Cara Agar Insentif Kartu Prakerja Bisa Cair

Teknatekno.com – Peserta program Kartu Prakerja harus memenuhi beberapa syarat agar Insentif Kartu Prakerja bisa cair. Jika hal tersebut tak dipenuhi, jangan harap Anda akan mendapat insentif walaupun sudah mengikuti pelatihan pada program tersebut.

Lantas, apa saja syarat agar insentif Kartu Prakerja bisa cair?

Mengutip laman prakerja.go.id, ada lima syarat yang harus dipenuhi para peserta untuk mencairkan insentif sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan bagi peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja.

Berikut Syarat Agar Insentif Kartu Prajerja Bisa Cair

  • Telah menyelesaikan Pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat
  • Jika Penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, insentif biaya mencari kerja hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.
  • Telah memberikan ulasan (review) dan penilaian (rating) terhadap pelatihan di dashboard kamu
  • Telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di laman www.prakerja.go.id
  • Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait.

Pencairan insentif Kartu Prakerja ke rekening atau e-wallet peserta membutuhkan waktu 3-5 hari kerja sejak tanggal penjadwalan insentif muncul di dashboard akun Anda.

Jika dalam waktu 5 hari kerja Anda belum menerima insentif meski sudah mendapat jadwal pencairan, silakan hubungi manajemen pelaksana Kartu Prakerja di sini.

Cara Sambungkan e-Wallet ke Akun Kartu Prakerja

Sebelum menyambung e-wallet, pastikan nomor rekening bank atau e-money atas nama kamu sendiri dan sesuai dengan yang terdaftar ketika kamu mendaftar Kartu Prakerja.

Jika memilih e-wallet, pastikan kamu memiliki e-wallet salah satu mitra Kartu Prakerja, yakni OVO, LinkAja, Gopay, dan Dana.

Pastikan pula nomor HP yang teregistrasi di Kartu Prakerja merupakan nomor telepon akun e-wallet kamu. Pastikan juga akun e-wallet sudah di-upgrade atau akun e-wallet yang KYC.

Cara Sambung Rekening/e-Wallet

Setelah selesai memastikan hal tersebut, begini cara sambung rekening/e-wallet:

  • Login ke akun kamu di www.prakerja.go.id
  • Masuk ke dashboard akun kamu
  • Klik “sambungkan rekening” pada bagian rekening
  • Pilih bank atau e-wallet pilihanmu, lalu klik “sambungkan”
  • Jika kamu memilih nomor rekening bank, masukkan data rekeningmu berupa nama bank, nama pemilik, nomor rekening, dan cabang bank. Jika kamu memilih memilih e-wallet, pastikan nomor HP yang teregistrasi Kartu Prakerja merupakan nomor e-wallet
  • Jika data yang dimasukkan sudah benar, klik “aktifkan” atau “konfirmasi”
  • Lalu, masukkan kode OTP yang telah dikirim via SMS ke nomor HP kamu.

Kesimpulan:

Program Kartu Prakerja memberikan insentif sebesar Rp600.000 per bulan selama 4 bulan. Peserta harus memenuhi beberapa syarat agar insentif bisa dicairkan. Jika hal ini tidak terpenuhi, jangan harap Anda mendapatkan insentif meski telah mengikuti pelatihan.

Cara Menghubungkan e-Wallet ke Akun Kartu Prakerja. Pastikan nomor rekening bank atau e-money atas nama Anda sendiri. Pastikan juga nomor ponsel yang terdaftar di Kartu adalah nomor telepon akun e-wallet Anda. Jika Anda ketinggalan, hubungi manajemen pelaksana Kartu di sini.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like