Cara Memakai Kuota Belajar Tri

Teknatekno.com – Berbeda dengan kuota belajar AlwaysOn jaringan 3 (Tri Indonesia), siswa dan pengajar pemakai jaringan kuota belajar Tri juga bisa membeli kuota sebesar 30GB dengan harga Rp 1.

Pemberian promo kuota 30GB ini merupakan upaya Tri untuk mendukung program kuota belajar gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),

Tri memberikan kesempatan hanya untuk pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen agar mendapatkan kuota 30GB yang berlaku 24 jam selama 30 hari hanya dengan membayar Rp 1.

“Pelanggan akan mendapatkan bantuan kuota internet sesuai yang ditetapkan oleh pemerintah beserta kuota sebesar 30GB dengan harga Rp 1,” tegas Tri dalam laman resminya.

Peserta didik dan pengajar dapat mengaktifkan promosi ini bila sudah mendaftarkan nomor Tri di sekolah atau kampus penerima bantuan kuota internet program pemerintah.

“Untuk persyaratan dan proses pendaftaran, pelanggan dapat melakukan konfirmasi langsung ke pihak sekolah atau kampus yang terdaftar di Kemendikbud sebagai penerima bantuan kuota internet,” tulis Tri.

Cara Aktifkan Kuota Belajar Tri

Untuk mengaktifkan kuota 30GB ini, peserta didik dan pengajar dapat membelinya lewat dua cara di bawah ini.

  • Membalas SMS penawaran dari Tri.

Peserta didik dan pengajar yang menggunakan kartu Tri akan menerima SMS penawaran dari 111 setelah pesan singkat terkait aktivasi kuota Kemendikbud diterima. Kemudian, balaslah SMS dari 111 sesuai dengan kode yang diminta pada pesan.

Cara Aktifkan Kuota

Apabila sudah melakukan semua langkah di atas, tambahan kuota 30GB seharga Rp1 pun telah berhasil diaktifkan. Pelanggan akan menerima SMS notifikasi aktivasi dari Tri.

  • Akses aplikasi bima+

Setelah menerima SMS aktivasi kuota Kemendikbud, peserta didik dan pengajar harus segera mengakses menu “Recommended For You” di aplikasi bima+.

Pilihlah kuota SFH 30GB dengan pembelian seharga Rp1 melalui pembayaran pulsa Tri.

Jika sudah melakukan seluruh langkah di atas, maka pelanggan Tri akan menerima SMS dari Tri bahwa kuota 30GB telah berhasil diaktifkan.

Pembagian Besaran Kuota Belajar Tri dan Periode

Pembelian kuota 30GB seharga Rp1 hanya berlaku satu kali untuk setiap nomor pelanggan yang terdaftar dalam data Kemendikbud selama periode promo berjalan, yaitu September hingga Desember 2020.

Kuota 30GB ini berlaku untuk seluruh jaringan Tri (2G/3G/4G) dengan pembagian kuota sebagai berikut.

  • Kuota 10GB untuk mengakses seluruh aplikasi.
  • Kuota 20GB (666,6 MB / hari) untuk mengakses aplikasi Zenius, Edmodo, RuangGuru, dan Google Classroom.

Untuk melihat dampak dari periode pertama pemberian kuota internet gratis dari Kemendikbud, hasil survei yang dilakukan oleh Arus Survei Indonesia (ASI) menunjukkan bahwa 84,7 persen masyarakat menilainya sebagai langkah yang tepat untuk peserta didik maupun pengajar.

Selain itu, 86,6 persen publik merasa beban ekonomi orangtua siswa atau mahasiswa dalam membeli paket internet menjadi lebih ringan berkat program bantuan internet gratis dari Kemendikbud.

Survei ini telah dilakukan oleh ASI sejak 7 hingga 11 Oktober 2020 di 34 provinsi Indonesia dengan jumlah responden sebanyak 1.000 orang.

Direktur Eksekutif ASI Ali Rif’an mengatakan bahwa yang terpenting adalah kebijakan pemberian kuota gratis ini dapat membantu PJJ selama pandemi Covid-19.

Kesimpulan:

Tri memberikan kesempatan hanya kepada pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen untuk mendapatkan kuota 30GB yang berlaku 24 jam selama 30 hari hanya dengan membayar Rp 1. Pelanggan akan mendapatkan bantuan kuota internet yang ditentukan pemerintah beserta kuota 30GB dengan harga Rp1.

Pilih kuota SFH 30GB dengan pembelian Rp. 1 melalui pembayaran Tri kredit. Kuota 30GB ini berlaku untuk semua jaringan Tri (2G/3G/4G). Sebuah survei yang dilakukan oleh Flow Survey Indonesia menunjukkan bahwa 84,7 persen masyarakat menganggapnya sebagai langkah yang tepat bagi siswa dan guru.

Related Articles

Back to top button