10. Jangan Lupa Membeli Asuransi

Setelah kamu membeli komputer, pastikan kamu juga membeli asuransi untuk komputer tersebut.

Harga PC Rakitan

Temukan berbagai pilihan PC rakitan dengan harga yang variatif di marketplace favorit kamu. Mulai dari paket PC rakitan siap pakai dengan harga mulai dari sekitar 5 jutaan hingga puluhan juta rupiah, hingga komponen-komponen PC rakitan seperti prosesor, motherboard, RAM, hard drive, dan lainnya dengan harga bervariasi. Cek penawaran lengkapnya DISINI.

Kesimpulan

Membeli PC rakitan memang bukanlah hal yang mudah, terutama jika kamu belum terlalu mengerti tentang spesifikasi yang dibutuhkan. Namun, dengan beberapa tips yang tepat, kamu akan lebih mudah menemukan personal computer yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu.

Demikianlah artikel dari Teknatekno seputar tips atau cara memilih komputer PC atau laptop yang baik. Semoga beberapa tips diatas bisa bermanfaat untuk kamu.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like