Gojek dan Tokopedia Resmi Merger Menjadi GoTo

Teknatekno.comGojek dan Tokopedia resmi merger menjadi GoTo. Perusahaan yang tengah mempersiapkan dual listing ini ternyata kepemilikan sahamnya mayoritas dikuasai oleh asing, SoftBank asal Jepang dan Alibaba Group dari China.

Dalam dokumen yang dilihat oleh Nikkei Asia Review, sebesar 58% saham GoTo akan dimiliki oleh Gojek dan sisanya 42% miliki Tokopedia, seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (25/5/2021).

Namun secara rinci, SoftBank Group bakal menguasai 15,3% saham GoTo, disusul Alibaba Group Holding yang bakal menguasai 12,6% saham perusahaan. Sementara kepemilikan saham oleh Telkomsel, Astra Internasional, dan Google di bawah 10%.

GoTo dikabarkan akan initial public offering (IPO) di bursa saham Amerika Serikat (AS) dan Indonesia. Valuasi yang dihasilkan akan mendekati US$ 40 miliar seperti Grab.

Perusahaan Teknologi Terbesar di Indonesia Gojek dan Tokopedia

Perusahaan Teknologi Terbesar di Indonesia Gojek dan Tokopedia

Berdasarkan sumber Nikkei Asia Review disebutkan jika IPO akan dilakukan di bursa saham Indonesia terlebih dahulu, baru kemudian di AS. Sumber tersebut menyebutkan GoTo adalah perusahaan besar dengan basis karyawan yang besar, operasi yang canggih, dan sangat kompleks.

Sehingga ada banyak pekerjaan integrasi yang harus dilakukan sebelum IPO. “Perusahaan akan bekerja sangat keras untuk melakukan integrasi pasca-merger, dan kemudian mempersiapkan dual listing. Saya sangat berharap ini akan terjadi di 2021, tetapi mereka punya banyak pekerjaan,” kata sumber tersebut.

GoTo disebut lebih memilih IPO secara langsung ketimbang menggunakan kendaraan perusahaan cek kosong atau SPAC. Namun bila berubah pikiran dan ingin masuk bursa saham menggunakan SPAC perusahaan kemungkinan bisa meminta bantuan dari pemegang saham terbesar ketiganya, Radiant.

Perusahaan ini dikaitkan dengan miliuner Hong Kong Richard Li. Radiant menguasai 4,7% GoTo. Kedua perusahaan ini menggunakan alamat yang sama di Hong Kong, seperti dicantumkan GoTo dalam pengarsipannya.

Sampai dengan berita ini diterbitkan Nikkei, Perwakilan Richard Li di Hong Kong yang dihubungi belum memberikan komentar.

Gojek dan Tokopedia Resmi Merger Menjadi GoTo

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar Gojek dan Tokopedia resmi merger menjadi GoTo.

GoTo Termasuk Merger Apa?

Gojek dan Tokopedia telah bergabung menjadi GoTo. Setelah merger, bisnis digital yang menggabungkan e-commerce, logistik, dan layanan keuangan ini berniat untuk go public melalui penawaran umum perdana (IPO).

Apa Alasan Utama Perusahaan Melakukan Merger?

Perusahaan melakukan merger dan akuisisi untuk berbagai tujuan, termasuk meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan sinergi operasional, dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan. Metode ini selanjutnya dapat menjadi salah satu pilihan untuk memperluas operasi perusahaan.

Apa Perbedaan Antara Merger Dan Akuisisi?

Ketika sebuah bisnis bergabung, perusahaan dibubarkan dan perusahaan baru dibentuk. Dalam kasus akuisisi, baik perusahaan yang mengakuisisi maupun yang diakuisisi tidak akan dibubarkan dan akan terus ada.

Apa Saja Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Bagi Perusahaan Dalam Menghadapi Merger?

Berikut adalah beberapa aspek hukum yang perlu diperhatikan Perusahaan apabila akan melakukan Merger atau peleburan:

  1. Definisi penggabungan.
  2. Aspek tenaga kerja.
  3. Aspek hak kekayaan intelektual.
  4. Aspek persaingan usaha.
  5. Melakukan uji tuntas.

FAQ Seputar GoTo

Apa yang Dilakukan Jika Pemegang Saham Tidak Setuju Jika Perusahaan Melakukan Merger?

Pemegang saham yang menentang keputusan penggabungan dapat mengusulkan agar perusahaan mengakuisisi saham mereka dengan “harga yang wajar” (Pasal 62 ayat (1) UUPT).

Merger Diatur Dimana?

Penggabungan, Peleburan, dan Pengambilalihan, yang juga dikenal dengan istilah merger, konsolidasi, dan pengambilalihan dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas.

Secara umum telah diatur baik di dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas maupun di dalam peraturan pelaksananya, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 27.

Tokopedia Punya Siapa?

Tokopedia secara resmi diperkenalkan kepada publik pada tanggal 17 Agustus 2009 di bawah PT Tokopedia yang didirikan pada tanggal 6 Februari 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison.

PT Tokopedia telah berhasil menjadi salah satu perusahaan online dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia sejak debut resminya.

BACA JUGA:

Apa itu GoTo? Jenis Layanan, Cara Kerja Serta Kelebihannya
Fakta Gokil Perusahaan Merger Gojek dan Tokopedia
Tokopedia Membantu UMKM Saat Pandemi

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas kita bisa simpulkan bahwa Gojek dan Tokopedia yakni dikabarkan akan melakukan penawaran saham perdana (IPO) di bursa Amerika Serikat (AS) dan Indonesia.

SoftBank Group akan menguasai 15,3% saham GoTo, diikuti oleh Alibaba Group Holding yang akan menguasai 12,6% saham perusahaan. GoTo dikatakan lebih memilih IPO langsung daripada menggunakan kendaraan perusahaan cek kosong atau SPAC.

Related Articles

Back to top button