Fitur Tokopedia Affliate Marketing ByMe

Teknatekno.com – Secara resmi fitur tokopedia meluncurkan affliate marketing ByMe, memungkinkan setiap pengguna mempromosikan barang-barang dari merchant. Tokopedia dan mendapat komisi dari pembelian yang terjadi di halaman profilnya.

Business Tribe Lead for Category dan Content Tokopedia Cynthia Limin menjelaskan, ByMe diharapkan dapat menjawab semua hal yang dianggap pengguna susah menjadi gampang saat berkeinginan menjadi pengusaha. Kerap khawatir tidak memiliki modal, risiko, dan menyimpan stok.

Di satu sisi, memberikan rekomendasi ke orang lain sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Orang cenderung lebih percaya dengan rekomendasi produk dari orang yang sudah dikenal atau punya pengaruh.

Dengan ByMe, siapa pun kini bisa menjadi influencer untuk orang lain dan mendapatkan keuntungan dari setiap pembelian di halaman profilnya.

Fitur Tokopedia Yang di Rekomendasikan

“Kami percaya bahwa rekomendasi dari lingkungan sekitar sangatlah penting dalam perihal membeli segala kebutuhan. Ada jutaan barang yang bisa direkomendasikan dan komisinya bervariasi,” terangnya, Senin (22/4).

Dia melanjutkan, tiap unggahan di halaman profilnya, influencer dapat berkreasi bebas memproduksi konten yang menjual dan menarik orang. Di situ influencer dipersilakan memajang konten video, foto, dan tulisan, beserta tiga jenis produk yang ingin dijual. Lalu menyebar link tersebut ke laman profil media sosial mereka.

Influencer dapat memantau hasil produknya di dashboard, mempelajari produk apa yang paling banyak dibeli orang-orang, berapa komisi yang sudah didapat dan langsung mencairkannya ke saldo masing-masing.

Fitur Tokopedia Yang Di Rekomendasikan

Dari sisi merchant, siapa pun, tanpa ada persyaratan khusus, dapat ikut memasukkan produk dagangannya ke ByMe dan dipasarkan oleh para pengguna fitur Tokopedia. Merchant cukup memasukkan besaran komisi sesuai keinginan terhadap barang yang ingin dipasarkan dan membayar komisi ketika barang telah terjual.

Cynthia menerangkan, sejauh ini perusahaan belum turut berpartisipasi dalam memberikan komisi untuk influencer, namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut bakal terjadi.

Channel ByMe ini juga menjadi salah satu strategi monetisasi, bakal ada sepersekian persen komisi yang ditetapkan merchant akan masuk ke kantong perusahaan.

Untuk ke depannya, Tokopedia akan mengembangkan lebih jauh fitur ByMe ini. Salah satunya dengan memperbanyak format baru yang lebih interaktif, tidak hanya foto dan video.

Tidak disebutkan spesifik target yang ingin dibidik perusahaan dari fitur teranyar ini ataupun jumlah produk yang telah listed dan pengguna yang bergabung sebagai influencer.

“Ini masih tahap awal karena kami lihat potensi ByMe ini ke depannya akan luar biasa. Bahkan kami kira bisa melahirkan ikon influencer baru yang datang dari orang-orang biasa,” pungkasnya.

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar fitur tokopedia.

Tokopedia Termasuk E-Commerce Apa?

Tokopedia adalah platform e-commerce terpopuler di Indonesia. Pada kuartal ketiga 2021, jumlah pengunjung Tokopedia mencapai 158.136.700 setiap bulannya. Bukalapak adalah situs e-commerce terpopuler ketiga di Indonesia.

Kenapa Produk Gagal Di Upload Tokopedia?

Koneksi internet tidak stabil. Untuk mengetahui apakah ada masalah dengan akun atau koneksi. Menduplikasi barang, atau mengunggah produk yang sudah pernah diunggah ke toko kamu. Limit produk yang mungkin tersimpan di akun Tokopedia telah tercapai.

Apa Keunggulan Tokopedia Dibanding Shopee?

Tokopedia memiliki keunggulan dibandingkan Shopee dalam situasi ini karena yang hijau memiliki persaingan harga yang baik.

Pada kenyataannya, kamu dapat menawarkan barang dengan margin keuntungan 50% dan laku keras. Persaingan harga yang berlebihan di Shopee, menurut saya, disebabkan oleh banyaknya dropshipper internal.

Berapa Pendapatan Perusahaan Tokopedia?

Jika disegmentasikan, bisnis e-commerce, atau Tokopedia, menghasilkan pendapatan paling besar, yaitu sebesar Rp1,99 triliun. Pada tahun 2021, pendapatan ini menghasilkan 44% dari total pendapatan GoTo. Sementara itu, Gojek, atau layanan on-demand, menghasilkan penjualan Rp1,58 triliun.

Bagaimana cara kerja Tokopedia?

Strategi bisnis fitur Tokopedia didasarkan pada transaksi konsumen ke konsumen (C2C). Penjual yang memperdagangkan barangnya di tokopedia adalah pelanggan tokopedia, begitu juga pembeli yang melakukan transaksi pembelian di tokopedia.

BACA JUGA:

Cara Menggunakan Fitur Tokopedia Point Terbaru
Cara Daftar Bebas Ongkir Tokopedia
Gojek dan Tokopedia Resmi Merger Menjadi GoTo

Kesimpulan

Tokopedia secara resmi meluncurkan fitur Tokopedia affiliate marketing ByMe, yang memungkinkan setiap pengguna untuk mempromosikan barang dari merchant Tokopedia dan mendapatkan komisi dari pembelian yang dilakukan di halaman profil mereka.

ByMe diharapkan dapat menjawab semua hal yang dirasa sulit oleh pengguna menjadi mudah ketika ingin menjadi pengusaha.

Influencer bisa memantau hasil produknya di dashboard, berapa komisi yang didapat dan langsung cairkan ke saldo masing-masing. Pedagang cukup memasukkan jumlah komisi yang mereka inginkan untuk barang yang ingin mereka pasarkan dan membayar komisi saat barang terjual.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button